AplikasiTips

25+ Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin, Bahasa Indonesia

Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin – Buat Sobat Mocipay yang suka membaca tentu sangat menyukai adanya Aplikasi Baca Novel Gratis Bahasa Indonesia yang menyediakan novel-novel berkualitas yang bisa kamu baca secara gratis. Ditambah lagi jika novel yang tersedia adalah novel berbahasa Indonesia.

Membaca novel menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hiburan. Jika dulu kamu harus pergi ke toko buku atau perpustakaan untuk bisa membaca novel, sekarang ini era digital semakin mempermudah semuanya.

Kamu bisa membaca novel kapanpun, dimanapun hanya dengan smartphone ditangan. Ada banyak aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia yang tersedia di Playstore dan App Store.

Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Gratis Bahasa Indonesia Terbaik

Berikut 25+ aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia untuk Sobat Mocipay:

Baca juga: 7 Cara Top Up Genshin Impact Murah Bisa Pakai Pulsa

  • Wattpad

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia
Wattpad

Wattpad merupakan salah satu aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia yang banyak digemari oleh pembaca novel dari berbagai kalangan.

Aplikasi yang sudah di download lebih dari 100 juta pengguna ini, menyediakan novel gratis bahasa Indonesia dalam berbagai genre sehingga pembaca bisa menentukan sendiri novel genre apa yang mereka sukai.

Selain itu, bukan hanya tempat untuk membaca novel, pengguna Wattpad juga dapat menulis novel mereka sendiri dan dipublikasikan di Wattpad secara gratis.

Ada berbagai keuntungan yang bisa didapat oleh penulis apabila tulisan mereka mendapat respon yang baik dari pembaca.

Sobat Mocipay tentu sudah tidak asing dengan film-film yang diangkat dari novel Wattpad. Selain itu, banyak juga penerbit yang melirik novel-novel Wattpad untuk diterbitkan. Penulis juga bisa membuat novel berbayar di Wattpad.

  • Noveltoon

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia
Noveltoon

NovelToon menjadi salah satu pilihan aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia. Selain membaca novel gratis, kamu juga bisa membuat perpustakaan kamu sendiri dengan mengunduh novel dan membaca secara offline kapan pun dan di mana pun.

Buat kamu yang lebih suka dibacakan daripada membaca sendiri, NovelToon juga memiliki fitur berupa Podcast maupun AudioBooks sehingga kamu cukup mendengarkan cerita favoritmu.

Apakah Noveltoon membayar penulisnya?
Aplikasi baca novel gratis NovelToon menerapkan sistem level author, sehingga para penulis dapat melihat level dan informasi keuntungan terkait mereka. Jika novelmu berhasil menjangkau penggemar sebanyak-banyaknya, maka kamu berkesempatan mendapat penghasilan, dan kemungkinan novel kamu akan diadaptasi menjadi komik.

  • iPusnas

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia
iPusnas

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Sebagai perpustakaan digital milik negara, iPusnas menyediakan buku-buku berkualitas secara gratis. Jika Sobat Mocipay sedang mencari sumber referensi untuk membuat karya tulis, maka saya sangat menyarankan untuk menggunakan iPusnas.

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia, iPusnas juga menyediakan novel-novel berkualitas untuk kamu pinjam. Kamu bisa membaca secara gratis novel-novel karya Tereliye, Andrea Hirata, Dee Lestari, dan penulis-penulis terkenal lainnya.

Keunikan aplikasi iPusnas adalah untuk membaca buku di iPusnas kamu harus meminjam terlebih dahulu layaknya sebuah perpustakaan.

Jika buku yang ingin kamu baca stoknya sedang kosong, kamu harus membuat antrian agar kamu mendapat notifikasi ketika ada yang mengembalikan buku tersebut.

  • Novelplus

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia
Novelplus

NovelPlus merupakan sebuah aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia besutan NovelPlus.co yang bisa digunakan di Android, iOS, dan Windows secara gratis. Untuk versi mobile-nya, kamu dapat mendownload aplikasi yang satu ini di Google Play Store dan juga App Store.

Aplikasi ini menyediakan novel gratis bahasa Indonesia dengan berbagai genre yang bisa kamu baca. Selain itu kamu juga bisa menjadi kreator. Kamu bisa menulis ceritamu sendiri di aplikasi ini untuk kemudian dibagikan kepada orang lain.

  • Fizzo Novel

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia
Fizzo Novel

Jika kamu suka membaca novel bergenre romance, maka kamu bisa menemukan banyak novel romance menarik di Fizzo Novel, aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia.

Baca Juga :  9 Manfaat Yogurt Cimory Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan membaca novel di Fizzo Novel, kamu akan mendapat reward berupa koin. Koin ini bisa kamu gunakan untuk membuka bab-bab dalam novel yang terkunci. Kamu juga bisa mengumpulkan koin dengan menyelesaikan misi harian.

Baca juga: 6 Platform Reseller Top Up Game Termurah 

  • NovelMe

NovelMe
NovelMe

Untuk Sobat Mocipay yang suka berhalu ria dengan cerita-cerita romantis, maka NovelMe adalah pilihan yang tepat.

Di aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia NovelMe, kamu bisa menikmati ribuan cerita menarik dengan berbagai pilihan genre, seperti novel romance yang bikin baper, fantasi yang bikin kamu terhanyut ke alam imaji, Horor yang bikin merinding, fanfict yang super seru sampai genre Kesatria.

Tidak hanya untuk pembaca, untuk para penulis juga wajib install aplikasi ini karena kamu akan DIBAYAR! Yup, kamu akan mendapatkan pendapatan dari penjualan bab berbayarmu.

  • GoodNovel

GoodNovel
GoodNovel

GoodNovel merupakan aplikasi cerita daring berasal dari Singapura. Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia ini dapat kamu download di Playstore dan Appstore.

GoodNovel juga berusaha menjadi lebih dari sekadar aplikasi untuk penulis novel daring semata. Saat ini, GoodNovel membuka kesempatan sebesar mungkin untuk semua genre dan bagi siapa pun yang memiliki ketertarikan pada dunia menulis.

Sebagai informasi, GoodNovel sudah memfasilitasi penulis dengan menyediakan 10 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Ada lebih dari 10 ribu cerita berbahasa Indonesia yang dapat ditemui di aplikasi ini.

  • Storial.co

Storial.co
Storial.co

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia berikutnya adalah Storial.co. Aplikasi ini sudah diunduh 100.000 kali di playstore dan telah memiliki 16.000 penulis lebih. Aplikasi ini gratis, namun ada fitur premium jika pemakai ingin mendapat fasilitas lebih.

Ketika membuka aplikasi ini pertama kali, kamu akan disambut dengan ajakan untuk menulis, membagikan cerita dan juga berkolaborasi bersama teman. Ada juga kompetisi dengan hadiah coin.

Storial.co juga memberikan royalti pada penulis yang telah menuliskan minimal 10 bab dengan setidaknya 2,000 views.

  • Hinovel

Hinovel
Hinovel

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia berikutnya adalah Hinovel yang banyak berisi kisah romantis yang cocok untuk para remaja. Buat kamu yang mau membaca cerita cinta atau genre lainnya, Hinovel punya fitur Rekomendasi Personal yang akan memberikan rekomendasi novel untukmu setiap harinya.

Di sini pun kamu juga akan diberikan beberapa misi setelah melakukan login ke dalam aplikasi Hinovel yang sebelumnya bernama BacaSaya.

Selanjutnya setiap kamu menyelesaikan misi, kamu akan diberikan koin gratis setiap hari yang bisa ditukarkan dengan reward tertentu.

  • Novelah

Novelah
Novelah

Novelah adalah aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia. Semua cerita orisinal berasal dari penulis lokal terbaik. Novel yang ada di aplikasi memiliki genre yang beragam seperti, romance, Aksi, Horor, Fantasi, dan masih banyak lagi.

Menariknya, aplikasi Novelah memberikan novel eksklusif dan populer dari penulis lokal yang bisa kamu baca secara gratis tanpa perlu melakukan pembelian.

Untuk mengembangkan minat baca penggunanya, Novelah juga memberikan koin hadiah untuk pembaca. Kamu hanya perlu baca novel setiap hari, selesaikan tugas bonus, mainkan permainan menyenangkan, menangkan undian berhadiah atau undang teman, kamu bisa mendapatkan poin yang banyak untuk ditukar dengan hadiah yang indah. Pengguna baru juga dapat menerima paket poin gratis.

Baca juga: 4 Cara Pinjam Pulsa Indosat Terbaru 

  • Google Play Books

Google Play Books
Google Play Books

Google Play Books adalah aplikasi penyedia buku digital milik Google. Simbolnya buku berwarna biru. Tidak susah menemukannya karna aplikasi ini adalah aplikasi yang mengintegrasikan nomor ponsel serta email googlemu. Jadi bila kamu sudah login pakai email googlemu, kamu bisa langsung terintegrasi ke dalam aplikasi ini. Tidak ada syarat bahwa kamu harus punya kartu kredit atau deposit uang.

Banyak yang beranggapan bahwa semua buku yang ada di Google Play Books harus berbayar untuk membaca. Fyi, tidak semua buku adalah buku berbayar di dalam aplikasi ini. Ada juga buku-buku gratis yang bisa kamu unduh dalam aplikasi ini.

  • NovelRead

NovelRead
NovelRead

NovelRead adalah aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia yang lebih fokus dengan genre romance.

Baca ribuan novel digital yang romantis, yang bisa bikin baper, yang bisa menghilangkan rasa bosan dan masih banyak lagi. Novel bisa dibaca kapan saja dan di mana saja sesukamu. Aplikasi ini dilengkapi fitur lengkap yang user friendly serta berbagai genre pilihan.

  • Joylada

Joylada
Joylada

Selanjutnya ada aplikasi Joylada yang membuat aktivitas membaca novel menjadi lebih seru seperti saat chatting dengan gebetan.

Baca Juga :  5 Cara Mendapatkan Shopeepay Gratis Tanpa Mengundang Teman

Di laman Google Play aplikasi ini, Joylada mengklaim aplikasi ini menjadi aplikasi novel chat pertama yang ada di Indonesia dengan ribuan penulis serta pembaca aktif di seluruh Indonesia.

Pilihan genre di aplikasi ini juga sangat beragam sehingga menambah pengalaman pengguna yang mau memakai aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia ini.

Belum lagi juga didukung dengan adanya tampilan UI yang unik sehingga menambah pengalaman pengguna saat pakai aplikasi.

  • Cashzine

Cashzine
Cashzine

Kalau Sobat Mocipay sedang mencari aplikasi baca Novel yang bisa menghasilkan uang untuk pembacanya, maka Cashzine adalah pilihannya.

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia dan aplikasi penghasil uang Cashzine telah memberi pengguna lokal pertukaran koin emas dalam aplikasi penghasil uang tunai selama hampir 3 tahun.

Dengan membaca Novel Populer & bermain permainan di Cashzine, setiap orang bisa mendapatkan hadiah uang tunai. Kamu tidak perlu melakukan apa pun untuk membayar di Cashzine.

  • Innovel

Innovel
Innovel

Apakah kalian salah satu penyuka novel berbau romantis dengan pergolakan drama percintaan yang membuat baper? Innovel adalah aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia yang sangat tepat.

Mengapa demikian? Hal itu sebab aplikasi Innovel memang dibuat bagi wanita yang mempunyai preferensi khusus, seperti drama romance, chicklit, dan novel dengan tema manusia werewolf dan vampire layaknya film Twilight dan Teen Wolf series yang sempat populer pada masanya.

Dengan membaca novel di Innovel, kalian tidak akan bosan sebab dari pihak aplikasi Innovel mengklaim bahwa setiap harinya aplikasi ini mampu menambahkan atau meng-update cerita-cerita baru langsung dari penulisnya.

Terlebih, novel dalam aplikasi Innovel dapat dibaca, baik online maupun offline sehingga mempermudah bagi para penggunanya.

Menariknya, aplikasi Innovel menyediakan layanan berupa grup pembaca yang dapat memungkinkan kalian untuk memberikan feedback antar sesama pengguna aplikasi Innovel.

Dengan begitu, apabila kalian mengunduh aplikasi novel gratis Innovel ini, kalian akan bersua dengan lebih dari satu juta pengguna lainnya.

Baca juga:Download SBO TV Sport Apk: SBO TV Live Streaming 

  • GoNovel

GoNovel
GoNovel

Seperti namanya, GoNovel merupakan aplikasi khusus untuk membaca novel secara online.

Akan tetapi, berbeda dari kebanyakan aplikasi novel, GoNovel memungkinkan pengguna untuk mendapat uang.

Kamu juga bisa mendapat koin tambahan jika pengguna login dalam 1 minggu berturut-turut pada aplikasi GoNovel.

Novel-novel pada aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia ini adalah novel-novel yang di tulis oleh penulis yang best seller.

Banyak pengguna yang menarik hasil bonus, kebanyakan dari mereka menarik 10.000, 20.000 dan 25.000.

  • AudioToon

AudioToon
AudioToon

AudioToon adalah sebuah audio buku App yang mengumpulkan audio books Indonesia, novel suara dan FM.

Malas baca buku? Kamu bisa download audio books dan siaran atau dengarkan secara online, istirahatkan tangan dan mata, kamu bisa dengarkan audio books kapan saja dan di mana saja, sebelum tidur, dalam perjalanan, membereskan rumah, olahraga dan waktu lainnya.

Di AudiToon, kamu bisa menemukan berbagai acara podcast, FM orisinil yang menarik, lelucon, gosip selebriti, pengalaman hidup, teknologi sains dan cerita audio horror.

Dengarkan audio dan siaran diskusi oleh host, dan temukan lebih banyak teman dengan kegemaran yang sama denganmu.

  • Dreame

Dreame
Dreame

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia ini menyediakan berbagai cerita dan komik dalam bahasa Indonesia, Inggris, Spanyol, Perancis, Portugis, Italia, Vietnam, Thailand, Filipina, Arab, dan Belanda.

Dreame menyediakan bermacam-macam fitur pembaca seperti daftar isi, pengaturan kecerahan layar, ukuran dan jenis font, reading mode, dark mode, dan komentar. Dreame tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

  • FiNovel

FiNovel
FiNovel

Finovel adalah aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia. Setiap novel adalah pengalaman hidup.

Finovel berharap dapat menciptakan dan menghadirkan kehidupan yang luar biasa bagi pengguna dengan novel yang bagus.

Selain membaca, pengguna juga bisa mendapatkan poin dengan mengirimkan artikel, memperbaiki kesalahan, menyelesaikan tugas, dan lain-lain. Selain itu juga bisa mendapatkan hadiah setiap hari dengan mengerjakan misi harian.

  • Cabaca

Cabaca
Cabaca

Cabaca adalah aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia yang menyuguhkan layanan bacaan ringan bagi para penggunanya. Cabaca memuat berbagai genre cerita, seperti komedi, fantasi, romansa, horor, bahkan aksi.

Baca Juga :  12 Cara Nembak Ceweknya Lewat WA Yang Tidak Alay 2024

Menariknya dari aplikasi Cabaca, yakni kalian bisa mengubah font pada novel yang hendak kalian baca. Dengan begitu, kalian bisa membaca dan menikmati dengan pilihan font yang kalian sukai.

Jadi, apabila penglihatan kalian memiliki kesulitan membaca dengan font tertentu, kalian bisa mengubah dan menyesuaikan jenis font tersebut.

Kemudian, di aplikasi Cabaca, kalian bisa membaca novel secara offline. Bila kalian tertarik dengan aplikasi baca novel gratis yang satu ini, kalian bisa unduh dan install aplikasi ini di Play Store maupun App Store.

Baca juga: 11 Cara Beli Chip Ungu Higgs Domino Murah Terbaru 

  • AllNovel

AllNovel
AllNovel

Allnovel adalah aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia yang menyuguhkan ribuan novel romance menarik untuk para pembacanya.

Di Allnovel, kamu bisa membaca novel gratis pada beberapa bab, dan membuka bab berikutnya dengan menggunakan koin. Tapi kamu tidak usah khawatir, kamu bisa mendapat koin secara gratis dengan mengerjakan misi harian dari AllNovel.

  • MangaToon

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia
MangaToon

Jika kamu mengira bahwa MangaToon hanya menyajikan komik atau manga, maka kamu salah. MangaaToon juga merupakan aplikasi baca Novel gratis bahasa Indonesia.

Berbagai genre tersaji lengkap di aplikasi tersebut, mulai genre romantis, komedi, petualang, fantasi, bahkan buat yang suka genre horor juga ada. Berbagai jenis karya novel tersaji lengkap, jika Anda ingin membaca karya novel tertentu Anda bisa memilihnya.

  • Webfic

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia
Webfic

Webfic tidak hanya menyediakan ebook, tetapi juga audiobook, sehingga kamu tetap bisa mendengarkan cerita jika sedang tidak bisa membaca.

Cerita di aplikasi baca novel gratis ini tersedia dalam bahasa Indonesia, Inggris, Filipina, Spanyol, Thailand, dan Korea. Tidak hanya itu, tersedia juga fitur pembaca seperti daftar isi, pengaturan kecerahan dan warna layar, ukuran dan jenis font, dark mode, dan komentar. Webfic tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

  • KBM App

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia
KBM App

KBM App merupakan sarana menulis dan membaca untuk pecinta Novel. Melalui KBM App, kamu bisa menikmati berbagai fitur dan kesempatan mengikuti mentoring GRATIS di setiap pekan.

Keunikan aplikasi ini dibanding aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia lainnya adalah adanya fitur Transfer Koin. Dari fitur yang satu ini kamu tidak perlu khawatir ketika keseruanmu terhalang dengan koin yang habis. Bersama teman sesama pengguna KBM App akan membuat kamu bisa saling kirim koin emas lho.

Selain itu, dengan bergabung di KBM App kamu bisa dapat cuan dari menulis dengan novel berbayar. Ketika pembaca menikmati kisah yang kamu tulis, maka kamu akan mendapat bagi hasil setiap bulannya.

  • WebNovel

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia
WebNovel

Aplikasi novel gratis selanjutnya, yaitu WebNovel. WebNovel adalah aplikasi penyedia berbagai novel dengan beragam genre terlengkap. Aplikasi Webnovel ini tidak akan membuat kalian bosan sebab setiap harinya selalu update novel terbaru. Dengan begitu, aplikasi ini akan sangat cocok bagi kalian yang gemar atau memiliki hobi baca novel.

Kemudian, aplikasi WebNovel pun memiliki komunitas pembaca yang sangatlah aktif sehingga kalian dapat berkumpul dan berbagi ide atau pendapat di sini.

Seperti aplikasi-aplikasi novel lainnya, aplikasi WebNovel membuka peluang bagi para pembaca atau siapapun yang berkeinginan menjadi seorang penulis dan meraih banyak follower.

Tips Memilih Aplikasi Baca Novel Gratis

Tips Deskripsi
Cari Aplikasi yang Terpercaya Pastikan aplikasi yang Anda pilih memiliki reputasi baik dan diunduh oleh banyak pengguna. Baca ulasan dan peringkat aplikasi untuk mendapatkan gambaran tentang pengalaman pengguna.
Periksa Koleksi Novel Pastikan aplikasi memiliki koleksi novel yang luas dan beragam. Semakin banyak pilihan, semakin besar kemungkinan Anda menemukan genre dan penulis yang Anda sukai.
Ketersediaan Bahasa Indonesia Pastikan aplikasi memiliki novel berbahasa Indonesia. Beberapa aplikasi memiliki koleksi yang lebih kuat dalam bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia.
Mode Offline atau Online Pertimbangkan apakah Anda ingin membaca secara online atau offline. Beberapa aplikasi memungkinkan Anda mengunduh novel untuk dibaca tanpa koneksi internet.
Fungsi Bookmark dan Sinkronisasi Cari aplikasi yang memungkinkan Anda menandai halaman, membuat bookmark, dan menyinkronkan pembacaan Anda di berbagai perangkat.

Baca juga: 10 Cara Hapus Riwayat Pesanan Shopee Paling Mudah

Kesimpulan

Aplikasi Baca Novel Gratis Bahasa Indonesia
Aplikasi Baca Novel Gratis Bahasa Indonesia

Demikianlah penjelasan tentang 25 Aplikasi Baca Novel Gratis Bahasa Indonesia. Di beberapa aplikasi ini kamu bukan hanya bisa membaca novel secara gratis, tapi kamu juga bisa menulis novel karyamu sendiri dan mendapat penghasilan dari sana. Manfaatkan kesempatan ini dengan baik.

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Mulai Dari Pulsa, Kuota, Token PLN, Tagihan PPOB, Voucher Game dan Top Up Game Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button