HargaRagam

Daftar Harga Kentang 1 Kg di Pasar dan Supermarket Indonesia

Daftar Harga Kentang 1 Kg di Pasar dan Supermarket Indonesia – Apakah kamu membutuhkan informasi harga kentang 1 Kg? jika iya kamu mengunjungi artikel yang tepat, kami akan sajikan jenis dan harga kentang perkilogram terbaru untukmu.

Kentang merupakan bahan makanan yang tidak sulit ditemukan, hampir semua pasar tradisonal hingga modern menyediakan satu dari beberapa jenis kentang yang tersedia di Indonesia. Walaupun demikian, informasi harga kentang 1 kg selalu dicari terlebih bagi kamu yang ingin menggarapnya dalam jumlah besar

Walaupun kentang dipasarkan melalui market yang berbeda, biasanya harga tidak terpaut jauh dalam artian masih memiliki selisih yang bisa diterima konsumen. Seperti bahan makanan lainya, kentang dipasarkan dengan satuan kilogram, dari sinilah kamu bisa kalkulasikan total harga kentang sesuai dengan kebutuhanmu.

Sekilas Tentang Kentang

Sekilas Tentang Kentang
Sekilas Tentang Kentang/ Sumber: nakita.grid.id

Melansir dari Wikipedia kentang merupakan tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut kentang. Kentang dikenal sebagai makanan pokok diluar negeri, ini karena mengandung karbohidrat dan digunakan sebagai sayuran mewah di Indonesia.

Kentang sendiri masuk dalam jenis umbi-umbian dan tergolong tanaman berumur pendek. Tumbuhnya seperti batang menyemak, batang dan daunya berwarna hijau dan kemerahan. Dipasaran kentang dipisahkan berdasarkan ukuran dan kualitasnya, yaitu kentang A sebagai kualitas terbaik sampai kentang berkualias B, C dan D.

Manfaat Kentang Untuk Tubuh

Seperti yang kami jelaskan diatas, kentang merupakan sumber karbohidrat dan sering dijadikan makanan pengganti nasi karena mengenyangkan dengan waktu yang tidak jauh berbeda ketika mengonsumsi nasi. Berikut beberapa manfaat lain ketika kamu mengonsumsi kentang :

  1. Mengatur kadar gula darah karena memiliki pati resistan sehingga cocok digunakan untuk penderita diabetes.
  2. Membantu metabolisme tubuh
  3. Mengurangi gatal dan peradangan kulit
  4. Kaya akan vitamin C yang akan membantu menjaga imun tubuh
  5. Melindungi jantung dan cocok digunakan sebagai makanan utama diet

Jenis dan Harga Kentang 1 kg di Pasaran

Umumnya, kita mengonsumsi kentang putih karena jenis kentang ini yang paling mudah ditemukan di pasaran. Walaupun demikian, ternyata ada beberapa jenis kentang yang terdapat di Indonesia yang aman dikonsumsi, berikut diantaranya :

  • Kentang Kuning

Harga Kentang 1 kg, kentang kuning
kentang kuning

Kentang kuning merupakan jenis kentang yang biasa diperjualbelikan di pasaran. Jenis kentang ini sering digunakan sebagai bahan utama french fries karena tekstur yang lembut. selain itu, kentang kuning memiliki kulit yang tipis dengan isi berwarna kuning.

Karena itu, kentang kuning merupakan umbian yang sering digunakan untuk membuat jenis masakan, karena bisa diolah dengan berbagai cara seperti digoreng, kukus dan dipanggang. Dipasaran harga kentang 1 kg berwarna kuning ini mulai dari Rp 15.000.

  • Kentang Putih

Selain kentang kuning, kentang berwarna putih menjadi salah satu pilihan untuk dimasak. Kentang dengan daging umbi berwarna putih, rasa hambar dan mengandung sedikit air sehingga cocok digunakan untuk membuat makanan berkuah.

Untuk harga kentang putih bervariasi, pemberian harga untuk kentang selalu dilihat melalui kualitas kentang melalui ukuranya, biasanya mereka digolongkan lalu dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda di pasaran. Untuk harga kentang 1 kg berwarna putih ini mulai dari 18.000 dipasaran.

  • Kentang Dieng

Kentang Dieng
Kentang Dieng

Kentang dieng merupakan salah satu jenis kentang dengan kulit berwarna kuning dengan ukuran lebih besar dibandingkan kentang lain. Kentang yang mmeiliki umbi berwarna kuning ini memiliki tekstur lembut dan manis membuat harga kentang ini lebih mahal daripada kentang lainya.

Untuk ketahanan, kentang dieng lebih tahan busuk daripada jenis lainya, untuk itu simpan kentang diruangan sejuk, kering dan gelap. Harga kentang dieng 1 kg pun bervariasi menyesuaikan dengan kualitasnya, mereka di banderol sekitar Rp 12.000-Rp 23.000.

Baca juga artikel menarik sebelumnya Harga Bolu Siliwangi Semua Varian Rasa dan ukuran

  • Kentang Merah

Kentang Merah
Kentang Merah

Kentang Merah memiliki kulit berwarna merah namun isi umbi berwarna kuning. Kentang berukuran sedang dan mengandung cukup banyak air ini biasanya dikonsumsi dengan cara direbus lalu digunakan sebagai campuran salad.

Kelebihan lain kentang merah terletak pada kandungan kalori yang lebih rendah daripada jenis lainya, selain itu kandungan karbohidrat kompleks yang membuatnya lebih disukai khususnya kamu yang menjalani program diet. Untuk harga kentang 1 kg jenis merah ini sekitar Rp 27.000-Rp 40.000.

  • Kentang Tes

Kentang tes adalah salah satu jenis kentang dengan sari pati yang lebih tinggi daripada kandungan airnya. untuk membedakan kentang tes dengan kentang kuning melalui bentuk bulat dengan ukuran yang sedang hingga besar dengan kulit yang sedikit kasar.

Karena memiliki air yang lebih sedikit dibandingkan jenis lain, kentang tes dikonsumsi lebih sering dengan cara dipanggang/goreng sehingga harga kentang 1 kg untuk jenis tes ini dibanderol sekitar Rp 35.000.

  • Kentang Kecil

Kentang kecil atau lebih dikenal dengan nama baby potato adalah merupakansalah satu kentang yang sering kita temukan di pasaran. Untuk ukuran kentang ini sepertiga lebih kecil dengan kentang pada umumnya, sehingga mereka disebut bayi kentang.

Kentang kecil diolah tanpa harus mengupasnya terlebih dahulu, mereka digunakan dengan cara ditumis seperti pada pembuatan steak maupun salad, untuk harga kentang kecil sekitar Rp 13.500/kg.

Daftar Harga kentang 1 kg

Sebenarnya banyak jenis kentang yang bisa kita temukan, namun di kesempatan ini kami hanya akan menyajikan harga kentang yang biasa digunakan dalam bahan makanan dan mudah ditemukan di pasaran Indonesia, berikut daftarnya :

Jenis Kentang Harga/Kg
Kentang Kuning Sedang Rp15.000
Kentang Kuning Kualitas A Rp 18.000 – Rp 23.000
Kentang Putih Rp18.000
Kentang Dieng sedang Rp12.000
Kentang Dieng Kualitas A Rp18.900 – Rp 23000
Kentang Merah Rp27.000 – Rp 40.000
Kentang Tes Rp35.000
Kentang Kecil Rp13.500

Informasi harga kentang 1 kg diatas kami peroleh dari berbagai sumber, salah satunya melalui situs marketplace Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan kentang akan mengalami penurunan maupun kenaikan harga secara tiba-tiba terlebih disaat panen maupun pada kondisi tertentu.

Walaupun demikian, biasanya harga kentang tidak jauh berbeda walaupun mengalami kenaikan harga karena selalu banjir dipasaran, untuk itu silahkan mengunjungi supermarket maupun pasar terdekat untuk memastikan hal tersebut.

Penutup

Daftar Harga Kentang 1 Kg
Daftar Harga Kentang 1 Kg

Demikinlah artikel Mocipay tentang harga kentang 1 kg. Semoga artikel ini dapat membantu terutama sobat yang ingin mencoba peruntungan dalam bisnis kuliner menggunakan kentang sebagai bahan utama. Terimakasih telah berkunjung.

Back to top button