Aplikasi

5 Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram, Ketahui Caranya Disini!

Mengunggah video atau foto status WA pasti sering mengalami kendala, dimana kualitasnya menjadi buram. Tenang! Kini ada Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram yang akan di ulas secara lengkap pada tulisan kali ini.

Terkadang penyebabnya karena adanya filter WhatsApp yang bertugas untuk menurunkan kualitas video atau foto yang di upload. Hal ini biasa terjadi karena ukuran file aslinya sudah melebihi kapasitas maksimal.

Maka dari itu, pada pembahasan kali ini akan akan membantu kamu yang mengalami kendala seperti itu dengan mengandalkan beberapa Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram disini.

Sekilas Tentang WhatsApp atau WA

Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram
Sekilas Tentang WhatsApp

Sebelum mengetahui lebih lanjut aplikasi agar status WA tidak pecah atau buram, ada baiknya mengenali sekilas tentang WhatsApp. WhatsApp atau WA adalah sebuah aplikasi pesan instan yang sangat populer di seluruh dunia yang di beli oleh pemilik Facebook yaitu Mark Zuckerberg pada tahun 2014.

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar, video, teks, panggilan, video call dan pesan suara secara gratis melalui koneksi internet. WhatsApp ini tersedia untuk berbagai platform seperti iOS, Android dan komputer melalui WhatsApp Web.

WhatsApp juga menyediakan berbagai opsi keamanan, termasuk enkripsi end-to-end untuk melindungi privasi pengguna. Hingga sampai saat ini, WhatsApp telah menjadi alat komunikasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari banyak orang, baik untuk percakapan pribadi maupun bisnis.

Penyebab Status WA Menjadi Pecah atau Buram

Sebelum kita membahas beberapa Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram, tentunya kamu pasti penasaran kan penyebab status WA menjadi pecah atau buram?

Beberapa penyebab pada umumnya adalah seperti ukuran file yang terlalu besar, resolusi foto atau video yang ternyata buruk, atau bahkan disebabkan karena versi dari aplikasi WhatsApp mu yang bermasalah.

Maka, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi agar status WA tidak pecah atau buram, kenali lah lebih dulu beberapa penyebab status WA menjadi Pecah atau buram dibawah ini.

Ukuran Video Atau Foto Yang Terlalu Besar

Salah satu penyebab status WA menjadi pecah atau buram adalah tentang ukuran pada file video atau foto yang terlalu besar.

Baca Juga :  10+ Rekomendasi Aplikasi Desain Jersey Futsal di Android dan iOS Terbaik 2024

Sebenarnya ukuran file video atau foto tersebut juga tidak terlalu besar, bahkan masih di rata-rata 5 – 10 MB. Namun, bagi sosial media seperti WhatsApp ini adalah ukuran yang terlampau besar.

Jadi, hal itulah yang membuat WhatsApp  menggunakan sistem auto kompres atau otomatis kompres untuk mengecilkan ukuran pada file, sehingga hasil dari kompresan itu mengalami kualitas yang menurun ketika  status WA berhasil tayang.

Resolusi Awal Rendah

Video atau foto yang kamu unggah menjadi status WA memiliki resolusi awal yang rendah. Maka ketika di unggah, WhatsApp otomatis mengompres nya untuk menghemat ruang pada server mereka sehingga hasilnya kualitas status WA tersebut pun menurun.

Perangkat dan Versi WhatsApp

Perangkat atau versi WhatsApp kamu mungkin juga dapat mempengaruhi status WA menjadi pecah atau buram. Perangkat dengan kamera yang berkualitas rendah atau bahkan versi WhatsApp yang lama (lawas) bisa menyebabkan hasilnya menjadi kurang tajam.

Misalnya saja, pada fitur status di versi WhatsApp terbaru sudah ada perbaikan otomatis pada sistem nya, sementara pada versi sebelumnya tidak, masih ada sedikit bug dan kerusakan. Maka wajar saja apabila kualitas upload akan menjadi buruk.

Koneksi Internet Buruk Atau Lemah Saat Diupload

Kualitas status WA juga dapat terpengaruh oleh koneksi internet yang buruk atau lemah. Jika mengunggah status WA dalam kondisi jaringan yang buruk atau lemah, WhatsApp mungkin lebih cenderung mengompres konten baik itu video atau foto untuk memastikan proses pengunggahan lancar.

File Story WA Pada Galery Yang Terhapus

Yang terakhir, file status WA pada galeri yang terhapus juga dapat mempengaruhi kualitas konten status WhatsApp. Biasanya penyebab yang satu ini memang sangat jarang terjadi karena tidak sering juga seseorang langsung menghapus foto atau video yang mereka unggah ke WhatsApp.

Untuk itu, agar menjaga status WA tidak pecah atau buram sebaiknya untuk tidak langsung menghapus video atau foto konten story WA begitu selesai mengunggah nya. Lebih baik menunggu konten status WA hilang selama 1 hari penuh atau 24 jam.

Kemudian, kamu baru bisa menghapusnya seperti biasa. Karena apabila langsung menghapusnya maka dapat menyebabkan konten status WA akan pecah atau buram.

Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram

Ada begitu banyak aplikasi agar status WA tidak pecah atau buram yang dapat kamu manfaatkan. Aplikasi tersebut sudah bisa ditemukan di Google Play Store. Simak beberapa deretan Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram dibawah ini.

LitPhoto – Compress & Resize

Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram
Aplikasi LitPhoto – Compress & Resize
Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram yang pertama bernama LitPhoto – Compress & Resize. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengompres konten foto agar tidak pecah atau buram lagi.
Sayangnya, aplikasi ini hanya diperuntukkan untuk foto saja sehingga tidak dapat mengurangi ukuran video. LitPhoto – Compress & Resize telah di unduh lebih dari 500 ribu pengguna aktif.
Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup ringan, yakni hanya 4,7 MB saja. Bukan hanya itu, aplikasi ini bisa kamu unduh, install dan gunakan secara gratis. Dengan menggunakan aplikasi LitPhoto, kamu dapat mengompres ukuran fotonya menjadi jauh lebih kecil dari sebelumnya sehingga cocok untuk digunakan.

Berikut langkah-langkah cara menggunakan aplikasi agar status WA tidak pecah dari LitPhoto – Compress & Resize:

  1. Langkah pertama, Buka aplikasi LitPhoto – Compress & Resize.
  2. Pilih Kompres Foto.
  3. Pilih dan masukkan konten foto yang ingin di kompres.
  4. Klik icon centang pada pojok kanan atas.
  5. Lalu, pada menu Compression Option pilih opsi Size.
  6. Lakukan Select Size menjadi 149 KB, jangan lebih ataupun kurang.
  7. Terakhir, unduh foto yang sudah di edit dan upload lah menjadi status WA.
  8. Selesai.
Baca Juga :  9 Aplikasi Jualan Online Tanpa Modal Yang Menjanjikan

Pada tahap ini, kamu telah selesai mengatur foto agar nantinya tidak pesah lagi saat dibuat menjadi status WA.

Link Download Aplikasi LitPhoto – Compress & Resize

Buat kamu yang ingin menggunakan aplikasi agar status WA tidak pecah dari LitPhoto – Compress & Resize dapat mengunduh dan menginstallnya pada link dibawah ini:

Nama Aplikasi LitPhoto – Compress & Resize ✅
Developer coolqoo
Ukuran 4,7 MB
Score 4,8 ★★★★☆
Total Download 500 rb+
Link Download Play Store Klik Disini

Video Compressor Panda Resizer

Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram
Aplikasi Video Compressor Panda Resizer

Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram yang selanjutnya bernama Video Compressor Panda Resizer. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengompres konten video agar tidak pecah atau buram lagi.

Sayangnya, aplikasi ini hanya diperuntukkan untuk video saja sehingga tidak dapat mengurangi ukuran foto. Video Compressor Panda Resizer telah di unduh lebih dari 10 juta pengguna aktif.

Berikut langkah-langkah cara menggunakan aplikasi agar status WA tidak pecah dari Video Compressor Panda Resizer:

  • Langkah pertama, Buka aplikasi Video Compressor Panda Resizer.
  • Pilih dan unggah video yang ingin kamu kompres.
  • Jika sudah, langsung saja Klik Next pada pojok kanan atas.
  • Pada menu Setting atau Pengaturan kompres video, silahkan pilih dengan resolusi ukuran 720P (Small File) atau 1080P (medium file) untuk kualitas HD.
  • Setelah semua diatur, Klik Compress.
  • Tunggu hingga beberapa saat sampai proses kompres nya 100%.
  • Kini video konten status WA sudah jernih dan tidak pecah dan siap untuk di upload ke WhatsApp.
  • Selesai.

Link Download Aplikasi LitPhoto – Compress & Resize

Buat kamu yang ingin menggunakan aplikasi agar status WA tidak pecah dari Video Compressor Panda Resizer dapat mengunduh dan menginstall nya pada link dibawah ini:

Nama Aplikasi Video Compressor Panda Resizer
Developer Farluner Apps & Games
Ukuran 43 MB
Score 4,7 ★★★★☆
Total Download 10 jt+
Link Download Play Store Klik Disini

Menggunakan Fitur Story di Aplikasi Instagram

Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram
Menggunakan Fitur Story di Aplikasi Instagram

Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram berikutnya dapat menggunakan Fitur Story di Instagram untuk membuat status WA menjadi lebih HD atau jernih.

Baca Juga :  Zona Convert : Aplikasi Convert Pulsa Rate Tertinggi 2024

Seperti yang kita ketahui, instagram memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dan canggih. Kelebihan tersebut dapat kamu rasakan jika ingin membuat status WA menjadi lebih jernih dan tidak pecah.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Download dan install aplikasi instagram. Jika kamu sudah memilikinya, silahkan dibuka saja dan masuk ke halaman cerita.
  2. Buat dan edit foto atau video yang ingin kamu upload jadi status WA.
  3. Lalu, bagikan cerita kamu terlebih dahulu.
  4. Klik simpan foto atau video.
  5. Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp atau WA dan masuk ke halaman Status.
  6. Klik icon kamera atau buat status.
  7. Pilih foto atau video yang telah kamu simpan sebelumnya dari instagram tadi.
  8. Klik upload dan kirim.
  9. Kini video konten status WA sudah jernih dan tidak pecah lagi.
  10. Selesai.

Menggunakan Aplikasi TikTok

Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram
Menggunakan Aplikasi TikTok

Selain Instagram, ternyata masih ada Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram yaitu dengan mengandalkan aplikasi TikTok agar membuat status WA menjadi lebih HD atau jernih.

TikTok adalah salah satu platform atau aplikasi hiburan yang berisi konten video musik dimana setiap pengguna bisa membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek.

Berikut langkah-langkah cara menggunakan aplikasi agar status WA tidak pecah dari TikTok:

  • Buka aplikasi TikTok yang sudah kamu download dan install sebelumnya.
  • Lalu ambil foto atau video dari galeri ponsel-mu dengan menggunakan aplikasi TikTok.
  • Setelah itu, lakukan sedikit editan menggunakan efek atau filter untuk mempercantik konten di status WA.
  • Setelah video-nya berhasil di edit, langsung saja sinpan ke galeri kembali.
  • Terakhir, tinggal upload menjadi status WA.
  • Selesai.

Compress Video Size Compressor

Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram
Aplikasi Compress Video Size Compressor

Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram  yang terakhir dapat menggunakan Compress Video Size Compressor untuk membuat status WA menjadi lebih HD dan tidak pecah.

Sebenarnya aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi yang pertama dan kedua. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Compress Video Size Compressor.
  2. Pilih menu Import untuk mengunggah foto atau video yang ingin kamu kompres.
  3. Jika muncul notifikasi, silahkan izinkan untuk mengakses video, foto media lain dari perangkatmu.
  4. Pilih salah satu foto atau video dari perangkatmu dan klik next.
  5. Setelah itu, akan muncul layar pengaturan kompres.
  6. Pada menu Setting atau pengaturan kompres video, silahkan pilih dengan resolusi ukuran 720P (Small File) atau 1080P (medium file) untuk kualitas HD.
  7. Setelah semua diatur, klik Compress.
  8. Kini video konten status WA sudah jernih dan tidak pecah lagi dan siap untuk ditayangkan.
  9. Selesai.

Link Download Aplikasi Compress Video Size Compressor

Buat kamu yang ingin menggunakan aplikasi agar status WA tidak pecah dari Compress Video Size Compressor dapat mengunduh dan menginstallnya pada link dibawah ini:

Nama Aplikasi Compress Video Size Compressor
Developer STCodesApp
Ukuran 14 MB
Score 4,8 ★★★★☆
Total Download 50 rb+
Link Download Play Store Klik Disini

Baca Juga Artikel Terkait ⇒ 6 Cara Upload Story WA HD Android Dengan dan Tanpa Aplikasi Terbaru 

Penutup

Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram
Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram

Itulah beberapa beberapa Aplikasi Agar Status WA Tidak Pecah atau Buram beserta caranya yang dapat kamu download di Google Play Store secara gratis.

Semoga ulasan dan tutorial yang diberikan diatas bisa kamu terapkan dengan baik untuk mengatasi permasalahan video atau foto yang pecah saat digunakan sebagai status WA. Selamat mencoba.

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button