15 Aplikasi Belanja Online Termurah di Indonesia

Ratih Pratiwi

Bingung cari aplikasi belanja online termurah? Lihat 15 rekomendasi berikut agar kamu bisa belanja dengan hemat dan untung! Perilaku konsumtif memang melekat pada manusia, baik untuk mendapatkan sesuatu yang merupakan kebutuhan maupun keinginan. Di samping itu, adanya e-commerce atau marketplace kini sangat memudahkan kegiatan berbelanja. Selain kemudahannya, banyak orang menggunakan aplikasi belanja online termurah karena sering menemukan bantingan harga.

Banyak sisi menarik yang bisa ditemukan ketika shopping online. Berbagai aplikasi yang mendedikasikan diri sebagai toko online terbaik pun kini bermunculan. Mungkin kamu pun sampai dibuat bingung saat memilih tempat online shop yang cocok dengan apa yang diinginkan.

Marketplace memang banyak, namun tidak semua aplikasi sejenis menjanjikan kenyamanan atau kecocokan saat berbelanja. Apalagi konsumen online masa kini teramat selektif mencari aplikasi belanja yang menyediakan banyak kelebihan, salah satunya soal harga. Kamu penasaran apa saja aplikasi belanja online termurah yang dimaksud? Berikut rekomendasi kami!

Daftar Aplikasi Belanja Online Termurah

aplikasi belanja online termurah
Sumber: Screenshot/PlayStore

Melalui rekomendasi ini, kamu bisa lebih mengetahui apakah e-commerce yang dituju masuk jajaran di bawah ini dan benar-benar menjanjikan banyak produk dengan harga ekonomis atau tidak. Bukan hanya aplikasi terkenal, marketplace rintisan yang terbukti murah pun ada di sini.

1. Shopee

Pertama yang terpopuler dan banyak digunakan di Indonesia adalah toko orens ini. Hampir semua kalangan kini minimal mengetahui nama marketplace satu ini. Bahkan iklannya selalu menarik, dan brand ambassador yang tak main-main.

Sebagai aplikasi belanja online termurah, Shopee memang dikenal dengan banyak promonya yang tak tanggung-tanggung. Segudang promo bisa kamu dapatkan, mulai dari gratis ongkir, koin gratis, sampai diskon harga.

Belum lagi ketika berbagai event tanggal cantik seperti promo 1.1, 2.2,10.10, dan lainnya. Di sini baisanya seller memasang harga diskon khusus untuk produk-produknya. Karena waktu dan jumlah produk terbatas, maka skill adu cepat check out juga akan dipertaruhkan.

2. Tokopedia

Tak ketinggalan, toko hijau termasuk aplikasi belanja online termurah yang juga sudah memiliki banyak pengguna di seluruh Indonesia. Tokopedia dikenal sebagai marketplace dengan persembahan harga variatif.

Harga murah pun banyak, yakni produk dengan bantingan harga dan ditandai dengan coretan harga dan turun nominal. Cari barang multifungsi, unfaedah, furniture, elektronik, hingga fashion, semuanya ada!

3. Lazada

Lazada yang dikenal sebagai e-commerce spesialisasi barang elektronik pun banyak menyediakan tawaran harga manis. Jelas saja, aplikasi belanja online termurah satu ini memang dikenal dengan promo flash sale-nya.

Misalnya ketika kamu sedang membutuhkan smartphone, kamu bisa menemukan semua tipe gadget dengan harga beragam. Banyaknya pengguna Lazada juga menjadi salah satu bukti bagaimana cara kerja dari aplikasi satu ini. Selain itu Lazada dikenal dengan pengiriman gratis ongkirnya dengan estimasi pengiriman paling cepat.

4. Bukalapak

Bukalapak yang sudah lama berjalan juga patut dipertimbangkan jika kamu mencari aplikasi belanja online termurah. Penyediaan variasi produk sama beragamnya dengan tempat lain. Uniknya, Bukalapak punya promo kenamaan yang menjadi alasan setia para penggunanya.

Promo Potongan Kalap menjadi ciri khas aplikasi belanja online ini. Untuk diketahui, potongan kalap sendiri merupakan promo potongan harga untuk pengguna yang terdaftar dengan nomor telepon terverifikasi. Ada juga fitur Kalapdapat, yaitu promo potongan harga yang standby setiap pukul 08.30-23.59 WIB.

aplikasi belanja online termurah
Sumber: Screenshot/PlayStore

5. Blibli.com

Selanjutnya kamu bisa gunakan aplikasi belanja online termurah yang terkenal dengan slogannya, “Karena Kamu No.1”. Dan jangan salah, Blibli sering hadir dengan berbagai promo potongan harga bombastis.

Daftar promo yang bisa kamu temukan diantaranya voucher cashback, kupon belanja & gratis ongkir sepuasnya, promo member baru, promo gajian akhir bulan ‘Big Pay Day’ dengan periode tertentu, dan masih banyak lagi.

6. JD.ID

Berikutnya predikat aplikasi belanja online termurah juga tersemat pada JD.ID. Jika sebelumnya kamu penasaran namun masih bingung dengan kelebihan yang dimilikinya, maka perlu mengetahui bahwa marketplace dengan maskot kuda poni ini juga memiliki banyak promo bantingan harga.

JD.ID diketahui berkolaborasi dengan salah satu aplikasi e-wallet GoPay. Tawarannya, jika pengguna melakukan pembayaran saat check out barang dengan saldo GoPay maka akan ada diskon, yaitu cashback mulai dari Rp 20.000.

7. Akulaku

Siapa sih yang asing dengan marketplace serba bisa satu ini? Kaum perempuan mungkin banyak yang menyukai fitur dari aplikasi belanja online termurah ini. Karena berbagai kebutuhan seperti sembako dan lainnya disediakan dengan sistem memudahkan.

Selain pilihan harga ekonomis, Akulaku juga punya sistem cicilan. Di samping itu jika beruntung, kamu bisa menemukan banyak diskon tak tanggung-tanggung seperti promo 50% OFF. Yaitu diskon produk setengah harga dari nominal aslinya.

8. OLX

Mengapa OLX bisa menjadi salah satu dari sekian aplikasi belanja online termurah? Karena seperti yang kamu tahu, selain produk baru marketplace ini lebih dikenal sebagai aplikasi belanja online barang bekas.

Banyak pelapak atau seller yang memasang iklan sendiri dan menawarkan bermacam-macam barang, dan meskipun bekas masih banyak yang berkualitas. Untuk harga jangan diragukan lagi, banyak penjual memasang harga miring dari harga asli. Belum lagi kamu bisa bernegosiasi secara sehat dan terbuka dengan pengiklan.

9. Bhineka

Bagi yang belum tahu Bhineka, ini merupakan marketplace yang dikenal menyediakan banyak produk dengan brand-brand lokal kenamaan Indonesia. Bagi kamu yang cinta produk negeri dan mencari aplikasi belanja online termurah, e-commerce ini patut dicoba, lho!

Setelah pintar-pintar mengulik, kamu akan menemukan promo utama yang mempersembahkan diskon harga hingga 50% untuk pengguna. Kelebihan yang seperti inilah yang dicari para user.

10. Zalora

Zalora sendiri termasuk marketplace fashion shopping terbesar di Asia. Bagi kamu yang hobi berburu produk premium ekonomis diantara brand premium lainnya, maka ini pilihannya. Meskipun memiliki tampila app yang mahal, namun Zalora menjadi salah satu aplikasi belanja online termurah pilihan anak muda.

Pasalnya kamu bisa menemukan produk-produk luar negeri, khususnya Asia dengan harga spesial. Soal promo pun tidak main-main. Demi kepuasan pengguna, kamu juga bisa menemukan berbgai promo menarik. Daintaranya promo 20%, promo 15% plus gratis ongkir, payday sale, 10.10 sale, dan lainnya.

aplikasi belanja online termurah
Sumber: Screenshot/PlayStore

11. GudangAda

Nah, yang satu ini merupakan aplikasi belanja online termurah dan sudah terverifikasi. GudangAda adalah marketplace khusus belanja grosiran, makanya dikenal murah oleh para pengguna. Jadi, jika kamu pelaku UMKM atau pemilik toko usaha dan ingin membeli produk eceran dan harga grosiran, inilah tempatnya.

Berbagai kebutuhan sembako dan rumah tangga, serta dari bermacam brand kenamaan di Indonesia semuanya ada. Belanja di sini, kamu bisa ekstra hemat. Hemat waktu dan hemat uang belanja. Opsi pengiriman juga beragam, ada ‘Express’, ‘Same Day’, serta ‘Reguler’.

12. Segari

Ikut bersaing sebagai salah satu aplikasi belanja online termurah, Segari hadir sebagai lapak belanja kebutuhan dapur seperti sembako, sayur, buah-buahan, dan berbagai jenis makanan segar berkualitas lainnya. Saat ini aplikasi harian terbaik versi Google Play ini tersedia untuk wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Di dalamnya ada banyak fitur menguntungkan untuk pengguna. Selain garansi kesegaran, ada juga promo gratis ongkir minimum belanja Rp 50.000, promo diskon khusus pengguna baru diskon 15% hingga Rp 75.000, diskon 55%, hingga berbagai potongan harga lainnya sesuai periode atau masa berlaku.

13. Thrift+

Bagi kamu yang hobi berburu thrift shop, maka aplikasi Thrift+ yang logonya didominasi warna kuning perlu dicoba. Sudah menjadi rahasia umum, thrifting menjadi pilihan bagi mereka yang ingin belanja produk brand fashion ternama, kondisi bekas dengan harga coret, namun kualitas oke punya. Karena itulah ini menjadi salah satu aplikasi belanja online termurah.

Aplikasi Thrift+ mempersembahkan promo dengan nama fitur ‘Reward’. Pengguna bisa berlomba mengumpulkan poin serta berbagai voucher diskon belanja.

14. Titipku Lapak

Tak mau kalah, Titipku Lapak juga menjadi rekomendasi aplikasi belanja online termurah selanjutnya. Kamu bisa gunakan marketplace khusus ini untuk pembelian sembako, makanan ringan, hingga kuliner hits.

Konsepnya praktis, ketika melakukan pencarian jenis makanan, kamu akan disediakan rekomendasi dari berbagai store terdekat. Untuk keuntungannya, ada fitur promo yang bisa kamu atur atau pilih sendiri, lho! Saat pembelian, dapat terlihat pula periode berlakunya promo serta stok promonya.

15. Ula- Untung Lancar Aman

Masih seputar kebutuhan UMKM atau pelaku usaha, aplikasi belanja online termurah ini sangat membantu untuk mengisi stok di toko atau warung kamu. Berbagai jenis sembako dan produk umum, tersedia di dalamnya. Keuntungannya, pengguna bisa menikmati fitur COD, hingga beberapa promo seperti gratis ongkos kirim.

Keuntungan Check Out di Aplikasi Belanja Online Termurah

aplikasi belanja online termurah
aplikasi belanja online termurah

Bukan tanpa alasan orang-orang lebih memilih menggunakan aplikasi belanja online yang terbilang lebih praktis.

Hemat Waktu

Seseorang terkadang disibukkan dengan jadwal atau aktivitas lain yang membuatnya tak sempat belanja atau shopping secara langsung. Adanya aplikasi belanja dalam smartphone, semua orang bisa check out segala kebutuhan kapan saja dan dimana pun ia berada. Jelas waktu yang digunakan pun lebih efisien, dan penggunaannya membuat lebih praktis.

Hemat Biaya

Yang menjadikan marketplace dijuluki sebagai aplikasi belanja online termurah bukan hanya karena promo diskonan yang sering ada. Cara belanja jarak jauh, secara virtual, dan cepat, menjadikan berbelanja hemat di ongkos pula.

Meskipun berbagai aplikasi menerapkan ongkos kirim, namun masih ada promo gratis ongkir atau voucher potongan ongkir yang bisa kamu gunakan. Untuk memperoleh berbagai diskon, tergantung kecerdikan pengguna pula dalam memperolehnya.

Semua Produk Bisa Ditemukan

Terkadang ketika kita sengaja mendatangi suatu store dan mencari sebuah produk yang dibutuhkan, tidak semuanya tersedia dalam satu tempat. Bisa jadi produk tersebut berada di toko lainnya yang jaraknya jauh. Hal seperti ini mungkin menjadikan effort kita ketika belanja lebih besar dan melelahkan.

Maka banyak orang yang akan langsung membuka marketplace untuk menemukan barang yang dicari. Meskipun kamu menggunakan aplikasi belanja online termurah, tapi tidak mempengaruhi lengkap atau tidaknya penyediaan.

Sistem yang dijalankan dalam aplikasi seperti ini, yaitu memuat seluruh seller yang terdaftar dalam aplikasi. Dan ketika kamu memasukkan kata kunci barang yang dicari, hasil pencarian akan langsung merekomendasikan produk relevan dari berbagai toko.

jadi, hampir semua jenis produk pasti ada di dalamnya. Meskipun ada di toko yang letaknya jauh, proses pengiriman pasti akan dilakukan dengan sistem terpercaya dan aman.

Fitur Kemudahan

Keuntungan menggunakan aplikasi belanja online termurah bukan hanya soal harga, tapi banyak fitur yang tersedia demi memudahkan pengguna. Diantaranya ada fitur pembayaran yang kini banyak pilihannya. Kamu bisa menggunakan sisa saldo di aplikasi marketplace yang digunakan. Ada juga opsi pembayaran langsung dari rekening bank atau e-wallet.

Pengguna juga bsia memilih kurir atau sistem pengiriman barang, apakah ingin yang express (cepat) atau reguler (biasa). Selain bayar langsung sebelum pengiriman, kamu juag bisa menemukan fitur COD (Cash On Delivery) dan Paylater.

COD adalah sistem pembayaran yang dilakukan secara cash dan langsung ketika kurir menyampaikan barang ke tangan pembeli. Sementara fitur Paylater digunakan jika pembali jika ingin membayar produk di bulan berikutnya atau dicicil. Dan sistem Paylater akan memasang deadline pembayaran.

Macam-Macam Promo yang Biasanya Ada

aplikasi belanja online termurah
Sumber: Screenshot/PlayStore

Adanya promo biasanya berhubungan dengan harga. Semakin banyak promo, semakin banyak pengguna menemukan cara berbelanja lebih hemat. Fitur promo cukup banyak ditemukan pada aplikasi belanja online termurah.

1. Spesial Event

Banyak promo menguntungkan yang bisa ditemukan. Kebanyakan aplikasi belanja online termurah juga menerapkan promo-promo seperti ini. Pertama adalah promo yang sering hadir setiap tanggal dan bulan cantik, atau spesial event. Itulah sebabnya kita juga sering mendapati orang sekitar atau bahkan teman yang selalu stand by di marketplace pada waktu tertentu.

Pada waktu tertentu seperti 1.1 (tanggal 1 Januari), 5.5 (tanggal 5 Mei), 10.10 (tanggal 10 bulan Oktober), dan seterusnya, promo diskon biasanya berdatangan. Periodenya pun cukup singkat hanya di waktu tersebut.

2. Cuci Gudang

Jangan heran ketika kamu menemukan produk dengan harga murah jauh dari harga aslinya, hal ini bisa dikarenakan toko sedang cuci gudang.

3. Flash Sale

Dalam beberapa aplikasi belanja online termurah, fitur flash sale tak pernah ketinggalan. Di fitur ini, kamu bisa melihat barang apa saja yang ditawarkan dengan harga miring. Bukan hanya dari seller personal, namun banyak juga flash sale dari brand besar. Namun hanya satu kesulitannya, jamu harus bisa check out lebih cepat dari orang lain sebelum produk habis.

4. Voucher Diskon dan Gratis Ongkir

Ketika masuk ke fitur voucher, kamu juga akan menemukan berbagai jenis voucher yang berpeluang besar untuk dimiliki. Yaitu diantaranya ada voucher cuma-cuma dan bisa langsung digunakan kapan saja.

Ada juga voucher gratis ongkir dengan minimum belanja khusus atau pengiriman ke Jabodetabek, misalnya. Atau voucher diskon 5%, 10%, 15%, dan lainnya dengan minimal belanja tertentu.

5. Poin Gratis

Meskipun tidak terlalu besar, namun adanya program poin gratis juga menyenangkan. Di aplikasi belanja online termurah, kamu bisa mendapatkan gratis poin dengan berbagai cara, misalnya mengikuti toko, membuat review pembelian dengan rating atau ulasan, referral, atau bahkan dengan bermain game di aplikasinya.

Baca juga 11 Aplikasi Online Shop Bayar Di Tempat Termurah di Indonesia

Tips belanja online murah

Tips Deskripsi Singkat
Periksa Kupon dan Diskon Banyak platform belanja online menawarkan kupon dan diskon. Jangan lupa untuk memeriksa dan menggunakan mereka saat checkout.
Bandingkan Harga Gunakan fitur perbandingan harga untuk memastikan Anda mendapatkan penawaran terbaik.
Ikuti Flash Sale Ikuti flash sale atau penjualan kilat yang biasanya menawarkan diskon besar-besaran.
Daftar ke Newsletter Dengan mendaftar ke newsletter, Anda akan mendapatkan info tentang diskon dan penawaran eksklusif.
Gunakan Aplikasi Cashback Beberapa aplikasi menawarkan cashback untuk setiap pembelian yang Anda buat.

Cara Daftar Akun di Aplikasi Belanja Online Termurah

Aplikasi Belanja Online Termurah
Aplikasi Belanja Online Termurah

Cara mendaftarkan diri sebagai pengguna di aplikasi online shop sangatlah mudah. Setelah sebelumnya menentukan marketplace yang cocok dan melakukan pemasangan aplikasi di smartphone, masuk saja ke halaman utama dan cari fitur register.

Kebanyakan aplikasi belanja online termurah memiliki cara daftar yang serupa. Kamu cukup masukkan alamt email, username, password, hingga nomor telepon. Pastikan email dan nomor telepon masih aktif, agar dapat terautentifikasi ketika aktivitas jual beli dilakukan.

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay