Tutorial

Cara Memilih Resolusi Status WA Agar Tidak Pecah

Pernah gak sih upload story di WA tapi tampilannya tampak pecah dan buram? Untuk mengatasi hal tersebut maka ketahuilah resolusi status WA agar tidak pecah, yang akan kami bahas dalam artikel Mocipay kali ini.

Status WA merupakan salah satu dari banyaknya fitur yang ditawarkan oleh aplikasi WA yang memungkinkan para penggunanya untuk dapat berbagi momen, perasaan, ataupun berbagi pengalaman keseharian kepada orang lain. Namun berbicara mengenai story WhatsApp, terdapat masalah yang kerap dikeluhkan sebagian besar pengguna WA yaitu tampilan nya yang tampak pecah dan buram khususnya jika membagikan foto atau video dengan kualitas tinggi.

Untuk memastikan status WA kamu tampil sesuai dengan seperti apa yang kamu harapkan, tentu saja kamu harus paham mengenai resolusi status WA agar tidak pecah. Nah dalam bacaan ini, kami akan menjelaskan alasan mengapa status WA pecah, berapa resolusi status WA agar tidak pecah, serta tips untuk membagikan status WA agar tidak pecah.

Mengapa Status WA Pecah?

Mungkin kamu bertanya, mengapa ketika membuat status WA sering kali tampilan nya menjadi pecah sehingga terlihat buram dan tidak jelas. Oleh karena itu, sebelum lanjut membahas tentang resolusi WA agar tidak pecah, terlebih dahulu kami akan menjelaskan alasan mengapa status WA pecah.

Mengapa Status WA Pecah?
Resolusi status WA agar tidak pecah

Whatsapp merupakan sebuah aplikasi perpesanan yang sangat populer digunakan saat ini. Hampir semua pengguna smartphone memasang aplikasi ini diperangkatnya. Penggunaan aplikasinya yang mudah dan simpel, WhatsApp diandalkan sebagai aplikasi paling utama digunakan untuk berkomunikasi secara online.

Namun seperti semua aplikasi pada umumnya, memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Salah satu kekurangan dari WhatsApp ini adalah menurunnya kualitas file yang dikirim ke dalam status. Tak hanya itu saja, terdapat juga kelemahan lainnya yang kerap membuat menurunnya kualitas pengalaman penggunaan WA yaitu batasan durasi maksimal untuk membagikan story yang hanya 30 detik saja.

Apa sih sebenarnya yang menyebabkan status WA menjadi pecah? Jadi, yang menyebabkan status WA yang kamu upload menjadi pecah adalah karena WA menerapkan batas maksimal ukuran file yang dapat diunggah. Tak hanya untuk status saja, hal ini juga berlaku bahkan ketika kamu mengirim file pada orang lain lewat fitur chat.

Baca Juga :  7 Cara Menemukan Agen BRILink Terdekat dari Lokasi Saya

Berapa Resolusi Status WA Agar Tidak Pecah?

Nah, seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa WA menerapkan batas maksimal ukuran file yang dapat diunggah. Tentunya anda penasaran dong ingin mengetahui berapa batas maksimal ukuran unggah file yang dimaksud.

Batas maksimal ukuran file yang dapat diunggah di status WA adalah hanya sebesar 200 KB saja. Ukuran ini sangat kecil bukan? Maka tak heran jika kualitas file yang kamu punya sebenarnya bagus, namun menjadi pecah dan buram ketika kamu upload ke story

Jadi berapa resolusi status WA agar tidak pecah? jawabannya adalah 200 KB ke bawah. Oleh karena itu, jika kamu ingin tampilan foto atau video yang kamu bagikan ke story WA kamu tetap terlihat bagus dan tampak jelas tanpa buram sedikit pun, maka pastikan ukuran filenya tidak lebih dari 200 KB.

Bagaimana Caranya Agar Status WA Tidak Pecah?

Nah, setelah memahami alasan mengapa status WA pecah dan buram serta berapa resolusi status WA agar tidak pecah, selanjutnya kami akan membagikan bagaimana cara mengatur resolusi status WA agar tidak pecah yang kamu bagikan di status WA kamu tidak pecah dan buram.

Resolusi status WA agar tidak pecah
Resolusi status WA agar tidak pecah

Terdapat dua cara mudah yang dapat kamu ikuti untuk membuat status WA agar tidak pecah diantaranya yaitu dengan dan tanpa menggunakan aplikasi. Dibawah ini akan kami tampilkan masing-masing penjelasan untuk kedua cara tersebut.

  • Cara Agar Status WA Tidak Pecah tanpa Aplikasi

Cara mengatur resolusi status WA agar tidak pecah yang pertama akan kami tampilkan yaitu tanpa menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan langkah yang lebih simpel tanpa harus ribet mendownload aplikasi apapun hanya untuk membagikan status di WA.

Langsung saja perhatikan, ini dia urutan langkah-langkah dalam cara membuat status WA agar tidak pecah tanpa menggunakan aplikasi:

  1. Pertama kirimlah terlebih dahulu file (foto maupun video) yang ingin kamu jadikan status WA ke salah satu kontak kamu
  2. Setelah berhasil terkirim, tekan dan tahanlah file tersebut dalam beberapa saat
  3. Lalu klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas
  4. ketuk pada opsi “bagikan” dan pilih ikon “WhatsApp
  5. Selanjutnya klik “status saya
  6. Tekan tombol panah yang terletak di sebelah kanan bawah untuk melanjutkan
  7. Terakhir kliklah tombol mengirim status. Maka status WA anda otomatis akan diperbarui.
Baca Juga :  5 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Acer paling Mudah

Setelah melihat langkah-langkah diatas, sebagian dari anda mungkin ada yang berpikir mengapa harus dikirim terlebih dahulu filenya ke orang lain? Apa bedanya cara seperti ini dengan mengupload file secara langsung ke status WA?

Nah, jadi ketika kamu mengirim file foto maupun video ke kontak WA kamu, maka WhatsApp secara otomatis akan mengkompres resolusi file tersebut ke ukuran yang lebih sesuai dengan ketentuan WhatsApp.

  • Cara Agar Status WA Tidak Pecah dengan Menggunakan Bantuan Aplikasi

Cara membuat status WA agar tidak pecah yang berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Cara ini cocok untuk kamu lakukan ketika file yang akan kamu bagikan ke status WA kamu berisi momen penting dan spesial, yang kamu ingin dilihat orang lain dengan sangat jelas.

Cara kerja membuat status WA tidak pecah dengan menggunakan aplikasi yaitu dengan mengkompres atau mengecilkan ukuran filenya terlebih dahulu. Namun perlu diingat bahwa disini kamu harus benar-benar memilih aplikasi compres foto/ video yang bagus. Pastikan aplikasi tersebut dapat mengkompres ukuran foto maupun vide kamu tanpa mempengaruhi kualitas atau tampilannya.

Terdapat beberapa aplikasi terbaik yang kami rekomendasikan untuk anda gunakan untuk mengecilkan ukuran foto maupun video tanpa mengurangi kualitas tampilannya, sehingga terlihat jernih atau tidak pecah saat dijadikan sebagai status WA. Beberapa aplikasi yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Panda Video Compressor Resizer

Cara pertama untuk membuat status WA tidak pecah dengan menggunakan aplikasi adalah dengan menggunakan “Panda Video Compressor Resizer” Aplikasi ini merupakan salah satu compressor terbaik, yang bisa mengecilkan ukuran file tanpa menurunkan kualitasnya. Artinya, ketika kamu menggunakan aplikasi ini untuk mengkompres foto maupun video kamu, tampilannya tetap bagus dan jernih/ tidak pecah walaupun ukurannya sudah menjadi kecil

Cara Agar Status WA Tidak Pecah dengan Bantuan Aplikasi Panda Video Compressor Resizer
Cara mengatur resolusi Status WA agar Tidak Pecah dengan Bantuan Aplikasi Panda Video Compressor Resizer

Berikut cara mengatur resolusi status WA agar tidak pecah dengan menggunakan aplikasi Panda Video Compressor Resizer:

  1. Download dan pasanglah terlebih dahulu aplikasi “Panda Video Compressor Resizer” di perangkat kamu
  2. Jika sudah berhasil terinstall, langsung saja buka aplikasinya
  3. Pilihlah video yang ingin anda kompres/ kecilkan ukurannya, diikuti dengan klik “Next
  4. Masuk ke halaman pengaturan ukuran video, silahkan klik “set size
  5. Maka akan tampil beberapa opsi. Pilihlah opsi smal file
  6. Lalu klik “Compress
  7. Tunggulah dalam beberapa saat hingga proses kompres video selesai
  8. Jika hasil compress video tadi sudah berhasil tersimpan ke perangkat kamu, maka langsung saja kamu upload ke status WA kamu.
Baca Juga :  3 Alasan Kenapa Cek Tagihan PDAM Indramayu Bisa Membengkak

Link Download Aplikasi “Panda Video Compressor Resizer”

Nama aplikasi Panda Video Compressor Resizer
Developer Farluner Apps & Games
Link download com.pandavideocompressor
Ukuran download 54 MB
  • LitPhoto

Yang berikutnya ada juga aplikasi “LitPhoto” yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran file seperti foto maupun video agar tidak menjadi pecah saat dijadikan status WA. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa mengecilkan ukuran video bahkan kurang dari 200KB tanpa membuat kualitasnya menjadi buruk.

Dibawah ini kami urutkan langkah-langkah menggunakan aplikasi LitPhoto untuk mengecilkan ukuran video agar tidak pecah ketika dijadikan status WA:

  1. Pasanglah aplikasi LitPhoto terlebih dahulu di perangkat kamu dari Google play store/ App Store
  2. Silahkan masuk ke aplikasinya
  3. Pada halaman beranda, kliklah opsi “Compress
  4. Pilih video yang akan kamu jadikan status WA kamu
  5. Untuk memperkecil ukurannya, kliklah “tab ukuran” pada opsi kompresi
  6. Lalu pilih ukuran foto/ video dengan kurang atau tidak lebih dari 200KB
  7. Selanjutnya klik “start Compressing
  8. Tunggu dalam beberapa saat hingga proses kompres selesai
  9. Terakhir, sudah bisa langsung saja kamu share ke status WA kamu
  • Photo Puma

Cara mengatur resolusi Status WA agar Tidak Pecah dengan Bantuan Aplikasi Puma Photo
Cara mengatur resolusi Status WA agar Tidak Pecah dengan Bantuan Aplikasi Puma Photo

Bagian yang terakhir adalah aplikasi “Photo Puma” Aplikasi ini juga tak kalah bagus dari 2 aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memperkecil ukuran foto maupun video anda, dengan kualitasnya yang tetap terjaga.

Langsung saja, kamu perhatikan berikut ini langkah-langkah dalam cara mengatur resolusi status WA agar tidak pecah dengan menggunakan aplikasi Photo Puma:

  1. Langkah yang pertama, tentunya adalah mendownload aplikasinya terlebih dahulu
  2. Jika sudah berhasil terpasang, silahkan kamu buka aplikasinya
  3. Pilih “Compress” lalu pilihlah foto maupun video yang ingin kamu kecilkan ukurannya untuk dijadikan status WA
  4. Klik selanjutnya, dan pilih ukuran yang anda inginkan. Pastikan tidak lebih dari 200KB
  5. Tunggu hingga ukuran file foto/ video kamu berhasil dikompres
  6. Simpanlah hasil kompresan tersebut ke penyimpanan perangkat anda
  7. Jika sudah tersimpan, itu artinya sudah bisa kamu upload ke status WA kamu

Kesimpulan

Resolusi Status WA Agar Tidak Pecah
Resolusi Status WA Agar Tidak Pecah

Itulah ulasan terkait resolusi status WA agar tidak pecah yang dapat kami bagikan untuk sobat Mocipay yang terkasih. Dengan memahami aturan dan ketentuan dalam membagikan story WA, anda dapat menghindari masalah resolusi yang dapat menyebabkan status WA anda terlihat pecah dan buram.

Untuk memastikan status WA anda dapat dilihat dengan jelas oleh teman-teman kontak WA kamu, anda dapat mengikuti beberapa tips untuk membagikan status WA agar tidak pecah seperti yang telah kami bagikan diatas. Demikianlah yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Terimakasih 🤗

Back to top button