Review Kartu Kredit Citibank: Syarat, Rewards Poin dan Keunggulan

Melisa Utami

Review kartu kredit Citibank yang akan kita bahas kali ini adalah seputar syarat pengajuan, beragam fitur serta kelebihan dan kekurangannya. Kartu kredit dari Citibank digadang-gadang menjadi salah satu yang terbaik daripada kartu kredit dari bank lain. Apakah benar demikian?

Review Kartu Kredit Citibank Berdasarkan Jenis

Review Kartu Kredit Citibank Berdasarkan Jenis
Review Kartu Kredit Citibank Berdasarkan Jenis

Semakin tahun akan semakin banyak jenis kartu kredit yang bermunculan dengan tawaran berbagai keunggulan serta fitur yang menggiurkan. Sebagai masyarakat modern, tentunya Anda harus cermat dan jeli dalam memilih kartu kredit.

Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi Anda. Kali ini kami akan melakukan review kartu kredit Citibank yang menawarkan 6 jenis kartu kredit yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kegunaannya.

Hal ini yang menjadikan kartu kredit Citibank lebih unggul jika dibandingkan dengan kartu kredit bank lain. Selain itu, membuat kartu kredit Citibank ini terbilang cukup mudah. Meskipun mudah, namun terdapat beberapa keluhan.

Contohnya seperti tingginya penghasilan minimal yang harus dimiliki oleh nasabah. Sedangkan apabila dibandingkan dengan kartu kredit bank lain yang mengharuskan nasabah memiliki penghasilan puluhan juta, syarat penghasilan Citibank masih tergolong rendah.

Poin plus lain adalah limit kartu kredit Citibank yang lumayan tinggi menjadikannya seimbang dengan syarat penghasilan calon nasabah. Citibank juga bekerja sama dengan perusahaan MasterCard yang dapat digunakan di seluruh dunia.

Dengan demikian nasabah bisa memanfaatkan diskon dan promo di berbagai merchant di banyak negeri. Semakin sering nasabah menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, maka akan semakin banyak pula poin yang akan diperoleh.

Poin ini nantinya bisa ditukarkan menjadi tiket gratis, hotel, penerbangan atau cashback. Meskipun akan dikenakan biaya tahunan yang berbeda pada tiap jenisnya, namun biaya tersebut masih tergolong rendah ketimbang kredit dari bank lain.

Baca Juga : 7 Jenis Kartu ATM BRI, Biaya Admin dan Gambarnya

Langkah Ajukan Kartu Kredit Citibank

Jadi, apakah setelah membaca review kartu kredit Citibank di atas Anda menjadi tertarik untuk memilikinya juga? Jika iya, maka berikut ini akan kami jelaskan mengenai persyaratan, cara pengajuan serta fitur kelebihan dan kekurangannya. Simak berikut ini!

1. Syarat Ajukan Kartu Kredit Citibank

Sebelum melakukan review kartu kredit Citibank dan mengetahui apa saja fitur, keunggulan dan juga kekurangannya, tentu Anda harus memilikinya terlebih dahulu. Lantas apa saja persyaratan untuk mengajukan kartu kredit Citibank? Simak berikut ini.

  • Pemegang kartu utama wajib berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Memiliki rekening tabungan di Citibank
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk WNI
  • Memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan paspor untuk WNA
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Memiliki kartu kredit dari bank lain
  • Melampirkan slip gaji

2. Cara Ajukan Kartu Kredit Citibank

Apabila sudah mengetahui apa saja syarat yang diperlukan untuk membuat kartu kredit, maka selanjutnya adalah cara pengajuannya. Mengajukan kartu kredit Citibank pun terasa lebih mudah sebab terdapat 3 opsi pengajuan.

  • Pengajuan Melalui Website

Langkah-langkah untuk melakukan pengajuan kartu kredit Citibank melalui website tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu mengunjungi website resmi Citibank, kemudian pilih opsi kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu klik Apply Now.

Anda tinggal melengkapi data diri dan dokumen sesuai dengan arahan yang terdapat pada website. Jika sudah lengkap, maka Anda hanya tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Citibank. Anda juga bisa menghubungi CitiPhone Banking melalui nomor yang tertera di website.

  • Pengajuan Melalui Kantor Cabang

Cara pengajuan lainnya yakni dengan datang langsung ke kantor cabang terdekat. Anda akan dibantu oleh petugas bank untuk mengisi formulir dan tahap-tahap yang harus dilakukan. Cara ini dianggap paling mudah untuk orang tua yang kesulitan dengan perkembangan teknologi.

  • Pengajuan Melalui Fintech

Dan cara terbaru adalah dengan melalui fintech. Sekarang ini sudah banyak fintech yang menawarkan bantuan pengajuan kartu kredit, salah satunya kartu kredit Citibank. Sama seperti pengajuan melalui website, Anda hanya perlu mengisi data diri dan nantinya akan dibantu oleh petugas.

3. Jenis Kartu Kredit Citibank

Setelah mengetahui persyaratan dan pengajuan kartu kredit Citibank, berikut ini kami akan menjelaskan mengenai review kartu kredit Citibank berdasarkan jenis yang ditawarkan. Kartu kredit Citibank cocok untuk Anda yang ingin memenuhi kebutuhan serta gaya hidup. Baik itu hobi seperti traveling, kuliner staycation dan sebagainya.

  • Citi Premiermiles

    Citi Premiermiles
    Citi Premiermiles

Secara singkat, berikut adalah review kartu kredit Citibank jenis Citi Premiermiles. Tipe kartu ini sangat cocok untuk Anda yang suka berkeliling dunia sebab memberikan poin miles yang bisa ditukarkan menjadi tiket pesawat gratis.

Selain itu, poin ini berlaku untuk lebih dari 60 maskapai, 8.500 hotel dalam waktu tak terbatas. Anda juga bisa mendapatkan 1 Citi Mile setiap kali Anda melakukan transaksi sebesar Rp 8.750 di dalam negeri. Sedangkan di luar negeri Anda akan mendapatkan 1 Citi Mile setiap melakukan transaksi sebesar Rp 5.000.

  • Citi Cash Back

    Citi Cash Back
    Citi Cash Back

Review kartu kredit Citibank berikutnya ada jenis kartu kredit Citi Cash Back yang selalu memberikan 1% cashback bagi semua transaksi tanpa tanggal kadaluwarsa, tanpa belanja minimum dan tanpa limit cashback. Bagi Anda yang suka berbelanja, maka kartu ini sangat cocok untuk Anda.

  • Citi Simplicity

    Citi Simplicity
    Citi Simplicity

Kartu kredit jenis satu ini bebas dengan biaya keterlambatan pembayaran, bebas biaya ketika Anda melampaui limit kredit dan mendapatkan potongan 10% untuk pembayaran tepat waktu setiap bulannya. Selain itu, Anda juga tidak akan dikenakan biaya keterlambatan.

  • Citi Telkomsel

    Citi Telkomsel
    Citi Telkomsel

Review kartu kredit Citibank berikutnya adalah jenis Citi Telkomsel yang ditujukan khusus untuk para pelanggan kartu Halo. Kartu kredit ini memberikan banyak rewards poin untuk segala transaksi pembayaran tagihan kartu Halo. Anda juga bisa mendapatkan 3x Citi Rewards Points untuk tagihan kartu Halo melalui Citibank 1Bill.

Selain itu, Anda bisa menukarkan Citi Rewards Points untuk menonton film di Cinema XXI dan hemat hingga 20% di merchant pilihan. Nasabah sudah bisa mengajukan kartu kredit jenis ini dengan penghasilan minimum sebesar Rp 5.000.000 per bulan.

  • Garuda Indonesia Citi

    Garuda Indonesia Citi
    Garuda Indonesia Citi

Bagi Anda yang suka bepergian menggunakan maskapai Garuda Indonesia, maka kartu kredit jenis satu inilah yang cocok untuk Anda. Selain memberikan banyak kemudahan dalam memperoleh miles, kartu kredit Garuda Indonesia Citi juga memberikan ekstra bagasi hingga 20 kg. Anda juga bisa mendapatkan bonus 2500 Garuda Miles untuk akumulasi transaksi pertama 250 Garuda Miles.

  • Citi Rewards Card

    Citi Rewards Card
    Citi Rewards Card

Sesuai dengan namanya, kartu jenis satu ini sangat mudah dalam mengumpulkan poin untuk reward dan tidak memiliki masa kadaluwarsa. Anda pun bisa memperoleh hingga 3x poin setiap melakukan transaksi sebesar Rp 3.000.

Citi Rewards points ini bisa Anda gunakan di beberapa merchant atau untuk membayar iuran tahunan. Dari keenam jenis kartu tersebut, menurut review kartu kredit Citibank yang paling banyak digunakan oleh nasabah adalah 3 jenis kartu.

Yakni kartu kredit Citi Premiermiles, Citi Rewards dan Citi Simplicity. Berikut adalah iuran tahunan kartu pertama dan tambahan berdasarkan jenis kartu kredit Citibank yang Anda miliki.

Jenis Kartu Kredit Iuran Tahunan Kartu Pertama Iuran Tahunan Kartu Tambahan
Citi Premiermiles Rp 1.000.000 Rp 500.000
Citi Rewards Rp 400.000 Rp 200.000
Citi Simplicity Rp 350.000 Rp 150.000

Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap melakukan transaksi maka nasabah akan mendapatkan poin yang dapat ditukarkan. Berbeda jenis kartu kredit, maka bisa berbeda pula poin yang dapat ditukarkan. Berikut ini adalah rewards yang bisa didapatkan nasabah berdasarkan jenis kartu kreditnya.

Rewards Poin Citi Premiermiles Citi Rewards Citi Simplicity
Promo dan diskon setiap belanja
Penukaran tiket pesawat gratis
Voucher belanja senilai Rp 1 juta
Potongan 10% biaya bunga
Akses gratis di 800 Airport Lounge

4. Cara Tukar Poin Kartu Kredit Citibank

Review kartu kredit Citibank selanjutnya adalah mengenai cara penukaran poin yang didapatkan dari penggunaan kartu kredit. Sistem penukaran kartu kredit Citibank ada 2, yakni dengan cara SMS dan formulir daring atau e-form. Anda bisa memilih mana yang lebih mudah.

  • Penukaran Poin via SMS

Apabila Anda menukarkan poin kartu kredit via SMS maka format yang harus dilakukan seperti berikut. Format RDM <spasi> 4-digit terakhir kartu kredit Citi Rewards <spasi> kode nominal cashback. Contohnya apabila kodeCASH100” maka nominal cashback yang ditukarkan yakni sebesar Rp 100.000 dan seterusnya.

  • Penukaran Poin via Formulir Daring

Apabila Anda ingin menukar poin via formulir daring, maka Anda harus mengakses laman resmi Citibank kemudian isi data formulir dengan lengkap dan klik pilihan Redeem.

Sesudah permohonan diterima maka pihak Citibank akan mengecek cashback yang dapat ditukarkan. Maksimum cashback yang bisa ditukarkan yakni sebesar Rp 900.000 dalam sekali proses.

5. Kelebihan Kartu Kredit dari Citibank

Berikutnya kita akan melakukan review kartu kredit Citibank seputar kelebihannya. Apa saja kelebihannya? Mari kita simak berikut ini!

  • Memiliki 3 jenis pilihan kartu kredit yakni Citi PremierMiles, Citi Rewards dan City Simplicity
  • Mendapatkan potongan 10% biaya bunga apabila membayar tepat waktu
  • Mendapatkan akses gratis di 800 Airport Lounge di seluruh dunia
  • Mendapatkan gratis biaya keterlambatan pembayaran
  • Mendapatkan gratis biaya transaksi overlimit
  • Mendapatkan penawaran promo, miles dan cashback setiap transaksi
  • Setiap poin promo, miles dan cashback berlaku selamanya

6. Kekurangan Kartu Kredit dari Citibank

Review kartu kredit Citibank selanjutnya yakni mengenai kekurangan. Anda tidak perlu khawatir, karena kekurangan kartu kredit ini lebih sedikit dibandingkan dengan kelebihannya.

Kekurangannya terletak pada ketersediaannya yang hanya ada di beberapa wilayah seperti Jabodetabek, Medan, Semarang, Bandung, Surabaya dan Denpasar. Selain itu, persyaratan penghasilan minimal juga beberapa kali menjadi keluhan bagi calon nasabah.

Meski demikian persyaratan tersebut masih tergolong lebih rendah jika dibandingkan dengan syarat penghasilan minimal yang dipatok oleh bank lain untuk kelas menengah ke atas.

Review Kartu Kredit Citibank
Review Kartu Kredit Citibank

Demikian pembahasan seputar review kartu kredit Citibank dari mulai ulasan nasabah, syarat dan cara pengajuan hingga kelebihan serta kekurangannya. Apakah Anda tertarik untuk memiliki kartu kredit dari Citibank? Sebelum itu, pastikan untuk memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Melisa Utami

Suka Makan, Berbelanja, dan Bepergian. Suka Menulis Tentang Keuangan, Bisnis, Teknologi, & Gaya Hidup Untuk Membantu Banyak Orang Sadar Tentang Keuangan Dan Bagaimana Menghadapinya Dengan Bijak.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay