10 Bandara Terbesar Di Dunia, Salah Satunya dari Jepang

Widya Samosir

Bicara soal bandara terbesar di dunia tentu tidak selalu dilihat dari ukuran fisiknya saja melainkan bisa saja melalui total jumlah penerbangan per harinya serta banyaknya penumpang yang dilayani setiap harinya pula.

Karena bandara yang besar belum tentu melayani banyak penumpang dan sebaliknya. Untuk itu semua bandara dengan kategori besar haruslah memiliki keseimbangan antara banyaknya penerbangan hingga banyaknya penumpang yang dilayani setiap harinya.

Seperti beberapa urutan bandara terbesar di dunia berikut ini.

10 Nama Bandara Terbesar Di Dunia Serta Penjelasannya

bandara terbesar di dunia 2023
bandara terbesar di dunia 2023

Sebagai pintu masuk serta keluar bagi rakyat jika berpergian keluar negeri atau kebelahan dunia manapun. Bandara tentu menjadi infrastrutur yang sangat penting bagi setiap negara.

Sedangkan untuk jenis serta ukuran bandara pada setiap negara berbeda beda. Seperti untuk negara yang besar yang sering banyak di kunjungi orang asing maka tentu memiliki bandara dengan ukuran besar.

Sementara untuk negara yang hanya melayani penerbangan domestik maka tentu hanya memiliki beberapa bandara dengan ukuran yang kecil saja.

Lalu apakah anda penasaran dengan nama bandara apa saja terbesar di dunia serta alasan mengapa bandara tersebut dikatakan terbesar di dunia? jika ya mari simak urutannya di bawah ini :

1. King Fahd International Airport (DMM)

King Fahd International Airport
tampilan bandara king fahd international airport

Berasal dari negara Arab Saudi, bandara king fahd international airport ini di juluki sebagai bandara terbesar pertama di dunia. Julukan ini berasal dari luas bandara ini yang bisa mencapai 35.200.000 kaki persegi atau sekitar 3,52 km persegi.

Tak hanya itu, bandara yang berada di kota Dammam, Arab Saudi ini juga dapat menampung 10 juta lebih orang pertahunnya.

Wow sangat besar bukan? jadi tidak salah ya jika bandara DMM ini dijuluki sebagai bandara yang lebih besar dari kota Jakarta.

2. Denver International Airport (DEN)

foto bandara denver international airport
tampilan bandara denver international airport

Posisi kedua untuk bandara terbesar di dunia di isi oleh bandara denver international airport (DEN). Bandara DEN merupakan bandara yang masih berasal dari Amerika Serikat dengan luas sekitar 140 km² .

Bandara DEN ini resmi dibuka pada tahun 1995 dengan total anggaran awal pembangunan sebesar $2 milliar hingga mencapai $5 milliar lebih. Jadi sudah bisa anda bayangkan betapa besarnya bandara ini bukan?.

Nah, dikarenakan luas dan besarnya anggaran yang dikeluarkan pada pembangunan bandara DEN maka bandara DEN ini layak untuk dikategorikan sebagai bandara terbesar ketiga di Amerika Serikat termasuk di dunia.

Dan jika anda melihat dari sisi bandara tersibuk di dunia, bandara DEN masuk dalam urutan ke 4 karena bandara ini dapat melayani penumpang hingga mencapai 60 juta lebih jiwa setiap tahunnya.

3. Orlando International Airport (MCO)

foto bandara orlando international airport
tampilan bandara orlando international airport

Posisi ketiga untuk bandara terbesar di dunia saat ini di duduki oleh bandara orlando international airport (MCO) yang terletak di pusat kota Orlando, Florida, Amerika Serikat.

Bandara ini pertama kali di didirikan pada tahun 2017 dan masih aktif sampai sekarang. Bandara Orlando dikatakan sebagai bandara terbesar di dunia karena pada tahun 2017 bandara ini mampu menampung 44 juta penumpang hingga lebih pada tahun 2021 lalu.

Dengan kapasitas daya tampung bandara yang cukup banyak, bandara orlando lantas menempati posisi ketujuh sebagai bandara tersibuk di dunia pada tahun ini.

4. Beijing Daxing International Airport (PKX)

Beijing Daxing International Airport
tampilan bandara beijing daxing international airport

Bandara berikutnya yang menempati posisi sebagai bandara terbesar di dunia di tempati oleh Beijing Daxing International Airport (PKX).

Bandara beijing daxing ini berada tepat di Beijing China dan memiliki julukan The Starfish karena bentuknya yang menyerupai bintang laut apabila di lihat dari udara.

Di bangun pada tahun 2019 dengan total luas 47 km persegi membuat bandara ini masuk dalam kategori bandara terbesar di dunia termasuk di Asia dengan kapasitas daya tampung penumpang bisa mencapai 100 juta penumpang per tahunnya.

Selain itu, bandara beijing daxing ini juga memiliki 7 landasan pacu dengan total daya tampung penerbangan sebanyak 620.000 per tahunnya.

5. Washington Dulles International Airport (IAD)

washington dulles international airport
tampilan bandara washington dulles international airport

Bandara terbesar di dunia pada urutan kelima diisi oleh washington dulles international airport (IAD). Bandara IAD berada tepat di Dulles pusat kota Washington dan sudah ada sejak tahun 1962 lalu.

Dibangun dengan luas sekitar 53 km persegi membuat bandara Washington dulles ini mampu melayani 24 juta lebih penumpang dengan total destinasi lebih dari 125 per tahunnya.

Sedangkan untuk total keseluruhan maskapai penerbangan, bandara Washington dulles ini bisa memberangkatkan 40 maskapai penerbangan dari bandara IAD menuju negara lain seperti Amerikas selatan, Eropa, Afrika, Asia, Karibia dan negara lain setiap tahunnya.

6. Shanghai Pudong International Airport (PVG)

Shanghai Pudong International Airport
tampilan bandara shanghai pudong international airport

Salah satu bandara terbesar di dunia ternyata ada yang ditempati oleh negara China. Bandara ini bernama shanghai pudong international airport (PVG).

Diberi nama shanghai pudong karena bandara ini berada tepat di Shanghai dan sudah ada sejak 1 Oktober 1999 lalu.

Pada awal berdirinya hingga sampai saat ini, bandara shanghai masih memiliki 2 landasan pacu dan satu terminal kargo dengan total daya tampung penumpang bisa mencapai 100 juta banyaknya.

Disamping itu, bandara dengan julukan pudong ini juga masuk sebagai bandara tersibuk ketiga di dunia sebab bandara pudong mampu melayani penumpang sebanyak 41 juta jiwa per tahunnya.

7. George Bush Intercontinental Airport (IAH)

George Bush Intercontinental Airport (IAH)
tampilan bandara george bush intercontinental airport

Bandara dengan luas lebih dari 44 km persegi ini diisi oleh george bush intercontinental airport (IAH). Bandara terbesar di dunia dengan desain minimalis dan sederhana ini sudah aktif beroperasi sejak tahun 1969.

Pada sejarah awalnya, bandara george bush ini tidak didirikan langsung dengan nama george bush Intercontinental airport melainkan masih menggunakan nama houston intercontinental airport karena titik lokasi bandara ini berada tepat di kota houston Amerika Serikat.

Adapun luas dari bandara george bush intercontinental airport (IAH) ini adalah 45 km persegi dengan 5 landasan pacu, 50 restoran, pertokoan retail, dan besaran daya tampung bisa mencapai 41 juta lebih penumpang pertahunnya.

Untuk kategori lainnya, bandara george bush intercontinental airport (IAH) masuk dalam peringkat ke 10 sebagai bandara tersibuk di dunia.

8. Suvarnabhumi International Airport (BKK)

Suvarnabhumi International Airport
tampilan bandara suvarnabhumi international airport

Bandara suvarnabhumi international airport merupakan salah satu bandara terbesar di dunia dengan luas 563.000 meter persegi dan mulai dibuka sejak tahun 2006 lalu.

Bandara ini terletak di Racha Thewa, Bangkok dan merupakan sebuah bandara yang menggantikan bandara internasional don mueang dahulunya.

Sedangkan untuk luas daerah bandara sebesar itu, suvarnabhumi mampu menampung 45 juta jiwa dalam setahun dengan kategori sebagai bandara tersibuk ke empat di dunia.

Nah, jika anda ingin melakukan transit antar wilayah namun masih dalam batasan asia tenggara maka silahkan menggunakan jasa layanan penerbangan suvarnabhumi karena bandara ini masih menjadi bandara terbesar di Asia Tenggara.

9. Haneda International Airport (HND)

Haneda International Airport
tampilan bandara haneda international airport

Bandara international tokyo atau akrab disebut bandara haneda merupakan bandara terbesar ke empat di dunia dengan total penanganan penumpang sebesar 90 juta jiwa per tahunnya.

Bandara international Tokyo ini berada tepat di pusat kota Tokyo Jepang sejak tahun 2014 dan terus beroperasi sampai saat ini.

Selain itu, faktanya dahulu bandara international Tokyo hanya beroperasi lintas penerbangan domestik namun saat ini bandara ini sudah beroperasi pada tingkatan international.

Sehingga hal ini tentu dapat menjadi pilihan anda apabila anda hendak berkunjung ke negara lainnya saat berada di negeri harafiah ini.

10. Cairo International Airport (CAI)

Cairo International Airport
tampilan bandara cairo international airport

Bandara cairo international airport (CAI) merupakan bandara terbesar di dunia dengan total luas bangunan sebesar 37 km persegi dan mampu menampung hingga 50 juta lebih penumpang setiap tahunnya.

Bandara cairo ini berlokasi tepat di Mesir dan sudah aktif beroperasi sejak tahun 1963 lalu. Tak banyak orang yang mengetahui tentang bandara yang satu ini. Namun nyatanya bandara cairo ini masuk pada kategori bandara kedua tersibuk di dunia saat ini.

Itulah dia 10 nama bandara terbesar di dunia beserta ukuran dan kapasitasnya. Apakah anda berminat untuk mengunjungi masing-masing diantara bandara-bandara tersebut? jika ya maka silahkan berkunjung dengan membawa dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan serta passport apabila anda berada di luar negara tersebut.

Pentingnya Mengetahui Bandara Terbesar Di Dunia

Pentingnya Mengetahui Bandara Terbesar di Dunia Deskripsi
Rute Penerbangan Internasional Bandara terbesar sering menjadi hub utama untuk penerbangan internasional, memudahkan perjalanan internasional.
Koneksi Penerbangan Bandara besar menawarkan lebih banyak pilihan penerbangan dan koneksi, memungkinkan perjalanan yang lebih fleksibel.
Fasilitas dan Layanan Bandara besar dilengkapi dengan fasilitas lengkap, seperti hotel, restoran, dan transportasi darat yang baik.
Pemahaman Tentang Perjalanan Mengetahui bandara terbesar meningkatkan pemahaman tentang sistem penerbangan global dan geografi kota-kota terkait.
Perencanaan Perjalanan Bisnis Dalam perjalanan bisnis, mengetahui bandara terbesar membantu perencanaan perjalanan yang efisien antar kota atau negara.

Penutup

Bandara Terbesar Di Dunia
Bandara Terbesar Di Dunia

Dari 10 bandara terbesar di dunia tersebut dapat kita simpulkan bahwa negara pertama dengan posisi bandara terbesar terbanyak pertama di isi oleh negara Amerikas Serikat, kemudian jepang, thailand dan lainnya.

Jadi silahkan berkunjung ke berbagai negara tersebut bersama keluarga dan pasangan anda sambil menikmati keindahan dari bandara terbesar yang ada disana agar liburan anda lebih terasa menarik serta lebih menyenangkan lagi nantinya.

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay