7 Aplikasi Untuk Mengerjakan Soal Matematika Terbaik

Widya Samosir

Apakah kamu di pusingkan dengan soal matematika yang super rumit? eits jangan panik karena ada aplikasi untuk mengerjakan soal matematika yang dapat menyelesaikan soal-soal tersebut hanya dalam hitungan menit saja.

Sering kali kita memang kerap merasa kesulitan saat mengerjakan soal-soal matematika karena selain rumusnya yang cukup panjang, jalan penyelesaiannya pun terkadang tidaklah pasti atau bisa saja salah.

Untuk itu tak heran jika banyak mahasiswa atau pelajar yang mencari jalan pintas dengan mencontek tugas teman atau bahkan menyuruh orang lain untuk mengerjakannya.

Nah, berkat kemajuan teknologi yang ada kini kamu tidak perlu merasa terbebani saat hendak mengerjakan soal-soal matematika di sekolah atau di manapun karena sekarang sudah ada aplikasi untuk mengerjakan soal matematika gratis yang bisa kamu unduh di playstore sekarang.

Aplikasi Untuk Mengerjakan Soal Matematika

7 aplikasi untuk mengerjakan soal matematika
7 aplikasi untuk mengerjakan soal matematika

Tidak hanya matematika saja, mata pelajaran lain yang selalu berhubungan dengan rumus memang terkadang dapat memusingkan pikiran kita apalagi jika soal yang diberikan pasti akan mempunyai penjabaran yang panjang nantinya.

Disisi lain secara tidak langsung belajar matematika atau ilmu berhitung lainnya memang bisa menambah tingkat kecerdasan otak kita didalam berfikir lebih jauh termasuk dapat menambah daya ingat kita pula.

Selain itu, matematika juga dapat membantu kamu untuk berfikir lebih kritis dari sebelumnya. Namun hal tersebut kembali lagi pada diri anda apakah anda menyukai nya atau tidak.

Jika anda tidak menyukai mata pelajaran matematika dan ingin menyelesaikan soal-soal matematika dengan cepat dan mudah maka kami sarankan agar anda tidak skip aplikasi untuk mengerjakan soal matematika di bawah ini:

Photomath

 

 

aplikasi untuk mengerjakan soal matematika photomath
aplikasi untuk mengerjakan soal matematika photomath

Aplikasi untuk mengerjakan soal matematika pertama yang kami lihat cukup membantu kamu dalam mengerjakan soal-soal matematika mulai dari yang paling mudah sampai dengan yang tersulit ialah photomath.

Photomath merupakan aplikasi yang dapat memberi penyelesaian untuk soal matematika yang sistem kerjanya bersifat real time dimana pengguna tidak perlu menunggu hingga berjam-jam hanya untuk mendapatkan hasil akhirnya.

Melainkan hanya dalam hitungan 10-15 menit saja. Namun dibalik kelebihannya, aplikasi photomath masih terus mengalami pengembangan sebab tingkat keakuratan aplikasi ini belum 100% sempurna.

Aplikasi photomath juga telah dilengkapi dengan fitur scanner yang memungkinkan kamu untuk scan langsung soal-soal matematika tanpa perlu menyalinnya satu persatu.

  • Cara menggunakan aplikasi photomath

Berikut cara menggunakan aplikasi photomath yang benar :

  1. Install aplikasi photomath melalui play store
  2. Pilih masuk untuk mulai menggunakan aplikasinya
  3. Siapkan soal matematika yang ingin di cari jawabannya
  4. Tekan fitur scan yang ada di halaman utama photomath
  5. Mulailah untuk scan soal-soal yang ada secara bertahap tanpa ada yang terlewatkan
  6. Pastikan semuanya sudah terlihat dengan jelas
  7. Klik jawaban untuk melihat hasil akhirnya
  8. Simpan jawaban tersebut atau salin jawabannya langsung di buku tugas kamu

Malmath

aplikasi untuk mengerjakan soal matematika malmath
aplikasi untuk mengerjakan soal matematika malmath

Setelah aplikasi photomath ada aplikasi untuk mengerjakan soal matematika lainnya bernama malmath. Aplikasi malmath sedikit berbeda dari aplikasi pertama tadi

Dimana aplikasi ini sudah mengikuti pedoman desain bahan terbaru dari google yang lebih memperlihatkan tampilan aplikasi malmath ini sedikit lebih mewah dan elegan dari aplikasi untuk mengerjakan soal matematika yang ada.

Di dalam aplikasi malmath juga telah tersedia sangat banyak fitur rumusan matematika mulai dari variabel, konstanta, termasuk rumus matematika dasar.

Berbeda dari itu, kamu juga dapat memilih tingkat kesulitan untuk menyelesaikan yang ada dengan cara memilih solve untuk melihat solusi bersamaan dengan langkah-langkah dan graph untuk menampilkan uraian grafik jika diperlukan saja.

  • Cara menggunakan aplikasi malmath

Inilah step by step penggunaan aplikasi malmath untuk memecahkan soal matematika yang rumit :

  1. Dapatkan aplikasi malmath di play store
  2. Install dan buka aplikasinya
  3. Lalu masuk tanpa perlu login
  4. Ketik soal matematika yang ingin kamu pecahkan pada kolom yang telah di sediakan
  5. Tekan tombol pecahkan dan jawaban terakhir akan di tampilkan
  6. Atau klik opsi tampilkan langkah untuk melihat detail penyelesaian soalnya
  7. Salin atau catat jika kamu membutuhkannya

Mathway

aplikasi untuk mengerjakan soal matematika mathway
aplikasi untuk mengerjakan soal matematika mathway

Masih dengan aplikasi untuk mengerjakan soal matematika, kini ada aplikasi mathway yang dapat membantu kamu kapan saja kamu perlukan.

Aplikasi mathway akan menjelaskan dan menjawab berbagai macam persoalan dengan tepat dan sudah dibuktikan oleh lebih dari 50 ribu pengguna yang ada saat ini.

Dengan menggunakan aplikasi mathway, kamu dapat menyelesaikan soal matematika langsung dari photo tanpa perlu aksi impor manual lagi.

Beberapa materi yang dapat di selesaikan oleh aplikasi mathway yakni matematika dasar, pra-aljabar, aljabar, trigonometri, kalkulus, statistika, aljabar, linear dan kimia.

Sedangkan untuk kekurangan aplikasi mathway, kamu di wajibkan mengikuti tahapan pendaftaran agar dapat menggunakan aplikasinya tidak sama seperti aplikasi untuk mengerjakan soal matematika sebelumnya.

  • Cara menggunakan aplikasi mathway

Terkait cara menggunakan aplikasi mathway, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Unduh atau masuk ke situs mathway.com
  2. Ikuti panduan pendaftaran dan daftarkan akun mathway kamu
  3. Pilih jenis topik matematika yang kamu perlukan
  4. Masukkan pertanyaan untuk soal matematika yang ingin di cari jawabannya
  5. Foto soal dengan fitur kamera yang ada di aplikasi mathway untuk lebih memudahkan kamu
  6. Klik answer untuk menampilkan teknik penyelesaian dan jawaban soal
  7. Selesai

Math Experts

aplikasi untuk mengerjakan soal matematika math expert
aplikasi untuk mengerjakan soal matematika math expert

Di urutan ke empat, kami telah menghadirkan aplikasi untuk mengerjakan soal matematika bernama math experts.

Math experts masuk ke dalam kategori aplikasi penyelesaian soal matematika terlengkap yang pernah ada dimana aplikasi ini dapat menjabarkan semua jawaban untuk soal matematika tanpa melewatkan satu rumusan penting dalam matematika.

Pada faktanya, soal matematika yang sangat rumit sekalipun dapat di selesaikan oleh aplikasi math experts ini. Tidak hanya soal matematika math experts juga dapat menyelesaikan soal fisika, kimia serta soal teknik elektro.

Kamu juga bisa menyelesaikan soal-soal yang melibatkan grafik di dalamnya karena math experts telah memiliki fitur grafik yang bisa kamu gunakan.

Tidak ada fitur kamera di aplikasi math experts ya sobat sehingga kamu perlu menyalin soal matematika secara bertahap nantinya.

  • Cara menggunakan aplikasi math experts

Khusus aplikasi math experts, kamu boleh menggunakan aplikasinya sesuai langkah-langkah berikut ini:

  1. Install aplikasi math experts di ponsel kamu
  2. Klik login tanpa perlu daftar akun terlebih dahulu
  3. Setelah berhasil login, pilih kategori soal yang ingin kamu pecahkan
  4. Ketik soal matematika yang ingin kamu pecahkan ke dalam kolom soal dan penyelesaian
  5. Selanjutnya, cari jawaban dengan klik tombol calculate

Automath Photo Calculator

aplikasi untuk mengerjakan soal matematika automath photo calculator
aplikasi untuk mengerjakan soal matematika automath photo calculator

Untuk menyelesaikan satu soal matematika, kamu tentu perlu penyelesaian yang sangat sederhana bukan? sebab jawaban yang sederhana pasti tidak akan menimbulkan rasa lelah di pikiran kamu akan rumitnya soal tersebut.

Nah, menggunakan aplikasi untuk mengerjakan soal matematika automath photo calculator kini kamu bisa melihat tampilan rumus penyelesaian soal matematika yang sangat sederhana.

Selain sederhana kamu juga dapat menyelesaikan beberapa kategori soal matematika meliputi perkalian, divisi, kesenjangan, fraksi, pengurangan, algoritma dasar, aljabar, trigonometri, kuadrat dan masih banyak lagi.

Walaupun hasil akhir yang ditampilkan cukup sederhana, aplikasi automath photo calculator memberikan jawaban yang sangat kompleks dan akurat sehingga tidak akan mengecewakan kamu.

Cukup dengan foto soal matematika yang ingin di temukan jalan penyelesaiannya namun tidak bertuliskan tangan sebab aplikasi ini belum mempunyai fitur membaca tulisan tangan dengan begitu jawaban akhir dari soal tersebut akan di tampilkan.

  • Cara menggunakan aplikasi automath photo calculator

Saat kamu ingin menggunakan aplikasi automath photo calculator maka kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Miliki aplikasi automath photo calculator
  2. Klik masuk pada aplikasi untuk mengerjakan soal matematika automath photo calculator
  3. Kemudian, siapkan soal-soal matematika yang ingin dilihat jawabannya
  4. Gunakan soal matematika yang telah kamu ketik di word tidak bertulis tangan
  5. Selanjutnya salin soal tersebut dan tempelkan ke dalam kolom penyelesaian soal matematika yang telah disediakan
  6. Klik answer untuk menemukan jawaban dari soal-soal tersebut

Cymath

aplikasi untuk mengerjakan soal matematika cymath
aplikasi untuk mengerjakan soal matematika cymath

Dari 5 aplikasi sebelumnya, aplikasi untuk mengerjakan soal matematika yang dapat memberikan hasil hanya dalam hitungan detik saja ternyata ada pada aplikasi cymath.

Bahkan aplikasi ini juga mampu memecahkan soal-soal matematika dengan kategori perhitungan tingkat dua seperti sinus atau kosinus.

Kamu cukup menggunakan kamera untuk menjawab soal matematika dan secara otomatis aplikasi cymath akan memberikan jawabannya.

Terkait masalah penggunaan, beberapa pengguna sering mengeluhkan bahwa aplikasi cymath ini terkadang lambat atau tidak responsif apalagi jika koneksi internet di ponsel kamu kurang stabil.

  • Cara menggunakan aplikasi cymath

Untuk menggunakan aplikasi cymath, kamu hanya membutuhkan tahapan sederhana berikut ini:

  1. Siapkan soal matematika yang ingin di cari jawabannya
  2. Pergi ke play store dan install aplikasi cymath
  3. Tekan mulai untuk coba menggunakan aplikasi ini
  4. Berikutnya, ketik soal matematika yang telah di siapkan pada kolom soal matematika
  5. Atau potret soalnya namun dengan ketentuan harus jelas dan dapat di baca
  6. Tekan cari jawaban maka rumusan dan hasil akhir dari soal tersebut akan di tampilkan

Socratic

aplikasi untuk mengerjakan soal matematika socratic
aplikasi untuk mengerjakan soal matematika socratic

Selanjutnya, kita memasuki aplikasi untuk mengerjakan soal matematika terakhir bernama socratic. Aplikasi socratic merupakan aplikasi penyelesaian soal matematika yang cukup hebat dan ramah.

Dimana aplikasi ini dapat memberikan konsep penjelasan secara lebih instan, tutorial serta set instruksi tahap demi tahap.

Selain itu, aplikasi socratic juga telah menghadirkan konten-konten visual dalam berbagai mata pelajaran. Walaupun terlihat simpel ternyata aplikasi socratic masih menggunakan bahasa inggris sehingga cukup sulit di mengerti.

Namun bagi kamu yang sudah cukup mengerti dengan bahasa Inggris maka kamu bisa menggunakan aplikasi untuk mengerjakan soal matematika socratic dengan mudah.

  • Cara menggunakan aplikasi socratic

Aplikasi socratic bisa kamu install di play store secara gratis dan bisa kamu gunakan hanya dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi socratic di play store
  2. Pasang aplikasinya untuk mulai menggunakan aplikasi socratic
  3. Gunakan kamera socratic untuk mulai menangkap gambar dari soal-soal matematika
  4. Kamu juga bisa mengetik soalnya secara berharap
  5. Kemudian, klik penyelesaian untuk mendapatkan hasil akhirnya
  6. Pindahkan ke buku tulis kamu atau salin jawabannya

Apabila fitur kamera aplikasi socratic tidak berfungsi maka kamu dapat menggunakan fitur suara dengan cara membacakan soal-soal tersebut secara bertahap. Apakah 7 aplikasi untuk mengerjakan soal matematika diatas sudah cukup membantu kamu?

Tips Memiliha Aplikasi Untuk mengerjakan Soal Matematika

Tips Penjelasan
Evaluasi Tujuan Anda Tentukan tujuan Anda dalam menggunakan aplikasi matematika. Apakah Anda ingin mempersiapkan ujian, memahami konsep tertentu, atau sekadar berlatih? Tujuan Anda akan mempengaruhi jenis aplikasi yang Anda butuhkan.
Pilih Aplikasi yang Edukatif Pastikan aplikasi yang Anda pilih memiliki fokus pendidikan dan dirancang khusus untuk belajar matematika. Ini akan membantu Anda memaksimalkan manfaat pembelajaran.
Sesuaikan Level Kesulitan Pilih aplikasi yang memungkinkan Anda menyesuaikan tingkat kesulitan. Anda ingin aplikasi yang cocok dengan tingkat pengetahuan dan keterampilan matematika Anda.
Periksa Ulasan dan Rekomendasi Baca ulasan dan rekomendasi pengguna lain. Ini dapat memberikan wawasan tentang kualitas dan efektivitas aplikasi tersebut.
Cari Aplikasi yang Interaktif Aplikasi yang interaktif, dengan fitur seperti latihan soal interaktif, animasi, dan ujian, seringkali lebih menarik dan efektif untuk belajar.

 

Kesimpulan

Aplikasi Untuk Mengerjakan Soal Matematika
Aplikasi Untuk Mengerjakan Soal Matematika

Terkait tahapan cara penggunaan aplikasi untuk mengerjakan soal matematika serta fitur-fitur yang tersedia mungkin kamu akan menemukan beberapa masalah atau kendala ketika menggunakannya.

Hal tersebut sangat wajar terjadi apalagi jika koneksi internet yang ada di ponsel kamu tidak mendukung atau kurang stabil. Untuk itu coba satu persatu aplikasinya agar kamu bisa menemukan aplikasi untuk mengerjakan soal matematika yang sesuai dan akurat.

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post

Tinggalkan komentar