16 Aplikasi Investasi Emas Terbaik dan Terdaftar di OJK

Sutrisno Dermawan

Kegiatan ekonomi kini semakin dipermudah dengan keberadaan berbagai aplikasi investasi emas terbaik. Emas sebagai salah satu bentuk investasi terbaik semakin diminati oleh para investor.

Dengan keberadaan aplikasi untuk investasi emas, Anda bisa investasi dengan mudah dan tidak perlu repot-repot pergi ke toko emas atau pegadaian. Investasi emas secara digital memudahkan semua kalangan masyarakat untuk mulai berinvestasi dengan nominal yang kecil.

Kini dengan uang seadanya, misalkan Rp 10.000 saja, Anda bisa mulai investasi emas secara online melalui aplikasi. Cukup memudahkan bukan?

Daftar Aplikasi Investasi Emas Terbaik

Daftar Aplikasi Investasi Emas Terbaik
Daftar Aplikasi Investasi Emas Terbaik

Jika Anda tertarik untuk memulai investasi emas secara online, berikut adalah daftar aplikasi investasi emas yang bisa Anda gunakan. Aplikasi-aplikasi berikut ini terpercaya dan aman untuk digunakan.

1. Pluang

1. Pluang
1. Pluang

Pluang menjadi salah satu aplikasi investasi emas yang paling banyak digunakan. Salah satu alasannya karena sistem atau cara investasi di aplikasi ini sangat mudah. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda bisa investasi dengan nominal kecil.

Keuntungan Nabung Emas Pakai Pluang

Anda bisa mulai investasi 0,01 gram dengan cara melakukan top up uang dari berbagai bank dan GoPay.

  • Anda juga tidak perlu khawatir karena emas di Pluang memiliki sertifikat LM Antam, sehingga terjamin keasliannya.
  • Emas yang ada di aplikasi ini juga ada secara nyata dan disimpan oleh PT. Kliring Berjangka Indonesia yang merupakan bagian dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

2. Pegadaian Digital

2. Pegadaian Digital
2. Pegadaian Digital

Pegadaian Digital merupakan salah satu aplikasi investasi emas terbaik karena berada di bawah PT Pegadaian secara langsung. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Bank BRI, sehingga terjamin keamanan dan keasliannya.

Kriteria Emas Di Aplikasi Pegadaian Digital

Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan transaksi jual beli emas batangan secara online.

  1. Pertama, Besaran emas yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram.
  2. Kedua, Anda bisa membeli emas mulai dari harga Rp 10.000 saja.
  3. Ketiga, Anda bisa mencairkan emas hasil investasi tersebut ke dalam bentuk emas batangan, jika sudah terkumpul 1 gram.
  4. Terakhir, Anda juga dimudahkan jika ingin top up dana, karena bisa dilakukan secara offline di kantor cabang Pegadaian terdekat.

3. Tokopedia Emas

3. Tokopedia Emas
3. Tokopedia Emas

Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, cukup menjanjikan investasi emas menggunakan platform ini. Anda bahkan bisa menawarkan investasi emas hanya dengan Rp 5000 saja.

Kelebihan Memilih Emas Di Tokopedia

Tokopedia Emas juga cukup populer sebagai aplikasi investasi emas terbaik, karena adanya voucher dari fitur Misi Emas.

  • Jika Anda bisa memenuhi target misi pada fitur tersebut, maka Anda akan mendapatkan voucher yang menarik.
  • Aplikasi ini juga terjamin keamanannya karena aplikasi ini juga bermitra dengan Pegadaian.
  • Selain itu, aplikasi ini juga sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga terjamin juga legalitasnya.

4. Lakuemas

Lakuemas
Lakuemas

Lakuemas juga masuk dalam daftar aplikasi investasi emas terbaik yang bisa Anda gunakan untuk investasi emas. Aplikasi ini bahkan sudah terdaftar secara resmi di Fintech Indonesia, BAPPEBTI, dan mendapatkan izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Fitur Unggulaan Lakuemas

Lakuemas juga memiliki beberapa fitur unggulan yang memudahkan para penggunanya.

  1. Pertama, Selain bisa jual beli emas, Anda bisa juga menyimpan dan mencetak emas di aplikasi ini.
  2. Kedua, Anda juga bisa menitipkan tabungan emas maupun logam mulia.
  3. Ketiga, Anda juga bisa menukar tabungan emas dengan perhiasan emas secara fisik di gerai yang bekerja sama dengan aplikasi Lakuemas ini.
  4. Terakhir, Untuk nominal harga emas yang ditawarkan di aplikasi ini, mulai dari Rp 50.000 saja.

5. Antam Gold

5. Antam Gold
5. Antam Gold

Sebagai bagian dari perusahaan PT Aneka Tambang Tbk (Antam), aplikasi ini juga masuk dalam daftar aplikasi investasi emas terbaik.  Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan jual beli emas batangan hanya menggunakan smartphone saja.

Kategori Ukuran Emas Antam Gold

  • Ukuran emas batangan yang ditawarkan juga sangat beragam dan mulai dari nominal yang kecil.
  • Anda bisa investasi mulai dari 1 gram emas hingga 500 gram.
  • Anda juga akan dimudahkan dengan adanya fitur pemantauan harga emas secara real-time.

6. Bukaemas

6. Bukaemas
6. Bukaemas

Bukaemas merupakan bagian dari Bukalapak yang bermitra dengan PT Indogold Solusi Gadai. Aplikasi ini sudah terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga masuk daftar aplikasi investasi emas terbaik yang aman digunakan.

Ketentuan Menggunakan Bukaemas

  • Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan transaksi mulai dari Rp 100 atau mendapatkan 0, 0001 gram emas.
  • Jika emas sudah mencapai minimal 1 gram, Anda bisa mengambilnya dalam bentuk emas fisik, serta akan mendapatkan sertifikat kepemilikan.

7. INDOGOLD

INDOGOLD
7. INDOGOLD

Aplikasi ini cukup populer saat ini karena kemudahan akses dan transaksi online bagi para penggunanya. Anda bisa mulai investasi dengan harga yang rendah, yaitu dengan RP 10.000 saja.

Fitur-Fitur INDOGOLD

Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur canggih yang memudahkan pengguna.

  1. Fitur Rencana Emas misalnya, yang digunakan untuk mengetahui standar jual beli emas dalam jumlah kecil.
  2. Kemudian ada fitur Cicilan Emas untuk mengunci harga emas dan mencicilnya hingga 36 bulan kedepan.
  3. Terakhir ada fitur Gadai Emas, yang digunakan untuk mengajukan dana darurat tanpa harus mengurangi atau menghilangkan kepemilikan.

8. Treasury

8. Treasury
8. Treasury

Treasury juga menjadi aplikasi investasi emas terbaik karena selain menyimpan aset emas, Anda juga bisa menyimpan aset dalam bentuk kripto. Treasury juga sudah terdaftar secara resmi di Fintech, BAPPEBTI, dan KOMINFO, sehingga terjamin legalitasnya.

Kelebihan Menabung Emas Di Treasury

  • Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa memindahkan kepemilikan emas kepada orang lain atau diwariskan.
  • Sehingga aset emas yang ada di aplikasi ini juga bisa menjadi tabungan untuk masa depan, misalkan untuk pendidikan anak.

9. Shopee

9. Shopee
9. Shopee

Siapa yang tidak tahu e-commerce populer satu ini. Ternyata Shopee juga menawarkan produk investasi emas yang bisa dibeli mulai dari Rp 500 saja. Sehingga menjadi salah satu aplikasi investasi emas murah yang terjangkau berbagai kalangan.

Cara Nabung Emas Di Shopee

Untuk bergabung dalam investasi emas Shopee, Anda hanya perlu menggunakan aplikasi Shopee seperti biasa, kemudian masuk ke menu Pulsa Tagihan dan klik bagian Emas.

  1. Selanjutnya hanya perlu melengkapi data diri dan metode pembayaran.
  2. Shopee menjadi salah satu aplikasi investasi emas terbaik karena memungkinkan transaksi sebanyak 20 kali dalam sehari.
  3. Hal tersebut memungkinkan para pengguna aplikasi ini mendapatkan banyak cuan dari investasi emas yang mereka lakukan.

10. Emas Tabungan Digital (Emas TD)

10. Emas Tabungan Digital (Emas TD)
10. Emas Tabungan Digital (Emas TD)

Emas TD merupakan aplikasi investasi emas digital yang dikeluarkan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI). Melalui aplikasi ini, Anda bisa membeli emas dalam bentuk tabungan emas maupun unit emas. Emas TD juga akan mencatat setiap transaksi pembelian emas yang Anda lakukan.

Jaminan Emas TD BSI

Anda juga bisa melihat berapa saldo emas Anda, serta memantau perkembangan nilai investasi Anda secara real-time.

  • Untuk persoalan keamanan, aplikasinya sendiri diklaim sudah menggunakan teknologi dengan keamanan tinggi.
  • Selain itu, transaksi yang dilakukan pada aplikasi ini juga sudah terjamin oleh OJK dan BSI sebagai penerbit aplikasi ini.

11. Bareksa

11. Bareksa
11. Bareksa

Bareksa juga wajib masuk dalam daftar aplikasi investasi emas terbaik karena memiliki berbagai keunggulan. Pada dasarnya, Bareksa ini menawarkan berbagai jenis produk investasi, dan salah satu yang cukup populer adalah emas.

Kemudahan Menabung Emas Di Bareksa

Anda juga akan dimudahkan dengan pilihan reksa dana emas yang disesuaikan dengan tujuan investasi dan tingkat resikonya.

  • Bareksa menawarkan tingkat risiko konservatif, moderat, dan agresif.
  • Bagi pemula, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan menyediakan berbagai artikel edukatif, video, dan lainnya yang berkaitan dengan investasi.
  • Sehingga Anda juga bisa mempelajari konsep-konsep dasar, tips, strategi, dan informasi terbaru mengenai pasar keuangan.

12. DANA eMas

12. DANA eMas
12. DANA eMas

Aplikasi DANA cukup populer sebagai dompet digital yang memudahkan transaksi secara online. Dana eMas sendiri merupakan salah satu fitur pembelian emas digital yang disediakan dalam aplikasi DANA itu sendiri.

DANA eMas pada dasarnya merupakan kerjasama antara DANA dan Pluang. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi investasi emas terbaik karena sifat transparan yang dimilikinya. Sehingga harga yang tertera di aplikasi sesuai dengan bursa emas yang ada di Indonesia.

13. Finmas

13. Finmas
13. Finmas

Hampir sama dengan aplikasi lainnya, salah satu keunggulan Finmas adalah memungkinkan investasi dalam nominal kecil, bahkan mulai dari 0,01 gram. Aplikasi ini juga menawarkan harga emas yang kompetitif terhadap pengguna, sesuai dengan harga pasar terkini.

Kelebihan Menabung Emas Via Finmas

kelebihan lainnya, Anda juga bisa memantau investasi emas Anda dan melihat perkembangan nilai investasi secara real-time.

  • Pertama dari Keberadaan grafik dan laporan mengenai harga emas juga sangat membantu Anda untuk memantau fluktuasi harga emas.
  • Selain proses pembelian, proses penjualan emas menggunakan aplikasi ini juga bisa dilakukan dengan cepat dan praktis.
  • Hal ini memudahkan Anda jika memerlukan dana mendadak, maka penjualan emas pada aplikasi ini dapat diproses dengan cepat.

14. Tanamemas

14. Tanamemas
14. Tanamemas

Tanamemas juga menjadi salah satu aplikasi investasi emas terbaik karena Anda bisa membeli emas sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan investasi Anda. Transparansi biaya juga cukup jelas, mulai dari biaya pembelian, penjualan, dan penyimpanan emas.

Fitur Tanamemas

  1. Untuk mengatasi fluktuasi harga emas pada aplikasi ini, maka Anda bisa memanfaatkan fitur pemantauan aplikasi secara real time.
  2. Fitur ini juga memudahkan Anda untuk melihat riwayat transaksi dan menganalisis kondisi pasar emas terbaru.

15. Bukalapak Emas

15. Bukalapak Emas
15. Bukalapak Emas

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini disediakan oleh Bukalapak, yaitu salah satu e-commerce populer di Indonesia. Sistem investasi di Bukalapak adalah pembelian emas fisik secara online, dengan berbagai pilihan ukuran dan jenis yang beragam.

Rincian Fitur Menabung Emas Bukalapak

Setelah pembelian, emas tersebut akan disimpan secara fisik dalam brankas yang terjamin keamanannya.

  1. Seperti aplikasinya yang sudah mendapatkan izin beroperasi secara resmi di Indonesia, maka fitur Bukalapak Emas ini juga legal dan resmi digunakan.
  2. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dan legalitas dari emas yang diperjualbelikan pada aplikasi ini.
  3. Anda juga akan dimudahkan dengan adanya fitur pemantauan dan pelaporan, sehingga bisa memantau perkembangan investasi secara real-time.

16. OVO Emas

16. OVO Emas
16. OVO Emas

OVO Emas juga bisa menjadi salah satu aplikasi investasi emas terbaik karena sudah terjamin keamanannya. OVO sebagai salah satu platform pembayaran digital populer di Indonesia, menjamin keamanan dan keaslian emas pada OVO Emas ini.

Kelebihan Nabung Emas Pakai Ovo

Selain memiliki tampilan yang mudah digunakan untuk investor emas pemula.

  1. Pertama, Anda juga akan dimudahkan dengan adanya menu riwayat transaksi, perkembangan harga emas, serta nilai saldo emas.
  2. Kedua, Anda juga dimudahkan dengan banyaknya pilihan metode pembayaran yang bisa digunakan.
  3. Ketiga, Tentunya bisa menggunakan saldo OVO itu sendiri, transfer bank, hingga kartu debit atau kredit yang sudah terhubung dengan aplikasi OVO.
Tips Memilih Aplikasi Investasi Emas Penjelasan
Reputasi dan Keamanan Pilih aplikasi yang memiliki reputasi baik dan telah diatur oleh otoritas keuangan yang sah. Pastikan keamanan data pribadi dan transaksi dijaga dengan baik.
Biaya dan Komisi Perhatikan biaya yang terkait dengan investasi emas, seperti biaya transaksi dan komisi. Pilih aplikasi dengan biaya yang terjangkau dan transparan.
Pilihan Emas Pastikan aplikasi menawarkan berbagai pilihan investasi emas, seperti emas batangan, perhiasan, atau ETF emas, sehingga Anda dapat diversifikasi portofolio.
Ketersediaan Aplikasi Pastikan aplikasi tersedia di perangkat yang Anda gunakan, baik itu ponsel, tablet, atau komputer, sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan mudah.
Fitur Analisis dan Informasi Cari aplikasi yang menyediakan alat analisis dan informasi pasar emas yang relevan, sehingga Anda dapat membuat keputusan investasi yang cerdas.

Penutup

Aplikasi Investasi Emas
Aplikasi Investasi Emas

Dari 16 daftar aplikasi investasi emas terbaik yang disebutkan di atas, apakah ada yang pernah Anda gunakan sebelumnya? Jika Anda seorang pemula dalam investasi emas, dianjurkan untuk menggunakan aplikasi yang menyediakan pilihan risiko investasi.

Related Post

Tinggalkan komentar