Aplikasi

2 Aplikasi Cek Uang Palsu Di Android, Mudah Digunakan

Kini kamu bisa melakukan cek uang palsu melalui aplikasi cek uang palsu di Android. Uang merupakan sesuatu yang terdapat dan secara umum diterima dan digunakan sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang.

Kini uang palsu sudah banyak tersebar di Indonesia. Hal ini tentunya dilakukan oleh para oknum yang membuat uang palsu semakin banyak. Dengan hadirnya beragam teknologi, pemalsuan uang semakin sering dilakukan dengan tingkat kemiripan yang tinggi.

Dengan tingkat kemiripan yang tinggi, masyarakat harus semakin meningkatkan keamanan untuk berjaga-jaga dan menghindari uang palsu dengan menggunakan aplikasi cek uang palsu di Android.

Pengertian Uang Palsu

Pengertian Uang Palsu
Pengertian Uang Palsu

Sesuai dengan yang tertulis dalam UU No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Rupiah palsu adalah benda yang bahan, ukuran, warna, gambar, dan desainnya menyerupai Rupiah yang dibuat, dibentuk, dicetak, digandakan, diedarkan, atau digunakan sebagai alat pembayaran secara melawan hukum.

Uang palsu seringkali digunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk bertransaksi. Tidak hanya merugikan bagi individu yang menjadi korban, peredaran uang palsu ini juga akan berdampak negatif pada perekonomian negara.

Dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), uang palsu adalah uang tiruan yang dibuat oleh pihak tidak berwenang dan digunakanan seabagi alat pembayaran yang seakan-akan sah. Pemalsuan uang merupakan tindakan yang melanggar hukum, merugikan masyarakat, dan dapat menurunkan kepercayaan terhadap Rupiah.

Oleh karena itu, mengecek uang palsu adalah salah satu upaya pencegahan pengedaran Rupiah palsu dan sebagai bentuk nyata masyarakat dalam menjaga simbol kedaulatan negara.

Tentunya akan banyak pihak yang dirugikan ketika uang palsu yang beredar semakin banyak. Tidak hanya bagi setiap individu, peredaran uang palsu juga dapat merugikan negara

Ciri-Ciri Uang Palsu

Salah satu ciri-ciri uang palsu bisa dirasakan dari tekstur kertasnya. Uang palsu umumnya memiliki tekstur seperti kertas biasa yang licin dan dan halus. Sebaliknya, uang asli memiliki tekstur yang sedikit kasar karena terbuat dari serat kapas.

Baca Juga :  6 Aplikasi Pengukur Suhu Tubuh Paling Akurat 2024

Walaupun hampir sama, uang palsu dapat dibedakan dari beberapa hal yang menjadi pembeda antara uang palsu dan uang asli. Berikut adalah beberapa perbedaaan mendasar dari uang palsu dan uang asli. Di bawah ini adalah ciri-ciri uang palsu:

Gambar, Nominal, Benang dan Warna

Pada dasarnya uang palsu dan uang asli memiliki kemiripan yang sama, mulai dari segi gambar, nominal, hingga pemilihan warna yang sama persis dengan uang asli. Hal tersebut yang menjadi sedikit sulit untuk membedakan antara uang palsu dan uang asli.

Ciri dari keluaran uang baru 2022 adalah memiliki gambar utama, benang pengaman, dan nominal pecahan. Selain itu, terdapat juga tanda khusus bagi nominal Rp100.000, Rp50.000, dan Rp20.000 yang bisa berubah warna.

Tekstur Uang

Uang asli dan uang palsu dapat dibedakan melalui tekstur uangnya. Ketika kamu memegang dan uang kertas asli, maka uang akan kasar ketika diraba pada bagian tertentu. Uang palsu seyogianya memiliki tekstur yang lebih halus jika dibandingkan dengan uang asli,

Nah dengan adanya perbedaaan tekstur uang tersebut merupakan salah satu bagian inovasi dari Bank Indonesia agar masyarakat mudah mengenali uang asli dan uang palsu.

Kode Tuna Netra

Hal yang cukup menarik dari uang keluran terbaru terutama kaluaran tahun 2022 memiliki kode khusus untuk tuna netra. Kode ini disebut dengan blind code.

Blind code tersebut merupakan perwujudan kepedulian pemerintah terhadap masyarakat tuna netra. Selain itu, hal ini juga menjadi pembeda antara uang palsu dengan uang asli bagi masyarakat secara umun dan masyarakat tuna netra secara khusus.

Ada Watermark Saat Diterawang

Ketika membicarakan uang asli dan uang palsu, hala yang paling sering dilakukan ketika ingin membedakannya adalah dengan diterawang yang diarahkan ke sumber cahaya dan kemudian melihat watermark yang tersedia.

Baca Juga :  8 Aplikasi Membuat Emoji Wajah Sendiri Terbaru

Nah ciri uang palsu yang dapat kamu perhatikan yaitu akan terlihat ada watermark saat diterawang. Gambar tersebut juga akan saling isi atau rectoverso.

Ada Aspek Inovasi

Bank Indonesia juga menyampaikan ciri lainnya, yaitu terdapat 3 aspek inovasi baru. Aspek inovasi tersebut adalah desain yang lebih tajam, unsur pengaman, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik dari edisi sebelumnya.

Kumpulan inovasi ini dirancang supaya uang baru tersebut bisa dikenali dengan mudah oleh masyarakat. Aspek tersebut juga akan membuat masing-masing pecahan uang sulit untuk ditiru.

Aplikasi Cek Uang Palsu Di Android

Aplikasi Cek Uang Palsu Di Android
Aplikasi Cek Uang Palsu Di Android

Kali ini Mocipay akan merekomendasikan 2 aplikasi cek uang palsu di Android yang mudah digunakan. Berikut di bawah ini adalah aplikasi cek uang palsu di Android yang dapat kamu gunakan:

Aplikasi Cek Uang Palsu Di Android I-Comreds

Aplikasi Cek Uang Palsu Di Android - I-Comreds
Aplikasi Cek Uang Palsu Di Android – I-Comreds

Aplikasi cek uang palsu di Android yang bisa kamu coba adalah aplikasi yang dibuat langsung ooleh pihak kepolisian. Aplikasi tersebut diberi nama I-Comreds dan mampu mendeteksi uang palsu dengan akurasi yang tinggi. Berikut adalah cara menggunakan aplikasinya cek uang palsu di Android I-Comreds:

  1. Pertama ownload aplikasi I-Comreds di Playstore.
  2. Lakukan pendaftaran terlebih dulu dengan klik tombol “Daftar”.
  3. Isi form pendaftaran meliputi nama lengkap, NIK, nomor HP, alamat e-mail, dan password.
  4. Lalu, klik “Daftar”.
  5. Setelah itu, tunggu hingga akun berhasil diverifikasi.
  6. Jika akun sudah berhasil diverifikasi, maka kamu bisa langsung Login untuk menggunakannya.
  7. Klik Mulai, lalu Masuk.
  8. Masukkan alamat e-mail dan password, lalu klik Login.
  9. Setelah itu lakukan pre-screening uang.

Money Detector – Pemindai Uang

Money Detector - Pemindai Uang
Money Detector – Pemindai Uang

Aplikasi cek uang paslu di Android berikutnya adalah aplikasi yang bernama Detektor Uang Palsu. Dari namanya saja, sudah dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi cek uang palsu di Android yang dapat digunakan.

Sebagai aplikasi cek uang palsu di Android, Pemindai Uang Palsu dapat digunakan dengan aman dan mudah. Hal ini karena aplikasi ini didesain dengan tampilan yang sederhana sehingga para pengguna tidak menemukan kesulitan dalam penggunaannya.

Baca Juga :  8 Aplikasi Belanja Online Termurah dan Gratis Ongkir

Nah beriktu di bawah ini adalah cara menggunakan Pemindai Uang Palsu sebagai aplikasi cek uang palsu di Android yang dapat kamu ikuti, simak ya:

  1. Pertama silakan download aplikasi Detektor Uang Palsu di Android yang kamu gunakan.
  2. Kemudian buka aplikasi dan izinkan akses kamera pada aplikasi.
  3. Setelah itu aplikasi akan secara otomatis membuka kamera.
  4. Langkah selanjutnya adallah silakan arahkan kamera pada uang yang ingin dicek keasliannya.
  5. Lalu tunggu beberapa saat sampai aplikasi mengeluarkan hasilnya.
🔥 Nama Aplikasi  Money Detector – Pemindai Uang 🔰
🔥 Developer AuthorityOptics 🔰
🔥 Rating Aplikasi 4,7⭐
🔥 Jumlah Download 100 rb+ 🔰
🔥 Link Download Playstore

Cek Uang Palsu Tanpa Aplikasi

Sebenarnya tanpa bantuan aplikasi, kamu juga bisa mengecek unag palsu dengan beberapa cara yang umum dilakukan. Untuk melakukan hal tersebut orang orang biasanya menyebutnya dengan metode 3D.

Sesuai dengan namanya metode ini terdiri dari 3 yaitu Dilihat, Diraba, Diterawang. Nah berikut di bawah ini adalah cara cek uang palsu tanpa aplikasi dengan mudah menggunakan metode 3D, simak ya:

Dilihat

Langkah pertama yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengecek uang asli atau palsu adalah dengan cara dilihat. Kamu bisa melihatnya dengan seksama perbedaan uang asli dan palsu. Uang asli memiliki benang pengaman asli dan logo BI dengan tinta yang berubah warna.

Diraba

Uang asli dicetak dengan menggunakan kertas kapas sehingga memiliki tekstur yang agak kasar. Berbeda dengan uang palsu yang cenderung licin dan halus karena terbuat dari kertas biasa. Selain itu, dalam uang asli terdapat kode tunanetra (blind code) di bagian-bagian tertentu yang akan terasa kasar saat diraba.

Diterawang

Kamu juga bisa mengecek uang asli atau palsu dengan cara diterawang. Uang asli memiliki tanda air (watermark), electrotype, dan gambar saling isi (rectoverso) yang akan tampak pada saat diterawang menggunakan cahaya.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba untuk melakukan pengecekan tehadap uang palsu tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi tambahan.

Penutup

Aplikasi Cek Uang Palsu Di Android
Aplikasi Cek Uang Palsu Di Android

Peredaran uang palsu tidak dapat dipredikisi, karena siapapun dapat melakukannya di manapun. Untuk itu kamu perlu berhati-hati ketika menerima uang. Kamu perlu memperhatikan setiap uang yang diberikan oleh orang lain kepada kamu, terutama ketika sedang melakukan pembayaran di tempat umum.

Demikianlah pembahasan tentang aplikasi cek uang palsu di Android pada artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu dan dapat membawa manfaat bagi para pembaca terutama yang sedang mencari cara

Back to top button