Tutorial

5 Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian Mudah dan Proses Cepat

Cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian mungkin menjadi salah satu hal yang perlu diketahui ketika sedang membutuhkan dana cepat. Keadaan darurat memang tidak selalu bisa diprediksi, terkadang Anda akan menghadapi momen tak terduga dimana dana cepat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan finansial, baik sehari-hari maupun untuk usaha.

Berikut ini kita akan membahas beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggadaikan barang berharga Anda berdasarkan jenisnya. Baik itu perhiasan, surat kendaraan, sertifikat rumah dan lain sebagainya.

Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian
Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Saat Anda sedang membutuhkan dana mendesak, Anda bisa memperoleh solusi sementara dengan menggadaikan barang berharga Anda.

Dalam hal ini salah satunya adalah sertifikat rumah. Dengan menggadaikan sertifikat rumah, Anda bisa memperoleh pinjaman dana sebesar 70% hingga 80% dari nominal nilai jual rumah Anda.

Berikut ini adalah beberapa langkah gadai sertifikat rumah di Pegadaian yang bisa Anda lakukan ketika membutuhkan dana mendesak.

1. Cari Informasi

Langkah pertama dari cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian adalah mencari informasi selengkap mungkin mengenai tempat gadai yang akan Anda tuju. Informasi yang diperlukan biasanya berupa besaran bunga, jumlah pinjaman yang bisa diberikan, biaya tambahan, dan juga jangka waktu pinjaman. Pastikan juga legalitas serta kelengkapan sertifikat rumah yang hendak di gadaikan.

Kemudian Anda juga perlu memastikan bahwa rumah tersebut bebas sengketa. Bukan hanya legalitas sertifikat rumah, pastikan juga bahwa tempat Pegadaian aman dan terpercaya. Kunjungi situs resminya atau hubungi customer service melalui live chat.

2. Lengkapi Persyaratan

Cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian yang berikutnya adalah dengan melengkapi segala persyaratan yang dibutuhkan. Setelah mendapatkan informasi seputar Pegadaian, maka berikutnya Anda bisa mulai melengkapi syarat dan dokumen apa saja yang dibutuhkan. Contohnya seperti KTP, KK, PBB, IMB dan surat izin lainnya jika diperlukan.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pinjaman Online Langsung Cair Dalam Hitungan Menit

Baca Juga :  10 Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis

3. Datang ke Lokasi

Jika sudah selesai dengan dua tahap cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian di atas, maka berikutnya adalah mendatangi lokasi Pegadaian dengan membawa semua dokumen persyaratan yang diperlukan. Bawalah dokumen asli lengkap dengan berkas fotokopi nya. Setelah itu Anda bisa mengisi formulir untuk proses pencairan dana.

4. Tunggu Persyaratan Diterima

Setelah seluruh persyaratan dari gadai sertifikat rumah di Pegadaian ini sudah diserahkan dan diperiksa oleh pihak Pegadaian. Berikutnya Anda tinggal menunggu berapa nilai jual yang ditaksir untuk rumah yang Anda gadaikan.

Berikutnya Anda akan diberikan surat persetujuan dana pinjaman yang akan cair dalam jangka waktu 1 sampai 5 hari kerja tergantung dengan besaran nominal yang akan dipinjam.

5. Cek Tabel Angsuran

Cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian yang selanjutnya adalah mengecek tabel angsuran gadai sertifikat rumah Anda. Ini merupakan langkah yang wajib Anda perhatikan untuk memastikan besar angsuran pinjaman sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Dengan demikian Anda tidak akan diberatkan dengan pembayaran angsuran dan tidak terjadi kegagalan bayar. Cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian ini bisa diperhatikan melalui tabel angsuran untuk plafon pinjaman di bawah Rp 10.000.000 dengan angsuran yang variatif. Terdapat periode angsuran mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan.

Plafon Periode Angsuran
Periode

12 Bulan

Periode

18 Bulan

Periode

24 Bulan

Periode

36 Bulan

Rp 1.000.000 Rp 93.400 Rp 65.500 Rp 51.700 Rp 37.800
Rp 2.000.000 Rp 186.700 Rp 131.200 Rp 103.400 Rp 75.600
Rp 3.000.000 Rp 280.100 Rp 196.700 Rp 155.100 Rp 113.400
Rp 4.000.000 Rp 373.400 Rp 262.300 Rp 206.700 Rp 151.200
Rp 5.000.000 Rp 466.700 Rp 327.800 Rp 258.400 Rp 188.900
Rp 6.000.000 Rp 560.100 Rp 393.400 Rp 310.100 Rp 226.700
Rp 7.000.000 Rp 653.400 Rp 458.900 Rp 361.700 Rp 264.500
Rp 8.000.000 Rp 746.700 Rp 524.500 Rp 413.400 Rp 302.300
Rp 9.000.000 Rp 840.100 Rp 590.100 Rp 465.100 Rp 340.100
Rp 10.000.000 Rp 933.400 Rp 655.600 Rp 516.700 Rp 377.800

Angsuran gadai sertifikat rumah ini tergantung dengan nominal nilai jual rumah Anda. Oleh karena itu Anda perlu mengecek tabel angsuran dengan teliti agar bisa menyesuaikan dengan kemampuan angsuran yang sanggup Anda bayarkan.

Syarat Gadai Sertifikat Rumah

Syarat Gadai Sertifikat Rumah
Syarat Gadai Sertifikat Rumah

Setelah mengetahui cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian, berikutnya Anda harus memahami persyaratan yang diperlukan untuk melakukan gadai sertifikat rumah. Sebenarnya syarat yang perlu Anda lengkapi dan penuhi untuk menggadaikan sertifikat rumah ini cukup mudah.

Berikut ini adalah beberapa syarat umum yang perlu Anda ketahui sebelum menerapkan cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian.

  • Berusia 21-65 tahun (ketika kredit berakhir),
  • Lampiran dokumen Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK),
  • Lampiran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk plafon lebih dari Rp 50.000.000,
  • Memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk pelaku usaha,
  • Bagi petani harus memiliki penghasilan rutin selama minimal 2 tahun,
  • Bagi pengusaha UMKM harus memiliki usaha yang telah berjalan lebih dari 1 tahun,
  • Bagi pensiunan harus memiliki penghasilan rutin setiap bulan dari tempat kerja sebelumnya,
  • Bagi tenaga profesional harus memiliki izin praktik minimal satu tahun,
  • Bagi profesi non formal harus memiliki tempat tinggal atau rumah sendiri minimal selama dua tahun.

Setelah mengetahui persyaratan tersebut, Anda bisa langsung menerapkan cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian di atas saat membutuhkan dana darurat.

Pastikan untuk mempelajari terlebih dahulu dan memperhatikan seluruh persyaratan yang diperlukan agar proses menjadi mudah dan lancar.

Ada pula syarat jaminan yang perlu Anda perhatikan apabila menggadaikan tanah produktif seperti tanah pertanian, sawah, perkebunan, atau bahkan peternakan. Berikut ini adalah beberapa syarat gadai tanah produktif.

  • Tanah produktif tidak berada di daerah yang sulit di jangkau,
  • Tanah produktif memiliki status aman yang tidak bermasalah atau terblokir,
  • Tanah produktif tidak menjadi jaminan pinjaman atau terikat dengan hak tanggungan pihak lain,
  • Tanah produktif diperbolehkan memiliki lokasi yang berbeda dari tempat tinggal calon nasabah saat ini selama masih berada dalam naungan kantor wilayah yang sama.

Jadi, itulah tadi syarat yang harus Anda penuhi untuk melakukan pinjaman dengan cara menggadaikan sertifikat rumah atau tanah produktif yang Anda miliki. Pastikan semuanya sudah sesuai dan terpenuhi agar proses pencairan dana menjadi lebih mudah dan cepat.

Pahami Risiko Pinjaman

Pahami Risiko Pinjaman
Pahami Risiko Pinjaman

Selain cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian serta persyaratan apa saja yang diperlukan, Anda juga wajib memahami risiko dari pinjaman yang akan Anda lakukan. Sertifikat rumah merupakan dokumen yang sangat berharga. Semakin berharga barang yang Anda gadaikan, maka akan semakin besar pula risikonya.

Perlu diingat bahwa sertifikat rumah merupakan aset untuk tempat tinggal Anda. Jangan terburu-buru menggadaikannya begitu saja. Pertimbangkan dengan baik dan lakukan konsultasi terlebih dahulu jika diperlukan.

Apabila Anda tidak dapat membayarkan pinjaman sesuai dengan jumlah dan jangka waktu yang diberikan, maka akan menimbulkan masalah ke depan nya nanti. Jika saja Anda salah langkah dalam mempertimbangkan risiko, maka kemungkinan akan menyebabkan kredit macet yang malah akan menyusahkan Anda.

Perhatikan setiap langkah yang akan Anda ambil sebelum menerapkan cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian, terutama jika Anda menggadaikannya di bank. Jangan sampai sertifikat rumah Anda justru disita oleh pihak bank.

Kelebihan Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Kelebihan Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian
Kelebihan Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Adapun beberapa keunggulan dari melakukan penggadaian sertifikat rumah. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari gadai sertifikat rumah.

1. Pinjaman Dana Variatif

Dengan menggadaikan sertifikat rumah, Anda bisa memilih pinjaman dana yang sesuai dengan nilai dan nominal jual aset rumah Anda. Pinjaman yang ditawarkan pun variatif, mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 200.000.000 tergantung dengan nilai jual rumah Anda.

2. Proses Lebih Mudah

Apabila Anda menerapkan cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian ini, maka bisa dijamin bahwa proses pinjaman akan lebih mudah dan cepat. Dengan demikian kebutuhan dana mendesak Anda bisa terpenuhi sesegera mungkin.

3. Sesuai Prinsip Syariah

Pegadaian dikenal sesuai dengan prinsip Syariah yang masih selaras dengan prinsip ekonomi Islam. Salah satunya yakni tidak adanya bunga atau riba, menerapkan kerja sama dan bagi hasil. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua lembaga menerapkan prinsip ini.

4. Aset Tetap Terjaga

Dengan menggadaikan sertifikat rumah, Anda tidak harus menjualnya demi mendapatkan dana yang Anda butuhkan. Anda hanya perlu menggadaikannya tanpa perlu menjualnya untuk mendapatkan pinjaman dana. Dengan begitu aset Anda akan tetap terjaga.

5. Terpercaya dan Aman

Selain itu, Pegadaian juga merupakan salah satu lembaga keuangan yang diawasi oleh pemerintah. Maka dari itu Pegadaian bisa dipastikan aman dan terpercaya karena sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

6. Tenor Fleksibel

Selain pinjaman dana yang variatif dan memiliki limit besar, Pegadaian juga menawarkan tenor pinjaman yang super fleksibel. Dengan demikian Anda bisa lebih leluasa dalam mengatur keuangan dan pembayaran pinjaman.

Kesimpulan

Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian
Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Itulah tadi berbagai informasi seputar gadai sertifikat rumah yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggadaikannya.

Pastikan Anda mencari tau lembaga Pegadaian yang hendak Anda tuju terlebih dahulu. Perhatikan semua informasi lengkap, legalitas serta kredibilitas lembaga tersebut sebelum menggadaikan barang berharga Anda.

Demikian penjelasan terkait cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian, persyaratan, pemahaman risiko, serta keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari gadai sertifikat rumah di Pegadaian.

Tidak perlu lagi khawatir ketika membutuhkan dana mendesak. Semoga artikel ini dapat membantu Anda melakukan pinjaman dana dengan lancar.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button