8 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik 2024

Melisa Utami

Masih ada beberapa orang yang belum tahu tentang keberadaan asuransi mobil syariah di Indonesia. Nyatanya, sekarang polis asuransi satu ini lebih sering dipilih oleh sebagian besar orang, karena prinsip hukum yang digunakan bersifat syariah. Dalam arti lainnya adalah asuransi mobil dengan prinsip hukum syariah ini merupakan jenis asuransi anti riba.

Sama halnya seperti asuransi mobil konvensional, jenis asuransi kendaraan bermotor ini juga dapat menanggung berbagai jenis risiko kerusakan akibat kecelakaan, kebakaran, bencana alam, kerusuhan, hingga pencurian. Saat ini sudah ada banyak opsi asuransi mobil syariah yang dapat dipilih oleh masyarakat Indonesia. Untuk mengetahui tentang nama-namanya, Anda bisa menyimak isi artikel ini sampai akhir!

Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik dan Terpercaya

Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik dan Terpercaya
Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik dan Terpercaya

Meski prinsip hukum yang digunakan dalam asuransi mobil konvensional dan syariah berbeda, tapi kedua jenis asuransi mobil ini juga memiliki beberapa kesamaan, seperti pelayanan dan rekan bengkel yang beragam. Setiap perusahaan asuransi mobil pasti akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para nasabahnya.

Maka dari itu, setiap perusahaan asuransi mobil pasti akan memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut adalah 8 rekomendasi produk asuransi mobil syariah di Indonesia yang terbukti terpercaya:

1. Otomate Syariah

Otomate Syariah
Otomate Syariah

Produk asuransi mobil yang satu ini merupakan milik perusahaan ACA yang telah dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Otomate Syariah termasuk produk asuransi mobil all risk, sehingga asuransi ini dapat memberikan jaminan perlindungan atas kerugian maupun kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan, pencurian, bencana alam, dan lain sebagainya.

Detail Layanan Asuransi Mobil Otomate Syariah

Nantinya, di dalam asuransi ini terdapat berbagai jenis fasilitas yang dapat menguntungkan pihak nasabahnya.

  • Mulai dari mobil pengganti, perbaikan darurat, mobil derek, ambulans, dan akses layanan 24 jam adalah beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik asuransi mobil ini.
  • Sementara untuk tarif preminya sendiri dapat langsung ditanyakan ke pihak customer service ACA.
  • Sebab, tarif premi asuransi ini akan disesuaikan menurut jenis mobil dan usia mobil yang didaftarkan.
  • Jadi, tak heran jika tarif premi dari setiap nasabah akan saling berbeda.

2. Astra Buana Syariah

Astra Buana Syariah
Astra Buana Syariah

Produk asuransi mobil syariah yang selalu direkomendasikan oleh banyak orang selanjutnya adalah Astra Buana Syariah. Sudah ada banyak orang yang tahu bahwa perusahaan Asuransi Astra memiliki penawaran khusus terkait asuransi syariah. Produk asuransi ini menawarkan jasa pengelolaan finansial yang didukung dengan prinsip kaidah syariah berdasarkan tolong-menolong.

Keuntungan Menggunakan Asuransi Astra Buana Syariah

Oleh karena itu, Astra Buana Syariah menerapkan skema no claim bonus atau sering disebut dengan istilah bagi hasil ketika pihak nasabah tidak melakukan klaim.

  • Tentu sistem ini berbeda dengan sistem yang digunakan dalam asuransi mobil konvensional.
  • Nantinya, persentase asuransi ini dapat mencapai 50%, tapi juga bisa disesuaikan dengan perhitungan keuntungan perusahaannya.
  • Meski ada beberapa hal yang membuat produk asuransi mobil ini berbeda dengan asuransi mobil konvensional, tapi jika menyangkut pelayanannya produk ini tidaklah kalah.
  • Astra Buana Syariah mengadopsi layanan yang diberikan asuransi konvensional seperti paket asuransi, bengkel rekanan, fasilitas yang lengkap, dan premi terjangkau.

3. Autocillin Ikhlas

Autocillin Ikhlas
Autocillin Ikhlas

Autocillin Ikhlas merupakan produk asuransi mobil syariah yang ditawarkan oleh Adira Insurance. Salah satu alasan mengapa saat ini semakin ada banyak orang yang membelinya adalah, karena polis asuransi ini dapat memberikan opsi modifikasi iuran premi yang sesuai kebutuhan masing-masing nasabah.

Tidak hanya itu, nasabah yang membeli dan menggunakan asuransi ini juga dapat memiliki peluang untuk mendapatkan bagi hasil di akhir periode. Namun, keuntungan ini hanya bisa didapatkan ketika seorang nasabah tidak melakukan pengajuan klaim asuransi.

Jenis Perlindungan Layanan Asuransi Autocillin Ikhlas

Sementara untuk jenis perlindungan yang dapat diberikan oleh produk asuransi ini adalah:

  • Kerugian yang diakibatkan oleh terjadinya pemogokan maupun kerusuhan.
  • Kerugian yang diakibatkan oleh terjadinya bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan angin topan yang membuat mobil menjadi rusak.
  • Ganti rugi biaya pengobatan.
  • Ganti rugi pihak ketiga.
  • Santunan untuk kecelakaan pada diri nasabah atau pemilik asuransi.

4. Chubb Syariah

Chubb Syariah
Chubb Syariah

Sama halnya seperti produk asuransi mobil syariah yang sebelumnya, Chubb Syariah juga dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap risiko kerugian yang berupa kerusakan mobil maupun kehilangan mobil. Perusahaan asuransi ini tidak pernah gagal dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabahnya.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika jumlah nasabah perusahaan ini terus bertambah di setiap waktunya. Selain itu, karena prinsip hukum yang diterapkan dalam asuransi ini bersifat syariah, jadi dapat dipastikan bahwa produk asuransi ini tergolong anti riba.

Tanggungan Layanan Asuransi Chubb Syariah

Manfaat pertanggungan yang dapat diberikan oleh asuransi mobil ini adalah:

  • Pertanggungan atas kerusakan atau kehilangan kendaraan.
  • Ganti rugi akibat kecelakaan yang dapat membahayakan mobil, pengemudi, maupun penumpangnya.
  • Pertanggungan hukum pihak ketiga yang sangat terjamin.

5. Asuransi Takaful Umum

Asuransi Takaful Umum
Asuransi Takaful Umum

Pada dasarnya, Asuransi Takaful Umum tidak hanya dapat memberikan perlindungan terhadap kendaraan mobil saja, tapi juga jenis kendaraan lainnya seperti motor. Namun, yang akan kami bahas di sini adalah produk asuransi mobil syariah yang ditawarkannya. Semua produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan ini menggunakan prinsip syariah yang terjamin dengan baik.

Tidak hanya menawarkan satu jenis produk asuransi saja, tapi perusahaan ini menawarkan 2 jenis produk asuransi yang berbeda yakni asuransi kendaraan all risk dan Total Loss Only (TLO). Umumnya, tarif premi dari asuransi kendaraan all risk lebih mahal dibanding premi asuransi TLO.

Keuntungan Layanan Asuransi Takaful Umum

Meski begitu, manfaat pertanggungan yang bisa didapatkan pun jauh lebih beragam. Maka dari itu, sebagian orang rela mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk mendapatkan manfaat pertanggungan tersebut.

Lantas, apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh perusahaan ini?

  • Biaya pertanggungan atas kecelakaan, bencana alam, dan pencurian atau tindak kejahatan lainnya.
  • Fasilitas derek dan ambulans yang selalu siap siaga dalam membantu para nasabah.
  • Rekanan bengkel yang tersebar luas di beberapa wilayah Indonesia seperti Jabodetabek, Surabaya, Balikpapan, dan lain sebagainya.

6. BNI Oto Syariah

BNI Oto Syariah
BNI Oto Syariah

BNI juga menawarkan produk asuransi mobil syariah dengan kualitas pelayanan terbaik. Ada begitu banyak manfaat pertanggungan yang terdapat dalam asuransi syariah tersebut. Dalam hal ini, BNI Oto Syariah menggunakan sistem akad murabahah yang dapat diartikan sebagai perjanjian jual beli pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang telah disepakati.

Keuntungan Layanan Jasa BNI Oto Syariah

Perjanjian ini harus disepakati oleh pihak nasabah maupun perusahaan itu sendiri, sehingga ke depannya tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Sementara untuk berbagai jenis keuntungan yang dapat diberikan oleh perusahaan asuransi ini adalah:

  • Proses dan persyaratan yang tergolong mudah.
  • Dapat memberikan fasilitas yang lengkap seperti mobil derek, mobil pengganti, dan ambulans.
  • Biaya pertanggungan atas kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan, bencana alam, maupun pencurian.
  • Rekanan bengkel yang tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia.

7. Sinarmas Syariah

Sinarmas Syariah
Sinarmas Syariah

Sinarmas adalah perusahaan asuransi terbesar di Indonesia yang selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabahnya. Salah satu produk unggulan dari perusahaan ini adalah Sinarmas Syariah. Selain memiliki manfaat pertanggungan yang cukup beragam, tarif premi dari asuransi ini juga cenderung cukup terjangkau.

Kelebihan Asuransi Sinarmas Syariah

Namun, untuk mengetahui berapa tarif premi yang ditawarkan oleh asuransi ini, Anda perlu menghubungi pihak customer service-nya langsung.

Sebab, premi dari setiap mobil akan berbeda tergantung jenis dan usia dari mobil tersebut. Sinarmas Syariah memiliki beberapa kelebihan yang di antaranya adalah:

  • Akses layanan 24 jam, sehingga kapanpun Anda mengalami masalah, pihak customer service dapat langsung membantu.
  • Biaya pertanggungan atas kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan, bencana alam, maupun tindak kejahatan seperti pencurian.
  • Fasilitas biaya derek ketika mobil mengalami kerusakan di tengah jalan raya.
  • Rekanan bengkel yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia.

8. Garda Oto Syariah

Garda Oto Syariah
Garda Oto Syariah

Rekomendasi produk asuransi mobil syariah yang terakhir adalah Garda Oto Syariah. Ada hal yang membuat produk asuransi ini berbeda dengan asuransi mobil konvensional, yaitu sifatnya yang syariah dan dibentuk berdasarkan kaidah serta prinsip agama Islam. Dalam hal ini, prinsip Garda Oto Syariah dilandaskan dengan asas tolong-menolong yang lebih adil dan tentram.

Sistem Kaliam Asuransi Garda Oto Syariah

Jadi, ketika pihak nasabah tidak melakukan klaim pada periode sebelumnya, maka mereka dapat memanfaatkan keberadaan skema no claim bonus dan bagi hasil yang disediakan oleh perusahaan asuransi ini.

  • Tentu sistem seperti ini dapat menguntungkan pihak nasabah atau pemilik polis asuransi mobil syariah tersebut.
  • Nantinya, bagi hasil yang dibagikan oleh perusahaan asuransi ini akan dilakukan berdasarkan perhitungan keuntungan perusahaan, lalu hasil dari perhitungan tersebut dapat dibagikan ke para nasabah.
  • Mulai dari tarif premi, layanan bengkel rekanan, fasilitas asuransi, hingga paket yang ditawarkan memiliki kualitas yang terbaik, sehingga Anda tidak akan kecewa.

Perbedaan dari Asuransi Mobil Syariah dan Konvensional

Perbedaan dari Asuransi Mobil Syariah dan Konvensional
Perbedaan dari Asuransi Mobil Syariah dan Konvensional

Meski produknya sudah sering dipilih oleh sebagian orang, tapi tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa orang yang belum tahu tentang perbedaan asuransi mobil prinsip syariah dengan asuransi mobil konvensional.

Tabel Perbandingan Asuransi Mobil Syariah dan Konvensional

Untuk membantu Anda dalam mengetahui perbedaan tersebut, berikut kami bagikan informasinya:

Prinsip Syariah Konvensional
Akad Tolong-menolong Jual beli
Konsep Sharing of risk Transfer of risk
Kepemilikan dana Dana dari sebagian peserta akan menjadi milik peserta dan sisanya menjadi milik perusahaan asuransi Seluruh dana premi akan menjadi milik perusahaan asuransi
Investasi dan hasil Berbasis syariah dan hasil dapat dibagi ke kedua belah pihak Bebas dan hasil investasi menjadi milik perusahaan asuransi
Dewan pengawas syariah Bertugas untuk mengawasi produk, investasi dana, dan manajemen yang berjalan Tidak ada
Sumber pembayaran klaim Rekening tabarru’ Rekening perusahaan
Surplus underwriting Dapat dibagikan dengan aturan yang berlaku Milik perusahaan sepenuhnya

Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah yang Terbaik

Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah yang Terbaik
Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah yang Terbaik

Karena sekarang ada banyak opsi asuransi mobil yang menggunakan prinsip syariah, mungkin hal ini membuat Anda bingung untuk memilih salah satu di antaranya.

Begini Cara Utama Memilih Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Untuk itu, di sini kami juga akan membagikan tips memilih asuransi mobil yang bersifat syariah terbaik, yaitu:

  • Pastikan penggunaan tabarru’ sudah sesuai dengan syariat Islam.
  • Pastikan perusahaan asuransi yang dipilih diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) Indonesia.
  • Pilih produk asuransi dengan premi yang sesuai kemampuan.
  • Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk membayarnya di setiap bulan.

Penutup

Asuransi Mobil Syariah
Asuransi Mobil Syariah

Umumnya, orang-orang yang sudah mengetahui keberadaan asuransi mobil syariah akan lebih memilih produk asuransi satu ini. Hal ini terjadi karena asuransi syariah menggunakan prinsip dan kaidah yang sesuai agama Islam, sehingga jenis asuransi ini bisa dikatakan sebagai asuransi anti riba.

Melisa Utami

Suka Makan, Berbelanja, dan Bepergian. Suka Menulis Tentang Keuangan, Bisnis, Teknologi, & Gaya Hidup Untuk Membantu Banyak Orang Sadar Tentang Keuangan Dan Bagaimana Menghadapinya Dengan Bijak.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay