Review

Kenapa DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay? Ternyata ini 7 Penyebab Lengkap Cara Mengatasinya!

Kendala terkait DANA tidak bisa top up ShopeePay masih sering kali terjadi dan mempengaruhi pengalaman transaksi pengguna. Pemicu masalah demikian dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Apa sajakah faktor-faktor penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya? 2 jawaban dari pertanyaan tersebut akan anda temukan dalam penjelasan kami dibawah ini.

Sekilas Mengenal DANA dan ShopeePay

Sekilas tentang DANA dan ShopeePay
Sekilas tentang DANA dan ShopeePay

Sebelum lanjut membahas tentang alasan kenapa DANA tidak bisa top up ShopeePay, terlebih dahulu kami akan mengajak anda untuk mengenal sekilas tentang layanan DANA dan ShopeePay.

  • DANA

DANA adalah salah satu aplikasi e-wallet atau dompet digital yang memungkinkan pengguna untuk bisa menyimpan uang secara digital serta melakukan berbagai transaksi seperti transfer, terima uang, selesaikan pembayaran, melakukan berbagai pembelian, dan masih banyak lagi.

DANA memiliki berbagai keuntungan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki limit gratis transfer semua bank sebanyak 10 kali dalam sebulan
  2. Dapat menjadi dompet digital yang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi dengan mudah hanya melalui ponsel
  3. Menjadi salah satu alat pembayaran digital yang aman dan terpercaya
  4. Top Up saldo dana dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti: melalui Alfamart/Alfamidi, Top Up melalui Bank, berbagai E-wallet lainnya, dll)
  5. Memungkinkan juga digunakan untuk melakukan penarikan uang melalui Alfamart/ Alfamidi dan pegadaian.
  • ShopeePay

ShopeePay merupakan salah satu fitur Shopee yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran ketika berbelanja atau melakukan suatu pembayaran di aplikasi Shopee.

Namun tak hanya untuk keperluan berbelanja saja, ShopeePay juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan transaksi lainnya, seperti pembelian pulsa dan paket, pembayaran tagihan, transfer atau pun menerima uang, dan masih ada lagi yang lainnya.

Baca Juga :  6 Perbedaan Scott Emulsion dan Curcuma Plus Serta Cara Penggunaannya

Taukah kamu? ShopeePay memberikan banyak sekali keuntungan. Diantaranya adalah seperti:

  1. Mudah digunakan sebagai metode pembayaran saat berbelanja di Shopee.
  2. Pengguna berkesempatan mendapatkan gratis transfer hingga 10x per bulan ke semua jenis Bank, dengan minimal transfer yaitu Rp50.000.
  3. Pembelian barang dari Shopee yang menggunakan metode pembayaran via ShopeePay akan gratis admin.
  4. Pembayaran menggunakan Shopeepay dapat memberikan peluang bagi pengguna untuk mendapatkan berbagai voucher dan potongan.
  5. ShopeePay sebagai dompet digital yang memudahkan segala kebutuhan transaksi kamu!

Apakah Bisa Top Up ShopeePay dari DANA?

Aplikasi DANA secara langsung memang tidak menyediakan fitur untuk melakukan top up saldo ke ShopeePay. Hal ini kerap membuat banyak orang awam bertanya-tanya, apakah bisa top up ShopeePay dari DANA?

Jawabannya, bisa. Namun ada sejumlah langkah-langkah yang harus anda pahami. Selengkapnya bisa anda perhatikan berikut ini.

Cara Top Up ShopeePay melalui DANA

Cara Top Up ShopeePay melalui DANA
Cara Top Up ShopeePay melalui DANA

Top up ShopeePay lewat DANA dapat dilakukan melalui sejumlah urutan langkah seperti berikut ini:

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee anda
  2. Klik menu ShopeePay, dan pilih Isi “Isi Saldo
  3. Pilih metode pembayaran melalui Transfer Bank
  4. Pilih salah satu Bank dari daftar Bank yang tampil (opsional)
  5. Klik Konfirmasi, maka akan muncul nomor Virtual Account. Salinlah nomornya
  6. Beralih ke buka aplikasi DANA. Kliklah menu “Kirim” pada halaman utama
  7. Pilih “Kirim ke BANK” dan klik “Tambah Rekening Baru
  8. Pilihlah Bank yang kamu pilih sebelumnya di ShopeePay
  9. Kemudian masukkan nomor Virtual Account yang sudah kamu salin tadi
  10. Masukkan nominal yang akan kamu top up ke ShopeePay
  11. Setelah itu, masukkan PIN DANA anda untuk konfirmasi
  12. Tunggu hingga transaksi berhasil
  13. Cek saldo ShopeePay pada aplikasi Shopee anda.

Kenapa DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay?

Kenapa DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay
Kenapa DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay

Setelah mengetahui beberapa informasi diatas, selanjutnya kami akan menjelaskan beberapa alasan kenapa DANA tidak bisa top up ShopeePay. Yuk, lihat selengkapnya berikut ini!

1. DANA dan ShopeePay belum di Upgrade

Penyebab yang pertama adalah karena akun DANA dan ShopeePay belum di upgrade. Tapi sebenarnya ini tergantung nominal top up saldo yang anda lakukan sih ya gaes.

Baca Juga :  6 Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Gear 125: Wajib Diketahui Sebelum Membeli!

Jika jumlah top up kamu lebih besar dari limit transfer pada akun DANA anda yang sebelum di upgrade, maka transaksi otomatis akan gagal. Demikian juga dengan ShopeePay akan gagal menerima saldo, jika jumlah uang yang dikirim dari DANA melebihi limit saldo masuk pada akun ShopeePay.

  • Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay karena belum Upgrade

Cara mengatasi kendala seperti ini yaitu dengan mengupgrade akun DANA maupun ShopeePay. Dengan upgrade akun, kamu bisa mendapatkan limit transfer maupun saldo masuk yang lebih besar.

Cara upgrade akun DANA dari basic ke premium:

  1. Buka aplikasi Dana anda
  2. Pada halaman utama, tekan lah menu “Verifikasi akun saya”
  3. Ambil foto KTP anda
  4. Kemudian lakukan proses verifikasi wajah
  5. Masukkan nomor KTP kamu
  6. Tunggu hingga proses verifikasi selesai
  7. Setelah akun berhasil di upgrade, limit transfer akan di perbarui dari sebelumnya 2 juta menjadi 20 juta, sedangkan limit saldo masuk dari sebelumnya 20 juta akan naik menjadi 40 juta

Cara upgrade akun ShopeePay dari basic ke ShopeePay Plus:

  1. Siapkan KTP/ KITAS anda terlebih dahulu
  2. Kemudian masuklah ke aplikasi Shopee anda
  3. Pada halaman utama, kliklah menu “ShopeePay” yang berada di bagian atas sebelah kiri
  4. Selanjutnya, pilih “Upgrade Sekarang“
  5. Lalu ketuk tombol “Mulai Verifikasi Wajah“
  6. Kamera HP anda secara otomatis akan diaktifkan, silahkan arahkan wajah anda ke area bingkai foto yang tampak di layar ponsel anda
  7. Langkah selanjutnya, ambillah foto bagian depan KTP/ KITAS anda lalu klik “Konfirmasi“
  8. Lengkapi rincian infomasi yang diminta. Isi sesuai dengan KTP/KITAS yang anda upload. Setelah lengkap semua, tekanlah tombol “Konfirmasi”
  9. Anda akan mendapat pesan konfirmasi dari Shopee mengenai informasi yang anda berikan, apakah sudah sesuai atau belum
  10. Jika anda merasa semuanya sudah sesuai, maka berilah Centang pada kotak ”Saya menyetujui syarat dan ketentuan” untuk melanjutkan proses verifikasi”.
  11. Langkah terakhir, silahkan pilih “Konfirmasi“
  12. Setelah itu, anda tinggal menunggu pihak Shopee memproses upgrade akun ShopeePay anda. Biasanya dalam waktu 1×24 jam.

2. Saldo DANA tidak mencukupi

Kenapa DANA tidak bisa top up ShopeePay bisa juga disebabkan karena saldo DANA tidak mencukupi. Ini merupakan salah satu penyebab yang seringkali terjadi.

  • Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay karena saldo tidak Mencukupi

Periksa ketersediaan saldo sebelum melakukan top up ShopeePay. Pastikan jumlah top up yang dimasukkan tidak melebihi jumlah saldo yang dimiliki. Jika ada biaya admin untuk top up ShopeePay, maka pastikan setelah memasukkan nominal jumlah top up, saldo anda masih ada sisa minimal biasanya Rp2500.

Baca Juga :  13 Fitur Menarik Di Remini Web Gratis Tanpa Watermark

3. Nomor rekening Virtual Account salah

Alasan berikutnya kenapa DANA tidak bisa top up ShopeePay adalah karena kesalahan dalam menginput nomor rekening Virtual Account.

Seperti yang telah ditampilkan sebelumnya, cara top up ShopeePay lewat DANA dilakukan melalui Virtual Account, sebab dalam aplikasi DANA belum ada tersedia fitur transfer ke e-wallet seperti ShopeePay.

  • Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay karena masalah nomor rekening VA

Lakukan top up kembali. Pastikan anda memasukkan nomor Virtual Account dengan benar. Sebaiknya lakukan pemeriksaan terakhir sebelum mengkonfirmasi ke langkah selanjutnya. Selain itu, pastikan juga Bank yang anda masukkan sesuai dengan yang anda pilih pada saat mengajukan top up di ShopeePay.

4. Masalah akun dibatasi atau diblokir

Salah satu yang juga sering menyebabkan kendala top up ShopeePay via DANA adalah karena masalah akun DANA maupun ShopeePay yang dibatasi atau mungkin telah diblokir oleh sistem. Akun dibatasi biasanya disebabkan karena adanya tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna.

  • Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay karena masalah akun

Periksa apakah akun anda bermasalah. Jika iya, maka pulihkanlah terlebih dahulu dengan meminta bantuan pada pihak layanan Customer Service.

5. Gangguan server DANA atau Shopee

Adanya gangguan server pada aplikasi DANA maupun Shopee juga dapat menyebabkan DANA tidak bisa top up ShopeePay. Gangguan ini biasanya terjadi karena 2 faktor. Pertama, karena memang sedang ada masalah pada pusat sistem, dan yang kedua adalah karena sedang dalam pemeliharaan rutin (maintenance).

Pemeliharaan ini dilakukan, tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan sehingga pengguna mendapatkan pengalaman yang memuaskan.

  • Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay karena gangguan server

Jika kendala gagal top up disebabkan oleh gangguan server, maka yang bisa anda lakukan hanya menunggu hingga server kembali pulih.

Untuk memastikan apakah benar sedang ada gangguan server, anda bisa mengecek notifikasi pada laman resmi DANA maupun Shopee. Atau jika top up dilakukan dalam keadaan mendesak, maka anda bisa menghubungi bagian Customer service, DANA: 1500 445 dan  Shopee: 021- 39500300.

6. Masalah koneksi internet

Penyebab DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay
Sumber: aptoide.com

Penyebab DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay yang selanjutnya adalah karena masalah koneksi internet. Baik aplikasi DANA maupun Shopee, penggunaan keduanya sama-sama bergantung pada koneksi internet. Oleh karena itu, pastikan jaringan internet anda stabil saat akan melakukan top up.

  • Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay karena gangguan koneksi internet

Periksa apakah kuota internet anda masih tersedia, pastikan sinyal di ponsel anda bagus. Jika memungkinkan, anda bisa coba mengganti penggunaan jaringan ke WiFi.

7. Masalah pada aplikasi

Terakhir, kendala DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay dapat juga dipicu oleh adanya masalah pada aplikasi DANA maupun Shopee. Masalah yang kerap terjadi disebabkan oleh penumpukan cache aplikasi.

  • Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay karena masalah aplikasi

Cara mengatasinya cukup mudah! Anda hanya perlu menghapus cache pada aplikasi DANA dan juga Shopee. Lalu restart ponsel. Setelah itu, ulangi kembali langkap top up ShopeePay via DANA.

Kesimpulan

Kenapa DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay?
Kenapa DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay?

Dalam menghadapi kendala terkait DANA Tidak Bisa Top Up ShopeePay, penting untuk kita mengetahui terlebih dahulu apa faktor penyebabnya. Dengan demikian, solusi terbaiknya akan lebih mudah ditemukan.

Back to top button