Ragam

Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Terbaru 2024

Bunga Pinjaman Bank BRI yang lebih rendah dibandingkan bunga pinjaman bank lainnya menjadi alasan utama nasabah melirik layanan pinjaman yang disediakan oleh bank BRI.

Bunga Pinjaman bank BRI merupakan biaya tambahan yang dianggap sebagai kompensasi setelah pemberian pinjaman kepada debitur, yang mana jumlah bunga biasanya dihitung berdasarkan jumlah pinjaman dan jangka waktu pinjaman yang telah dipilih.

Nasabah BRI berhak memilih pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan nasabah seperti dana untuk modal usaha ataupun kebutuhan lainnya. Ada berbagai jenis pinjaman yang bisa ajukan nasabah, berikut penjelasannya.

Jenis Pinjaman Bank BRI 2024

Bunga Pinjaman Bank BRI
Bunga Pinjaman Bank BRI

Bank BRI menyediakan beragam jenis pinjaman yang dapat disesuaikan dengan tujuan peminjaman nasabah, serta kemampuan nasabah dalam melunasi cicilan pinjaman. Sebelum memilih jenis pinjaman pastikan memilih jenis pinjaman yang tidak melebihi kesanggupan pembayaran cicilan nantinya

KPR BRI

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) BRI merupakan layanan pinjaman BRI yang bertujuan mempermudah nasabah untuk memiliki hunian impian seperti rumah, apartmen, ataupun ruko. Layanan ini berlaku untuk pembelian properti baru, bekas, dalam pembangunan, renovasi, refinancing, top up, serta take over dari bank lain.

Plafon yang diberikan pada layanan ini mulai dari Rp25.000.000 sampai Rp1.000.000.000 dalam jangka waktu 20 tahun. Adapun persyaratan untuk pengajuan layanan ini yaitu :

  • Memiliki rekening BRItama
  • Berusia minimal 21 Tahun atau sudah menikah
  • Mengisi formulir aplikasi KPR BRI
  • Melengkapi dokumen pendukung pinjaman seperti fotokopi kTP, slip gaji, KK, NPWP, pas foto suam/istri
  • Lokasi tempat tinggal/lokasi bekerja nasabah sesuai dengan lokasi kantor cabang BRI.

Layanan KPR BRI terbagi atas 2 jenis yaitu KPR BRI biasa dan KPR BRI Sejahtera FLPP BRI. Bagi nasabah yang ingin memiliki properti impian bisa menggunakan layanan KPR Sejahtera FLPP BRI.

Dimana layanan ini dimaksudkan kepada nasabah yang berpenghasilan rendah maksimal Rp8.000.000 per bulannya. Perlu diingat bahwa layanan KPR hanya bisa digunakan untuk membeli rumah pertama (nasabah yang sebelumnya tidak memiliki rumah), belum pernah menerima bantuan subsidi perumahan serta wajib dihuni untuk 5 tahun pertama.

KUR BRI Mikro

KUR BRI Mikro sering dikenal dengan kredit modal kerja yang diberikan kepada pemilik usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi yang betujuan untuk pembiayaan bisnis. Dimana jaminan diberikan oleh perusahaan penjamin.

Baca Juga :  Super Hemat! Paket Internet Telkomsel Bulanan 50RB Bisa Tahan Sebulan

Jumlah pinjaman BRI Mikro disediakan hingga Rp50.000.000 per nasabah. Untuk pengajuannya nasabah dapat melengkapi syarat pengajuan pinjaman KUR terlebih dahulu, seperti :

  • Nasabah perorangan mempunyai usaha produktif dan layak
  • Usaha telah berjalan aktif minimum 6 bulan
  • Kelengkapan data administrasi berupa KTP dan Surat izin usaha
  • Tidak menerima kredit atau pinjaman dari perbankan kecuali pinjaman konsumtif..

Kupedes BRI

Kupedes (Kredit Umum Pedesaan) BRI merupakan kredit yang ditawarkan kepada badan usaha maupun perseorangan yang memenuhi persyaratan BRI. Layanan pinjaman ini ditujukan untuk semua sektor usaha yang meliputi pertanian, perdagangan, perindustrian ataupun jasa lainnya.

Limit pinjaman yang diberikan BRI sebesar Rp20.000.000-Rp50.000.000 dengan persyaratan usaha berjalan minimal 1 tahun, melampirkan legalitas usaha seperti surat keterangan usaha dari Kepala Desa, dan identitas diri (KTP).

Briguna Pendidikan

Briguna pendidikan merupakan layanan pinjaman BRI kepada mahasiswa S2 dan S3 yang sudah memiliki penghasilan tetap. Biaya yang disediakan layanan pinjaman BRI berikut ialah biaya kuliah yang jumlahnya tidak melebihi Rp250.000.000.

Jangka waktu jatuh tempo untuk penggunaan pinjaman berlaku pada jenjang S2 selama 6 tahun, sedangkan jenjang S3 selama 10 tahun.

Briguna Karya

Briguna Karya merupakan layanan kredit tanpa agunan dari BRI kepada nasabah dengan sumber pembayarannya dari gaji atau penghasilan tetap. Pinjaman BRI ini bisa digunakan untuk pembiayaan kebutuhan nasabah mulai dari kebutuhan produktif maupun konsumtif seperti pembelian peralatan usaha, keperluan sekolah, pengobatan dan lainnya.

Besaran pinjaman yang diberikan kepada nasabah tidak terbatas sesuai dengan kemampuan nasabah dan jangka waktu pinjaman hingga 15 tahun atau sampai masa jatuh tempo pinjaman hingga masa persiapan pensiun (MPP).

Syarat untuk pengajuan pinjaman layanan ini meliputi KTP, NPWP, KK, slip gaji, fotokopi buku tabungan BRI, asli SK pengangkatan pertama dan SK Terakhir, pas foto suami/istri (sudah menikah), surat rekomendasi dari atasan nasabah dan mengisi formulir permohonan pengajuan pinjaman.

Briguna Umum

Briguna umum adalah layanan pinjaman BRI untuk nasabah yang pembayarannya berasal dari gaji nasabah dan jangka waktu pinjaman sejak pegawai aktif sampai dengan pensiun. Limit pinjaman tidak terbatas dengan jangka waktu 15 tahun atau sebelum usia 75 tahun.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi adalah KTP, NPWP, KK, asli SK pengangkatan pertama dan SK Terakhir, slip gaji, fotokopi buku tabungan BRI, pas foto suami/istri (sudah menikah), surat rekomendasi dari atasan nasabah dan mengisi formulir permohonan pengajuan pinjaman.

Apabila pegawai aktif ingin mengajukan kredit saat mendekati masa pensiun, pengajuan bisa dilakukan maksimal 12 bulan sebelum pensiun. Namun, ketika kredit berjalan nasabah memasuki masa pensiun, maka diperlukan dokumen tambahan berupa asli SK Pensiun dan Kartu Identitas Pensiun sampai pinjaman lunas.

Briguna Purna

Briguna Purna adalah layanan kredit yang ditujukan kepada nasabah dengan sumber pembayarannya dari uang pensiunan. Layanan ini bisa digunakan untuk pembiayaan keperluan produktif maupun konsumtif. Jangka waktu kredit hingga 15 tahun atau usia nasabah saat jatuh tempo maksimal 75 tahun.

Baca Juga :  20+ Merk Ban Motor Tubeless Terbaik Untuk Semua Jenis Motor

Untuk pengajuan pinjaman bisa dilakukan jika nasabah memenuhi beberapa persyaratan melampirkan KTP, NPWP, KK, slip gaji, fotokopi buku tabungan BRI, pas foto suami/istri (sudah menikah), SK pengangkatan pertama dan SK Terakhir, surat rekomendasi dari atasan nasabah dan mengisi formulir permohonan pengajuan pinjaman.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman BRI

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan bunga pinjaman bank BRI yang dapat pertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman, diantaranya  :

Kelebihan:

  • Jenis pinjaman yang beragam mulai dari pinjaman pribadi, KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KUR (Kredit Usaha Rakyat), serta pinjaman untuk usaha mikro.
  • Bank BRI menawarkan bunga pinjaman yang kompetitif
  • Proses pengajuan pinjaman bank BRI relatif mudah karena bisa dilakukan pada kantor cabang terdekat ataupun layanan online yang telah disediakan oleh pihak BRI.
  • Jangka waktu yang disediakan BRI cukup fleksibel, dengan begitu debitur dapat memilih waktu pembayaran sesuai kemampuan finansial.

Kekurangan:

  • Persyaratan pengajuan pinjaman pada bank BRI cukup ketat, diantaranya wajib memiliki penghasilan tetap, catatan keuangan yang baik, serta kelengkapan dukumen pengajuan
  • Terdapat denda jika terlambat membayar tagihan, yang mana denda tersebut dapat menambah jumlah pembayaran cicilan nantinya.
  • Tenaga penagihan bank BRI cukup agresif bagi debitur yang terlambat membayar cicilan.

Syarat Mengajukan Pinjaman Bank BRI

Untuk mengajukan pinjaman Bank BRI, Calon debitur wajib melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan. Adapun persyaratan yang dimaksud ialah :

  • Warga negara Indonesia dan wajib  memiliki NIK
  • Sudah bekerja minimal 2 tahun sebagai Wiraswasta
  • Berusia 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat pelunasan pinjaman
  • Membuka tabungan di bank BRI
  • Mengajukan permohonan secara mandiri ataupun bersama pihak lain dengan penghasilan tetap
  • Melampirkan seluruh dokumen persyaratan pengajuan pinjaman seperti kartu identitas diri, slip gaji, surat keterangan kerja, serta dokumen pendukung lainnya.

Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Terbaru 2024

Pinjaman BRI sering dilirik oleh masyarakat karena suku bunga pinjamannya yang cukup terjangkau serta persyaratan yang mudah dipenuhi. Berikut suku bunga pinjaman bank BRI terbaru yang dapat dijadikan referensi nasabah :

  • Suku bunga Kredit Mikro 14%
  • Suku bunga Kredit Ritel 8.25%
  • Suku bunga Kredit KPR 7.25%
  • Suku bunga Kredit Non KPR 8.75%
  • Suku bunga Kredit Korporasi 8%

Selain itu, Sobat dapat melihat ringkasan tabel suku bunga pinjaman Bank BRI berikut ini untuk penjelasan lebih lengkapnya :

Jenis Pinjaman Bunga Pinjaman Bank BRI Ketentuan Pinjaman
KUR 6% Up To 500 Juta
Pinjaman Online BRI Ceria 26,95% Rp500 ribu – Rp20 jt
KPRS BRI 5 % fixed Bebas
KPR 7,25% Bebas
KKB Mobil Bekas dan Baru Baru : 3,6 % – 6,3 %Bekas : 4,99 % – 6,65 % Rp100 jt – Rp5 miliar
Briguna Umum 7,2 – 10 % Rp50 jt – Rp1 miliar
Briguna Karya 13 – 13,5 %
Kupedes 0,9 % (flat per bulan) Rp250 jt
Kredit Investasi 6% Rp50 jt
Kredit Modal Kerja 6% Rp50 jt
Kredit Pangan 13 – 15 % Rp500 jt
Baca Juga :  Rekomendasi Laptop Harga 5 Jutaan Ram 8GB Terbaik 2024

Bunga pinjaman bank BRI per bulan memiliki hitungan yang berbeda-beda tergantung jenis pinjaman yang dipilih oleh nasabah.

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank BRI

Bunga Pinjaman Bank BRI
Bunga Pinjaman Bank BRI

Sebelum mengajukan pinjaman penting memahami hitungan bunga pinjaman bank BRI yang akan dibayarkan nantinya. Dengan mengetahui besaran bunga, calon debitur dapat memperkirakan jumlah cicilan setiap bulan.

Calon debitur dapat mengajukan pinjaman yang tidak memberatkan saat pembayaran cicilan. Jika bunga pinjaman terlalu tinggi, berkemungkinan menyulitkan debitur membayar cicilan bahkan ada yang sampai terlilit hutang berkelanjutan.

Bunga pinjaman bank BRI bisa dihitung berdasarkan bunga flat ataupun bunga efektif. Berikut rumus beserta contoh perhitungan bunga pinjaman bank BRI :

  1. Perhitungan Bunga Flat

Bunga flat merupakan bunga pinjaman yang nominal nya tetap atau tidak berubah dari waktu ke waktu. Bunga flat biasanya terjadi pada pinjaman kredit bermotor ataupun kredit usaha rakyat.

Rumus perhitungan : [Total pinjaman X Bunga kur per tahun (0%)] : 12 bulan

Contoh :

Jika sobat mengajukan pinjaman dasar Rp50.000.000 dari bank BRI untuk 2 tahun, maka perhitungannya pembayarannya sebagai berikut :

  • Cicilan pokok dari pinjaman = 50.000.000 : 24 (2 tahun) = 2.083.333
  • Bunga pinjaman = (50.000.000 x 6%) : 12 bulan = 250.000
  • Total pembayaran per bulannya yaitu cicilan pokok + bunga = 2.333.333

2. Perhitungan bunga efektif

Bunga efektif ialah bunga pinjaman yang diperhitungkan dari sisa jumlah pokok pinjaman setiap bulan seiring menyusut nya utang yang telah dibayarkan oleh debitur.

Rumus perhitungan : [Saldo pinjaman terakhir x Suku bunga pertahun (%)] : 12 bulan

Contoh :

Untuk perhitungan nya hampir sama dengan perhitungan bunga flat diatas, namun yang menjadi perbedaan ialah cicilan pada bulan selanjutnya. Contoh perhitungan bisa kita lihat pada kasus diatas bahwa cicilan pertama untuk pinjaman 50.000.000 adalah 2.333.333. Maka untuk cicilan selanjutnya dihitung dengan mengurangi uang yang telah disetor pada bulan pertama untuk cicilan pokok, dan begitu juga selanjutnya.

Cara Mengajukan Pinjaman Bank BRI

Bunga Pinjaman Bank BRI
Bunga Pinjaman Bank BRI

Jika sudah memahami perhitungan suku bunga pinjaman bank BRI, sobat dapat mengajukan pinjaman dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pihak BRI, seperti kelengkapan data dan formulir pengajuan pinjaman
  • Silahkan kunjungi bank BRI terdekat ataupun membuka situs layanan BRI
  • Menyerahkan dokumen pengajuan ke bank BRI terdekat ataupun melalui layanan online
  • Menunggu persetujuan dari pihak BRI
  • Jika pengajuan pinjaman disetujui maka dana segera dicairkan ke rekening debitur.

Akhir Kata

Bunga Pinjaman Bank BRI
Bunga Pinjaman Bank BRI

Sekian ulasan seputar bunga pinjaman bank BRI yang telah kami sajikan diatas. Dengan adanya layanan pinjaman bank BRI tentu mempermudah nasabah mendapatkan modal dengan cepat baik untuk pendidikan, modal usaha, ataupun modal mendapatkan tempat tinggal yang nyaman.

Terlepas dari itu, pastikan sobat mengajukan pinjaman yang sesuai dengan kemampuan untuk membayar cicilan nantinya. Hal ini juga berpengaruh terhadap keberhasilan pengajuan pinjaman.

Semoga penjelasan bunga pinjaman bank BRI bermanfaat, dan terima kasih.

Back to top button