Cara Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat (ACMT)

Widya Samosir

Aplikasi Catat Meter Terpusat merupakan salah satu platform resmi yang telah di keluarkan oleh pihak PLN untuk para petugas PLN yang mempunyai tanggung jawab dalam mencatat meteran anda di rumah dimana semuanya akan terhubung langsung dengan seluruh data meteran yang ada di pusat.

Seluruh aplikasi catat meter terpusat ini juga hanya dapat di unduh oleh para petugas yang mempunyai hp android saja dan tidak di khususkan untuk masyarakat umum ya sobat.

Lantas apa saja aplikasi-aplikasinya? berikut penjelasannya.

Aplikasi catat meter terpusat 2023

halaman unduhan aplikasi catat meter terpusat
halaman unduhan aplikasi catat meter terpusat

Terlepas dari penggunaan aplikasi yang telah memudahkan setiap urusan kita saat ini, sekarang sudah ada aplikasi catat meter terpusat atau biasa disebut dengan ACMT.

Bagi anda yang belum tau apa itu ACMT, ACMT atau biasa disebut aplikasi catat meter terpusat yakni sebuah layanan yang menyediakan beragam manfaat untuk para petugas PLN yang bertugas di lapangan.

Dimana aplikasi ini dapat membantu mereka dalam mencatat seluruh data penggunaan listrik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia setiap harinya dengan mudah.

Seperti proses pencatatan akan menjadi lebih cepat, akurat dan tentunya efisien. Oleh sebab itu tak heran jika setiap petugas PLN yang berkunjung ke rumah anda pasti akan menyelesaikan proses pemeriksaan meteran dengan waktu yang sangat cepat.

Nah, aplikasi tidak mempunyai nama lain melainkan memang bernama aplikasi catat meter terpusat 2023. Untuk tau lebih jelasnya mengenai fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini sampai dengan cara menggunakannya, anda bisa scroll ke bawah ya.

Manfaat aplikasi catat meter terpusat 2023

manfaat aplikasi catat meter terpusat
manfaat aplikasi catat meter terpusat

Setiap aplikasi yang telah dihadirkan pasti memiliki keunggulan yang di lihat dari fungsi atau manfaat-manfaat  yang ada terkhususnya aplikasi catat meter terpusat saat ini.

Tercipta dari banyaknya inovasi-inovasi modern, inilah beberapa manfaat yang dimiliki oleh aplikasi catat meter terpusat 2023:

  • Merekap semua data dari pengontrolan baca meter
  • Menciptakan data-data master pengawasan
  • Menganalisis data koreksi pelanggan
  • Merekap penggunaan listrik pengguna dalam satuan KWH
  • Mengumpulkan informasi tunggakan serta jumlah tagihan berjalan untuk masing-masing pengguna
  • Menampilkan saldo penggunaan listrik yang ada
  • Mengecek seluruh tagihan rekening listrik pelanggan
  • Menganalisis informasi rekapitulasi stand pengguna
  • Menampilkan rekapitulasi penggunaan listrik berdasarkan kode pesan
  • Merekapitulasi data dari pengontrolan baca meter
  • Menayangkan data RBM semua pelanggan
  • Mengoreksi penggunaan pengguna yang dianggap tidak normal
  • Menerima stand angka meteran pelanggan
  • Memuat informasi penggunaan listrik yang belum sempat terbaca
  • Menampilkan informasi gangguan seperti KWH bebas, KWH mundur dan KWH max kepada pusat

Cara menggunakan aplikasi catat meter terpusat 2023

cara menggunakan aplikasi catat meter terpusat
cara menggunakan aplikasi catat meter terpusat

Setelah membahas manfaat dari fitur aplikasi catat meter terpusat, kini anda akan melihat sederet cara penggunaan aplikasi catat meter terpusat secara lebih jelas.

Untuk itu apabila anda sudah mempunyai aplikasinya namun masih bingung dengan cara meggunakannya maka anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. masuk ke halaman browser anda di ponsel maupun PC anda
  2. kemudian ketik di menu pencarian aplikasi catat meter terpusat
  3. setelah halaman utama ditampilkan, masukkan username dan password ke pegawaian anda
  4. jika tidak memilikinya, anda bisa tanyakan langsung ke bagian operator di kantormu
  5. saat berhasil login, klik download untuk unduh aplikasi catat meter terpusat 2023
  6. tunggu sampai proses unduhan selesai dan pasang aplikasinya di ponsel anda

Dalam beberapa kasus seringkali seorang pengguna tidak dapat menginstall aplikasi ini di ponselnya karena ponsel yang digunakan tidak mendukung.

Nah, apabila anda mendapati hal yang serupa maka anda bisa mengubah izin pengaturan yang ada di ponselmu dengan cara :

  • masuk ke menu pengaturan yang ada di ponselmu
  • lihat menu keamanan atau privasi dan buka menu tersebut
  • klik sumber tidak dikenal dan jendela notifikasi akan muncul
  • klik ok untuk melanjutkan tahapannya
  • jika sudah, buka folder unduhan dan cari file apk ACMT PLN yang sebelumnya sudah diunduh
  • klik file tersebut dan ikuti petunjuk aktivasi aplikasinya di ponsel anda
  • selesai

Apabila aplikasinya sudah ada di ponsel anda dan sudah dapat digunakan maka kini anda hanya perlu memindai meteran PLN yang ada di setiap rumah pengguna dan aplikasinya akan menghubungkan langsung data yang ada ke pusat sehingga di lain hari anda tidak perlu lagi memberikan pelaporan ke kantor PLN.

Keunggulan aplikasi catat meter terpusat

keunggulan aplikasi catat meter terpusat
keunggulan aplikasi catat meter terpusat

Perusahaan listrik negara atau PLN memang menjadi salah satu badan usaha milik negara yang punya peranan penting dalam bidang kelistrikan di Indonesia.

Apabila tidak ada listrik maka aktivitas setiap orang pasti juga ikut terkendala sehingga kebutuhan akan listrik tentunya tidak akan pernah bisa lepas bagi siapa saja.

Nah di karenakan kebutuhan listrik sudah semakin banyak dan pihak layanan PLN sudah tidak dapat mencakup seluruh rumah bahkan daerah-daerah yang terpencil.

Terciptalah salah satu aplikasi yang bernama aplikasi catat meter terpusat atau biasa disebut ACMT. Seperti penjelasan sebelumnya, aplikasi ACMT ini hanya dapat digunakan oleh petugas pengecekan meteran listrik masyarakat.

atau biasa disebut petugas lapangan PLN dimana selain bisa menampilkan data kelistrikan dengan sangat akurat, aplikasi ACMT ini juga masih mempunyai keuntungan-keuntungan lainnya.

Seperti proses pencatatan jumlah meteran listrik bisa dilakukan secara online dan data yang di dapatkan langsung tersebar ke database pusat sehingga dapat dipastikan asli dan tidak ada aksi kecurangan di dalamnya.

Hal tersebut juga dapat memangkas waktu para petugas lapangan saat sedang melakukan peninjauan berkala sehingga seluruh banyak rumah akan mendapatkan kesempatan untuk di cek meteran listriknya.

Petugas lapangan juga dapat langsung merekap data meteran di tempat menggunakan beberapa foto serta tag gps yang telah lengkap.

Kekurangan aplikasi catat meter terpusat

Tidak hanya mempunyai kelebihan, aplikasi catat meter terpusat pastinya masih memiliki beberapa kekurangan yang nantinya perlu perhatian khusus dari anda saat sedang menggunakannya.

Dilihat dari sederet kekurangan aplikasi catat meter terpusat memang aplikasi ini tidak terlalu memiliki banyak kekurangan sebab telah mengalami proses update secara terus menerus

Sehingga sudah cukup baik jika ingin anda gunakan sekarang. Dari sekian banyak pendapat para pengguna seputar aplikasi ini, berikut kekurangan aplikasi catat meter terpusat yang umum terjadi:

  1. aplikasi ini memerlukan koneksi internet yang cukup saat sedang digunakan
  2. tidak dapat diunduh pada sembarang smartphone melainkan hanya pada tipe-tipe ponsel android tertentu saja
  3. proses memasukkan data seperti foto meteran ke dalam aplikasinya membutuhkan waktu yang cukup lama
  4. data yang ditampilkan tidak selalu akurat
  5. terkadang masih memerlukan biaya unduhan

Dari 5 kekurangan aplikasi catat meter terpusat, apakah anda sudah memahaminya? jika sudah dan anda tidak mempermasalahkan setiap kekurangan yang ada maka anda bisa masuk ke aplikasinya langsung dengan cara klik disini.

Tips Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat Penjelasan
Instal Aplikasi yang Terpercaya Pastikan Anda mengunduh dan menginstal aplikasi catat meter terpusat yang terpercaya dan aman. Cari aplikasi dari sumber resmi seperti App Store atau Google Play.
Masukkan Data Meter Secara Teratur Rajin memasukkan data meter pada waktu yang ditentukan, biasanya setiap bulan. Ini membantu Anda melacak penggunaan energi dan air dengan akurat.
Pahami Cara Membaca Meter Pastikan Anda tahu cara membaca meter dengan benar. Ini mungkin melibatkan membaca angka-angka pada meter fisik atau memasukkan data yang Anda terima dari penyedia layanan.
Gunakan Pemberitahuan Aktifkan pemberitahuan atau pengingat dalam aplikasi untuk mengingatkan Anda saat waktunya untuk mencatat meter.
Simpan Data Meter yang Tercatat Pastikan Anda menyimpan catatan data meter yang tercatat dengan baik. Ini bisa berupa tangkapan layar atau catatan tertulis sebagai backup jika diperlukan.

Penutup

Aplikasi Catat Meter Terpusat
Aplikasi Catat Meter Terpusat

Sekian tentang aplikasi catat meter terpusat paling akurat 2023 termasuk sederet kekurangannya. Kini anda sudah bisa menggunakan aplikasinya apabila sudah benar-benar terpasang di ponsel anda.

Terima kasih telah membaca sampai selesai. Jangan lewatkan informasi menarik tentang 6 Aplikasi Desain Spanduk Online, Hasil Lebih Maksimal dan selamat mencoba ya!

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay