8 Cara Gadai Laptop di Pegadaian, Ini Syarat dan Tenor Cicilannya!

Sanra Hutagalung

Apakah kamu sedang mencari cara yang cepat dan mudah untuk mendapatkan dana tunai dengan menggadaikan laptop? Cara Gadai Laptop di Pegadaian bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu.

Pegadaian adalah lembaga keuangan yang terkenal di Indonesia dengan layanan gadai yang terpercaya dan aman. Gadai laptop di Pegadaian akan memberikan kamu dana tunai yang dibutuhkan tanpa harus menjual laptop secara permanen.

Namun untuk menggadaikan laptop di Pegadaian ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Mau tahu bagaimana cara gadai laptop di Pegadaian dan syaratnya? Ikuti penjelasan dibawah ini sampai selesai!

Syarat Gadai Laptop di Pegadaian

Sebelum mencari tahu cara gadai laptop di pegadaian sebaiknya cari tahu apa saja syarat dan ketentuan yang harus dilakukan agar proses mengajukan gadai laptop tidak terkendala.

Syarat Gadai Laptop di Pegadaian
Syarat Gadai Laptop di Pegadaian

Berikut beberapa syarat gadai laptop di pegadaian sesuai dengan ketentuan yang telah diberlakukan, yakni diantaranya :

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Mengisi formulir pengajuan gadai laptop.
  • Memberikan nomor rekening apabila pencairan dana melalui transfer bank.
  • Menyerahkan barang jaminan disertai kelengkapannya, seperti nota, charger, dan sebagainya.

Apakah Gadai Laptop di Pegadaian Aman?

Banyak orang yang bertanya-tanya “Apakah gadai laptop di Pegadaian aman?” tentu hal ini suatu hal yang wajib kita ketahui sebelum menyerahkan barang yang akan dijaminkan.

Menggadai laptop di Pegadaian sangat aman, pasalnya Pegadaian merupakan lembaga keuangan yang diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga proses gadai dan penanganan barang jaminan dilakukan secara profesional dan transparan.

Apakah Gadai Laptop di Pegadaian Aman?
Apakah Gadai Laptop di Pegadaian Aman?

Selain itu, Pegadaian juga memiliki sistem penyimpanan barang jaminan yang aman, seperti laptop. Pegadaian juga telah menjadi institusi yang terpercaya dalam layanan gadai di Indonesia selama bertahun-tahun.

Hal tersebutlah yang membuat banyak orang memilih Pegadaian karena reputasinya yang baik dan jaringan kantor yang didirikannya juga sangat luas.

Cara Gadai Laptop di Pegadaian

Proses penggadaian laptop di pegadaian saat ini bukanlah hal yang sulit lagi untuk dilakukan terlebih jika semua syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan sudah terpenuhi.

Karena secara umum, hal terpenting yang harus diketahui pada proses pengajuan gadai di pegadaian yaitu syarat yang lengkap dan kartu tanda pengenal yang tersedia.

Jika semua syarat sudah terpenuhi, berikut adalah langkah-langkah cara gadai laptop di Pegadaian dengan mudah dan langsung cair hanya dalam beberapa menit saja.

  • Kunjungi kantor cabang Pegadaian terdekat dengan membawa syarat yang telah diminta.
  • Temuin petugas kemudian sampaikan tujuan kamu untuk menggadai laptop.
  • Petugas akan meminta laptop yang akan digadai untuk mengecek kondisi laptop beserta kelengkapannya.
  • Jika memenuhi ketentuan Pegadaian, maka kamu akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan gadai dan meminta fotocopy KTP.
Formulir Pengajuan Gadai
Formulir Pengajuan Gadai
  • Setelah itu petugas akan menentukan harga barang jaminannya.
  • Apabila kamu menyetujui harga yang telah ditentukan, kamu akan diminta untuk menandatangani Surat Bukti Gadai (SBG).
Surat Bukti Gadai
Surat Bukti Gadai
  • Petugas akan menanyakan pencairan dana, seperti tunai atau transfer ke rekening bank.
  • Setelah dana sudah cair, simpan semua surat-surat yang telah diisi untuk menebus kembali laptop yang telah digadai dan cara gadai laptop di Pegadaian telah berhasil dilakukan.

Kehabisan pulsa dan paket data ketika mencari tahu informasi seputar cara gadai laptop di Pegadaian? Yuk, lakukan isi ulang di aplikasi Mocipay dengan harga termurah dan promo menarik lainnya.

Berapa Bunga Pinjaman Laptop Pegadaian

Bunga Pegadaian atau bunga pinjaman di Pegadaian berbeda-beda untuk masing-masing produk pinjaman. Sementara untuk Pegadaian Syariah tidak mengenal bunga, namun diganti dengan akad sewa modal.

Gadai laptop biasanya disebut dengan gadai non emas. Artinya kredit dengan sistem gadai berupa barang jaminan, seperti gadget, barang elektronik maupun barang rumah tangga lainnya yang memiliki nilai ekonomis.

Tarif Terbaru Gadai Non Emas Reguler

Berikut tarif terbaru gadai non emas reguler untuk laptop berdasarkan uang pinjaman, sewa moda, dan administrasinya diantaranya :

Golongan Uang Pinjaman  Sewa Modal  Administrasi 
A Rp50.000 – Rp500.000 1% Rp2000
B >Rp500.000 – Rp5.000.000 1.2% Rp10.000 – Rp35.000
C >Rp5.000.000 – Rp20.000.000 1.2% Rp50.000 – Rp100.000
D >Rp20.000.000 1.2% Rp125.000

Simulasi Pinjaman Reguler

Dirangkum dari situs resmi sahabat.pegadaian berikut simulasi pinjaman reguler untuk barang jaminan laptop berdasarkan besar uang yang dipinjam dan jangka waktu peminjaman, yaitu :

Barang Jaminan Uang Pinjaman  Jangka Waktu Administrasi
Laptop Rp2.500.000 30 Hari Rp2500
Rp5.000.000 30 Hari Rp5000

Catatan: Besar uang pinjaman yang diberikan biasanya ditentukan dari harga barang jaminan yang akan digadaikan. Semakin mahal harga barang jaminan yang akan digadaikan maka semakin besar juga uang yang bisa dipinjam.

Rumus Pelunasan Pinjaman

Untuk rumus pelunasan pinjaman uang di Pegadaian berdasarkan sewa modal, jangka waktu, dan tarif per 15 harinya yaitu sebagai berikut.

Sewa Modal Jangka Waktu Tarif per 15 Hari
1,2% 30 Hari 1,2% x Rp2.500.000 = Rp30.000
1,2% x Rp5.000.000 = Rp60.000
Pinjaman Pokok Sewa Modal Total Pelunasan
Rp2.500.000 Rp60.000 Rp2.500.000 + Rp60.000 = Rp2.560.000
Rp5.000.000 Rp100.000 Rp5.000.000 + Rp100.000 = Rp5.100.000

Keuntungan Gadai Laptop di Pegadaian

Setelah memahami cara gadai laptop di Pegadaian tentu kamu penasaran akan keuntungan yang di dapatkan kedepannya. Salah satu keuntungan yang harus kamu dapatkan yaitu proses pengajuannya yang mudah dan cepat.

Karena lembaga Pegadaian sendiri selalu mengutamakan pelayanan yang baik dan keamanan yang tetap terjaga serta terpercaya.

Berikut beberapa keuntungan lain ketika melakukan gadai laptop di Pegadaian yakni diantaranya :

1. Mudah dan Cepat

Untuk kemudahan dan proses pencairan gadai laptop di pegadaian ini tentu kamu sudah mendapatkan gambaran setelah memahami cara gadai laptop di Pegadaian diatas.

Pasalnya, jika kamu sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan oleh lembaga tersebut maka pencairan dana dari barang yang telah digadai bisa langsung cair hanya beberapa menit saja.

2. Tidak Memerlukan Jaminan Tambahan

Keuntungan lain yang di dapatkan ketika melakukan gadai laptop di Pegadaian yaitu tidak memerlukan jaminan tambahan karena lembaga Pegadaian ini menyatakan bahwa laptop yang digadaikan sudah menjadi jaminan yang cukup.

Sehingga setiap penggadai tidak perlu menyertakan jaminan tambahan lain, seperti sertifikat properti atau kendaraan bermotor.

3. Aman dan Terpecaya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Pegadaian merupakan lembaga keuangan yang diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga proses gadai dan penanganan barang jaminan dilakukan secara profesional dan transparan.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan gadai barang atau emas di Pegadaian karena penanganan yang dilakukan juga transparan atau tidak ada yang ditutup-tutupi.

4. Tenor Cicilan bisa Diperpanjang

Jika kamu mengajukan gadai dengan pembayaran melalui cicilan, maka kamu memiliki opsi untuk memperpanjang tenor cicilan jika diperlukan.

Akan tetapi ketentuan ini tidak berlaku bagai kamu yang mengajukan gadai dengan metode pembayaran transfer bank.

Perlu diketahui, perpanjangan tenor cicilan harus sesuai dengan keputusan berdasarkan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Pegadaian.

Artikel Menarik Lainnya: Cara Pinjam Uang Di Lazada 2023, Dua Menit Langsung Cair!

Kesimpulan

Cara Gadai Laptop di Pegadaian
Cara Gadai Laptop di Pegadaian

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa cara gadai laptop di Pegadaian hanya perlu membawa persyaratan yang telah dijelaskan diatas beserta barang jaminan yang akan digadai.

Jika memenuhi ketentuan gadai, maka petugas akan memvalidasi semua data dan meminta kamu menandatangani Surat Bukti Gadai (SBG) sebagai bentuk persetujuan cara gadai laptop di Pegadaian.

Pastikan kamu meminjam uang sesuai dengan yang dibutuhkan saat ini agar proses pembayaran yang dilakukan tidak terkendala dan mengalami permasalahan diakhir.

Semoga informasi cara gadai laptop di Pegadaian ini bermanfaat dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay