Tutorial

7 Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power banyak dicari oleh pemilik Hp yang mempunyai perangkat Hp dengan tombol power sudah tidak berfungsi lagi.

Tombol power termasuk komponen Hp yang cukup sensitif. Apalagi jika digunakan sesering mungkin, dapat berpengaruh pada efektifitas peran komponen tersebut.

Meskipun begitu, untuk penggunaan komponen Hp umumnya tidak bisa dikendalikan apalagi jika sedang aktif menggunakan perangkat. Maka dari itu, berikut ini kami sajikan solusi yang kalian butuhkan secara lengkap.

Kenapa Harus Mematikan Hp Oppo Tanpa Tombol Power ?

Pada dasarnya Tombol power yang terdapat pada perangkat Smartphone dirancangkan khusus untuk mempermudah pemilik Smartphone mematikan ataupun mengaktifkan perangkat.

Namun, tidak jarang beberapa kemungkinan yang menyebabkan tombol power rusak sehingga tidak bisa digunakan berdasarkan fungsinya. Hal ini juga yang menjadi alasan beberapa orang mencari cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power.

Oleh sebab itu, sebelum beranjak ke pembahasan utama yaitu cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power, ketahui dulu beberapa penyebab rusaknya tombol power pada perangkat Hp.

Penggunaan HP Yang Terlalu Lama

Penyebab utama yang membuat tombol power Hp Oppo rusak ialah masa penggunaan HP yang sudah terlalu lama. Semakin lama Hp digunakan, berarti semakin sering juga tombol power tersebut ditekan atau digunakan. Hal itu dapat memicu kerusakan komponen pada perangkat Hp.

Tombol Power Terbentur

Penyebab selanjutnya yaitu ketika Hp mengalami kecelakaan atau terbentur tepat pada sisi tombol power dapat membuat komponen tombol power pada HP Oppo mengalami konsleting dan akhirnya mengalami kerusakan secara tiba-tiba.

Rusak Bawaan Dari Pabrik

Penyebab yang terakhir yaitu kerusakan dari pabrik. Hal ini tergolong kondisi yang cukup jarang terjadi, namun jika kalian tidak memperhatikan saat membeli HP baru dan mendapatkan produk gagal, tentu akan sangat mengecewakan.

Baca Juga :  12 Alasan Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan Internet

Sekilas saran, pada saat ingin membeli Hp baru sebaiknya periksa produk mulai dari komponen luar hingga ke dalam fitur-fitur yang ada pada Hp untuk mengurangi kerugian saat mendapat produk cacat atau gagal.

Manfaat Mematikan Hp Oppo

Mematikan Hp Oppo merupakan tindakan untuk menghentikan aktifitas yang terjadi pada Hp. Tindakan ini dilakukan bukan tanpa alasan. Berikut beberapa manfaat dengan mematikan Hp Oppo :

Tidak Terkena Radiasi Elektromagnetik

Mematikan Hp umumnya dilakukan ketika sudah tidak digunakan lagi, seperti saat sebelum tidur. Hal ini bertujuan agar tubuh terhindar dari radiasi elektromagnetik. Beberapa orang mungkin tidak sadar bila ini merupakan zat yang cukup berbahaya.

Paparan radiasi elektromagnetik bisa saja memicu beberapa masalah kesehatan. Maka dari itu, dengan mematikan Hp secara teratur bisa mengurangi bahaya dari sinar tersebut khususnya bagi kalian yang sering meletakkan Hp berdekatan dengan anggota tubuh.

Membersihkan Cache dan Memori

Manfaat lain yang bisa didapatkan setelah mematikan Hp adalah dapat membersihkan cache dan memori pada Hp. Dengan begitu performa smartphone akan meningkat kembali.

Mencegah Overheat

Mematikan Hp Oppo saat mengalami panas berlebih (overheat), dapat membantu mendinginkan perangkat dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Selain itu, mematikan Hp saat mengisi daya baterai juga perlu dilakukan agar mesin pada Hp tidak memans.

Menghemat Baterai

Mematikan smartphone dapat menghemat masa pakai baterai ketika kita tidak perlu menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Hal ini sangat berguna jika sedang bepergian atau tidak membawa charger dan PowerBank.

Mengurangi Gangguan

Mematikan hp dapat mengurangi gangguan dari notifikasi atau pesan orang lain, sehingga dapat fokus pada aktivitas yang sedang dilakukan.

Mengatasi Masalah Umum

Terakhir, mematikan Hp juga bisa menjadi cara mengatasi masalah teknis yang terjadi pada Hp Oppo, seperti Hp sering eror atau pengisian baterai yang lambat dan aplikasi tertentu menutup sendiri.

Masalah tersebut tentunya terjadi akibat pemakaian Hp yang terlalu lama, sehingga untuk memulihkannya kalian perlu mematikan Hp sejenak.

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power

Cara mematikan Hp pada dasarnya memang menggunakan tombol power, Namun jika tombol power pada perangkat Hp sudah tidak bisa digunakan lagi, makan solusinya adalah menggunakan cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power.

Ada beberapa cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power yang bisa dilakukan, yaitu dengan memanfaatkan fitur yang ada pada perangkat serta bantuan aplikasi pihak ketiga.

Fitur Pengaturan

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power

Setiap Hp umumnya dilengkapi dengan fitur pengaturan yang berfungsi untuk mengatur beberapa sistem yang ada pada perangkat. Tak terkecuali cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power, ternyata fitur pengaturan pada Hp Oppo juga tersedia fitur Power On/Off yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan HP secara otomatis.

Baca Juga :  6 Cara Transfer Pulsa ke DANA Tanpa Aplikasi

Dengan begitu kalian bisa membuat jadwal untuk mematikan HP secara otomatis pada jam tertentu sesuai keinginan. Berikut cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power melalui fitur pengaturan :

  • Buka menu “Pengaturan” yang terdapat pada perangkat Hp
  • Pilih opsi “Pengaturan lainnya
  • Lanjut klik “Pengatur Waktu Tugas
  • Buat pengaturan jam atau hari yang dinginkan
  • Geser opsi untuk mematikan Hp Oppo
  • Hp Oppo akan menjalankan tugas sesuai pengaturan yang telah ditentukan.

Perlu diketahui, cara ini berfungsi pada HP Oppo dengan ColorOS 12 ke atas. Apabila kalian termasuk pengguna HP Oppo dengan ColorOS 3.2 hingga 11.3, maka bisa mengikuti cara dibawah ini untuk menonaktifkan HP tanpa perlu menekan tombol power.

  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Kemudian pilih menu Additional Settings.
  • Lalu klik Automatic on/off.
  • Aktifkan tombol Auto Power Off dan Auto Power On, kemudian atur jadwal mematikan dan menghidupkan sesuai dengan kebutuhan.

Sensor Biometrik

Cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power selanjutnya yakni dengan mengaktifkan fitur biometrik yang ada pada HP Oppo. Pengguna HP Oppo yang mendukung sensor Biometrik wajib coba panduan berikut ini :

  • Masuk ke menu “Pengaturan atau Setting” pada perangkat
  • Pilih opsi “Lock Screen And Password
  • Klik “Add Fingerprint” untuk menambahkan sidik jari
  • Selanjutnya klik pilihan “Kunci Layar
  • Untuk membuat sandi, Kalian bisa memilih “Pin atau Password
  • Lalu tambahkan sidik jari sesuai yang di tampilkan di layar.

Menggunakan Fitur Aksesibilitas

Cara mematikan hp Oppo tanpa tombol power berikutnya yaitu melaui fitur aksesibilitas. Berikut langkah-langkahnya :

  • Masuk ke menu Pengaturan Hp dan pilih menu Aksesibilitas
  • Klik opsi Interaction and Dexterity
  • Pada menu atas, pilih opsi Assistant Menu
  • Selanjutnya klik sekali untuk mengaktifkan menu tersebut
  • Lalu tap tombol assistant menu di layar dan tap Power Off Menu
  • Terakhir, Klik menu Screen Off untuk mematikan Hp.

Aplikasi Power Button to Volume Button

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power

Cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power Selanjutnya yakni dengan bantuan aplikasi Power Button to Volume Button. Kalian bisa menginstal aplikasi ini dari Google Play Store kemudian mengikuti langkah-langkah dibawah ini sebagai cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power :

  • Download Aplikasi “Power Button to Volume Button” di Play Store
  • Kemudian pasang aplikasi tersebut dan jalankan
  • Pilih opsi “Enable atau Disable Volume Power
  • Jangan lupa untuk aktifkan “Boot dan Screen Off
  • Setelah semua aktif, Restart kembali perangkat Hp
  • Untuk mematikan Hp menggunakan aplikasi ini, kalian cukup menekan opsi “Turn Off Screen”.
Baca Juga :  6 Cara Hapus Akun Telegram dengan Mudah dan Cepat!

Fitur Double Tap to Wake

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power

Selain menggunakan aplikasi di atas, kamu juga bisa mencoba fitur Double Tap to Wake yang biasanya hanya tersedia di smartphone android terbaru. Cara ini sangat mudah digunakan, namun smartphone Android versi lama tidak bisa mengakses fitur ini.

Berikut cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power menggunakan fitur Double Tap to Wake :

  • Download арlіkаѕі Dоublе Tар Screen on dаn Off dі Gооglе Plау Stоrе.
  • Kеmudіаn bukа арlіkаѕіnуа dаn jalankan.
  • Aktіfkаn орѕі Double Tар tо Sсrееn On, lalu Klіk tombol OK pada kоtаk peringatan.
  • Terakhir, tekan tоmbоl lауаr mаtі untuk mеmаtіkаn Hp Oрро.

Aplikasi Shutdown (no root)

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power

cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power yang terakhir adalah menggunakan aplikasi Shutdown (no root). Untuk penerapannya, silahkan install aplikasi terlebih dahulu di Google Play Store.

Selanjutnya, ikuti panduan dibawah ini agar bisa mematikan Hp Oppo tanpa tombol power :

  • Buka aplikasi Shutdown, lalu pada bagian permission Klik OK.
  • Selanjutnya akan masuk ke menu Aksesibilitas.
  • Scroll ke bawah dan tap Shutdown
  • kemudian aktifkan Shutdown dan Pintasan.
  • Jika muncul Pop up Notice, pilih Don’t Remind.
  • Lalu untuk mematikan Hp Oppo, pilih Matikan.

Bar Notifikasi

Bar Notifikasi merupakan fitur yang tersedia pada Hp Oppo keluaran terbaru. Dengan adanya fitur ini di hp Oppo keluaran terbaru menjadi salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan tombol power oleh user.

Cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power melalui bar notifikasi juga cukup mudah, yaitu dengan membuka bar notifikasi dan perluas akses cepat yang ada di bagian atas bar notifikasi.

Selanjutnya cari icon tombol Power dan klik pada bagian tersebut. Ikuti petunjuk yang muncul di layar hp oppo kamu, tunggu beberapa saat hingga hp oppo benar-benar sudah mati.

Cara Mencegah Agar Tombol Power Tidak Cepat Rusak

Meskipun ada cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power, Namun mematikan Hp menggunakan tombl power adalah langkah yang lebih mudah dan praktis.

Oleh sebab itu, sebelum tombol power pada Hp yang kalian miliki rusak, pada artikel ini Mocipay akan memberikan beberapa tips mencegah agar tombol power tidak cepat rusak. Adapun tips yang dimaksud sebagai berikut :

  1. Gunakan aplikasi/tombol pintasan untuk mematikan layar dan mengambil screenshot untuk menggurangi penekanan tombol saat menggunakan Hp. Biasanya tombol power tidak hanya untuk mematikan layar saja, tapi juga bisa digunakan untuk screenshot.
  2. Tukar fungsi tombol power dengan tombol atau fitur lain. Misalnya untuk melakukan screenshot bisa dengan menggeser layar mengguna tiga jari.

Penutup

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power
Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power

Berbagai cara mematikan Hp Oppo tanpa tombol power diatas cukup efektif digunakan untuk membantu sobat yang memiliki tombol power rusak pada Hp. Selain itu, cara diatas juga dapat membantu sobat mengurangi penggunaan tombol power untuk menjaga komponen Hp yang belum rusak.

Back to top button