17+ Rekomendasi Reksadana Pasar Uang Terbaik 2024

Ainsley

Reksadana pasar uang terbaik bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu. Soalnya, tingkat risiko investasi reksadana tergolong rendah, sehingga cocok untuk pemula yang baru pertama kali mencoba investasi.

Seperti yang diketahui, reksadana sendiri ada beberapa jenis, salah satunya reksadana pasar uang. Sementara yang membuat investasi reksadana begitu diminati adalah karena modal investasinya yang terbilang kecil, hanya 10 ribu rupiah saja.

Sebagai seorang investor pemula pasti punya ketakutan tersendiri dengan resiko investasi. Jadi tak heran jika reksadana menjadi pilihan terbaik karena pertumbuhan nilainya relatif stabil dan resikonya paling kecil.

Bagaimana? Ada yang sudah mulai tertarik dengan investasi ini? Informasi berikut sepertinya akan sangat berguna. Apalagi kalau bukan tentang reksadana reksadana pasar uang terbaik. Selain itu ada juga mengenai hal lainnya yang berhubungan dengan reksadana pasar uang yang bisa menjadi bahan referensi

Apa Itu Reksadana Pasar Uang?

Reksadana Pasar Uang
Sumber: Pexels

Sebelumnya, mungkin ada beberapa dari kamu yang kurang tahu tentang apa itu reksadana pasar uang. Faktanya, reksadana pasar uang merupakan jenis reksadana yang mengalokasikan 100% dana kelolaannya ke produk pasar uang.

Contohnya seperti deposito dan surat berharga yang pada umumnya mempunyai waktu jatuh tempo selama kurang dari satu tahun. Perubahan suku bunga Bank Indonesia (7 days Repo Rate) akan berpengaruh pada imbal hasil reksadana pasar uang.

Produk reksadana pasar uang dikenal memiliki resiko paling rendah daripada jenis reksadana lainya. Sehingga dinilai sangat cocok bagi pemula yang dianggap masih takut dengan risiko investasi. Kamu para pemula wajib tahu informasi tentang reksadana pasar uang terbaik sebagai bahan pertimbangan.

Banyak yang berpendapat jika reksadana pasar uang memiliki peluang jauh menguntungkan daripada deposito maupun tabungan bank. Satu lagi, tujuan adanya reksadana pasar uang itu sendiri adalah untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan pasar modal.

Instrumen Reksadana Pasar Uang

Instrumen Reksadana Pasar Uang
Sumber: Pexels

Selanjutnya, sebaiknya kamu juga memahami apa itu instrumen reksadana pasar uang. Jadi untuk kedepannya jika memang yakin mau berinvestasi bisa langsung memilih salah satu instrumen di bawah ini:

1. Sertifikat Bank Indonesia

Sebelum mengetahui apa saja reksadana pasar uang terbaik, sebenarnya kamu juga perlu paham jenis instrumen apa saja yang masuk reksadana pasar uang tersebut. Salah satu produk/instrumennya adalah Sertifikat Bank Indonesia.

Sesuai namanya, Sertifikat Bank Indonesia ini berwujud surat pengakuan dalam jangka waktu pendek dengan sistem diskonto yang hanya berbentuk dalam mata uang rupiah saja. Dana investasi yang dikumpulkan dari sertifikat bank Indonesia ini nantinya akan digunakan oleh BI untuk mengendalikan kestabilan nilai tukar rupiah. Caranya dengan menyerap kelebihan uang primer yang beredar di masyarakat.

2. Sertifikat Deposito

Sedangkan sertifikat deposito merupakan instrumen yang dikeluarkan oleh bank maupun Lembaga keuangan dengan jangka waktu tertentu, maksimal 1 tahun. Wujudnya berupa simpanan deposito yang sifat kepemilikannya dapat diperjual belikan oleh investor dalam pasar uang.

Sebagai informasi, sertifikat deposito ini punya nilai lebih tinggi dari suku bunga deposito biasa. Keamanannya pun terjamin karena sudah dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Tertarik untuk berinvestasi sertifikat deposito? Pilih salah satu reksadana pasar uang terbaik yang akan dijelaskan di pembahasan berikutnya.

3. Surat Utang Negara

Termasuk instrumen reksadana pasar uang berikutnya yang juga menawarkan tingkat keamanan terbaik. Pasalnya, Surat Utang Negara mendapatkan jaminan langsung dari negara maupun pemerintah.

Wujud Surat Utang Negara berupa surat pengakuan utang dalam bentuk valuta asing atau juga rupiah. Surat berharga yang biasanya terdiri dari obligasi negara atau surat perbendaharaan negara juga bisa kamu jual belikan lagi di pasar uang.

4. Surat Berharga Pasar Uang

Dalam rekomendasi reksadana pasar uang terbaik ada salah satu produk terbaik yaitu surat berharga pasar uang. Ini adalah surat berharga yang diterbitkan oleh bank umum dan telah ditandatangani oleh nasabah sebagai jaminan pelunasan utang.

Surat Berharga Pasar Uang ini juga lazim diperjualbelikan melalui bank umum, bank Indonesia, maupun Lembaga keuangan bukan bank lainnya. Karakteristik yang dimiliki Surat Berharga Pasar Uang adalah mempunyai sistem yang sama dengan SBI dengan menerapkan diskonton dalam perdagangan secara pelelangan.

Keuntungan Reksadana Pasar Uang

Keuntungan Reksadana Pasar Uang
Sumber: Pexels

Ada beberapa jenis reksadana yang semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Kebetulan reksadana pasar uang lebih disenangi oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena reksadana pasar uang memiliki sejumlah keuntungan seperti diantaranya:

1. Resiko Rendah

Hal yang membuat semakin banyak orang yang mencari informasi tentang reksadana pasar uang terbaik adalah karena jenis reksadana ini memiliki resiko paling rendah. Walaupun begitu, return reksadana pasar uang tetap tinggi, bahkan di atas deposito.

Selain itu, fluktuasinya juga cenderung stabil. Reksadana pasar uang pun tidak mudah terguncang oleh kondisi ekonomi global. Jadi, sangat disarankan untuk mereka para investor pemula.

2. Menguntungkan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, investasi reksadana pasar uang memiliki tingkat return lebih tinggi dari deposito biasa, jadi termasuk menguntungkan. Selain itu, disebabkan karena rata-rata tingkat keuntungan lebih besar dari suku bank konvensional lain seperti tabungan.

3. Likuid

Jika kamu segera memilih produk reksadana pasar uang terbaik, keuntungan yang satu ini sudah pasti didapatkan. Sebab, reksadana tergolong investasi yang mudah dicairkan (likuid). Kamu bisa kapan saja membeli, menambah jumlahnya, atau menjual unit reksadana kapan saja dan dimana pun.

Beberapa platform reksadana bahkan menawarkan layanan bebas biaya penjualan sehingga menguntungkan. Selain itu ketika memutuskan untuk mencairkan reksadana pasar uang pun kamu tidak akan dikenakan potongan, penalty, maupun denda.

4. Mudah Didapat

Kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan reksadana pasar uang. Sebab sekarang sudah banyak sekali fintech yang berperan sebagai marketplace produk keuangan. Bahkan, beberapa situs belanja online atau e-commerce pun sekarang sudah mulai menyediakannya.

5. Modal yang Dibutuhkan Terjangkau

Rata-rata produk dari reksadana pasar uang terbaik juga hanya membutuhkan modal terjangkau. Hal tersebut membuatnya begitu populer sampai sekarang. Kamu hanya perlu menyiapkan dana mulai Rp10.000 saja. Tidak ada alasan lagi untuk tak berinvestasi reksadana pasar uang di jaman sekarang.

6. Terdapat Banyak Pilihan

Keuntungan lainnya adalah kebetulan reksadana pasar uang menyediakan beberapa pilihan. Ada reksadana pasar uang konvensional dan Syariah. Kamu bisa pilih salah satunya yang mana menurutmu paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi.

7. Diawasi Oleh OJK

Jangan khawatir, saat berinvestasi reksadana pasar uang ini tidak aman. Justru karena direkomendasikan pada pemula, investasi reksadana pasar uang ini dinilai paling aman. Bahkan badan otoritas jasa keuangan sendiri yang melakukan pemantauan.

8. Bukan Merupakan Objek Pajak

Orang-orang sibuk mencari reksadana pasar uang terbaik , juga demi mendapatkan keuntungan yang satu ini. Benar, reksadana pasar uang memang bukan merupakan objek pajak. Kalau kamu menaruh uang ke tabungan maupun deposito, maka bank otomatis akan mengenakan pajak sebesar 20% dari bunga yang diterima.

Menariknya, justru reksadana pasar uang bukan merupakan objek pajak. Artinya, keuntungan yang bisa kamu dapatkan nanti akan bersih. Tidak akan dikurangi lagi dengan pajak sebagai pengurang keuntungan.

Rekomendasi Reksadana Pasar Uang Terbaik 2024

Reksadana Pasar Uang Terbaik 2023
Sumber: Pexels

Kini saatnya kamu mengetahui apa saja reksadana pasar uang terbaik yang direkomendasikan. Di tahun ini, ada beberapa reksadana pasar uang terbaik yang mungkin bisa kamu jadikan bahan pertimbangan, seperti:

1. Batavia Dana Kas Maxima

Bagi kamu yang butuh rekomendasi reksadana pasar uang terbaik, Batavia Dana Kas Maxima ini bisa menjadi pilihan tepat. Orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia jual beli reksadana sepertinya sudah tidak terlalu asing lagi dengan nama tersebut.

Batavia Dana Kas Maxima ini kebetulan dikelola oleh Batavia Prosperindo Aset Manajemen. Mereka diketahui kembali tercatat berhasil menempati posisi puncak produk reksadana pasar uang dengan dana kelolaan terbesar.

Ini mungkin bisa menjadi salah satu alasan kamu memilihnya. Sebab pada Maret saja, mereka sudah berhasil mengumpulkan dana kelolaan sebesar Rp9,93 triliun yang menandakan bagaimana masyarakat percaya dengan kinerjanya.

2. Mandiri Investa Pasar Uang

Rekomendasi reksadana pasar uang terbaik berikutnya adalah Mandiri Investa Pasar Uang. Beberapa sumber menyatakan jika Mandiri Investa Pasar Uang ini berhasil menempati posisi kedua produk reksadana pasar uang dengan dana kelolaan terbesar.

Dengan begitu, setidaknya kamu tidak perlu ragu untuk memilihnya sebagai produk reksadana pasar uang sebagai instrumen investasi. Sebagai informasi saja, dana kelolaan yang berhasil dikumpulkan oleh Mandiri Investa Pasar Uang ini nilainya mencapai Rp14,29 triliun.

3. Sucorinvest Money Market Fund

Ada lagi pilihan reksadana pasar uang terbaik lainnya yaitu Sucorinvest Money Market Fund. Bagi yang sebelumnya sudah cukup lama berinvestasi reksadana pasar uang sepertinya tidak akan terlalu asing ketika mendengar namanya.

Hal yang membuat salah satu yang menjadi alasan mengapa Sucorinvest Money Market Fund masuk list reksadana pasar uang terbaik adalah karena berhasil memiliki dana kelolaan atau AUM yang cukup tinggi.

Tercatat per akhir September 2022, mereka berhasil mengumpulkan AUM sebesar Rp10,32 triliun. Selain itu, reksadana pasar uang ini memang diketahui sudah hadir di tengah-tengah masyarakat sejak lama, yaitu tahun 1997. Dengan pengalamannya, kini mereka dikenal dapat memberikan imbal hasil pada para investor sebesar 4,65% dalam setahun.

4. Bahana Dana Likuid

Merupakan reksadana pasar uang kelolaan Bahana TWC Investment Management. Dana kelolaan yang berhasil mereka kumpulkan mencapai Rp5,46 triliun. Menjadi rekomendasi reksadana pasar uang yang patut dipertimbangkan.

Mengingat dana kelolaan mereka juga relatif besar. Artinya, banyak masyarakat yang percaya bertransaksi reksadana pasar uang di sana. Kemudian otomatis menjadikannya sebagai pilihan produk reksadana pasar uang terbaik.

5. Syailendra Dana Kas

Ada yang sudah pernah mendengar Syailendra Dana Kas sebelumnya? Ini juga merupakan pilihan produk reksadana pasar uang terpercaya dan sangat layak direkomendasikan. Pihak pengelolanya adalah Syailendra Capital yang sudah cukup populer di masyarakat.

Berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) di tanggal 2 Mei, produk reksadana pasar uang ini tercatat mengalami pertumbuhan nilai selama setahun mencapai 4,05%. Jangan kaget mendengar total dana kelolaan mereka.

Hingga sekarang, salah satu produk reksadana pasar uang terbaik tersebut sudah memiliki dana kelolaan sebesar 4,89 triliun. Keunggulan lain dari reksadana pasar uang ini adalah kamu dapat membelinya mulai dari harga Rp10.000,- saja.

6. Syailendra Sharia Money Market Fund

Berikutnya ada produk reksadana pasar uang bernama Syailendra Sharia Money Market Fund. Mereka mencatatkan performa sebesar 4,02% selama setahun belakangan. Hingga sekarang, total dana kelolaannya mencapai Ro 386 miliar.

Kalau dilihat dari performanya, produk reksadana pasar uang ini sangat direkomendasikan. Apalagi, kamu bisa membeli produknya mulai Rp50.000,- saja. Tentu saja ini menjadi peluang bagi kamu para investor pemula.

7. Trim Kas 2

Alternatif reksadana pasar uang terbaik yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah Trim Kas 2. Untuk produk reksadana pasar uang yang satu ini telah mencatatkan performa 3,88% selama setahun belakangan.

Adapun total dana kelolaannya mencapai 3,46 triliun. Bagi para pemula juga boleh mempertimbangkan untuk membeli produk reksadana pasar uang yang satu ini karena modalnya relatif murah.

Bagaimana tidak begitu, jika kamu sudah bisa membeli instrumen reksadana pasar uang yang satu ini hanya dengan Rp10.000,- saja. Ayo, siapa yang sudah mantap ingin beli Trim Kas 2 untuk investasi?

8. Trimegah Kas Syariah

Selanjutnya ada Trimegah Syariah, yang juga masuk daftar reksadana pasar uang terbaik. Tidak kalah dengan produk reksadana pasar uang lainnya, Trimegah Kas Syariah juga termasuk paling recommend.

Mereka sudah mencatatkan performa terbaik yaitu sebesar 3,82% dalam setahun terakhir. Untuk total dana kelolaannya juga lumayan besar. Jumlahnya sudah mencapai sekitar Rp320 miliar.

Selain itu, produk reksadana pasar uang Trimegah Kas Syariah ini juga termasuk ramah bagi investor pemula. Pasalnya, kamu bisa membeli produk reksadana tersebut mulai dari Rp100.000,- saja. Cocok untuk investor yang masih pelajar atau mahasiswa.

9. Majoris Pasar Uang Syariah Indonesia

Ada lagi yang masuk daftar reksadana pasar uang terbaik yaitu Majoris Pasar Uang Syariah Indonesia. Dikelola oleh Majoris Asset Management yang kebetulan juga bertindak sebagai manajer investasi.

Majoris Pasar Uang Syariah Indonesia ini sudah mulai diluncurkan sejak 16 November 2017 silam. Hingga saat ini masih dipercaya oleh masyarakat karena memang terbukti terbaik. Hal ini terlihat dari total dana kelolaan mereka yang nilainya tak bisa dibilang sedikit.

Hingga sekarang, total dana kelolaan Majoris pasar uang Syariah Indonesia ini sebesar Rp 112,10 miliar. Sementara untuk imbal hasil per tahunnya mencapai 4,02%. Bagi kamu yang ingin mencoba investasi reksadana pasar uang ini minimum pembeliannya hanya Rp10.000,- saja.

10. Sucorinvest Sharia Money Market Fund

Sudah pernah dengar tentang salah satu reksadana pasar uang terbaik ini? Tidak kalah dengan produk lain yang serupa, Sucorinvest Sharia Money Market Fund dinilai dapat memberikan keuntungan dan keamanan terbaik untuk setiap transaksi para investor.

Dikelola langsung oleh Sucor Asset Management yang sekaligus sebagai manajer keuangan, produk reksadana pasar uang ini sudah mulai meluncur di tengah-tengah masyarakat sejak 24 September 2018.

Hingga sekarang, total dana kelolaan yang berhasil mereka kumpulkan sudah mencapai Rp2,62 triliun. Sucorinvest Sharia Money Market Fund dikenal mampu memberikan imbal hasil per tahun hingga 3,83%. Reksadana pasar uang ini juga sangat cocok untuk pemula karena bisa dibeli mulai Rp10.000,- saja.

11. Danamas Rupiah Plus

Juga masuk list dari daftar reksadana pasar uang terbaik. Dikelola oleh Sinarmas Asset Management, Danamas Rupiah Plus sudah mulai diluncurkan sejak tanggal 13 Juni 2006. Hingga saat ini diketahui makin populer dan berhasil mengumpulkan dana kelolaan sebesar Rp2,29 triliun.

Sementara untuk imbal hasilnya, mereka bisa memberikan 3,68% untuk investor. Bagi yang pemula, bisa jadi pilihan terbaik karena minimal pembeliannya hanya sebesar Rp100.000,- saja. Murah, menguntungkan, dan tentu saja terpercaya.

12. Avrist Ada Kas Mutiara

Mungkin beberapa diantara kamu ada yang belum pernah mendengar reksadana pasar uang yang satu ini. Dikelola oleh Avrist Asset Management, Avrist Ada Kas Mutiara ini sudah mulai diluncurkan di tengah-tengah masyarakat sejak 12 April 2017.

Untuk total dana kelolaan sampai sekarang sudah mencapai Rp 61.62 miliar. Sedangkan untuk nilai imbal hasilnya, mereka bisa memberikan 3,17% per tahun. Kamu bisa membeli reksadana pasar uang terbaik ini mulai Rp100.000,- saja.

13. BNI-AM Dana Lancar Syariah

Ada lagi reksadana Pasar uang BNI-AM Dana Lancar Syariah. Sudah diluncurkan sejak tanggal 44 Juni 2013 silam. Artinya sudah cukup lama hadir di tengah-tengah masyarakat. Kamu bisa menjadikannya sebagai alternatif reksadana pasar uang yang aman dan menguntungkan.

Di bawah pengelolaan BNI Asset Management yang sekaligus bertindak sebagai manajer investasi, BNI-AM Dana Lancar Syariah ini diketahui mampu memberikan imbal hasil per tahun sebesar 2,83%. Untuk minimum pembelian hanya Rp10.000,- saja, dan dana kelolaan mereka hingga sekarang sudah mencapai Rp114,25 miliar.

14. Bahana Likuid Syariah Kelas G

Masuk daftar sebagai reksadana pasar uang terbaik berikutnya adalah Bahana Likuid Syariah kelas G. Mungkin ada yang belum pernah mendengarnya? Sayangnya, mereka sebenarnya sudah cukup terkenal di kalangan investor reksadana pasar uang.

Bertindak sebagai pengelola sekaligus manajer investasi adalah Bahana yang lumayan populer. Bahana Likuid Syariah Kelas G sudah sejak 14 Januari 2015 hadir di tengah-tengah masyarakat.

Mereka memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 0,67 triliun. Sementara imbal hasil untuk investor yang mampu diberikan mencapai 2,78%. Kamu dapat membeli reksadana pasar uang yang satu ini mulai Rp100.000,- saja.

15. Danareksa Seruni Pasar Uang III

Masuk juga dalam list reksadana pasar uang terbaik yang bisa direkomendasikan. Bergerak sebagai manajer investasi yaitu Danareksa Investment Management sekaligus menjadi pengelola.

Reksadana Pasar uang ini sudah mulai diluncurkan sejak 1 Februari 2010. Walaupun belum terlalu lama, namun sudah cukup terkenal hingga sekarang. Total dana kelolaan yang mampu mereka himpun mencapai Rp 2,96 triliun. Untuk imbal hasil yang mampu diberikan pada investor sebesar 2,61%. Sebagai investor pemula kamu bisa membelinya mulai Rp10.000,- saja.

16. Cipta Dana Cash

Adalah salah satu produk reksadana pasar uang terbaik yang sudah mulai meluncur sejak 8 Juni 2015. Pengelolanya adalah Ciptadana Asset Management. Banyak yang mencari informasi tentang produk reksadana pasar uang ini.

Menjadi reksadana pasar uang terbaik bukan tanpa alasan. Cipta Dana Cash diketahui punya total nilai NAB sebesar Rp 189 miliar dengan harga NAB per unitnya Rp1.576,-. Bila tertarik berinvestasi, kamu bisa membelinya dengan harga mulai Rp10.000,- saja.

17. HPAM Ultima Money Market

Dikelola oleh PT Henan Putihrai Asset Managements. Sudah sejak tanggal 12 Agustus 2015 HPAM Ultima Money Market ini diluncurkan. Sementara bank kustodian untuk reksa dana ini adalah Bank Rakyat Indonesia. Mereka memiliki nilai total NAB sebesar Rp 456 juta, dengan harga NAB per unitnya Rp1.492,-. Kamu dapat membelinya mulai Rp50.000,- saja.

18. Insight Retail Cash Fund

Diluncurkan sejak 13 April 2018 dan bertindak sebagai bank kustodian adalah bank CIMB Niaga. Mereka punya total nilai NAB Rp 9,9 miliar dengan harga NAB Per unitnya Rp1.457,-. Kamu bisa membelinya mulai dari Rp10.000,- saja.

Selain mengetahui reksadana pasar uang terbaik, kamu juga bisa cek 10+ Rekomendasi Aplikasi Reksadana Terbaik, ya.

Penutup

Reksadana Pasar Uang Terbaik
Reksadana Pasar Uang Terbaik

Itulah beberapa reksadana pasar uang terbaik. Kamu boleh pilih mana yang dirasa terbaik dan sesuai kebutuhan. Investasi reksadana pasar uang dinilai paling rendah resiko dan sangat menguntungkan.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay