10 Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau kode MMI Tidak Valid

Rohma Dearni

Pernah mendapat notifikasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid saat memasukkan perintah di smartphone anda?

Biasanya pemberitahuan ini muncul disaat kita sedang memasukkan kode USSD dan melakukan panggilan kepada operator seluler baik ketika cek pulsa, melakukan pembelian kuota dan sebagainya. Tidak bisa dipungkiri notifikasi ini bisa membuat jengkel, terlebih disaat anda mencobanya secara berulang-ulang.

Oleh karena itu mimin tertarik membahas penyebab kode USSD tidak berhasil digunakan dan bagaimana cara mengatasi permasalahan sambungan dan kode MMI yang kamu masukkan tidak valid.

Apa Itu Kode MMI?

Man Machine Interface atau yang kita kenal dengan kode MMI merupakan kode perintah untuk melakukan suatu pekerjaan yang terdiri dari beberapa kombinasi angka, karakter dan simbol.

Adapaun perintah dimulai dengan memasukkan simbol “*” masukkan serial angka dan diakhiri dengan simbol “#”. Contoh dari kode MMI adalah *888# dan *505#. Hanya saja kode berbeda untuk setiap layanan kartu, mereka ditetapkan oleh provider terkait.

Penyebab Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak valid

Penyebab Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak valid
Penyebab Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak valid

Kode MMI yang digunakan untuk melakukan pembelian pulsa, cek nomor kartu bahkan saat proses pembelian produk dari perusahaan seluler tak jarang memberikan respon masalah sambungan atau kode MMI tidak valid.

Jangan terburu-buru menyudahi aktivitas, sebaiknya kamu mengetahui apa saja faktor penyebab jawaban ini untuk mempermudah anda menemukan solusi dan memperlancar transaksi. Tidak perlu berlama-lama berikut penyebab masalah sambungan dan kode mmi tidak valid semua operator:

  1. Masalah sambungan dimana operator seluler mengalami gangguan
  2. Jaringan atau sinyal yang melemah
  3. Kode MMI yang diinput tidak terbaca sistem
  4. Sistem ponsel yang bermasalah
  5. Kesalahan pengaturan jaringan

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid Semua Operator

Sebenarnya apa saja cara mengatasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid, bisakah masalah ini diselesaikan? jawabanya iya, kamu bisa mengatasi kode mmi  ini dengan sederhana.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, namun sebelumnya pastikan kamu mengetahui penyebab kode gagal sehingga muncul jawaban masalah sambungan.

  • Periksa Kode USSD

Cara pertama diakukan dengan memeriksa kode USSD yang kamu masukkan. Umumnya salah memasukka kode bisa saja karena simbol yang acak bahkan kode tersebut tidak bisa digunakan untuk melakukan perintah tersebut.

Kode USSD yang digunakan harus sesuai dengan kebijakan perusahaan seluser, jadi apabila salah memasukkan satu angka ataupun simbol permintaanmu tidak bisa diproses. Urutan kode USSD yang biasa digunakan adalah simbol bintang (*) >angka> pagar (#) lalu menekan panggil/call.

  • Sisipkan Karakter

Dengan menyisipkan beberapa karakter diharapkan kode USSD dapat diakses, seperti pengertian kode MMI dimana bisa diakses menggunakan beberapa angka, simbol dan karakter.

Nah, karakter apa yang bisa kamu gunakan untuk aktivitas ini? dengan menyisipi tanda (+) dan tanda (,). Contohnya saja kamu ingin melakukan pembelian paket telepon telkomsel melalui kode *100#, kamu bisa sisipkan tanda menjadi *+100# lalu panggil/call.

  • Restart Handphone

Masalah sambungan atau kode mmi tidak valid yang disebabkan sisitem ponsel yang bermasalah. Dewasa ini android telah mengantongi julukan smartphone dimana kamu lebih dipermudah mengakses segala aktivitas berbaur digital.

Walaupun begitu bukan berarti ponselmu tidak butuh istirahat, kamu harus memberinya jeda agar tidak menghambat kinerja kedepanya. Karena itu silahkan restart Hp dan batasi penggunaan setiap harinya.

  • Nonaktifkan Kartu Sim Sementara

Sebenarnya jawaban masalah sambungan atau kode mmi tidak valid bisa jadi karena kartu sim yang menolak perintah, tidak diketahui alasan kartu menolak permintaan tersebut kecuali kode yang dimasukkan salah/error.

cara mengatasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid
cara mengatasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid

Sebagai solusi dengan mencoba restart kartu sim yang terpasang, kemudian lakukan langkah berikut ini:

  1. Buka menu pengaturan untuk menemukan kartu sim
  2. Selanjutnya lihat kartu sim dan jaringan seluler yang kamu gunakan
  3. Pilih kartu yang ingin kamu restart
  4. Gulir tanda kesamping untuk menonaktifkan kartu sementara, tunggu beberapa saat lalu aktifkan kembali. Sekarang coba masukkan kode USSD di menu telepon.
  • Gunakan Safe Mode

Safe mode merupakan aktivitas dimana pengguna mematikan semua fungsi aplikasi pihak ketiga atau hanya bisa menjalankan aplikasi bawan perangkat saja.

Dengan menekan dan tahan tompol power off handphone, kemudian muncul pop-up safe mode lalu klik oke, silahkan coba kembali jalankan kode USSD semula. Jika berhasil segera atur ulang mode dengan menonaktifkan lalu hidupkan kembali handphone.

  • Aktifkan Mode Pesawat

Aktifkan Mode Pesawat
Aktifkan Mode Pesawat

Sinyal lemah merupakan salah satu penyebab kamu tidak bisa melakukan aktivitas seluler mulai dari mengakses internet, mengirim pesan singkat (sms), melakukan panggilan seluler seperti panggilan kode USSD ini.

Untuk mengatasi masalah ini aktifkan mode pesawat sementara, tunggu beberapa saat dan nonaktifkan kembali. Saat proses dilakukan jaringan akan berupaya mengumpulkan koneksi sehingga anda bisa mencoba kembali aktivitas yang sama.

Intip juga 13 Cara Mengetahui Nomor Hp Sendiri Semua Operator

  • Beralih Menggunakan Jaringan 3G

Walapun 3G sangat lamban mengakses internet, jaringan ini lebih diutamakan ketika mengakses telepon dan sms. Karena itu dianjurkan untuk mengubah jaringan seluler saat anda mengirimkan pesan melalui kode USSD.

Walaupun tiap ponsel berbeda-beda cara mengubah jaringan ini tidak sulit dilakukan, berikut caranya :

  1. Pertama sekali buka pengaturan telepon lalu temukan opsi jaringan seluler
  2. berikutnya pilih sim yang ingin diubah
  3. Pilih opsi jaringan seluler, ubah jaringan dari 4G menjadi 3G lalu simpan pengaturan
  4. Berikutnya masukkan kode USSD semula dan tekan panggil
  5. Jika berhasil mendapatkan jawaban, ubah kembali pengaturan jaringan menjadi 4G seperti cara diatas.
  • Hapus File Sampah yang Menggangu

Hapus File Sampah yang Menggangu
Hapus File Sampah yang Menggangu

Operasional handphoe bisa melambat disaat banyaknya file sampah yang menggangu, secara perlahan sampah akan memengaruhi penyimpanan dan kebersihan ponsel. Karena itu menghapus file sampah dikatakan cara mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid.

Langkah apa yang bisa dilakukan? silahkan hapus semua sampah yang mengendap pada androidmu. Walaupun setiap tipe ponsel berbeda-beda, caranya biasanya tidak jauh berbeda dalam menu pengaturan temukan ruang penyimpanan dan segera hapus sampah yang mengganggu.

  • Mengatur Ulang Jaringan

Selain menghapus sampah yang menggangu, kamu bisa mengatur ulang jaringan untuk memperbaiki masalah sambungan atau kode mmi tidak valid, berikut caranya :

  1. Silahkan buka pengaturan jaringan di ponsel kamu
  2. Kemudian sim yang ingin diatur ulang lalu klik temukan jaringan
  3. Setelah ditampilkan kini kamu bisa memilih satu dari daftar jaringan
  4. Simpan dan coba kembali kode USSD semula.
  • Tunggu Sampai Jaringan Normal

Cara mengatasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid tahap akhir yaitu menunggu jaringan kembali normal.

Berbagai upaya yang kamu lakukan untuk melakukan permintaan tidak direspon juga? sudah memeriksa kode ussd, mengubah aturan jaringan, menggunakan mode pesawat sementara namun belum berhasil, anda harus bersabar sampai jaringan pulih.

Semua aktivitas komunikasi pastinya gagal jika masalahnya pada jaringan, silahkan tunggu dan coba masukkan kode secara berkala, apabila kegagalan terus terjadi silahkan hubungi customer service operator terkait.

Mengatasi masalah sambungan Deskripsi
Periksa Kode MMI Pastikan Anda mengetikkan kode MMI dengan benar dan tanpa kesalahan pengetikan.
Restart Ponsel Coba restart ponsel Anda untuk mengatasi masalah sementara yang mungkin terkait dengan perangkat lunak.
Periksa Kartu SIM Pastikan kartu SIM terpasang dengan benar dan tidak ada masalah fisik pada kartu SIM. Coba melepas dan memasang kembali kartu SIM jika perlu.
Cek Batasan Provider Pastikan Anda memiliki izin untuk menggunakan kode MMI yang Anda coba, karena beberapa provider mungkin membatasi penggunaannya.
Cek Blokir Aplikasi Keamanan Pastikan aplikasi keamanan atau antivirus tidak memblokir penggunaan kode MMI sebagai tindakan keamanan.

Kesimpulan Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid
Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Mengatasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid nyatanya bisa dilakukan dengan beberapa cara, apalagi jika masalah ada pada smartphone kamu.

Namun beberapa cara diatas tidak bisa berfungsi jika permasalahan bersumber dari eksternal, dimana anda diharuskan untuk menunggu sampai jaringan kembali normal. Demikian artikel ini, sampai bertemu dipembahasan berikutnya.

Related Post