Aplikasi

10 Aplikasi untuk Membuat Struk Belanja Terbaik dan Gratis

Aplikasi untuk membuat struk belanja merupakan opsi yang dapat kamu pilih ketika enggan menggunakan sebuah program kasir.

Ketika berbelanja tentu kamu membutuhkan struk sebagai bukti pembayaran yang sudah sah, namun tidak semua toko menyediakan struk belanja yang seringkali menimbulkan keluhan konsumen. Hal ini tentu mempengaruhi usaha yang sedang kamu geluti, dimana konsumen mengklaim kamu tidak menyediakan fasilitas yang seharusnya diberikan oleh penjual.

Beruntungnya kini sudah ada aplikasi untuk membuat struk belanja yang dapat kamu gunakan sepenuhnya, beberapa aplikasi gratis dan mudah digunakan sehingga tidak ada kendala serius saat penggunaannya.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi untuk Membuat Struk Belanja

Di zaman yang sudah serba murah manusia sudah dimanjakan beragam teknologi, salah satunya adalah program kasir. Program kasir merupakan sebuah sistem berbasis cloud dan digunakan dalam transaksi jual beli. Jadi, program kasir akan membantu kasir dalam menghitung jualannya dan membuat struk kepada pembeli.

Walau menawarkan beragam manfaat bukan berarti program kasir sempurna, terdapat beberapa kerugian dalam penggunaan program ini diantaranya rentan terkena virus, kapasitas penyimpanan yang terbatas dan biaya penggunaan yang mahal.

Nah, dari tiga hal diatas biaya merupakan pertimbangan utama yang membuat pelaku usaha enggan mengunakan program kasir. Untuk mendapatkan program kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, karena membutuhkan layanan dari ahli untuk menjalankannya.

Terlebih program kasir dikenal lebih rentan mengalami masalah dimana perbaikan nya menghabiskan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pelaku usaha yang memiliki modal terbatas masih bisa memberikan fasilitas struk melalui aplikasi untuk membuat struk belanja berikut, selain membuat struk aplikasi ini dapat kamu manfaatkan sebagai pengganti fungsi program kasir.

Kumpulan Aplikasi Untuk Membuat Struk Belanja

Aplikasi-Aplikasi untuk membuat struk belanja berikut dapat kamu manfaatkan sebagai pengganti program kasir dengan begitu kamu tidak perlu mencatat manual penjualan perhari.

1. Kasir Pintar

Aplikasi kasir pintar
Aplikasi kasir pintar

Kasir pintar merupakan aplikasi untuk membuat struk belanja yang memudahkan kamu mengelola penjualan. Kasir pintar menawarkan keunggulan dimana pengguna dapat kustom struk sesuai dengan keinginan.

Lalu apa saja kemudahan yang ditawarkan kasir pintar sebagai aplikasi belanja yang mudah? cek disini!

  • Setelah register kamu dapat melihat transaksi penjualan cepat dan mudah
  • Menambahkan transaksi baru
  • Melihat evaluasi bisnis dengan laporan yang lengkap
  • Update jumlah stok barang dengan bebas
  • Pengguna dapat memilih cetak atau kirim struk belanja ke pelanggan
  • Bantuan membuat toko online gratis dan terintergrasi aplikasi
Baca Juga :  30+ Aplikasi VPN Anti Blokir Terbaik, Akses Semua Situs Gratis

2. Moka Pos

Aplikasi untuk membuat struk belanja
Aplikasi Moka POS

Moka salah satu aplikasi untuk membuat struk belanja cukup mudah digunakan. Untuk mencetak struk kamu cukup memasukkan list barang yang dibeli konsumen dan segera cek di mesin printer.

Dengan moka kamu dapat memantau transaksi harian secara rel-time. Aplikasi ini akan membantu kamu mengelola akses pegawai dan laporan harian dengan mudah, dengan begitu tidak perlu terbebani dengan laporan harian manual.

Lalu apa saja fitur dan kelebihan moka sehingga disebut aplikasi untuk membuat struk belanja terbaik? Mari lihat uraian berikut:

  • Aplikasi dengan tampilan POS yang simple, rapi dan mudah untuk dipahami
  • Terima berbagai metode pembayaran tunai dan non tunai (QRIS, Debit dan Kredit)
  • Fitur refund untuk kesalahan input
  • Kemungkinan mengelola lebih dari satu outlet dengan satu aplikasi
  • Pengguna dapat update ketersediaan stok barang kapan saja dan dimana saja
  • Dapat mengelola pesanan dari berbagai platform (Gofood dan Grabfood)
  • Layanan untuk mengirim struk belanja konsumen lewat email dan SMS

3. e-Nota

salah satu aplikasi untuk membuat struk belanja adalah e-Nota. Dengan aplikasi ini kamu dapat mendaftarkan barang dan harga, mengevaluasi barang terjual paling banyak dan cetak nota dengan printer bluetooth maupun printer wifi.

Tidak sampai disitu, sebab aplikasi ini menawarkan kemudahan dimana pengguna dapat berbagi struk via whatsapp dan email konsumen lalu setelah penjualan akan ditampilkan laporan grafik.

Jika kamu adalah pelaku usaha yang membutuhkan aplikasi untuk membuat struk belanja yang simple, mudah maka e-Nota dapat kamu pertimbangkan. Aplikasi akan merangkum transaksi secara umum dan dilampirkan pada struk seperti nama toko, detail produk terjual, dan rincian pembayaran, cukup praktis bukan?

4. Griyo Pos

Aplikasi Griyo
Aplikasi Griyo

Di urutan keempat ada griyo sebagai aplikasi membuat struk belanja yang menawarkan kelebihan detail struk belanja yang lebih rapi dan dilengkapi nama pembeli serta admin yang menangani.

Menariknya, griyo pos memungkinkan kasir menambahkan catatan pelanggan terkait produk yang kamu jual. Griyo merupakan aplikasi yang dapat mencetak struk kapan saja dan dimana saja, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengirimkan struk ke whatsapp pelanggan.

Berikut merupakan fitur lain dari griyo yang dapat kamu nikmati:

  1. Mencatat transaksi penjualan, baik itu transaksi yang belum dibayar, kurang dibayar maupun pembayaran secara tunai dan non tunai
  2. Aplikasi multi user dengan hak akses yang berbeda
  3. Mencatat pengeluaran baik pembelian dan hutang kepada pemasok
  4. Laporan statistik penjualan dan laba usaha
  5. Tersedia secara gratis dan premium apabila pengguna tertarik menggunakan aplikasi tanpa gangguan iklan.

5. Pawoon

Aplikasi pawoon
Aplikasi pawoon

Aplikasi untuk membuat struk belanja lainnya bernama pawoon, aplikasi kasir ini menerima semua jenis pembayaran termasuk gopay, DANA, link aja dan OVO. Menariknya kamu dapat memantau penjualan dan stok yang ada di seluruh cabang usaha.

Baca Juga :  9 Daftar Aplikasi Sadap WA Yang Bisa Disembunyikan

Aplikasi ini dapat membuat struk dengan praktis, jadi menguntungkan untuk kamu yang sedang membuka suatu usaha. Pawoon termasuk aplikasi yang dapat mengirim struk belanja ke email pelanggan, membuat usaha lebih hemat bahan baku.

Lalu apa saja keuntungan lain menggunakan pawon sebagai aplikasi kasir untuk melengkapi fasilitas penjualan kamu? Mari kita lihat!

  1. Dapat beroperasi secara online dan offline
  2. Mendapat laporan lengkap tentang penjualan
  3. Otoritas pegawai dimana kamu dapat membuat hak akses semua pegawai sesuai dengan struktur usaha
  4. Cara penggunaan yang mudah, yakni dengan download aplikasi, daftarkan toko, input barang dan mulai berjualan

Lihat juga Aplikasi Pembersih Sampah Tersembunyi 

6. Cash Register

Di urutan keenam ada cash register sebagai aplikasi untuk membuat struk belanja. Cash register salah satu dari sekian aplikasi kasir yang dapat kamu manfaatkan dalam penjualan barang.

Cash register ringan digunakan untuk pengguna android, dalam membuat struk kamu dapat menambah logo dan nama pelanggan pun hasil struk lebih rapi dan mudah dipahami.

Berikut merupakan fitur unggulan aplikasi cash register yang dapat kamu manfaatkan dalam penjualan barang:

  • Dapat membuat struk dan mencetak dengan printer bluetooth
  • Dapat mengirimkan struk via email, SMS dan whatsapp
  • Dilengkapi PIN pengaman toko
  • Setiap produk yang kamu input tersedia dengan berbagai harga, baik harga normal, harga reseller dan harga order via aplikasi
  • Dapat menambahkan harga diskon yang selalu dibutuhkan ketika promosi
  • Dapat mencetak label produk dengan barcode
  • Dapat melakukan top up e-money mandiri, gojek, tap cash BNI, grab, pembayaran telkom dan voucher game
  • Dapat digunakan dalam pembayaran BPJS dan PLN
  • Tidak ada batasan jumlah barang dan transaksi
  • Menyediakan laporan yang dapat di analisa dengan file excel

7. Nota Blonjo

Aplikasi Nota Blonjo
Aplikasi Nota Blonjo

Nota blonjo sebagai aplikasi untuk membuat struk belanja menawarkan beberapa kemudahan, salah satunya pembuatan struk yang praktis dan rapi.

Aplikasi ini dapat kamu manfaatkan untuk mencatat transaksi penjualan dengan konsep sederhana. Tidak hanya itu, sebab penggunaan nota blonjo dapat melihat estimasi item terjual, transaksi dan keuntungan.

Sama seperti beberapa aplikasi untuk membuat struk belanja yang sudah kita bahas, nota blonjo memiliki fitur unggulan yang memanjakan pengguna, diantaranya:

  • Memasang logo toko
  • Otomatis terhubung ke printer saat dibuka
  • Mengedit transaksi baik baik nomor dan waktu custom invoice
  • Share struk via whatsapp
  • Dapat mencari transaksi berdasarkan tanggal dan nama

8. Nota Penjualan

Aplikasi Nota Penjualan
Aplikasi Nota Penjualan

Nota penjualan sebagai aplikasi untuk membuat struk belanja dapat kamu manfaatkan dalam penjualan barang toko. Dengan nota penjualan kamu dapat menunjukkan kesungguhan kepada pelanggan.

Aplikasi ini hadir dengan fitur yang sederhana sehingga dapat digunakan secara maskimal oleh semua pengusaha. Tidak hanya membuat struk belanja, nota belanja dapat dimanfaatkan sebagai apllikasi kasir untuk mempermudah pencatatan barang toko kamu, adapun fitur yang ada dalam aplikasi diantara lain:

  1. Dapat mencatat barang masuk
  2. Mencatat hutang pelanggan
  3. Mencatat pengeluaran
  4. Menyajikan laporan penjualan dan stock barang di gudang.
Baca Juga :  6 Aplikasi Translate Bahasa Bugis ke Indonesia Gratis di Android

9. Laris POS

Aplikasi Laris POS
Aplikasi Laris POS

Rekomendasi aplikasi untuk membuat tsruk belanja lainya bernama struk pos yang menawarkan fitur sederhana dan siap digunakan untuk semua jenis penjualan.

Aplikasi kasir yang memiliki 15 tahun pengalaman ini memiliki ragam fitur, nyaman digunakan untuk tablet dan pengguna android. Laris POS sudah menyediakan eMenu untuk menampilkan produk secara online cukup scan QR yang ada dalam toko kamu.

Berikut merupakan fitur laris POS yang dapat kamu gunakan:

  1. Tersedia dalam dua bahasa, yakni bahasa inggris dan bahasa indonesia
  2. Dapat dijalankan secara offline
  3. Mendukung beberapa transaksi dan jenis harga, misalkan perbedaan harga saat via gofood, langsung dan take away
  4. Laporan analisa yang lengkap
  5. Satu akun dapat mengelola beberapa outlet
  6. Aplikasi trial dan gratis selama satu bulan percobaan selanjutnya kamu akan dikenakan biaya penggunaan yang terjangkau.

10. Kasir POS Aplikasi

Kasir POS Aplikasir
Kasir POS Aplikasir

Rekomendasi aplikasi untuk membuat struk belanja yang terakhir bernama kasir POS aplikasi. Aplikasi ini dapat kamu manfaatkan untuk mengelola usaha dengan fitur yang mudah digunakan.

Beruntungnya, aplikasi dapat kamu gunakan pada ponsel, tablet, android dan komputer kasir sehingga memudahkan para pemula. Tidak sampai disitu, aplikasi ini tidak mematok batasan produk, transaksi dan kasir yang menangani penjualan setiap harinya.

Aplikasi kasir POS tidak hanya untuk membuat struk penjualan melainkan aman digunakan untuk cetak struk invoice, label barcode lalu mengirimkan struk melalui whatsapp pelanggan.

Kemudahan untuk melihat histori transaksi dan support printer dan alat kasir lainnya dapat kamu temukan dalam aplikasi ini. Jadi, kasir POS dapat dipertimbangkan untuk menyempurnakan usahamu.

Lihat juga 15 Aplikasi Jual Pulsa Paling Terpercaya Tahun 

Akhir Kata

Aplikasi untuk Membuat Struk Belanja
Aplikasi untuk Membuat Struk Belanja

Berikut ini adalah informasi dalam bentuk tabel mengenai manfaat aplikasi untuk membuat struk belanja:

Manfaat Penjelasan
🔰 Hemat waktu Dapat menyimpan data pembelian dalam hitungan detik, tanpa perlu menghitung secara manual atau mencatat nya secara terpisah
🔰 Meningkatkan efisiensi Memudahkan pengelolaan pembelian dengan menyimpan data secara digital, sehingga mempercepat proses pelaporan dan pemantauan keuangan
🔰 Memudahkan pengelolaan keuangan Memungkinkan untuk melacak pengeluaran, mengetahui pengeluaran yang perlu dipotong atau diperbaiki, serta memudahkan dalam menghitung pajak dan biaya lainnya
🔰 Lebih akurat Menghindari kesalahan manusia dalam penghitungan total pembelian dan kembalian
🔰 Lingkungan lebih bersih Tidak perlu mencetak struk belanja secara fisik, sehingga membantu mengurangi sampah kertas dan menjaga kebersihan lingkungan

Struk belanja sebagai bukti fisik berhasilnya sebuah transaksi tentu dibutuhkan konsumen dan sangat disayangkan apabila tokomu tidak menyertakan fasilitas tersebut.

Sekarang kamu bisa gunakan aplikasi untuk membuat struk belanja yang menawarkan manfaat dan lebih hemat biaya dibandingkan sebuah program kasir walau masih dalam batasan.

Semoga informasi yang Mocipay kemas membantu sobat dalam memilih salah satu aplikasi dalam membuat struk belanja. Demikian pembahasan ini, sampai bertemu di topik yang berbeda!

Back to top button