11 Penyebab Telegram Tidak Bisa Download dan Cara Mengatasinya

Widya Samosir

Masalah telegram tidak bisa download bukanlah permasalahan yang sulit untuk ditangani. Dengan mengetahui apa penyebab dan cara mengatasinya, dijamin kamu bisa unduh dan tonton semua video yang ada di telegram.

Seperti kita ketahui bahwa telegram merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunduh serta menonton semua film bahkan film terbaru sekalipun.

Penyebab orang lebih memilih menonton di telegram karena biaya menonton di aplikasi lain yang mahal serta tidak semuanya memiliki koleksi video atau film yang lengkap seperti telegram.

Lalu bagaimana jika nyatanya video yang kamu inginkan tidak bisa di download padahal kuota internet kamu ada? Berikut penjelasannya.

Kenapa Video Telegram Tidak Bisa Di Download?

penyebab telegram tidak bisa download video
penyebab telegram tidak bisa download video

Salah satu aplikasi yang memiliki keunggulan cukup banyak ialah telegram. Telegram mempunyai 10 keunggulan yang mungkin belum anda ketahui.

Beberapa diantaranya ialah bisa kirim file dengan ukuran besar, memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang tidak terbatas, dapat berbagi media apapun tanpa khawatir kualitas berkurang dan lainnya.

Nah, dari keunggulan yang dimiliki telegram maka tak sedikit pengguna yang menjadikannya ladang cuan dengan berbagi film atau video-video menarik dari berbagai negara yang tentunya layak untuk di tonton.

Film atau video yang dibagikan pun bisa dimiliki oleh setiap orang kapan saja secara gratis hanya dengan mengunduh nya.

Akan tetapi tidak semua video di telegram dapat kamu unduh dengan mudah karena beberapa penyebab berikut ini:

  • Terjadi masalah server down yang mengakibatkan telegram tidak bisa download video
  • Jaringan internet yang kamu gunakan tidak stabil kecepatannya
  • Aplikasi telegram sedang error
  • Kamu tidak menggunakan aplikasi telegram versi terbaru
  • Aplikasi telegram kamu belum diperbarui
  • Memori internal hp kamu penuh
  • Adanya permasalahan cache dan cookie di ponsel kamu
  • Akun telegram pemilik video telah di banned
  • Video telegram yang ingin di unduh telah melanggar ketentuan dan persyaratan yang berlaku sehingga terpaksa di hapus otomatis oleh pihak telegram
  • Video tersebut telah di hapus oleh si pemilik video
  • Grup yang dipakai untuk membagikan video tersebut telah di banned oleh pihak telegram

Apabila kamu hendak mengunduh video telegram melalui halaman resmi telegram dan mendapati hal yang serupa maka penyebab telegram tidak bisa download ialah data browser kamu yang sudah terlalu banyak dan aplikasi browser di ponsel kamu belum terupdate.

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Download

Setelah kamu mengetahui penyebab pasti telegram tidak bisa download maka saatnya anda perlu mencari solusi untuk mengatasinya bukan?

Nah, saat ini kami akan memberikan solusi untuk mengatasi telegram tidak bisa download dengan cepat dan mudah.

1. Lakukan Refresh Pada Pencarian Browser

refresh pencarian browser
refresh pencarian browser

Apabila kamu menggunakan aplikasi browser untuk masuk pada halaman telegram dan mengunduh video yang ada disana namun gagal maka kamu bisa lakukan tindakan refresh pada halaman tersebut.

Dengan begitu, halaman pencarian akan kembali ke awal dan silahkan kamu mengulangnya seperti sebelumnya siapa tau video telegram sudah bisa di download kembali.

2. Pastikan Akun Atau Grup Telegram Tidak Di Banned

Cara mengatasi telegram tidak bisa download kedua ialah dengan memastikan akun si pemilik video serta lapak atau grup tempat video di sebarkan tidak di banned.

Karena apabila itu terjadi maka secara otomatis seluruh video yang ada disana akan hilang dengan sendirinya. Ciri-ciri sebuah grup telegram yang telah di banned ialah kamu tidak dapat mengakses halaman grup tersebut,

Kamu tidak dapat mengirimkan pesan kepada si pemilik akun dan informasi si pengguna akun juga tidak terlihat lagi.

Nah, jika kamu mendapati ciri-ciri tersebut maka telegram tidak bisa download video yang kamu inginkan.

3. Paksa Berhenti Aplikasi Telegram Dan Buka Kembali

urutan tahapan membersihkan cache aplikasi telegram
urutan tahapan membersihkan cache aplikasi telegram

Salah satu penyebab tidak bisa download ialah aplikasi telegram yang kamu gunakan sedang error atau mengalami gangguan. Sehingga cara mengatasinya perlu dilakukan dengan tahapan :

  • Pergi ke menu setelan ponsel anda
  • Cari opsi aplikasi > klik manajemen aplikasi
  • Pilih telegram dilanjutkan dengan klik paksa berhenti
  • Klik paksa berhenti sekali lagi
  • Tunggu beberapa saat dan pilih buka untuk membuka aplikasinya kembali

Setelah kamu klik opsi buka maka otomatis aplikasi telegram akan kembali ke kondisi semula dan coba unduh kembali video yang kamu inginkan.

4. Pastikan Jaringan Internet Dalam Kondisi Stabil

Kondisi jaringan internet yang tidak stabil sering kali menjadi penyebab terjadinya gangguan pada semua sistem aplikasi yang ada di ponsel kamu.

Untuk itu tidak ada salahnya jika kamu memperhatikan kondisi jaringan kamu serta kuota internet kamu sebelum mengunduh video di telegram ya.

Karena bisa saja penyebab telegram tidak bisa download disebabkan kuota internet kamu yang sudah habis atau daerah kamu berada tidak memiliki kekuatan jaringan internet yang cukup.

5. Update Aplikasi Telegram Ke Versi Terbarunya

update aplikasi telegram
update aplikasi telegram

Cara mudah mengatasi aplikasi tidak bisa digunakan ialah dengan selalu mengupgrade aplikasi tersebut ke versi terbarunya karena update yang kita lakukan akan semakin meningkatkan kinerja sistem yang ada pada aplikasi tersebut.

Sama seperti aplikasi telegram, jika kamu mendapati kasus telegram tidak bisa download maka sebaiknya kamu perhatikan apakah aplikasi telegram milikmu sudah terupdate atau belum.

Jika belum maka silahkan kamu update melalui aplikasi play store dan coba download video kembali apabila telegram telah berhasil di update.

6. Restart Ponsel

Ada kalanya permasalahan telegram tidak bisa download bukan berasal dari aplikasinya melainkan kinerja ponsel kamu yang semakin menurun.

Penyebabnya tidak lain dikarenakan aplikasi di ponsel kamu yang terlalu banyak, aplikasi yang aktif cukup banyak dan sebagainya.

Nah, ketika kamu mendapati telegram tidak bisa download dan ciri-ciri ponsel kamu seperti penyebab berkurangnya kinerja ponsel maka lakukan aksi restart ponsel sebagai penanganan awal sebelum mencoba mengunduh video telegram kembali.

7. Beri Ijin Pada Akses Telegram

beri ijin semua fitur telegram
beri ijin semua fitur telegram

Pada saat login ke akun telegram, kamu tentu pernah dimintai ijin akses untuk aplikasi ini. Jika pernah dan kamu belum mengijinkan semua akses yang disarankan maka segera beri ijin melalui menu pengaturan telepon kamu

Lalu pilih aplikasi > klik opsi manajemen aplikasi > pilih aplikasi telegram > klik izin > aktifkan semua izin kontak, log panggilan, ponsel hingga ruang memori atau penyimpanan.

Alasan perlunya izin pada aplikasi telegram ialah untuk memastikan bahwa kamu memang telah memberikan akses pada aplikasi telegram untuk menyimpan semua video, kontak, lokasi, pesan dan lainnya pada aplikasi tersebut.

Sehingga ketika nantinya permasalahan telegram tidak bisa download bisa teratasi.

8. Hapus Data Pada Aplikasi Telegram

cara hapus penggunaan data di telegram
cara hapus penggunaan data di telegram

Metode menghapus data pada aplikasi telegram juga bisa menjadi solusi untuk telegram tidak bisa download. Langkah-langkah untuk menghapus data pada aplikasi telegram ialah:

  • Masuk ke halaman akun telegram kamu
  • Klik garis 3 sejajar (≡) atau setelan yang ada di pojok kiri atas
  • Pilih pengaturan pada menu profil
  • Klik data dan penyimpanan
  • Pilih penggunaan data
  • Gulir ke bawah sampai bertemu opsi reset statistik
  • Pada notifikasi yang muncul pilih reset
  • Secara otomatis seluruh penggunaan data pada telegram akan di reset

Selain menghapus data, menghapus pemakaian penyimpanan pada telegram juga dapat memberikan ruang untuk video yang hendak kamu download. Caranya pada menu data dan penyimpanan > klik pemakaian data penyimpanan > klik bersihkan cache > penyimpanan berhasil dibersihkan.

Setelah melakukan tahapan-tahapan tersebut coba untuk mengunduh ulang video yang kamu inginkan kembali.

9. Hapus Cache Dan Cookie

tahapan permbersihan cache untuk aplikasi telegram
tahapan permbersihan cache untuk aplikasi telegram

Jika sebelumnya kamu menghapus cache langsung pada ruang aplikasi telegramnya maka cara berikutnya ialah menghapus cache langsung pada aplikasinya.

Inilah tahapan cara hapus cache untuk atasi masalah telegram tidak bisa download :

  • Masuk ke menu pengaturan ponsel kamu
  • Pilih aplikasi
  • Klik menu manajemen aplikasi
  • Cari aplikasi telegram
  • Pilih penggunaan penyimpanan
  • Klik hapus cache dan tunggu
  • Cache akan kembali ke 0 B

10. Install Ulang Aplikasi Telegram

Cara mengatasi telegram tidak bisa download terakhir ialah install ulang aplikasi telegram mu. Hanya dengan menghapus aplikasi telegram kamu dan menginstall nya kembali bisa jadi cara untuk mengembalikan kondisi telegram mu ke awal sehingga bisa membuat proses download video telegram kamu tidak terkendala lagi.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum Install Ulang Aplikasi Telegram :

Hal yang Perlu Diperhatikan Penjelasan
Backup Chat dan Data Penting Pastikan untuk membuat backup chat dan data penting sebelum menghapus atau menginstal ulang aplikasi Telegram. Hal ini dapat dilakukan melalui pengaturan di aplikasi untuk memastikan bahwa percakapan dan file yang penting tidak hilang.
Keluar dari Akun Telegram Sebelum menghapus aplikasi, pastikan untuk keluar dari akun Telegram Anda. Ini memastikan bahwa data akun Anda tidak terkait dengan aplikasi yang dihapus dan membantu mencegah masalah saat menginstal ulang.
Periksa Ketersediaan Backup Otomatis Pastikan fitur backup otomatis diaktifkan agar data dan pengaturan aplikasi dapat dipulihkan dengan mudah setelah menginstal ulang. Ini membantu mempercepat proses pemulihan dan memastikan bahwa pengalaman pengguna Anda tetap konsisten.
Periksa Koneksi Internet Pastikan Anda terhubung ke internet sebelum menginstal ulang aplikasi. Proses instalasi dan pemulihan memerlukan koneksi yang stabil untuk mengunduh data dan konfigurasi yang diperlukan. Pastikan jaringan internet Anda berfungsi dengan baik.
Pastikan Terhubung ke Akun yang Benar Saat menginstal ulang, pastikan untuk terhubung kembali ke akun Telegram yang benar. Gunakan nomor telepon atau alamat email yang terkait dengan akun Telegram Anda agar pemulihan akun berjalan lancar.

Penutup

Penyebab Telegram Tidak Bisa Download dan Cara Mengatasinya
Penyebab Telegram Tidak Bisa Download dan Cara Mengatasinya

Tutorial cara diatas hanya berlaku untuk telegram tidak bisa download video maupun gambar. Untuk tutorial cara mengatasi permasalahan seputar telegram seperti tidak bisa putar video, telegram diblokir teman dan lainnya bisa kamu lihat pada halaman mocipay disini.

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post