Tutorial

6 Cara Mengembalikan Barang di Lazada Yang Sudah Diterima

Cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima kini menjadi pencarian yang sangat populer hingga saat ini khususnya di Indonesia.

Lazada adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara, yang memungkinkan setiap pengguna untuk membeli berbagai macam produk dari berbagai toko/penjual.

Namun, terkadang pembeli mungkin perlu mengembalikan barang yang sudah diterima, misalnya karena barang yang rusak atau cacat, barang yang tidak sesuai dengan deskripsi, gambar yang ditampilkan atau berbagai alasan lainnya.

Meskipun demikian cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima cukup mudah dan cepat, asalkan sesuai dengan prosedur yang telah diterapkan.

Nah, langsung saja untuk mengetahui cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima, simak informasi penjelasan ini sampai selesai.

Apa Itu Pengembalian Barang Di Lazada

Pengembalian barang di Lazada adalah proses mengembalikan barang yang telah dibeli oleh pelanggan dari situs web atau aplikasi Lazada, karena barang tersebut tidak sesuai dengan deskripsi atau cacat.

Lazada memiliki kebijakan pengembalian barang yang memungkinkan pelanggan untuk mengembalikan produk yang dibeli dalam waktu tertentu dan memperoleh pengembalian dana atau penggantian produk yang sesuai.

Ketika pelanggan mengajukan permintaan pengembalian barang di Lazada, pihak Lazada akan melakukan proses verifikasi terhadap keluhan yang dilaporkan.

Apabila proses pengajuan pengembalian barang disetujui, pelanggan dapat mengirimkan kembali barang yang tidak sesuai atau rusak ke alamat yang ditentukan oleh Lazada.

Setelah barang yang dikembalikan diterima dan diverifikasi oleh Lazada, pelanggan akan menerima pengembalian dana atau penggantian produk yang sesuai.

Pengembalian barang di Lazada sangat penting untuk memberikan perlindungan bagi pelanggan, untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam berbelanja di platform tersebut.

Oleh karena itu, lazada berusaha untuk menyediakan kebijakan pengembalian yang memadai untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebi baik bagi pelanggan.

Lantas bagaimana cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima? Simak informasi penjelasan dibawah ini.

Syarat Pengembalian Barang di Lazada

Agar proses pengembalian barang yang sudah diterima tidak terkendala sebaiknya ketahui terlebih dahulu syarat dan ketentuannya berikut ini.

Syarat Pengembalian Barang di Lazada
Syarat Pengembalian Barang di Lazada
  • Memiliki bukti pengembalian, seperti nomor pesanan, faktur pembelian dan lainnya.
  • Mengisi rincian Bank pada saat pengisian Formulir Pengembalian Barang.
  • Jika memilih metode pengembalian Drop Off, lampirkan nomor resi pengembalian barang ke jasa pengiriman yang dipilih saat mengisi formulir.
  • Sampaikan alasan mengapa kamu harus mengembalikan barang tersebut. Harus bersifat sah dan pesyaratan pengemablian terpenuhi.
  • Apabila barang yang akan dikembalikan berupa gadget yang terkunci password, sebaiknya pelanggan memastikan bahwa produk tersebut sudah di Unlock dan kata sandi sudah dihapus dari perangkat sebelum dikirim ke gudang untuk memudahkan quality check.

Apakah Bisa Barang Di Lazada Dikembalikan?

Secara umum barang yang sudah dibeli di Lazada bisa dikembalikan. Karena pada Lazada terdapat kebijakan pengembalian barang yang dibeli.

Namun, kebijakan ini berbeda-beda tegantung pada jenis barang yang dibeli dan keputusan penjual barang tersebut. Sebelum melakukan pembelian, pastikan untuk membaca dan memahami kebijakan pengembalian yang berlaku untuk produk yang ingin dibeli.

Apakah Bisa Barang Di Lazada Dikembalikan
Apakah Bisa Barang Di Lazada Dikembalikan

Jika terdapat masalah pada produk yang telah dibeli, setiap pembeli dapat mengajukan permintaan pengembalian barang melalui aplikasi atau website Lazada.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi dalam proses pengembalian barang, seperti :

  • Jangka waktu pengembalian.
  • Kondisi barang yang dikembalikan.
  • Prosedur pengembalian yang harus dipenuhi.

Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan dan prosedur yang berlaku agar proses pengembalian barang atau retur barang berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

Karena Lazada sendiri hanya memberikan waktu selama 7 hari setelah pembeli menerima barang, apabila proses pengembalian lewat dari waktu yang telah ditentukan, maka penjual tidak akan menerima komplain apapun

Cara Mengembalikan Barang Di Lazada Yang Sudah Diterima

Untuk pengembalian barang ke aplikasi atau website Lazada, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pembeli agar proses retur barang berjalan dengan mudah.

Cara Mengembalikan Barang Di Lazada Yang Sudah Diterima
Cara Mengembalikan Barang Di Lazada Yang Sudah Diterima

Agar proses atau cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima lebih mudah, ikuti panduan dibawah ini.

  1. Buka aplikasi atau website resmi Lazada di perangkat ponsel kamu.
  2. Masuk menggunakan akun pribadi yang digunakan untuk membeli barang yang telah dibeli.
  3. Pada halaman utama, pilih opsi menu Akun dan klik Lihat Semua Pesanan.
  4. Pilih Pesanan yang ingin dikembalikan.
  5. Masuk pada menu detail pesanan dan pilih opsi Pengembalian Saya.
  6. Pilih opsi Saya ingin Mengambalikan Produk.
  7. Pilih alasan mengapa kamu harus mengembalikan produk yang telah dibeli sesuai dengan keadaan sebenarnya.
  8. Setelah itu, pada kolom keterangan, jelaskan secara rinci alasan produk harus dikembalikan. Masukkan bukti berupa foto atau video produk sebagai lampiran dan klik Selanjutnya.
  9. Atur metode pembayaran untuk pengembalian dana, seperti melalui bank transfer atau Lazada kredit agar cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima segera diproses.
  10. Periksa kembali detail pengembalian dana di Lazada, jika sudah sesuai, pilih opsi Confirm.
  11. Pilih metode pengiriman barang yang telah disediakan oleh pihak lazada untuk pengembalian kembali paket kamu dan klik opsi Pilih.
  12. Jika dirasa semua informasi yang telah dibuat sudah benar, klik Kirimkan hingga muncul pop up berhasil dikirimkan.

Bagaimana Cara Mengembalikan Barang COD di Lazada?

Selain cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima, ternyata pembeli juga bisa mengembalikan barang COD di Lazada.

Namun pastikan bahwa kamu sudah mempersiapkan sejumlah persyaratannya terlebih dahulu sebelum mengakses formulir pengembalian yang telah disediakan agar proses mengembalikan barang COD di Lazada tidak terkendala.

Hampir sama dengan cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima, berikut panduan cara mengembalikan barang COD di Lazada.

  1. Buka aplikasi Lazada di perangkat dan masuk ke Akun.
  2. Pada halaman utama, pilih opsi menu Akun dan klik Lihat Semua Pesanan.
  3. Pilih opsi menu Telah Diterima pada bagian barang COD yang telah terkirim.
  4. Pilih barang COD yang ingin dikembalikan dengan menekan Pengembalian SAYA.
  5. Masukkan alasan mengapa kamu mengembalikan barang tersebut dan klik Pilih.
  6. Pastikan jumlah pengembalian dana sudah sesuai, kemudian klik Take Pictures untuk masukkan foto dan video sebagai bukt dan tekan OK.
  7. Pilih metode pengembalian dana, seperti melalui bank transfer atau Lazada kredit.
  8. Periksa kembali detail pengembalian dana di Lazada, jika sudah sesuai, pilih opsi Kirim.
  9. Tunggu beberapa hingga penjual merespon pengembalian barang di Lazada. Proses konfirmasi maksimal 3 hari selama jam kerja.
  10. Pilih metode pengiriman barang yang telah disediakan oleh pihak lazada untuk pengembalian kembali paket kamu dan klik Selanjutnya.
  11. Kemudian akan muncul keterangan mengenai batas pengiriman barang COD beserta resi pengiriman.

Apabila barang COD sudah sampai kepada seller, maka pengembalian dana akan segera diproses. Untuk memastikannya kamu bisa cek kembali status pengembalian barang COD tersebut.

Garansi Pengembalian Barang Lazada

Pengembalian cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima juga perlu diperhatikan, apakah produk tersebut memiliki garansi atau tidak.

Sebab Lazada sendiri menyediakan garansi pengembalian yang sesuai dengan jenis barang, sperti yang dipaparkan pada tabel berikut ini.

Jenis Barang 7 Hari 14 Hari  15 Hari 
Barang Import (Global Collection, Taobao) ✖️ ✖️
Barang Retail FBL (dikirim oleh Lazada) ✖️ ✖️
Barang yang dikirim Seller (MP Lokal) ✖️ ✖️
Barang dari LazzMall ✖️ ✖️

Penyebab Barang Di Lazada Dikembalikan

Berbagai faktor penyebab barang di Lazada dikembalikan ke penjual, sehingga tidak heran lagi jika banyak pengguna aplikasi tersebut mencari cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima.

Penyebab Barang Di Lazada Dikembalikan
Penyebab Barang Di Lazada Dikembalikan

Mengembalikan barang yang telah dipesan di Lazada bukanlah tanpa sebab, untuk mengetahui apa saja penyebabnya, perhatikan informasi berikut ini.

1. Barang Rusak atau Cacat

Salah satu alasan utama mengapa pembeli mengembalikan barang di Lazada adalah karena barang tersebut rusak atau cacat, sehingga banyak sekali orang mencari cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima.

Biasanya barang yang rusak atau cacat dapat terjadi karena kesalahan pabrik atau kesalahan dalam pengiriman. Sehingga pembeli berhak untuk mengembalikan barang yang telah dipesan dan meminta penggantian atau pengembalian uang.

2. Kesalahan Pengiriman Barang

Kesalahan pengiriman barang termasuk faktor penyebab yang sangat sering terjadi di beberapa online shop khususnya di Lazada.

Beberapa contoh kesalahan pengiriman barang yang mungkin terjadi adalah barang yang tidak sesuai dengan jenis, ukuran atau warna yang dipesan oleh pembeli sebelumnya.

Sehingga mengakibatkan kesalahan pengiriman barang seperti ini akan menjadi penyebab ketidakpuasan pembeli terhadap barang yang diterima, maka solusi satu-satunya yaitu mengembalikan barang yang telah dibeli.

3. Kehilangan Barang (Kurang)

Tidak lain pula pada kehilangan barang selama pengiriman yang menjadikan banyak pembeli mencari tahu cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima.

Kehilangan barang dapat terjadi karena kesalahan kurir atau pencurian selama pengiriman. Jika barang yang dipesan tidak sampai ke tangan pembeli atau hilang selama pengiriman, pembeli berhak untuk mengembalikan barang tersebut dan meminta penggantian atau pengembalian dana.

Namun, dalam kasus kehilangan barang, Lazada akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu untuk memastikan kebenaran klaim tersebut sebelum memproses pengembalian dana.

Postingan Menarik Lainnya : Cara Pinjam Uang Di Lazada 2023, Dua Menit Langsung Cair!

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah yang perlu diikuti untuk cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap penjual di Lazada memiliki kebijakan pengembalian barang yang berbeda, sehingga kamu perlu memeriksa kebijakan pengembalian penjual sebelum melakukan pembelian.

Selain itu, pastikan untuk membaca dengan seksama deskripsi produk, ulasan dan spesifikasi untuk memastikan bahwa produk yang dibeli sesuai dengan kebutuhan kamu.

Apabila mengalami masalah dengan proses pengembalian barang yang diterima/beli, jangan ragu untuk menghubungi Layanan Pelanggan dan meminta bantuan.

Semoga informasi cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah diterima ini bermanfaat dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Selengkapnya
Back to top button