Review

Apakah Chipset Mediatek Helio P35 Bagus Untuk Game: Simak Penjelasannya Terbaru 2024

Pertanyaan apakah chipset mediatek helio P35 bagus untuk game kini menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat terutama mereka yang gemar bermain game.

Impian semua orang saat bermain game adalah tidak lelet, batre hemat dan tidak mudah panas, maka tidak heran jika banyak yang bertanya apakah chipset mediatek helio P35 bagus untuk game.

Mengenal Chipset Mediatek Helio P35

Apakah Chipset Mediatek Helio P35 Bagus Untuk Game
Chipset Mediatek Helio P35

Sebelum lanjut ke apakah chipset mediatek helio P35 bagus untuk game, mari kita bahas dulu apa sih mediatek helio P35 itu? Jadi mediatek helio P35 adalah salah satu prosesor ternama yang memiliki banyak sekali kelebihan dan menjadi salah satu pilihan chipset pada beberapa perangkat.

Chipset mediatek helio P35 ini juga merupakan salah satu prosesor yang memiliki kombinasi dengan GPU PowerVR yang bertanggungjawab pada kinerja aktivitas gaming sehingga akan membantu para pemain bermain game.

Chipset mediatek helio P35 ini menawarkan harga lebih terjangkau dari prosesor lain, selain itu dari sisi frame rate sendiri prosesor tersebut dapat menghasilkan nilai 9 sampai 33fps. 

Kelebihan Dan Kekurangan Chipset Mediatek Helio P35

Sebelum membahas apakah chipset mediatek helio P35 bagus untuk game kamu perlu tahu meskipun chipset mediatek helio P35 dikenal sebagai salah satu prosesor ternama dan bagus, namun tetap saja memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, diantaranya adalah berikut ini:

Kelebihan Chipset Mediatek Helio P35

Berikut ini adalah beberapa kelebihan Chipset Mediatek Helio P35:

  1. Membuat baterai tahan lama dan tidak patah-patah
  2. Memiliki simpul FinFET 12nm canggih milik TSMC dengan depalapan corenya semua core cortex-A53 yang memiliki clock 2.3GHz.
  3. Memiliki GPU powerVR GE8320 dengan clock 680MHz
  4. Mendukung tampilan FHD+ dan rasio aspek 20:9
  5. Mendukung RAM LPDDR3 dan LPDDR4x (4GB dan 6GB) dan eMMC 5.1
  6. Mendukung dual kamera 13MP dan kamera tunggal 25MP
  7. Memiliki hardware depth engine untuk mengolah dan menghasilkan gambar bokeh tingkat profesional
  8. Memiliki electronic image stabiliation (EIS) dan rolling shutter compensation (RSC) yang menghapus efek jello (efek condong sebagian) saat merekam objek yang bergerak cepat
  9. Mendukung Al face ID (Face Unlock), album pintar, dan pengurangan noise multiframe.
  10. Memiliki wifi dual-band, bluetooth 5.0 VoLTE dan ViLTE
Baca Juga :  Harga 1 Koin Tiktok Setara dengan $0.005, Berapa Rupiah?

Kekurangan Chipset Mediatek Helio P35

Berikut ini adalah beberapa kekurangan Chipset Mediatek Helio P35:

  1. Bisa panas jika terlalu lama digunakan tanpa henti
  2. Chipset ini masih belum mampu memainkan game berat seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact
  3. Tidak mampu menghandle grafis game berat
  4. Hanya bisa memainkan dalam mode smooth dan mediaum yang dimana merupakan mode terendah

Apakah Chipset Mediatek Helio P35 Bagus Untuk Game

Apakah Chipset Mediatek Helio P35 Bagus Untuk Game

Jika kamu bertanya apakah chipset mediatek helio P35 bagus untuk game maka berdasarkan penjelasan tentang kekurangan dan kelebihan chipset mediatek helio P35 diatas harusnya kamu sudah bisa menyimpulkan jawaban dari apakah chipset mediatek helio P35 bagus untuk game tersebut.

Yang dimana chipset mediatek helio P35 bagus untuk game di mode rendah atau game ringan seperti misalnya mobile legend, kamu tidak akan mengalami kendala lag atau ping merah asalkan jaringan kamu bagus.

Namun jika kamu bertanya apakah chipset mediatek helio P35 bagus untuk game PUBG mobile atau Gensin Impact maka jawabannya adalah bagus pada perangkat tertentu saja dan tidak dijamin, karena game PUBG mobile atau Gensin Impact termasuk kategori game berat.

Jenis-Jenis Chipset Mediatek

Setelah mengetahui jawaban dari apakah chipset mediatek helio P35 bagus untuk game, saatnya kamu harus mengenal jenis-jenis chipset mediatek antara lain sebagai berikut:

Mediatek Helio Series

Mediatek helio series memiliki 4 fraksi yang merupakan chipset 4G yaitu:

  • Helio X series => SoC yang dirancang untuk Hp kelas atas
  • Helio A series => Di rancang untuk Hp kelas entri
  • Helio P series => Di rancang untuk Hp kelas menengah yang mengutamakan kemampuan multimedia dan efisiensi daya
  • Helio G series => Di rancang untuk Hp yang khusus tren gaming
Baca Juga :  10+ Rekomendasi Helm Untuk Wanita Berhijab: Kualitas Premium dan Paling Banyak Diminati!

Mediatek Dimensity

Mediatek dimensity merupakan chipset yang menggabungkan konsep pintar dan performa dengan dukungan jaringan 5G. Selain itu juga menggabungkan konektivitas, multimedia, AL serta inovasi untuk kualitas gambar yang baik sehingga chipset ini menjadi chipset unggulan dengan jaringan 5G nya.

Mediatek dimensity ada beberapa jenis atau seri, diantaranya adalah Mediatek dimensity 700 series, Mediatek dimensity 800 series, Mediatek dimensity 900 series, Mediatek dimensity 1000 series.

Dimana saat ini Mediatek dimensity 700 dan Mediatek dimensity 800 Series diganti dengan Mediatek dimensity 6000 Series yang menaungi chipset-chipset 5G kelas terjangkau. Mediatek dimensity 900, yang sebelumnya berisi chipset 5G kelas menengah, diganti dengan Mediatek dimensity 7000 Series.

Lalu ada Mediatek dimensity 8000 Series sebagai substitusi Mediatek dimensity 1000 Series yang dihuni chipset 5G kelas menengah atas alias premium midrange. Terakhir ada Mediatek dimensity 9000 Series yang merupakan representasi dari chipset 5G kelas flagship.

Mediatek Seri Lawas

Chipset mediatek seri lawas merupakan chipset yang menggunakan nama MT dengan diikuti dengan 4 angka dan memiliki beberapa model yang pernah dirilis diantaranya adalah meiatek MT6753, mediatek MT6752 dan mediatek MT6750.

Yang dimana ketiganya chipset ini merupakan chipset kelas menengah pada masanya karena punya sejumlah fitur yang keren seperti CPU octa-core, konektivitas 4G CAT6 dan teknologi fast charging pump express.

Selain itu chipset mediatek seri lawas juga punya model yang masuk ke segmen kelas entri seperti mediatek MT6737 dan mediatek MT6735 yang banyak digunakan oleh produsen Hp lokal.

Jenis Mediatek Terbaik

Jika berbicara tentang chipset terbaik maka biasanya akan mengacu pada yang memiliki performa dan fitur paling canggih. Saat ini mediatek memiliki beberapa chipset yang dianggap terbaik dalam segmen tertentu, diantaranya sebagai berikut:

Baca Juga :  9 Manfaat Yogurt Cimory Untuk Kesehatan Tubuh

Mediatek Dimensity 1000 Series

Chipset ini menawarkan performa tinggi dengan dukungan 5G dan sering digunakan dalam ponsel pintar kelas atas. Chipset ini juga dilengkapi dengan teknologi berforma tinggi seperti hyperengine 2.0, miravision video & display dan dukungan refresh rate 144 Hz serta mendukung video 4K HDR dan fitur mediatek APU 3.0 untuk kebutuhan AI

Mediatek Dimensity 1200

Chipset ini adalah chipset 5G terbaru dari MediaTek yang menawarkan performa yang kuat untuk ponsel pintar kelas menengah hingga atas yang dirancang proses fabrikasi 6m dan mempunyai kinerja 22% lebih kuat dan efisiensi daya hingga 25% dibandingkan mediatek dimensity 1000.

Chipset ini terbagi jadi tiga cluster. Kluster pertama adalah tiga core ARM Cortex-A78 2,6 GHz untuk performa kencang, kluster kedua satu core ARM Cortex-A78 3 GHz untuk performa lebih kencang, dan kluster ketiga adalah empat core ARM Cortex-A55 2 GHz untuk hemat daya. Sementara prosesor grafis yang ada di chipset ini adalah ARM Mali-G77 MC9.

Mediatek Dimensity 1100

Sebagai varian yang sedikit lebih terjangkau dari Dimensity 1200, chipset ini juga menawarkan kinerja yang solid dengan dukungan 5G.Chipset ini menggunakan dua kluster yaitu empat Core Cortex-A78 yang berjalan di 2,6GHz dan empat Core Cortex A55 2.0 GHz dan mendukungan untuk layar 144 Hz dan sensor kamera hingga 108 MP.

Mediatek Dimensity 9000 Series

Chipset ini ditujukan untuk ponsel pintar kelas menengah dengan dukungan 5G dan performa yang baik dengan fabrikasi 4 nm dan terdiri dari tiga kluster seperti 1-core Cortex X2 dengan clock-speed 3,05 GHz, 3-core Cortex A710 dengan clock-speed 2,85 GHz, dan 4-core efisiensi Cortex A510 dengan kecepatan 1,8 GHz.

Dan untuk GPU di dalamnya adalah GPU Mali G710 dengan 10-core yang sudah dilengkapi teknologi HyperEngine 5.0. Fitur ini menggunakan akselerasi AI untuk mengoptimalkan grafis sekaligus mengurangi beban GPU.

Akhir Kata

Apakah Chipset Mediatek Helio P35 Bagus Untuk Game
Apakah Chipset Mediatek Helio P35 Bagus Untuk Game

Nah, jika kamu masih kebingungan dan bertanya apakah chipset mediatek helio P35 bagus untuk game maka moci akan bilang bagus namun tidak untuk game yang berkapasitas tinggi.

Demikianlah artikel tentang apakah chipset mediatek helio P35 bagus untuk game, semoga bisa menambah pengetahuan dan pemahaman kamu serta bisa menjawab rasa penasaran kamu tentang apakah chipset mediatek helio P35 bagus untuk game.

Back to top button