11 Aplikasi Bermanfaat Untuk Mengisi Waktu Luang Versi 2024

Ratih Pratiwi

Bingung isi waktu senggang? Mainkan saja aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang berikut!

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa masyarakat Indonesia menjadi salah satu negara pengguna media sosial terbanyak di dunia. Namun bukan berarti seluruh pengguna menghabiskan waktu seharian di media sosial, aplikasi, atau smartphone. Tinggal kita yang mengubah segala sesuatu menjadi lebih faedah, seperti memilih aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang.

Banyaknya pengguna medsos di Indonesia bisa berbanding lurus dengan banyaknya pengguna gadget, bahkan suatu aplikasi. Dan bukan hanya digunakan untuk main-main, banyak pengguna memanfaatkan teknologi tersebut untuk berbagai kebutuhan.

aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang
Sumber: Freepik.com

Misalnya saja dengan adanya aplikasi, kamu diberikan kemudahan menyelesaikan pekerjaan, kemudahan bertransaksi (transfer uang atau berniaga), berkomunikasi, hingga untuk sekedar mencari hiburan. Apalagi ketika seseorang sudah terlalu penat dengan kegiatannya, banyak yang memilih rehat dengan mencari aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang.

Bukan hanya itu, seseorang yang sedang berada dalam fase bosan atau mager (malas gerak), juga biasanya mengandalkan fungsi dari aplikasi pengisi waktu luang.

Ciri Aplikasi Bermanfaat untuk Mengisi Waktu Luang Sesuai Minat dan Passion

Dari sekian banyak jenisnya, kamu bisa mencari apk yang sesuai dengan minat. Entah itu aplikasi penyedia hiburan berbentuk video, aplikasi untuk mengembangkan diri, hingga permainan seru untuk mengasah otak.

Aplikasi Editing untuk Mengelola Konten

Aplikasi editing berguna untuk meningkatkan skill kamu dalam mengelola konten. Meskipun hanya untuk mengisi waktu luang, namun jam terbang yang konsisten akan membuatmu jadi belajar lebih mengenai fitur-fitur yang ada dalam aplikasi.

Semakin kamu mengenal fitur editing dalam aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang ini, maka manfaatnya akan semakin menonjol. Bahan aplikasi editing mobile saja sudah mampu membantu banyak content creator menghasilkan karya yang bagus.

Misalnya saja ada aplikasi editing video, yang bermanfaat untuk mempercantik isi konten sebelum dibagikan ditonton banyak orang. Misalnya Capcut, FilmoraGo, dan InShot. Ada pula aplikasi editing foto, yang kian dicari oleh fotography enthusiast, hingga akun media sosial pribadi. Seperti VSCO, Snapseed, hingga Afterlight yang dikenal estetik.

Aplikasi Penyedia Informasi

Ada sebagian jenis orang yang memiliki hobi membaca, dan lebih memilih menghabiskan waktu ke dalam aktivitas yang ia suka seperti baca berita, artikel, hingga ebook fiksi. Apalagi hal ini akan relate dengan mereka yang punya hobi membaca.

Ada banyak pilihan aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang bagi yang suka membaca. Misalnya aplikasi khusus penyedia informasi seperti berita dan artikel, yang bahkan sudah upgrade menambah fungsi lain menjadi sumber cuan. Kamu pasti tidak asing dengan kegiatan orang mengumpulkan koin recehan dari hasil membaca artikel, bukan?

Aplikasi Desain

Orang-orang yang memiliki passion dalam desain grafis, miminal akan mencari aplikasi terbaik untuk mengisi waktu luang pembuat karya desain grafis. Meskipun tidak berkecimpung secara profesional, siapapun bisa memanfaatkan waktu untuk belajar desain secara otodidak dan praktis.

Sebut saja Canva sebagai salah satu contohnya. Penggunaan aplikasi desain grafis bisa diperuntukkan hobi membuat produk estetik, baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk freelance.

Aplikasi Peningkat Skill Berbahasa

Kapan lagi seseorang bisa berkegiatan secara sukarela dan cenderung santai, namun memberikan manfaat yang lumayan? Melalui pilihan jenis aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang, kamu bisa sekalian menambah skill dan kapasitas diri.

Bahkan tak jarang aplikasi pengembangan diri dikemas sedemikian rupa lebih seru layaknya game, namun sebenarnya inti dari fungsinya adalah sebagai sarana belajar. Di toko aplikasi, kamu dapat dengan mudah menemukan apk belajar bahasa asing, contohnya.

Tujuan awalnya boleh sesederhana dengan tujuan mengisi waktu luang, tapi output-nya bisa menyulap pengetahuanmu menjadi lebih baik.

Aplikasi Game Mengasah Otak

Pendapat pro dan kontra selalu mengiringi ketika seseorang berpendapat mengenai aplikasi permainan. Stigma negatif tentu saja tersemat jika memainkannya secara berlebihan. Namun tidak semua, kini ada jenis game yang termasuk aplikasi terbaik untuk mengisi waktu luang.

Penggunaan game sesekali tak mengapa, apalagi jika hanya dimainkan untuk mengisi waktu saja. Jenis permainan seperti ini biasanya dimodifikasi dengan fitur-fitur ringan yang tidak akan membuat penggunanya memiliki candu yang berlebihan. Misalnya aplikasi permainan tebak gambar, kuis, teka-teki silang yang berkaitan dengan wawasan, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Musik Plus Podcast

Sharing konten kini kian beragam seiring berkembangnya teknologi dan kreativitas orang-orang. Ada yang berkarya, ada pula yang menikmatinya. Dan jika dulu apk musik hanya khusus menyediakan karya nyanyian, kini podcast juga turut andil. Karena banyak jenis konten, akhirnya ini menjadi salah satu aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang.

Apalagi konten podcast yang dibagikan oleh para creator banyak sekali yang isinya bermanfaat, dan tergantung tema dari channel masing-masing. Ada yang membahas tentang kesehatan mental, dunia kerja, kehidupan rumah tangga, konten agamis, horor, hingga lucu-lucuan.

Aplikasi Instruktur Olahraga

Ketika luang waktu, ada orang yang cenderung memanfaatkannya untuk aktivitas yang tak kalah produktif, misalnya olahraga. Olahraga memang baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Dan jangan salah, kini banyak andil dari teknologi untuk menjawab satu kebutuhan ini. Mereka hadir sebagai aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang.

Aplikasi sebagai instruktur olahraga pun banyak bermunculan, di samping tingginya keinginan orang-orang memiliki tubuh sehat dan ‘body goals’. Diantaranya ada aplikasi untuk menuntun pengguna melakukan stretching dengan baik, aplikasi olahraga cardio, yoga, bahkan pilates sekalipun. Adapun aplikasi penghitung defisit kalori yang sangat membantu pejuang diet.

Aplikasi Streaming Video dan Nonton Film

Tak kalah menghibur, aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang seperti penyedia konten video hingga tempat nonton film juga menjadi favorit banyak pengguna. Melalui aplikasi penyedia konten video, kamu bisa menemukan banyak hiburan dan pengetahuan baru.

Ada juga aplikasi streaming film yang mungkin hampir terpasang di setiap smartphone para user. Pemanfaatan waktu luang seolah kurang lengkap jika tidak diisi dengan konsumsi movie atau series. Apalagi konten produksi film kini semakin berkembang dan berkualitas, membuat siapa pun tak bisa menahan niat untuk menontonnya.

Macam-Macam Aplikasi Bermanfaat untuk Mengisi Waktu Luang

Setelah mengetahui ciri aplikasi yang affordable untuk mengisi waktu luang sesuai jenis minat di atas, selanjutnya kamu harus mengetahui yang lebih spesifiknya. Berikut ini nama-nama aplikasi yang bermanfaat mengisi kekosongan di sela kegiatanmu.

1. Media Sosial Mainstream (IG, FB, Twitter, dan TikTok)

aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang
Sumber: Tangkapan Layar/Google PlayStore

Sebagian besar orang Indonesia menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga inilah mengapa medsos menjadi media mainstream saat ini. Banyak orang yang berselancar di YouTube, Instagram, Facebook, Twitter, hingga TikTok untuk mengisi waktu luangnya.

Bagi pengguna yang menggunakan medsos sebatas konsumsi hiburan, maka aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Berbeda lagi dengan seorang influencer atau content creator yang mendedikasikan diri seluruh waktunya untuk menghasilkan karya atau konten di dalamnya.

aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang
Sumber: Tangkapan Layar/Google PlayStore

Instagram dan Facebook sendiri berinduk pada perusahaan Meta dengan CEO terkenalnya Mark Zuckerberg. Di sana kamu bisa berbagi cerita atau konten. Melalui YouTube, kamu bisa mencari konten video untuk menambah wawasan atau hiburan. Lalu di Twitter, kamu bisa membagikan cuitan atau konten tulisan, serta bisa mengikuti tren isu yang sedang banyak dibicarakan.

2. Aplikasi Streaming Film (Netflix-Viu)

aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang
Sumber: Tangkapan Layar/Google PlayStore

Nonton menjadi pilihan paling tepat setelah sibuk beraktivitas atau bekerja sebelumnya. Menyaksikan film-film seru memang bisa menjadi salah satu bentuk healing atau me time yang asik. Makanya kali ini aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang adalah aplikasi terkenal seperti Netflik, Iflix, WeTV, Disney+ Hotstar, hingga Viu.

Menariknya, mereka tak hanya menyediakan tontonan dari dalam negeri. Karena banyak aplikasi yang dikembangkan oleh developer global, tak heran banyak pula variasi serial yang disediakan. Series atau film Hollywood, Bollywood, Eropa, hingga Asia termasuk Indonesia tersedia.

Kini menyaksikan berbagai tontonan dari mancanegara menjadi lebih mudah. Dengan mengunduh, memasang, dan registrasi di salah satu paltform pilihan, kamu dapat mengakses semuanya. Berdasarkan keunggulannya tersebut, aplikasi seperti ini layak menjadi alternatif untuk mengisi waktu luang.

3. E-Book (iPusnas-Wattpad)

aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang
Sumber: Tangkapan Layar/Google PlayStore

Bagi kamu yang senang mengisi kekosongan waktu dengan hal-hal positif dan produktif untuk menambah wawasan, maka aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang yang cocok adalah E-book yang dapat digunakan pada gadget.

Manfaat adanya buku digital ini adalah sebagai media informasi yang efektif dan media pembelajaran yang efisien. Bagi kamu yang berprofesi sebagai guru, dosen, tenaga pendidik, atau mahasiswa, mengisi waktu luang dengan membaca bukanlah hal yang aneh.

Ada aplikasi baca buku digital yang bisa diunduh gratis seperti iPusnas dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Ada pula Google Play Books dari Google yang miliki fitur buku audio.

Eits, bagi yang suka membaca fiksi ada juga kok aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang bernama Wattpad. Apk yang disukai kalangan muda ini bisa membuat kamu produktif juga.

Selain menjadi pembaca, siapa pun yang memiliki hobi cipta cerpen, maka bisa menjadi author di dalamnya. Berdasarkan kisah-kisah hebat sebelumnya, banyak author Wattpad yang sukses membawa ceritanya ke percetakan bahwa ke layar lebar.

4. Duolingo

Jika kamu menyenangi belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris, maka Duolingo bisa menjadi pilihan aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Bersama platform seperti Duolingo atau yang serupa, kamu bisa mengakses pembelajaran bahasa dengan sistem yang seru. Bahkan konsepnya seperti teka-teki atau permainan sederhana.

Mengisi waktu luang, kini bisa menghasilkan output yang bermanfaat untuk diri di masa depan. Meskipun dikembangkan dengan konsep santai dan seru, namun kamu bisa benar-benar mealtih kemampuan berbahasa di sini karena ada sistem leveling. Sehingga semakin memacu minat untuk rutin mengakses aplikasi dikala senggang.

5. Canva

Selanjutnya Canva juga bisa menjadi aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Seseorang yang memiliki passion atau latar belakang dalam bidang desain grafis, pasti memiliki minat tersendiri ketika mendengar aplikasi satu ini.

Canva dikembangkan menjadi sebuah platform terpopuler untuk membuat karya grafis, dilengkapi berbagai template keren hingga item yang lengkap. Kamu bisa menggunakan Canva versi dekstop maupun mobile, tergantung keperluan.

Kini, waktu kosong dapat digunakan untuk sesuatu yang lebih menghasilkan. Kamu bisa membuat logo, desain poster, brosur, hingga kebutuhan story atau feed akun sosmed.

6. Aplikasi Gaya Hidup Sehat: Fita

aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang
Sumber: Tangkapan Layar/Google PlayStore

Mencari aplikasi yang dapat menuntunmu mengubah gaya hidup lebih sehat? Kini ada Fita! Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengisi waktu dengan melacak program sehatmu, sharing dengan orang-orang berpengalaman, mengakses video olahraga profesional, inspirasi makanan sehat, dan lainnya.

7. Aplikasi Kebugaran: Daily Yoga-Plank Workout

Dari aplikasi Plank Workout berkonsep melatih kebugaran, kamu dapat belajar melatih diri untuk konsisten menjalankan gaya hidup sehat setiap hari. Melalui salah satu aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang ini, kamu bisa menikmati fitur challenge workout 30 hari

Lalu ada aplikasi Daily Yoga untuk membantumu berfokus pada program penurunan berat badan, mendapatkan kebugaran dan fleksibilitas tubuh. Fiturnya dilengkapi dengan challenge yoga, dilengkapi tuntunan dari online coach.

Baca juga 10 Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Android 

8. Google Podcast

aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang
Sumber: Tangkapan Layar/Google PlayStore

Konten podcast dewasa ini kian diminati banyak orang, terutama kalangan anak muda. Konsepnya yang hampir sama seperti radio, ada yang bentuknya talkshow, monolog, hingga sharing pengalaman dalam bentuk audio. Soal ini, Google langsung ambil tindakan dengan menyediakan aplikasi bernama Google Podcast.

Di platform tersebut, kamu bisa menjelajahi berbagai kanal podcast, bahkan memutar episode  yang sebelumnya sudah diunduh lalu didengarkan kembali saat offline.

9. Spotify

Bukan hanya soal musik, Spotify kini dilengkapi fitur ‘Podcasts on Spotify’. Maka tak heran jika banyak orang yang menyalakan Spotify saat waktu senggangnya. Karena selain mendengarkan musik, pengguna juga bisa mengakses berbagai konten podcast yang seru. Spotify ini dikenal sebagai platform mendengarkan musik terpopuler secara global, dan sudah digunakan oleh ratusan user di dunia.

Aplikasi ini dapat kamu unduh di PlayStore atau AppStore secara gratis, baik untuk dekstop maupun mobile. Kamu juga bisa unduh siaran atau episode podcast kesukaanmu untuk didengarkan secara offline. Tak ketinggalan, pengguna juga bisa upgrade ke versi premium untuk pengalaman yang lebih asik dan lengkap.

10. Sudoku

aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang
Sumber: Tangkapan Layar/Google PlayStore

Sudoku adalah jenis permainan legend yang terkenal bisa bikin otak berpikir keras. Menariknya, meskipun dikenal susah, namun permainan asah otak ini masih digandrungi banyak peminat. Ciri khasnya adalah permainan angka dalam bentuk susunan kolom.

Bahkan meskipun begitu, banyak user yang sengaja memainkan Sudoku hanya untuk mengisi waktu luang. Konsep permainannya inilah yang menjadikan aplikasi permainan ini begitu unik. Untuk pengingat saja, Sudoku dimainkan dengan cara mengisi kolom dengan angka 1-9. Namun dalam satu barisnya tidak boleh ada angka kembar.

11. Jigsaw Puzzle

Masih membutuhkan game receh yang bisa mengisi waktu luang dengan seru? Kamu juga bisa mencoba Jigsaw Puzzle! Aplikasi ini dikenal sebagai permainan menyusun gambar acak menjadi sempurna. Konsepnya disusun sedemikian rupa hingga lebih adiktif untuk dimainkan.

Di dalamnya terdapat sistem leveling, sehingga ada nuansa menantangnya. Selain itu gambar yang disediakan ada dalam resolusi tinggi atau HD (High Definition), sehingga tampilannya terlihat begitu menarik.

 

Manfaat Aplikasi  untuk Mengisi Waktu Luang

Manfaat Deskripsi Singkat
Pendidikan dan Pengetahuan Banyak aplikasi yang dapat membantu Anda belajar tentang berbagai topik, mulai dari bahasa asing hingga keterampilan teknis.
Relaksasi Aplikasi untuk meditasi, yoga, atau musik relaksasi dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan rileks.
Mengasah Otak Aplikasi game teka-teki atau yang melibatkan strategi dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan berpikir Anda.
Manajemen Waktu dan Produktivitas Aplikasi manajemen waktu atau produktivitas dapat membantu Anda mengorganisir kegiatan dan pekerjaan sehari-hari Anda dengan lebih efisien.
Kesehatan dan Kebugaran Aplikasi kebugaran dan kesehatan dapat membantu Anda memantau kesehatan dan menjaga kebugaran Anda.
Aplikasi Bermanfaat Untuk Mengisi Waktu Luang
Aplikasi Bermanfaat Untuk Mengisi Waktu Luang

Itulah kumpulan aplikasi bermanfaat untuk mengisi waktu luang rekomendasi Mocipay kali ini. Kamu juga bisa mencari yang sesuai dengan passion diri. Hampir semua yang kami sajikan kali ini worth it untuk dipasang di gadget. Soal pemasangan, dapat diunduh melalui Google PlayStore.

Related Post