TV Digital Tidak Ada Sinyal? Ini Penyebab Dan Solusinya

Widya Samosir

Masalah TV digital tidak ada sinyal tentu membuat anda tidak dapat menonton siaran TV favorit anda bukan?

Terlebih lagi jika semua siaran-siaran tersebut hanya bisa diakses lewat TV digital milik anda pastinya akan lebih menyedihkan lagi.

Lalu apa sebenarnya penyebab dari TV digital tidak ada sinyal dan apa saja solusi tercepat untuk mengatasinya? Yuk simak ulasannya hanya pada halaman ini.

Apa Itu TV Digital?

gambar tv digital
sumber gambar : eraspace.com

TV digital merupakan perangkat atau alat yang dapat menayangkan beberapa siaran dengan memanfaatkan sinyal digital dimana tv tersebut tidak hanya mampu menyalurkan data serta gambar melainkan juga memiliki kemampuan multimedia lainnya seperti layanan interaktif dan informasi peringatan bencana alam.

Saat ini, hampir semua masyarakat Indonesia telah beralih dari penggunaan tv tabung menjadi tv digital karena pemerintah telah menetapkan bahwa tv analog harus dimatikan dan masyarat wajib berpindah ke penggunaan tv digital.

Jika dilihat dari segi perbedaannya mungkin kita bisa kategorikan bahwa tv analog tidak memiliki kualitas gambar siaran yang cukup bagus dibandingkan dengan tv digital.

Selain itu, penggunaan tv analog tidak dapat menjangkau banyak siaran televisi seperti tv digital dan sering mengalami kendala gambar siaran buram atau hilang apabila hujan deras turun.

Memang sebenarnya siaran hilang tak hanya dialami para pengguna tv analog karena pengguna tv digital pun pernah mengalaminya akan tetapi dengan penyebab yang berbeda. Nah, penjelasan di bawah ini sepertinya dapat membantu menjawab masalah tersebut.

Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal

penyebab tv digital tidak ada sinyal
penyebab tv digital tidak ada sinyal

TV merupakan alat elektronik yang tentunya bisa mengalami kerusakan dari segi apa saja. Akan tetapi penyebab kerusakan tersebut haruslah segera anda ketahui agar tidak berlangsung terlalu lama dan menyebabkan tv digital anda mati total.

Ada beberapa penyebab umum yang sering terjadi pada tv digital tidak ada sinyal seperti :

1. Kualitas antena tidak bagus

Penyebab pertama yang sering terjadi untuk tv digital tidak ada sinyal ialah pemilihan antena yang tidak bagus. TV digital umumnya memiliki antena dimana antena ini berfungsi untuk menangkap sinyal frekuensi radio yang nantinya akan dipancarkan oleh stasiun pemancar televisi untuk di teruskan ke rangkaian pranala televisi.

Nah, jika anda menemukan tv digital tidak ada sinyal maka mari di cek kualitas antenanya karena bisa saja kualitas antena buruk menjadi penyebab tv digital tidak ada sinyal atau siaran tv rusak.

Setelah dilakukan penggantian antena dengan kualitas bagus maka kendala tv digital hilang sinyal pasti tidak terulang lagi.

2. Kabel antena rusak

Masih dalam permasalahan seputar antena, kabel antena yang rusak juga dapat menjadi faktor penyebab tv digital tidak ada sinyal atau rusak.

Sehingga selain memperhatikan kualitas kabel antenanya, anda juga harus fokus dengan keadaan fisik antena karena bisa saja antena yang anda miliki sudah rusak jadi perlu untuk diganti agar tv digital anda kembali normal.

3. Gangguan sinyal

Penyebab biasa yang hampir setiap pengguna tv digital pernah mengalaminya ialah gangguan sinyal. Banyak faktor yang mendasari adanya gangguan sinyal pada penggunaan tv digital seperti letak posisi rumah anda.

Umumnya, ada beberapa posisi rumah yang sulit untuk menjangkau sinyal. Hal tersebut bisa saja dialami oleh pengguna yang tinggal di pegunungan, perkotaan maupun daerah terpencil.

Yang menyebabkan tv digital sulit untuk menangkap sinyal pada saat anda sedang menonton televisi.

4. Jack TV digital rusak

Jack TV merupakan alat penghubung antara STB dengan antena agar sebuah antena dapat bekerja maksimal. Seringkali orang mengabaikan fungsi benda kecil ini sehingga menyebabkan tv digital tidak ada sinyal.

Perlu diketahui bahwa posisi dari jack tv ini biasanya terlihat di bagian belakang tv digital. Apabila benda ini rusak atau lepas maka itu dapat mempengaruhi penangkapan sinyal siaran untuk tv digital.

Sehingga pada saat menghidupkan tv digital anda sebaiknya anda cek terlebih dahulu perangkat kecil ini supaya tidak mengganggu kerja antena.

5. Arah antena salah

Penyebab terakhir untuk tv digital tidak ada sinyal adalah posisi antena yang salah. Posisi antena yang salah memang bisa saja luput dari pandangan kita.

Pasalnya kita tentu jarang melakukan pengecekan posisi antena sebelum menonton tv bukan? jika anda merasa benar maka mulai saat ini anda bisa mencoba untuk mengecek posisinya serta langsung memperbaikinya agar tv mendapatkan jaringan yang bagus.

Cara Memperbaiki TV Digital Tidak Ada Sinyal

cara memperbaiki tv digital tidak ada sinyal
sumber gambar : hargahp.co.id

Jika anda sedang mengalami persoalan tv tidak ada sinyal maka mari lakukan cara memperbaikinya agar kinerja tv bisa berjalan seperti biasanya.

Urutan cara memperbaiki tv tidak ada sinyal berikut berlaku untuk semua merk tv digital ya sobat jadi silahkan anda praktikkan di rumah:

  1. Pertama, lakukan pemeriksaan terhadap tuner tv dengan cara melakukan pengecekan apakah ada bagian yang berkarat, apakah ada bagian yang hilang dan masih layak dipakai atau tidak.
  2. Berikutnya, ganti tuner tv apabila sudah tua atau rusak
  3. Lakukan pemeriksaan terhadap IC program pada tv digital
  4. Ubah posisi antena apabila anda mendapati posisi antena anda dirumah miring, terbalik dan sebagainya.
  5. Periksa kondisi jack penghubung antena apakah ada kesalahan pemasangan, berkarat atau rusak.
  6. Silahkan anda lihat segala kabel penghubung antara antena dan televisi karena bisa saja ada kabel yang putus, terbakar atau lainnya.
  7. Gunakan alat booster antena tv untuk memperkuat penerimaan sinyal tv apabila seluruh cara diatas tidak berhasil.

Itulah sekilas penyebab dan cara memperbaiki tv digital tidak ada sinyal. Bagaimana sobat? cukup mudah bukan?

Keunggulan Dan Kekurangan TV Digital

kelebihan dan kekurangan tv digital semua merk
kelebihan dan kekurangan tv digital semua merk

Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang masih bertanya-tanya apa mengapa pemerintah Indonesia menyarankan masyarakat untuk beralih dari tv analog menjadi tv digital?

Pertanyaan tersebut akan kami jawab melalui keunggulan dan kekurangan dari tv digital sehingga anda bisa melihat dimana letak perbedaannya dengan tv analog.

  • Keunggulan TV digital

Beralih menjadi pengguna tv digital merupakan pilihan terbaik yang wajib anda coba karena beberapa keunggulan yang dimilikinya seperti :

  1. TV digital telah memberikan kualitas siaran yang lebih stabil dan tahan pada banyak gangguan seperti interferensi, gambar rusak, gambar berbayang, dsb
  2. TV digital memiliki kemampuan penyiaran multichannel dan multi program dengan pemakaian kanal frekuensi yang menyebabkan fungsi dari frekuensi tv lebih maksimal
  3. TV digital juga memiliki kemampuan pengerjaan transmisi audio, video, serta data dapat berjalan sekaligus
  4. TV digital memiliki jangkauan channel yang lebih luas dibandingkan dengan tv jenis analog
  5. TV digital dapat mengakses internet dengan mudah, cepat dan dalam jarak yang terjangkau
  6. TV digital memiliki banyak siaran yang lebih berkualitas di dalamnya
  7. TV digital dapat menangkap siaran bahkan dalam keadaan bergerak sekalipun
  8. TV digital memberikan kualitas suara yang lebih jernih dibandingkan dengan tv analog
  9. Kebanyakan merk tv digital masih bisa dinikmati secara gratis sama seperti tv analog
  10. TV digital memiliki pengaturan kualitas siaran hingga menjadi HD yang dapat anda atur kapanpun
  • Kekurangan TV digital

Setelah kelebihannya, berikut kami berikan beberapa kekurangan dari pemakaian tv digital saat ini :

  1. Penggunaan tv digital masih membutuhkan alat set tob box (STB) agar dapat menjangkau channel televisi yang lebih banyak lagi
  2. Tidak semua merk tv digital bisa digunakan tanpa jaringan internet karena nyatanya masih ada beberapa merk yang membutuhkannya agar dapat bekerja maksimal.
  3. Proses perpindahan siaran pada tv digital memerlukan waktu yang cukup lama dari yang dibutuhkan oleh tv analog.
  4. Jangkauan siaran tiap daerah berbeda
  5. Harga untuk 1 unit tv digital terbaik cukup mahal

Merk TV Digital Murah Hanya 1 Jutaan Saja

merk tv digital terbaik saat ini
merk tv digital terbaik saat ini

Kualitas barang tidak selalu harus di lihat dari harganya karena ada banyak merek barang yang bisa anda miliki dengan kualitas bagus namun harga masih ramah dikantong. Seperti beberapa merk tv digital berikut ini :

  • TV digital TCL 24D3000A (24 inch) harga Rp. 1.7 juta
  • TV digital Polytron PLD24V0853 (24 inch) harga Rp. 1.5 juta
  • TV digital LG 24TL520V (24 inch) harga Rp. 1.2 juta
  • TV digital Coocaa 24CTD2000 (24 inch) harga Rp. 1.2 juta
  • TV digital NGY (24 inch) harga Rp. 1 juta
  • TV digital sharp 2TC24DC1i  (24 inch) harga Rp. 1.4 juta
  • TV digital Toshiba 32S25KP (32 inch) harga Rp. 1.7 juta
  • TV digital Polytron 24TV1855 (24 inch) harga Rp. 1.4 juta
  • TV digital Polytron easy smart 24MV1859  (24 inch) harga Rp. 1.5 juta
  • TV digital Samsung UA24T4003AK (24 inch) harga Rp. 1.5 juta

Daftar harga merk tv digital diatas hanya untuk ukuran 24 dan 32 inch saja ya sobat. Untuk produknya bisa anda temukan pada toko-toko online atau toko-toko elektronik disetiap daerah anda.

Tips Merawat TV Digital Agar Awet

Tips Penjelasan
Tempat yang Tepat Letakkan TV digital Anda di tempat yang aman, terhindar dari paparan sinar matahari langsung, panas berlebihan, dan kelembapan tinggi.
Bersihkan Layar Dengan Lembut Gunakan kain lembut yang dibuat khusus untuk membersihkan layar TV digital. Hindari penggunaan cairan pembersih yang keras atau bahan abrasif.
Jaga Sirkulasi Udara Pastikan TV memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mencegah penumpukan panas yang berlebihan. Jangan letakkan objek di depan ventilasi TV.
Matikan TV dengan Benar Matikan TV menggunakan tombol daya atau remote control, jangan hanya cabut steker. Ini menghindari lonjakan daya saat TV dihidupkan kembali.
Atur Kecerahan dan Kontras Atur kecerahan dan kontras TV ke tingkat yang nyaman untuk mata Anda dan sesuai dengan kondisi pencahayaan ruangan. Ini bisa membantu memperpanjang umur TV.

Penutup

TV Digital Tidak Ada Sinyal
TV Digital Tidak Ada Sinyal

Adanya masalah pada tv digital tidak ada sinyal tentu bukanlah perkara yang sulit lagi bagi anda, sebab anda sudah mengantongi solusi untuk mengatasi tv digital tidak ada sinyal serta solusinya.

Jadi silahkan anda beralih ke tv digital kapan saja dan nikmati semua keunggulannya tanpa takut masalah hilang sinyal lagi.

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay