10 Produk Kredit Multiguna Bunga Paling Rendah 2024

Melisa Utami

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya untuk mengetahui dahulu beberapa produk kredit multiguna bunga paling rendah. Pasalnya, setiap produk tentu memiliki syarat jaminan berbeda-beda. Untuk jumlah bunganya juga cukup beragam sehingga jangan sampai salah pilih.

Inilah Produk Kredit Multiguna Bunga Paling Rendah 

Inilah Produk Kredit Multiguna Bunga Paling Rendah 2023
Inilah Produk Kredit Multiguna Bunga Paling Rendah

Setiap nasabah dapat mengajukan pinjaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Baik itu biaya pernikahan, renovasi rumah, pendidikan, dan lainnya. Di bawah ini merupakan beberapa daftar pilihan produk kredit multiguna bunga paling rendah selengkapnya:

Baca Juga : 10 Pinjaman Online Cicilan 12 Bulan Cepat Cair dan Bunga Rendah

1. BFI Finance

BFI Finance
BFI Finance

BFI Finance merupakan salah satu produk kredit multiguna dengan suku bunga yang tergolong cukup rendah. Adapun setiap nasabah yang melakukan pinjaman ini beban suku bunganya tetap sehingga tidak berubah. Tentu saja bunga tetap rendah walaupun nominal pinjamannya besar.

Setiap nasabah dapat memilih setidaknya dua jenis jaminan. Yaitu properti ataupun kendaraan bermotor. Untuk besar pembiayaannya sendiri umumnya akan langsung disesuaikan dengan nilai jaminan yang Anda gunakan. Umumnya yakni sebesar 85% dari harga jaminan.

Bank Bunga Tenor Pinjaman
BFI Finance 0,9% per bulan 7 tahun

2. BCA

BCA
BCA

Kredit multiguna bunga paling rendah lainnya yaitu BCA. Yakni berupa KPR Refinancing dengan jaminannya berupa properti. Tentu sangat cocok ketika Anda memiliki rumah, pertokoan, apartemen, ataupun beberapa jenis bangunan serupa lainnya.

Perusahaan perbankan ini juga memiliki beberapa syarat lainnya yang perlu nasabah penuhi. Seperti wajib mempunyai pendapatan dengan jumlah penghasilan yang sudah ditentukan. Selain itu, nasabah juga sudah memiliki KTP dengan usia paling minimalnya yakni 18 tahun.

Bank Suku Bunga Tenor Pinjaman
BCA 7,21% 120 bulan
6,21% 84 bulan
3,21% 60 bulan

3. Mandiri

Mandiri
Mandiri

Salah satu perusahaan perbankan lainnya yang tidak ingin ketinggalan dengan produk kredit multiguna bunga paling rendah adalah Mandiri. Setidaknya terdapat dua jenis kredit bagi nasabah. Mulai dari Mandiri KPR Multiguna Top Up dan KPR Multiguna Take Over.

Semua produk kredit multiguna tersebut memiliki jaminan yang sama yakni dalam bentuk properti. Untuk suku bunganya sendiri masih memiliki sifat floating. Dengan begitu, dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu sehingga pertimbangkan terlebih dahulu sebelum meminjam.

Bank Suku Bunga Tenor Pinjaman
Mandiri 9,25% 10 tahun
9,50% 1 tahun
8,35% 5 tahun

4. Adira Finance

Adira Finance
Adira Finance

Lembaga pembiayaan ini juga memiliki produk kredit multiguna bunga paling rendah. Yakni mulai 0,9% per bulan. Jaminannya sendiri terbilang tidak jauh dari bidang yang digeluti oleh perusahaan tersebut. Yaitu sepeda motor sehingga bukan lagi berupa properti atau lainnya.

Akan tetapi, pahami juga bahwa untuk mengambil kredit tersebut Adira Finance akan memperhitungkan soal usia kendaraan. Adapun maksimalnya yakni hanya 8 tahun saja setelah masa produksi. Meski begitu, suku bunganya sendiri tergolong cukup ringan.

5. Maybank

Maybank
Maybank

Produk kredit multiguna lainnya yaitu dari Maybank. Adapun jaminannya berupa properti baik itu rumah, ruko, ataupun apartemen milik nasabah. Tentu ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh perusahaan perbankan ini saat mengajukan pinjaman.

Dengan memakai jaminan tersebut, maka nasabah bisa mendapatkan pinjaman cukup banyak. Umumnya hal ini akan langsung disesuaikan dengan nilai dari jaminannya masing-masing. Untuk suku bunganya sendiri bisa saja meningkat seiring lamanya proses pelunasan.

Bank Suku Bunga Tenor Pinjaman
Maybank 10,25%
7,99% 10 tahun
6,99% 7 tahun

6. OCBC NISP

OCBC NISP
OCBC NISP

Termasuk salah satu pilihan kredit multiguna bunga paling rendah yaitu di bawah 10%. Selain itu, bank swasta ini juga menawarkan proses peminjaman dengan langkah mudah. Nasabah hanya perlu melengkapi dokumen dan jaminan yang sudah ditentukan sesuai persyaratannya.

Adapun jenis jaminan yang perlu nasabah persiapkan berupa rumah atas nama perorangan. Hal ini berarti kredit tersebut tidak berlaku jika jaminannya atas nama perusahaan maupun lembaga. Selain itu, properti tersebut juga perlu sudah selesai pembangunannya hingga 100%.

7. BRI

BRI
BRI

BRI juga menyediakan produk kredit multiguna bunga paling rendah dengan suku bunga di bawah 10%. Namanya KKB Refinancing dengan jaminan cukup beragam baik itu berupa sepeda motor ataupun mobil. Persyaratannya seperti termasuk WNI dengan usia minimal 21 tahun.

Selain itu, nasabah juga perlu memiliki rekening BRItama. Nasabah nantinya dapat memilih sendiri jangka waktu pinjaman yang mereka butuhkan. Akan tetapi pertimbangkan dahulu karena hal tersebut akan langsung mempengaruhi jumlah suku bunga yang harus dibayarkan.

8. Danamon

Danamon
Danamon

Kredit multiguna bunga paling rendah lainnya yaitu dari Bank Danamon dengan jaminan berupa properti. Untuk jangka waktu pinjamannya sendiri tergolong cukup lama. Adapun proses pengangsurannya maksimal selama 10 tahun. Terlebih proses pengajuan dana juga mudah.

Pasalnya, sudah tersedia pengisian formulir yang dapat nasabah lakukan secara online melalui website resmi Bank Danamon. Nasabah bisa meminjam dana dengan jumlah sekitar 80% dari setiap nilai properti mereka. Untuk suku bunganya sendiri akan tergantung dari lama pinjaman.

Bank Suku Bunga Tenor Pinjaman
Danamon 8,5% 10 tahun

9. CIMB Niaga

CIMB Niaga
CIMB Niaga

CIMB Niaga menawarkan produk kredit multiguna sekitar 11% per tahun berdasarkan jenis jaminan yang beragam. Nasabah dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Seperti Pinjaman KPR Xtra CIMB Niaga Multiguna untuk jaminan berupa properti seperti rumah, ruko, dan lainnya.

Kemudian apabila menginginkan jaminan berupa kendaraan bermotor, maka bisa memilih CIMB Niaga Auto Finance. Perusahaan perbankan ini sendiri menyediakan batas waktu pelunasan paling lama yaitu 10 tahun. Akan tetapi, nasabah dapat meminjam dana dengan angka cukup besar.

10. Bank Mega

Bank Mega
Bank Mega

Produk kredit multiguna bunga paling rendah lainnya dari Bank Mega. Nasabah bisa mengajukan pinjaman dana secara tunai dengan batas sekitar 100 juta. Untuk pengembaliannya sendiri paling lama sekitar 5 tahun. Akan tetapi bisa juga mengembalikannya dalam waktu 1 tahun.

Tentu saja lama pengembalian pinjaman dana tersebut akan menentukan besar atau kecilnya biaya cicilan. Nasabah perlu melakukan pembayaran kredit tersebut setiap bulannya. Untuk suku bunganya sendiri akan terus berubah sehingga perlu menjaga fixed rate terutama di 3 bulan awal.

 

Beberapa Kriteria Produk Kredit Multiguna yang Baik

Saat Anda ingin mengajukan pinjaman kredit multiguna, maka tentu saja perlu membayar cicilan sampai lunas kepada pihak bank berdasarkan waktu yang sudah disepakati. Akan tetapi, pahami dahulu kriteria produknya yang baik. Agar tidak ketinggalan di bawah ini diantaranya:

1. Suku Bunga Rendah

Ada baiknya untuk mencari lembaga keuangan ataupun perusahaan perbankan yang menawarkan produk kredit multiguna bunga paling rendah. Dengan begitu, setiap nasabah tidak akan merasa keberatan apabila harus membayar biaya cicilan setiap bulannya secara terus-menerus.

Terlebih jika suku bunga yang ditawarkan tergolong cukup rendah, maka cicilan juga tidak terlalu melonjak. Tentu saja akan lebih mudah untuk membayarnya sesuai dengan tenor waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Oleh sebab itu pelajari dahulu suku bunga pada setiap penyedia kredit.

2. Jangka Waktu Angsuran

Untuk kriteria selain kredit multiguna bunga paling rendah yaitu jangka waktu angsuran. Pastikan Anda memilih produk dengan jangka waktu pinjaman cukup lama. Mulai dari 5-15 tahun sehingga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan agar nantinya semakin kecil jumlah cicilannya.

Apabila Anda memilih jangka waktu angsuran yang lebih cepat, maka tentu saja perlu membayar cicilan dengan jumlah jauh lebih tinggi. Akan tetapi, bunga yang dibayarkan terbilang cukup rendah. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika memilih jangka waktu angsuran cepat saja.

3. Jumlah Dana Pinjaman Besar

Akan lebih baik juga apabila memilih produk pinjaman dengan jumlah lebih besar. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan terutama jika memang memerlukan dana cukup banyak. Akan tetapi, pastikan memilih perusahaan perbankan yang memang sudah terpercaya.

Penting untuk memilih perusahaan perbankan dengan plafon pinjaman cukup tinggi agar pinjaman dana yang diperoleh juga semakin besar. Hanya saja pastikan untuk mempertimbangkan jumlah tersebut agar nantinya tidak akan menyebabkan kerugian bagi diri sendiri karena beban cicilan.

4. Proses Pengajuan Mudah

Selain beberapa hal di atas, kriteria lainnya yang perlu diperhatikan adalah produk kredit tersebut memiliki proses pengajuan mudah. Umumnya hanya sekitar 1 sampai dengan 14 hari sehingga nasabah juga tidak perlu menunggu lama. Tentu akan semakin mudah mendapat dana pinjaman.

Tidak hanya itu saja, jika proses pengajuan kredit multiguna bunga paling rendah tersebut lebih cepat maka dapat dikatakan bahwa sebuah produk pinjaman multiguna bagus. Oleh sebab itu, jangan sampai terlewat untuk mengecek hal ini. Kemudian tidak mengapa jika membandingkan satu produk dengan lainnya.

5. Menyediakan Simulasi Pinjaman

Kriteria yang bagus dari sebuah lembaga penyedia kredit multiguna yakni menyediakan simulasi pinjaman kepada nasabah. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan jumlah angsuran sekaligus tenornya. Tentu akan lebih mudah untuk membuat perencanaan sesuai kebutuhan.

Selain itu, ada baiknya untuk tidak mengajukan pinjaman dengan jumlah berlebihan di luar kemampuan penghasilan masing-masing. Terlebih jika hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif. Pasalnya, jika tidak dapat melunasinya tentu jaminan akan langsung tersita begitu saja.

6. Tidak Dibebankan Biaya Penalti Jika Pelunasan Cepat

Produk kredit multiguna umumnya akan membebankan biaya penalti sehingga jangan hanya memperhatikan kredit multiguna bunga paling rendah saja. Pastikan biaya penaltinya kecil. Untuk biayanya sendiri umumnya beragam bisa sekitar 2-3% jumlahnya.

Hanya saja, akan lebih baik juga perusahaan tersebut menawarkan biaya penalti yang jauh lebih rendah. Anda bahkan dapat mencari produk kredit multiguna yang tidak membebankan biaya tersebut apabila melunasinya dengan cepat. Tentu akan mengurangi jumlah biaya cicilan pinjaman.

7. Tidak Ada Beban Biaya Lainnya

Akan lebih bagus apabila produk kredit tersebut tidak memberikan tambahan beban biaya lainnya kepada nasabah yang meminjam dana. Baik itu berupa materai, jasa notaris, provisi, dan lain sebagainya. Untuk itu, pastikan mengecek kembali mengenai hal ini apakah ada ketentuannya.

Sebaiknya Anda memilih perusahaan atau lembaga keuangan yang menawarkan produk pinjaman multiguna dengan sedikit biaya atau bahkan tidak ada beban biaya tambahan lainnya seperti di atas. Tentu menjadikannya sebagai produk kredit multiguna terbaik daripada yang lainnya.

Tips memilih Kredit Multiguna Bunga Rendah

Tips Penjelasan
Bandingkan Penawaran dari Berbagai Bank dan Lembaga Keuangan Jangan menerima penawaran pertama yang Anda dapatkan. Bandingkan suku bunga dari beberapa bank dan lembaga keuangan yang berbeda. Ini membantu Anda menemukan penawaran terbaik.
Pahami Jenis Bunga Ada dua jenis bunga utama: tetap dan mengambang (fluktuatif). Bunga tetap memiliki tingkat tetap sepanjang masa pinjaman, sedangkan bunga mengambang dapat berubah sesuai dengan suku bunga pasar. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.
Pahami Biaya-Biaya Lainnya Selain suku bunga, perhatikan biaya-biaya lain seperti biaya administrasi, biaya provisi, asuransi, dan biaya lainnya. Biaya-biaya ini dapat memengaruhi total biaya pinjaman.
Nilai Pinjaman yang Dibutuhkan Pertimbangkan berapa banyak uang yang Anda butuhkan dan pinjam hanya sejumlah itu. Jangan meminjam lebih dari yang Anda butuhkan karena akan membayar bunga lebih banyak.
Jangka Waktu Pinjaman Jangka waktu pinjaman mempengaruhi total bunga yang akan Anda bayar. Semakin lama jangka waktu, semakin tinggi total bunga. Pilih jangka waktu yang sesuai dengan kemampuan pembayaran Anda.
Kredit Multiguna Bunga Paling Rendah
kredit multiguna bunga paling rendah

Adanya berbagai pilihan produk kredit multiguna bunga paling rendah tentu menjadikan setiap nasabah perlu lebih teliti lagi sebelum melakukan pengajuan pinjaman dana. Pastikan memperhatikan beberapa kriterianya. Agar nantinya bisa melakukan pembayaran dengan nyaman.

Melisa Utami

Suka Makan, Berbelanja, dan Bepergian. Suka Menulis Tentang Keuangan, Bisnis, Teknologi, & Gaya Hidup Untuk Membantu Banyak Orang Sadar Tentang Keuangan Dan Bagaimana Menghadapinya Dengan Bijak.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay