5 Lembaga Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Indah Permata Sari Sihombing

Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair menjadi solusi cepat untuk mendapatkan pinjaman dana dengan jumlah besar. Namun tindakan tersebut tidak selalu aman dilakukan tanpa mengetahui hal penting yang harus dikonfirmasi terlebih dahulu seperti lembaga yang aman dan resiko yang harus terima.

Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair merupakan tindakan yang baik dilakukan hanya dalam keadaan mendesak. Pasalnya, berbicara soal menggadaikan tentu memiliki resiko terlepas dari besar kecilnya resiko yang akan ditanggung. Selain itu, jika kamu terjebak dalam tindakan gadai yang salah, maka kamu bisa kehilangan aset tersebut.

Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Untuk menghindari hal demikian, simak tips aman dan lembaga yang bisa kamu kunjungin untuk melakukan gadai sertifikat rumah 1 hari cair berikut ini.

Keuntungan Mengajukan pinjaman Dengan Gadai Sertifikat Rumah

Menggadaikan sertifikat rumah merupakan cara cepat yang bisa dilakukan saat kamu membutuhkan pinjaman dana dalam jumlah yang besar dengan cepat. Selain itu, ada keuntungan yang bisa didapatkan melalui cara ini yaitu :

  • Tenor Lebih Lama

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggadaikan sertifikat tanah yaitu jangka waktu pinjaman yang lebih lama. Biasanya tenor yang diberikan kepada debitur dalam jangka 1 sampai 5 tahun yang bisa dipilih sesuai kemampuan debitur.

  • Pencairan Dana yang Cepat

Dengan menggadaikan sertifikat rumah memungkinkan kamu memperoleh dengan cepat. Namun proses yang cepat tetap melalui beberapa tahap pemeriksaan terhadap kelengkapan data, survei jaminan dan lainya. Jika semua sudah sesuai dengan syarat yang ditentukan barulah pinjaman yang diajukan akan segera dicairkan.

  • Jumlah Pinjaman Yang di Setujui Lebih Besar

Jika kamu membutuhkan pinjaman dengan nominal besar, maka menggadaikan sertifikat rumah adalah pilihan yang tepat. Namun meskipun nominal yang ditawarkan cukup besar, debitur harus dapat menyesuaikan jumlah pinjaman dan kemampuan membayar.

  • Memiliki Bunga Yang Ringan

Bunga yang diberikan setiap lembaga penyedia pinjaman biasanya berbeda-beda. Pilihlah lembaga pinjaman yang menawarkan bunga paling rendah agar tidak membebani kamu dikemudian hari saat melakukan pembayaran.

Tips Aman Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Menggadaikan rumah membutuhkan proses yang tidak mudah. Pasalnya debitur akan memberikan  jumlah pinjaman yang tidak sedikit dengan mengadaikan sertifikasi rumah. Meskipun dalam keadaan mendesak, mengetahui cara aman menggadaikan sertifikat rumah sangat penting untuk menghindari terjadinya hal buruk.

Jika salah dalam melakukan penggadaian, mungkin saja kamu tidak akan mendapat pinjaman atau bahkan kehilangan sertifikat rumah tanpa menghasilkan dana. Berikut tips aman menggadaikan sertifikat rumah yang perlu diperhatikan :

  • Pastikan Lembaga Keuangan Sudah Terdaftar Di OJK

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar prosedur menggadaikan sertifikat rumah dapat lakukan dengan aman adalah mencari lembaga yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan demikian debitur tidak perlu khawatir keamanan dokumen sertifikat rumah karena sudah dalam pengawasan lembaga yang terpercaya. Selain itu, dengan mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan yang aman, akan meminimalisir terjadinya penipuan.

  • Pastikan Lembaga Memiliki Predikat Baik dan Terpercaya

Untuk menghindari penipuan dan kecurangan kamu perlu perlu memastikan predikat dan kredibilitas yang dimiliki lembaga tersebut. Cara yang dapat dilakukan untuk memastikan predikat lembaga tersebut dengan bertanya kepada orang yang sudah pernah melakukan pinjaman dari lembaga tersebut dan juga mencari tahu reputasi perusahaan dari internet.

  • Pastikan Nama Terdaftar di Sertifikat Rumah

Memastikan bukti kepemilikan jaminan perlu diperhatikan untuk memperlancar kelangsungan gadai sertifikat rumah 1 hari cair. Nama yang tidak sesuai pada sertifikat jaminan dan kelengkapan surat lainnya dapat menyebabkan permintaan yang kamu ajukan ditolak.

  • Memiliki Finansial Yang Bagus

Pada umumnya pihak bank akan menganalisa 5C (capacity, carakter, condition, capital, collateral) pada pihak debitur untuk memastikan bahwa debitur layak menerima pinjaman. Pihak bank akan mengecek jumlah utang yang dimiliki dan jumlah penghasilan perbulannya untuk menghindari kredit macet. Maka dari itu sebelum menggadaikan sertifikat rumah, pastikan kembali bahwa sumber keuangan kamu tidak ada masalah.

  • Waspada Saat Melengkapi Syarat Pengajuan

Pengajuan gadai sertifikat rumah 1 hari cair bisa dilakukan pada lembaga tertentu yang yang memberikan kemudahan dalam melaksanakannya. Akan tetapi dikatakan mudah bukan berarti tidak melewati proses panjang yah sobat.

Untuk memberikan dan menerima pinjaman ada proses yang signifikan kompleks harus dilakukan untuk menghindari terjadinya kerugian antara kedua belah pihak. Jika kamu menemukan lembaga yang menyediakan pinjaman dengan proses yang instan, hati-hati karena hal tersebut bisa menjadi bagian dari penipuan.

Lembaga Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Tempat gadai sertifikat rumah bisa dilakukan dimana saja, namun tidak semua tempat dapat diproses cepat dan aman. Jika kamu membutuhkan dana yang cepat, berikut tempat gadai sertifikat rumah 1 hari cair yang bisa dikunjungi :

Pusat Gadai Indonesia

Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair
Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Pusat gadai Indonesia merupakan tempat pegadaian yang diolah oleh pihak swasta. Pusat gadai Indonesia sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga aman untuk melakukan piminjaman dana dengan menggadaikan barang/aset.

Saat memilih tempat gadai sertifikat rumah tentu kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti jangka waktu proses pengajuan dan syarat yang diperlukan. Selain itu keuntungan yang dapat diterima saat melakukan pengajuan juga perlu di pertimbangkan.

Berikut keunggulan gadai sertifikat rumah 1 hari cair melalui pusat gadai Indonesia :

  • Proses pengajuan yang cepat (Sekitar 10 menit)
  • Persyaratan yang mudah untuk di persiapkan (KTP dan barang yang akan digadaikan)
  • Biaya jasa 5% per 14 hari
  • Jumlah harga gadai yang tinggi.

Cara Mengajukan Pinjaman ke Pusat Gadai Indonesia

Untuk melakukan gadai sertifikat rumah cair 1 har bisa kamu lakukan melaui aplikasi atau datang langsung ke kantor pusat gadai Indonesia.  Namun jika memang butuh cepat akan lebih efektif jika langsung mengunjungi kantornya.

  1. Silahkan datang ke lokasi kantor pusat Gadai Indonesia
  2. Bawa barang yang akan digadaikan (dalam hal ini sertifikat rumah)
  3. Kemudian petugas akan melakukan verifikasi untuk mendapatkan nilai maksimal yang bisa di pinjam oleh debitur
  4. Jika kamu setuju silahkan isi beberapa daftar pertanyaan seperti tenor pembayaran, besaran dana, serta penjelasan skema pembayaran lainnya.
  5. Tunggu proses sekitar 1 jam untuk verifikasi apakah permintaan yang kamu ajukan diterima atau tidak.
  6. Jika diterima, maka petugas akan menjelaskan secara lengkap mengenai proses gadai
  7. Jika sudah sesuai langkah terakhir adalah menanda tangani perjanjian kontrak gadai.

Mungkin saja kamu tertarik menggunakan pusat gadai Indonesia sebagai tempat gadai sertifikat rumah 1 hari cair, disini kamu melampirkan konta yang bisa dihubungi untuk mengetahui info lebih lanjutnya :

No. Hp CS : 021 53 666 333

No.WA : +628119393800

Website : Pusat Gadai Indonesia 

Pegadaian

Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair
Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Pegadaian milik negara meupakan tempat pegadaian yang menyediakan layanan gadai yang aman dan terpercaya. Terdapat 2 jenis pegadaian yaitu pegadaian biasa dan pegadaian syariah. Jadi bagi kamu yang khawatir adanya Riba, melalui pegadaian syariah bisa dipertimbangkan.

Sama seperti tempat gadai sertifikat rumah 1 hari cair yang sebelumnya, pegadaian juga sudah dilengkapi dengan aplikasi yang bisa di akses secara online. Pegadaian menawarkan tenor mulai dari 12, 24, hingga 36 bulan dengan nominal pinjaman Rp1000000 hingga Rp200000000.

Hal menarik dari pegadaian adalah angsuran pinjaman dapat dilunasi kapan saja atau membayar angsuran sedikit demi sedikit. Jika kamu tertarik melakukan gadai sertifikat rumah 1 hari cair di pegadaian, berikut ketentuan nasabah yang perlu kamu tahu :

  • Dokumen pribadi (KTP dan KK)
  • PBB dan IMB (Pinjaman diatas 50 juta)
  • SK karyawan dari atasan (POLRI dan TNI)
  • Izin praktek kerja
  • Surat izin usaha (pelaku usaha)
  • Usia minimal 21 tahun saat pengajuan gadai dan maksimal 65 tahun saat pelunasan pinjaman

Selain ketentuan nasabah, ada ketentuan jaminan juga untuk melanjutkan proses gadai sertifikat rumah diantaranya :

  • Tanah produktif dengan lokasi yang mudah dijangkau
  • Status tanah tidak bermasalah
  • Jarak dari SUTET minimal 20 meter
  • Lokasi tanah berada diwilayah kantor pegadaian yang sama
  • Memiliki IMB (Pinjaman lebih dari 50 juta)
  • Tidak termasuk daerah banjir/bencana lain dalam 2 tahun terakhir

Cara Mengajukan Pinjaman ke pegadaian :

  • Silahkan mengunjungi kantor pegadaian dengan membawa dokumen persyaratan serta jaminan untuk mendapatkan pinjaman
  • Berkas yang sudah dipersiapkan akan di verifikasi oleh petugas pegadaian
  • Survei lokasi
  • Menunggu keputusan apakan pengajuan diterima atau tidak
  • Jika pengajuan diterima maka dana yang kamu pinjam akan di berikan dalam bentuk tunai/transfer.

Koperasi

Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair
Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Koperasi merupakan tempat yang umum didatangi jika ingin melakukan pinjaman. Kamu dapat menggadaikan surat rumah untuk mendapatkan dana yang kamu butuhkan dengan cepat, hanya saja melalui koperasi kamu akan dikenakan bunga yang cukup tinggi.

Syarat sertifikat rumah yang bisa digadaikan :

  • Sertifikat rumah atas nama milik sendiri dan berstatus aman ( tidak sengketa atau tidak sedangkan dijaminkan)
  • Rumah layak huni dan tidak dalam kondisi rusak/terkena bencana alam
  • Jumalah pinjaman yang diajukan sesuai dengan nilai jaminan yang diserahkan
  • Sertifikat rumah diurus dan diterbitkan oleh badan pertahanan nasional (BPN)
  • Kelengkapan dokumen prbadi seperti KTP, bukti kepemilikan rumah dan NPWP.
  • Pemilik rumah mengisi formulir aplikasi dan menanda tangani perjanjian gadai.

Selain syarat diatas, beberapa lembaga keuangan seperti bank juga akan menetapkan syarat tambahan sesuai kebijakan masing-masing.

Multi Finance

Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair
Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Multi Finance merupakan perusahaan jasa keuangan yang menyediakan layanan pinjam lebih cepat. Multi finance terdiri dari beberapa perusahaan seperti Baf finance, FIF, Wom, Keeditplus, Adiran, dan BFI Finance.

Dengan kemudahan yang diberikan, perusahaan tersebut juga memiliki beberapa kekurangan yaitu bunga pinjaman yang cukup tinggi. Adapaun syarat nasabah yang harus dipenuhi jika kamu tertarik mencoba gadai sertifikat rumah 1 hari cair dari perusahaan ini adalah :

  • Usia 21 sampai 60 tahun
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Sstsatus tempat tinggal dirumah sendiri, atau kontrakan tahunan
  • Profesi karyawan minimal 2 tahun/ Wiraswasta minimal 2 tahun

Selanjutnya jika kamu sudah terpenuhi menjadi calon debitur, hal yang perlu diketahui yaitu syarat jaminan (rumah) yang bisa di pertimbangkan :

  • Memiliki akses berkendaraan
  • Tidak dekat dengan SUTET dan kuburan
  • Kondisi rumah berupa bangunan permanen
  • Berada disekitar kompleks pemukiman warga/ ramai penduduk
  • Jenis sertifikat adalah SHM /SHGB atas nama sendiri/pasangan.

Bank

Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair
Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Bank menjadi lembaga keuangan yang paling banyak digunakan untuk melakukan pinjaman dengan menggadai sertifikat rumah. Tenor yang ditawarkan pihak bank juga cukup lama yaitu mulai dari 1 sampai 10 tahun. Berikut syarat umum untuk mengajukan pinjam di bank :

  • Memiliki penghasilan tetap
  • Keterangan penghasilan/ slip gaji
  • Berusian 21 tahun datau sudah menikah
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Melampirkan KK, KTP, akta kelahiran dan akta nikah
  • Memiliki jaminan dalam bentuk properti dengan kondisi baik 100%
  • Sertifikat yang sudah balik nama
  • NPWP
  • Formulir kredit pengguna
  • Bukti kwitansi DP

Prosedur melakukan pinjaman menggunakan sertifikat rumah sebagai berikut :

  • Lengkapi semua dokumen yang diperlukan
  • Kunjungi bank yang akan menjadi tempa mengajukan gadai sertifikat rumah 1 hari cair
  • Petukas akan memeriksa setiap dokumen yang sudah di bawa
  • Jika persyaratan yang diminta sesuai, maka pinjaman akan disetujui
  • Silahkan menunggu, pencairan dana dalam proses.

Resiko Gadai Sertifikat Rumah

Menggadaikan rumah memang membantu kamu untuk mendapatkan pinjaman dana dengan cepat. Akan tetapi tentu ada resiko yang harus diterima oleh seorang debitur, diantaranya :

  • Sertifikat Rumah Ditahan

Jika sertifikat rumah ditahan oleh pihak yang sudah terdaftar di Ojk memungkinkan sertifikat rumah akan aman. Namun jika debitur tidak menyelesaikan tanggung jawabnya membayar pinjaman sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan maka akan beresiko terjadi pelelangan rumah.

  • Membayar Bunga Pinjaman

Membayar bunga pinjaman adalah resiko yang lazim dialami oleh debitur. Dimana setiap bunga yang dibebankan tergantung pada tenor yang dipilih. Jika debitur membayar pinjaman lebih cepat dari waktu yang dipilih akan dikenakan penalti/denda, sedangkan jika terlambat membayar debitur akan tetap membayar sesuai jumlah pinjaman dan jumlah bunga yang dibebankan.

  • Rumah Tidak Bisa di Jual

Rumah yang sudah dijaminkan tidak akan bisa dijual lagi meski kamu mendapat penawaran tinggi. Namun untuk memperoleh penghasilan lebih, kamu bisa menyewakan rumah tersebut. Tindakan tersebut aman dilakukan berdasarkan undang-undang hukum perdata pasa 570 yang menyatakan bahwa dengan memiliki hak milik, ini berarti anda memiliki hak untuk leluasa berbuat terhadap barang tersebut.

  • Penipuan

Penipuan sering terjadi jika debitur salah memilih lembaga untuk meminjam uang. Hati-hati terhadap penyerahan dokumen asli kepada pihak penyedia pinjaman. Saat mengajukan pinjaman biasanya debitur hanya memberikan fotocopy terlebih dahulu untuk kelengkapan dokumen, jika sudah disetujui baru mengirimkan dokumen asli.

Beberapa prosedur yang harus dilakukan dalam gadai sertifikat rumah :

Aksi Deskripsi Singkat
Persiapkan Dokumen Siapkan dokumen yang diperlukan, seperti sertifikat rumah asli, KTP, KK, PBB, dan dokumen pendukung lainnya.
Kunjungi Lembaga Gadai Kunjungi lembaga gadai terdekat seperti Pegadaian, Adira, atau lainnya.
Pengajuan Gadai Ajukan gadai sertifikat rumah Anda. Biasanya Anda perlu mengisi formulir pengajuan dan menyerahkan dokumen asli yang diperlukan.
Penilaian Lembaga gadai akan melakukan penilaian terhadap sertifikat rumah Anda. Penilaian ini biasanya mencakup nilai tanah, bangunan, dan lokasi rumah.
Pencairan Dana Jika penilaian selesai dan persyaratan gadai disetujui, proses pencairan dana bisa dilakukan. Ini bisa selesai dalam satu hari, tergantung pada kebijakan lembaga gadai.

Penutup

Lembaga Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair
Lembaga Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair

Sekian penjelasan seputar gadai sertifikat rumah 1 hari cair. Pastikan kamu menggadaikan sertifikat rumah dengan mengikuti tips aman diatas agar terhindar dari hal yang menyebakan kerugian.

 

Related Post

Tinggalkan komentar