5+ Cara Investasi Crypto Jangka Panjang Mudah dan Terpercaya

Ainsley

Mau tahu cara investasi crypto jangka panjang untuk para pemula? Kamu sudah ada di artikel yang tepat, nih. Yuk lanjutkan membacanya sampai selesai, ya.

Mengingat beberapa tahun belakangan, semakin banyak orang yang membahas tentang investasi. Tidak sedikit yang mencari tahu cara investasi aset crypto. Sama dengan investasi lainnya, menginvestasikan crypto sejatinya adalah cara pengelolaan keuangan.

Dengan begitu, tidak akan habis begitu saja. Jangan lupa juga dengan fakta jika crypto ini merupakan instrumen investasi yang sedang naik daun dan populer. Sayang sekali jika tidak mencoba investasi crypto di jaman sekarang.

Ada yang sudah ingin sekali mencoba investasi crypto? Tenang, pertama ketahui dulu informasinya tentang pengertian, keuntungan, hingga cara investasi crypto jangka panjang di bawah ini.

Pengertian Investasi Crypto Jangka Panjang

Investasi Crypto
Sumber: Pexels

Sebelumnya, ada hal yang harus diketahui dulu sebagai pemula. Jadi sebetulnya, investasi crypto jangka panjang adalah suatu strategi investasi yang dilakukan dengan menahan cryptocurrency dalam waktu yang relatif lama.

Pada umumnya, para investor akan menahan dalam waktu beberapa tahun kedepan. Tujuannya demi mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga cryptocurrency tersebut. Sementara untuk jenis-jenis investasi crypto jangka panjang antara lain membeli cryptocurrency secara langsung.

Dapat juga dengan berinvestasi di perusahaan-perusahan yang bergerak di bidang cryptocurrency. Namun, pastikan juga mengetahui dengan baik cara investasi crypto jangka panjang. Sebab bagaimanapun juga investasi crypto bukan tanpa resiko sama sekali.

Sama dengan ketika berinvestasi instrument lainnya, kamu akan menemukan beberapa resiko kerugian jika sama sekali tidak memahami alurnya.

Mungkin ada yang belum tahu apa itu cryptocurrency?

Cryptocurrency atau crypto adalah mata uang virtual yang dirancang untuk bekerja sebagai alat pertukaran yang menggunakan cryptography sebagai pengamanan transaksi keuangan. Jenis mata uang ini diketahui beredar tidak hanya di Indonesia saja, namun juga luar negeri.

Oleh sebab itu, makin banyak orang yang mencari tahu cara investasi crypto jangka panjang. Crypto juga berbeda dengan mata uang konvensional. Pasalnya, mata uang ini bersifat lebih desentralisasi, sehingga tidak ada perantara dalam transaksi.

Jadi lebih mudahnya adalah transaksi aset crypto akan lebih mudah dilakukan secara langsung oleh kedua pihak yang bersangkutan. Antara di pengirim dan penerima mata uang tersebut.

Keuntungan Investasi Crypto Jangka Panjang

Keuntungan Investasi Crypto
Sumber: Pexels

Ada banyak orang yang akhirnya memilih investasi crypto jangka panjang karena memang memiliki sejumlah keuntungan. Investasi crypto sejatinya cukup aman dilakukan, bahkan untuk kalangan pemula sekalipun.

Bagi kamu yang ingin mencobanya memang sangat disarankan untuk mencari cara investasi crypto jangka panjang dulu supaya prosesnya lebih mudah. Keuntungan investasi ini tidak main-main seperti penjelasan di bawah ini:

1. Potensi Keuntungan Signifikan

Hal yang membuat orang-orang semakin bersemangat untuk investasi crypto jangka panjang adalah karena potensi keuntungannya yang sangat besar. Ada catatan yang menyebutkan jika pada bulan Desember 2021, nilai tukar Bitcoin mencapai $67.000. Bahkan nilainya diketahui terus naik sejak saat itu.

Adanya nilai tukar yang tinggi tersebut menunjukkan jika investasi crypto jangka panjang dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi investor. Sehingga membuatnya begitu populer hingga sekarang.

2. Keuntungan Dapat Diperoleh Melalui Dividen

Jika tahu bagaimana cara investasi crypto jangka panjang, pasti akan mendapatkan keuntungan yang satu ini. Benar, keuntungan investasi crypto nyatanya dapat diperoleh melalui dividen.

Tercatat cukup banyak perusahaan crypto yang justru memberikan dividen kepada investor. Pada umumnya dalam bentuk cryptocurrency. Artinya keuntungan ini bukan hanya berasal dari kenaikan harga cryptocurrency, namun juga dari dividen yang diterima oleh Investor.

3. Memiliki Peluang Besar

Melihat perkembangan teknologi seperti sekarang ini, membuat sebagian besar transaksi dilakukan melalui digital. Hal ini tentu membuat peluang aset crypto juga bisa menjadi semakin besar.

Bahkan, jaman sekarang dapat dilihat makin banyak perusahaan dan industri yang menggunakan cryptocurrency sebagai alat transaksi. Dengan demikian, penggunaannya tidak akan diragukan lagi. Namun, lagi-lagi kamu juga harus tahu cara investasi crypto jangka panjang yang akan dibahas pada penjelasan berikutnya.

4. Aman

Keuntungan lagi jika kamu memilih investasi crypto jangka panjang adalah faktor keamanan. Cryptocurrency merupakan hasil dari teknologi kriptografi dan blockchain. Oleh sebab itu, soal keamanan sebetulnya tidak boleh diragukan lagi.

Sistem keamanan instrument ini sangat ketat, bahkan setiap transaksinya tidak akan bisa dipalsukan. Terjadinya human error hampir tidak pernah terjadi seperti pada instansi keuangan pada umumnya. Setiap pemilik token crypto akan memiliki semacam kode unik yang sifatnya privat jadi tidak akan mudah disalahgunakan.

5. Tak Terpengaruh Dengan Inflasi

Selain tahu cara investasi crypto jangka panjang, kamu juga perlu paham jika aset crypto sebenarnya terpisah dari badan keuangan resmi seperti bank. Membuat crypto tidak akan terpengaruh oleh penurunan nilai akibat inflasi.

Jumlah crypto juga sengaja dibuat terbatas sehingga membuat nilainya akan selalu bergerak naik akibat tingginya permintaan seiring berjalannya waktu. Contohnya aset bitcoin yang dibuat hanya 21 juta keping.

Hal ini tentu bisa membuat semakin sedikitnya supply namun meningginya permintaan. Pada akhirnya membuat harganya terus mengalami kenaikan. Banyak orang yang menganggap crypto adalah emas digital karena memang memiliki sifat yang mirip. Jadi membuatnya cocok digunakan sebagai investasi jangka panjang.

6. Tidak Perlu Setiap Saat Memantau Pergerakan Saham

Orang-orang ingin mencari cara investasi crypto jangka panjang disebabkan karena ingin mendapatkan keuntungan ini. Investasi crypto jangka panjang ternyata tidak sama dengan saat kamu melakukan trading.

Menyimpan aset crypto untuk jangka panjang, tidak harus memantau setiap pergerakan saham seperti saat bermain trading. Pasalnya, crypto akan disimpan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga nilai fluktuatif jangka pendek tidak akan membuat investor buru-buru menjual asetnya saat mengetahui nilainya turun sementara.

Dengan begitu, akan memberikan efek pada harga transaksi. Ketika memutuskan investasi crypto jangka panjang menyebabkan harga transaksinya jauh lebih rendah. Kamu juga tidak akan sering melakukan jual beli menggunakan asetmu tersebut.

Bukan hanya mencari tahu cara investasi crypto jangka panjang saya. Mendengar jika berinvestasi crypto jangka panjang punya banyak kelebihan, lantas kamu mantap ingin mencobanya? Tunggu dulu, ketahui juga resiko investasi instrumen tersebut.

Lagi-lagi diingatkan jika investasi crypto seperti berinvestasi pada instrumen lainnya. Kamu tetap berpeluang mendapatkan resiko investasi. Namun, untuk investasi crypto jangka panjang, resiko yang paling sering dialami adalah volatilitas pasar yang tinggi.

Pasalnya harga cryptocurrency diketahui bisa berubah dengan sangat cepat dan tidak stabil. Kenaikan harga crypto yang dianggap sangat cepat ternyata juga dapat membuatnya mengalami penurunan yang tak kalah cepat juga.

Jadi wajar saja jika banyak yang menyarankan untuk berinvestasi crypto secara hati-hati. Gunakan strategi yang matang dan tepat. Catat baik-baik cara investasi crypto jangka panjang yang akan dibahas pada penjelasan berikutnya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Investasi Crypto Jangka Panjang

Ada banyak persiapkan yang kamu lakukan sebelum memutuskan untuk memulai investasi crypto. Salah satunya menggali informasi lebih dalam tentang jenis investasi jangka panjang tersebut.

Melansir dari Pluang, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi investasi crypto jangka panjang diantaranya adalah:

1. Regulasi Pemerintah

Kamu harus tahu adanya regulasi pemerintah ini sangat penting. Dalam hal investasi crypto jangka panjang, perang regulasi pemerintah adalah untuk memperjelas legalitas cryptocurrency itu sendiri serta membuka pasar yang lebih besar khususnya pada pihak investor.

2. Adopsi oleh Masyarakat

Selain mengetahui cara investasi crypto jangka panjang, masyarakat ternyata juga menjadi faktor penting untuk investasi tersebut. Adopsi oleh masyarakat terbukti berpengaruh karena semakin banyak orang yang menggunakan cryptocurrency, maka semakin stabil juga nilai tukarnya.

3. Volatilitas Pasar

Begitu juga dengan Volatilitas pasar pun ikut andil dalam mempengaruhi investasi cryptocurrency jangka panjang. Volatilitas pasar akan berefek pada nilai tukar cryptocurrency. Serta karenanya juga akan berpengaruh terhadap keuntungan yang akan diperoleh para investor.

Cara Investasi Crypto Jangka Panjang

Cara Investasi Crypto Jangka Panjang
Sumber: Pexels

Mulai masuk ke pembahasan inti yaitu bagaimana cara untuk berinvestasi crypto jangka panjang. Pembahasan ini memang sangat penting, khususnya bagi siapa saja yang merasa masih pemula dalam berinvestasi mata uang digital tersebut.

Cara investasi crypto jangka panjang sebetulnya tidak seberapa sulit. Mungkin kamu akan merasa kesulitan saat memulainya saja. Kalau sudah terbiasa, kemungkinan besar akan lebih suka berinvestasi pada instrumen ini daripada lainnya.

Untuk memulainya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Masing-masing poin di bawah ini perlu kamu catat baik-baik. Jadi, yang perlu dilakukan untuk persiapan investasi crypto jangka panjang diantaranya adalah:

1. Memilih Platform Terpercaya

Pertama-tama tentu saja kamu harus memilih platform terpercaya. Sejatinya, cukup banyak platform cryptocurrency di luar sana, walaupun tidak semuanya sama. Memilih platform trading terpercaya dan aman sangat penting.

Salah satunya untuk menghindari tindak penipuan maupun kehilangan investment. Pastikan memilih platform trading yang terdaftar resmi di Bappepti misalnya Indodax, dan lainnya. Ini adalah salah satu cara investasi crypto jangka panjang yang harus diperhatikan baik-baik.

2. Masukkan Dana Atau Deposit

Selanjutnya setelah memilih platform yang diinginkan, kamu bisa langsung memasukkan dana atau deposit. Untuk diketahui, dalam hal ini kamu harus menggunakan uang fiat, uang digital, maupun koin crypto tertentu.

Di masa depan, dana yang didepositkan tadi, baik di bank, dompet digital, atau koin gratisan berikutnya bisa digunakan untuk membeli aset. Mungkin kamu sebagai pemula belum terlalu paham dengan ini. Jadi mulai sekarang ada baiknya mulai perhatikan baik-baik.

3. Menentukan Jenis Crypto yang Tepat Untuk Investasi Jangka Panjang

Langkah dari cara investasi crypto jangka panjang adalah menentukan jenis crypto yang tepat. Maksud dari kata yang tepat disini adalah crypto yang cocok digunakan untuk investasi jangka panjang.

Dari sekian jenis crypto, setidaknya ada 5 jenis yang berpeluang besar jika digunakan untuk investasi jangka panjang. Jadi, paling tidak pertimbangkan untuk memilih jenis crypto untuk investasi jangka panjang berikut ini:

  • Bitcoin adalah crypto jangka panjang terbaik yang direkomendasikan. Selain itu, bitcoin juga tersedia dalam jumlah terbatas yang semakin membuatnya terlihat mirip dengan emas. Walaupun fluktuatif, bitcoin terus akan meningkat seiring berjalannya waktu bahkan sudah menjadi alat transaksi kelas dunia.
  • Ethereum menduduki posisi kedua tertinggi sebagai aset crypto jangka panjang terbaik. Jenis crypto ini dianggap banyak menyimpan potensi dikarenakan beberapa proyek dilakukan di dalamnya yang dijalankan dengan sistem smart contract terdesentralisasi. Sehingga memungkinkan adanya aplikasi maupun pemrograman untuk berjalan tanpa gangguan seperti downtime atau penipuan dari pihak tak bertanggung jawab.
  • Binance Coin (BNB) yang baru mendapatkan kepopulerannya mulai tahun 2017 lalu. Hingga kini terbukti terus mengalami kenaikan walaupun cenderung lebih lambat daripada Bitcoin dan Ethereum. Para ahli bilang bertransaksi BNB terbukti lebih potensial karena biaya transaksi yang lebih murah.
  • UNI adalah token ERC-20 di blockchain dan Ethereum. Hanya dalam 3 bulan saja, UNI ini diketahui terus mengalami peningkatan hingga 8 kali lipat. UNI menjadi crypto jangka panjang terbaik karena adanya kegunaan dari token tersebut sehingga nilainya relatif lebih diapresiasi.
  • Chanlink token sebagai investasi crypto jangka panjang berharga untuk 10 hingga 20 tahun mendatang. Penilaian tersebut berdasarkan pada pertimbangan aset dengan resiko penurunan paling kecil dan potensi kenaikan terbesar serta lingkup aplikasi dari aset tersebut.

Perlu kamu garis bawahi disini adalah tidak semua jenis crypto itu sama. Investor harus pandai memilih cryptocurrency yang mempunyai prospek untuk diadopsi oleh masyarakat secara luas. Paling tidak bisa memberikan keuntungan maksimal.

4. Endapkan Aset dan Lakukan Analisis Crypto

Menjadi cara investasi crypto jangka panjang berikutnya adalah kamu harus mampu mengendapkan aset serta lakukan analisis crypto. Walaupun terdengar tidak mudah, kamu harus bisa mencobanya karena ini berhubungan dengan keberhasilan investasi.

Untuk cara investasi crypto jangka panjang ini, kamu perlu memahami bagaimana pasar bergerak. Khususnya pada aset yang dibeli. Lalu kapan analisis ini bisa dilakukan? Kamu bisa mulai melakukannya sebelum membeli koin pertama.

Hanya saja, kamu juga tidak perlu khawatir. Kalau sebelumnya memang kamu sudah membeli crypto yang memang masuk jenis paling menguntungkan, sepertinya sangat minim terjadi kerugian signifikan.

5. Mulai Transaksi Jual Beli Aset

Cara investasi crypto jangka panjang berikutnya adalah bisa lanjut melakukan transaksi jual beli. Langkah ini bisa dimulai sejak selesai melakukan analisis. Silahkan kamu dapat menambahkan aset crypto maupun ingin menjual yang sebelumnya telah dimiliki.

Sebagai catatan penting lainnya adalah hindari membeli aset koin yang harganya murah. Daripada begitu, lebih baik pilih aset yang mempunyai peningkatan tinggi walaupun harganya sedang melambung.

6. Membuat Portofolio Investasi yang Seimbang

Jangan lupa juga selama bertransaksi, kamu juga harus membuat portofolio investasi yang seimbang. Seorang investor harus bisa mempertimbangkan diversifikasi portofolio mereka dengan tepat.

Hal tersebut bukan hanya menjadi salah satu cara investasi crypto jangka panjang saja. Namun juga sebagai langkah untuk mengurangi resiko investasi serta memaksimalkan potensi keuntungan yang akan didapatkan.

7. Lakukan Withdraw Atau Penarikan Dana

Cara investasi crypto jangka panjang terakhir adalah melakukan withdraw atau penarikan dana.

Jika merasa sudah berada di saat yang tepat, kamu sudah bisa langsung mengubah aset koin crypto menjadi dalam bentuk uang fiat kembali. Contohnya seperti rupiah menjadi dollar dan sebaliknya.

Lalu selanjutnya, uang tersebut dapat ditarik melalui dompet digital. Dompet digital yang dimaksud sama dengan dompet digital yang kamu gunakan saat pertama kali melakukan deposit.

Tak hanya investasi Crypto, kamu juga bisa melakukan investasi reksadana, terutama untuk para pemula. Yuk cek 10+ Rekomendasi Aplikasi Reksadana Terbaik 2023 ini, ya.

Strategi Investasi Crypto Jangka Panjang

Strategi investasi crypto
Sumber: Pexels

Jika sudah tahu cara investasi crypto jangka panjang apakah menjamin kesuksesan kamu dalam berinvestasi? Mungkin bisa berhasil, namun akan lebih mudah lagi jika kamu menguasai strateginya.

Ada beberapa strategi investasi crypto jangka panjang yang bisa diketahui diantaranya adalah:

1. Dollar Cost Averaging

Merupakan strategi investasi crypto jangka panjang yang dilakukan dengan cara membeli cryptocurrency dalam jumlah yang sama dengan interval waktu sama pula. Contohnya bisa setiap minggu atau setiap bulan.

Dengan cara ini, investor dapat sekaligus menghindari volatilitas pasar yang tinggi. Serta mampu membantu mereka menghindari untuk membeli cryptocurrency pada saat yang kurang tepat.

2. Holdling

Holdling merupakan strategi atau juga bisa disebut cara investasi crypto jangka panjang yang harus kamu ketahui. Di sini, investor crypto akan menahan cryptocurrency dalam jangka waktu yang cukup lama. Pada umumnya selama beberapa tahun kedepan.

Kemudian, investor akan membeli cryptocurrency dengan harga rendah serta menahannya sampai harga cryptocurrency meningkat secara signifikan. Cara ini dianggap sebagai paling jitu untuk memaksimalkan keuntungan dari kenaikan harga cryptocurrency itu sendiri dalam kurun waktu jangka panjang.

3. Diversifikasi Portofolio

Adalah strategi yang penerapannya dilakukan dengan cara membeli beberapa jenis cryptocurrency yang berbeda sekaligus menyeimbangkan portofolio investasi. Dengan adanya diversifikasi portofolio ini, investor akan mampu mengurangi resiko investasi dan bisa memaksimalkan potensi dalam memperoleh keuntungan.

Tips Investasi Crypto Jangka Panjang

Selain strategi dan cara investasi crypto jangka panjang, sebagai calon investor pemula akan juga diharapkan memahami beberapa tips khusus. Sehingga waktu mulai berinvestasi crypto jangka panjang tidak memberikan hasil yang mengecewakan.

Beberapa tips yang dimaksud seperti:

Tips Penjelasan
Teliti Dalam Memilih Koin Crypto Tips pertama adalah kamu perlu lebih teliti lagi dalam memilih koin crypto. Paling tidak pakai saja 5 koin crypto yang sebelumnya sudah dijelaskan tadi. Hal tersebut akan mengurangi dampak resiko atau kerugian.
Memilih Platform yang Tepat Disamping harus menentukan koin crypto secara berhati-hati, soal platform juga tidak boleh dianggap remeh. Bagaimanapun juga dimana kamu berinvestasi crypto disana akan berpengaruh pada berhasil atau tidaknya usaha tersebut. Banyak platform aset crypto yang hanya menipu yang tentunya akan berpotensi merugikanmu.
Pahami dan Kelola Risiko Sendiri Sebetulnya, ini juga bisa dikatakan sebagai cara investasi crypto jangka panjang. Kamu diharuskan untuk bisa memahami dan mengelola resiko sendiri. Sekarang ini berinvestasi crypto memang menjadi trend. Namun, jangan hanya melihat fakta tersebut kamu hanya ikut-ikutan saja. Sama dengan investasi instrument lain, ketika memutuskan berinvestasi crypto tentu kamu harus tahu apa saja resikonya di masa depan. Jika sudah tahu beberapa resiko yang mungkin dihadapi, maka ini akan menjadi sumber pertimbangan dalam menentukan koin crypto mana yang harus dibeli.
Bidik Investasi Jangka Panjang Harga crypto memang tak bisa diprediksi. Kadang bisa tinggi namun juga tidak jarang langsung turun drastis. Namun sebagai investor, kamu tidak boleh langsung terprovokasi dengan fluktuasi harga tersebut. Apalagi hanya dalam hitungan hari atau bulan saja. Pastikan ambil investasi jangka panjang yang dipastikan akan lebih menguntungkan.
Pilih Beberapa Koin Crypto Tips atau cara investasi crypto jangka panjang supaya lebih menguntungkan lainnya adalah upayakan untuk membeli beberapa koin crypto. Apakah kamu berencana hanya membeli satu jenis koin crypto saja? Padahal, lebih baik menyebar beberapa jenis crypto sekaligus. Hal tersebut disebabkan karena kenaikan harga satu koin crypto pada umumnya tidak akan berpengaruh pada koin crypto lainnya.
Hati-Hati Menggunakan Robot Perdagangan Apakah kamu bermaksud berinvestasi crypto jangka panjang dengan mengandalkan robot perdagangan? Ingat, sampai detik ini belum ada robot perdagangan crypto yang benar-benar bekerja efisien. Lebih baik kamu baca situasi pasar secara manual saja supaya lebih aman.

Cara Investasi Crypto Jangka Panjang
Cara Investasi Crypto Jangka Panjang

Itulah beberapa cara investasi crypto jangka panjang. Ada juga informasi penting lainnya terkait investasi crypto yang bisa kamu jadikan sumber informasi bermanfaat.

Related Post

Tinggalkan komentar