Info Harga Kain Flanel Per Lembar dan Per Meter di Pasaran

Rohma Dearni

Harga Kain Flanel Per Lembar dan Per Meter – Dalam produksi kerajinan tangan, spesifikasi bahan dan harga merupakan informasi yang dibutuhkan, seperti pencarian harga kain flanel lalu jenis yang dibutuhkan untuk menghasilkan karya luar biasa

Sebelum melakukan pembelian, sebaiknya kamu mengetahui harga dan bahan kain flanel yang biasa kita gunakan agar tidak tertipu dengan harga mahal namun mendapatkan barang yang mengecewakan, sebab kualitas besar pengaruhnya terhadap persentase penjualanmu.

Lantas berapakah harga kain flanel? jawabanya berbeda-beda ya sobat. Karena kain yang berkualitas akan memengaruhi harga begitupun sebaliknya, untuk itu putuskan jenis kain pilihanmu setelah tuntas membaca artikel ini.

Apa itu Kain Flanel?

Kain Flanel
Kain Flanel/ Sumber: cleanipedia.com

Melansir dari Wikipedia flanel adalah sebuah kain tenun lembut yang memiliki berbagai tingkat kelembutan. Flanel awalnya terbuat dari wol carded atau benang worsted, tapi kini kerap terbuat dari wol, katun dan serat sintetis.

Kain Flanel dibuat tanpa proses tenun, kain ini merupakan hasil dari pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan tekstur yang beragam. Karena itu, harga kain flanel berbeda-beda, hal tersebut didasarkan oleh bahan sehingga memengaruhi kualitas dan ketebalan kain.

Ciri Khas Kain Flanel

Produk berbahan flanel saat ini mudah ditemukan, karena bahan ini lebih diandalkan pengrajin tangan, jangan sampai salah ya sobat pastikan mereka kain flanel melalui ciri berikut :

  1. Berserat seperti kapas
  2. Kain mudah dibentuk sesuai selera, pinggiran kain tidak perlu dijahit karena kain digunting membuatnya tetap rapi
  3. Memiliki ketebalan diantara 2 sampai 5 cm tergantung bahan utama
  4. Kain sedikit kaku

Jenis dan Harga Kain Flanel

Berikut beberapa jenis dan harga kain flanel, masing dari mereka memiliki kelebihan yang tentunya akan mempengaruhi harga kain.

  • Flanel Akrilik

Harga kain Flanel Akrilik
Flanel Akrilik

Flanel akrilik merupakan jenis bahan yang terbuat dari sejenis serat plastik. Kain ini memiliki tekstur yang padat, kualitasnya akan terlihat saat kain mudah berbulu. Walaupun demikian, disaat kamu hendak membeli kain ini harganya beragam, salah satu penyebabnya karena dipasarkan dengan ukuran berbeda-beda.

Salah satu kelebihan kain flanel dijual potongan, hal tersebut memungkinkan pengrajin menyediakan stok bahan dengan ukuran dan warna yang berbeda-beda. Untuk harga kain flanel akrilik mulai dari Rp 2.000 sampai Rp 25.000.

  • Flanel Bamboo

Jika akrilik terbuat dari serat plastik untuk flanel bamboo terbuat dari serat bambu dan kayu. Karena itu, jenis flanel bamboo lebih mudah terurai daripada flanel lainya. Kain ini memiliki peminat yang tinggi, walaupun demikian masih sulit untuk menemukanya di pasaran Indonesia. Untuk harga kain flanel bombo ukuran 24 x 24 meter sekitar Rp 9.500.

  • Flanel Wool

Kain flanel wool
Kain Flanel Wool

Jika berkeinginan menghasilkan kerajinan berkualitas tinggi, silangkan gunakan flanel wool karena mengandung 100 persen wool. Salah satu cara untuk memastikan kain berjenis wool kamu bisa melihat dari serat dan ketebalan kain tersebut.

Karena hal tersebut, pembuatan kemeja diutamakan dengan bahan flanel wol, kain ini biasanya dijual dengan lebar 0,5 meter polos maupun dengan motif kotak. Untuk harga flanel wool sekitar Rp 10.000- Rp 200.000

Baca juga artikel lainya disini Harga Bolu Siliwangi Semua Varian Rasa dan ukuran

  • Flanel Polyester

Jika kamu melihat kain flanel mengkilat dan permukaanya lebih licin mereka masuk dalam jenis flanel polyester. Sekilas kamu akan menganggap kain ini masuk dalam katogori akrilik, karena bentuk dan harga tidak jauh berbeda, untuk memastikanya kamu perlu memperhatikan lalu merabanya.

  • Flanel Blend

Flanel Blend
Flanel Blend

Sesuai dengan namanya, kain blend merupakan perpaduan antara wol domba dan rayon. Untuk persentase keduanya tidak bisa dipastikan, hanya saja untuk memastikan kain dalam kategori blend terlihat kain lebih padat dan tidak mudah melar.

Karena kain ini sangat berkualitas, membuatnya dijual dalam toko-toko besar dengan harga yang sedikit melejit  bahkan untuk ukuran permeternya sekitar Rp 87.000 .

Selain lima jenis kain flanel diatas, ada juga kain flanel yang digunakan untuk pertanain hidroponik sehingga disebut flanel hidroponik, digunakan sebagai alat menyalurkan nutrisi yang dilarutkan dalam air agar mencapai akar tumbuhan. Untuk fungsi hidroponik tidak ada jenis khusus yang harus digunakan, dapatkan kain flanel dengan harga Rp 15.000/50 pcs.

Daftar Harga Kain flanel Beserta Ukuran yang Tersedia

Seperti yang kami jelaskan kain flanel mudah didapatkan dengan harga bersahabat, namun tak menutup kemungkinan sobat mendapatkan harga yang lebih terjangkau maupun lebih mahal dari yang kami sebutkan diatas.

Salah satu faktor penyebabnya mungkin kualitas produk, sebagai acuan kami berikan tabel harga kain flanel dengan ukuran yang biasa dijual dipasar maupun marketplace lainya :

Jenis Kain Flanel Ukuran Harga
Kain Flanel Akrilik 24 x 24 cm Rp 5.700
100 x 94 cm Rp 25.000
Kain Flanel Bamboo 24 x 24 cm Rp 9.500
100 x 94 cm Rp 89.000
Kain Flanel Hidroponik 2 x 23 cm, 50 Pcs Rp 15.000
Kain Flanel Semi Wool Bermotif 100  x 94 cm Rp 73.600
kain Flanel Wool Polos 24  x 24 cm Rp 10.000
100  x 94 cm Rp 200.000
Kain Flanel Blend 24  x 24 cm Rp 7.950
100  x 94 cm Rp 87.000
Kain Flanel polyester 24  x 24 cm Rp 7.000
90 x 100 cm Rp 22.000

Berikut ini rangkuman harga kain flanel per lembar selain itu ada juga harga kain flanel per meter atau kamu ingin harga kain flanel 1 lembar kecil tersedia juga kain flanel polos per meter.

Informasi di atas kami peroleh dari berbagai sumber, salah satunya situs jual beli online. Oleh karena itu, besar kemungkinan terjadinya perubahan harga tergantung dengan kebijkaan toko, namun perubahan harga biasanya tidak jauh berbeda dari tabel yang telah kami sajikan. Silahkan kunjungi toko terdekat untuk memastikanya.

Penutup

Harga Kain Flanel Per Lembar dan Per Meter
Harga Kain Flanel Per Lembar dan Per Meter

Demikian informasi mocipay mengenai harga kain flanel perlembar hingga meteran yang bisa kamu temukan di toko terdekat. Sebagai pengingat harga kain akan berbeda-beda, tergantung kualitas dan kebijakan penyedia, semoga informasi diatas bermanfaat.

Related Post