Tutorial

4 Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Menghapus Akun

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun? Kali ini Mocipay akan membantu kamu dengan membagikan caranya, simak artikel ini sampai selesai yaa.

WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi komunikasi yang banyak digunakan, terutama di Indonesia. Apalagi ada banyak sekali fitur yang diberikan oleh aplikasi WhatsApp.

WhatsApp merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk saling berkirim pesan secara instan, dan memungkinkan kita untuk saling bertukar gambar, video, foto, pesan suara, dan dapat digunakan untuk berbagi informasi dan diskusi.

Sebagai informasi tambahan, WhatsApp sudah memberikan dampak budaya yang berbeda bagi masyarakat luas, terutama dalam cara berkomunikasi. Bisa dilihat bagaimana setiap keluarga di Indonesia bisa tersambung dengan yang lain secara mudah.

Pada saat temu keluarga, acaranya juga jadi lebih semarak karena tersambung nya kembali silaturahmi dengan aplikasi WhatsApp.

Cara Keluar Dari WhatsApp Tanpa Menghapus Akun

Cara Keluar Dari WhatsApp Tanpa Menghapus Akun
Cara Keluar Dari WhatsApp Tanpa Menghapus Akun

Aplikasi WhatsApp tak hanya dapat di akses melalui ponsel tapi juga dapat melalui website komputer atau laptop. Saat kamu ingin mengakses WhatsApp dari website, pastikan untuk selalu mengeluarkan agar keamanan dalam mengirim pesan tetap terjaga.

WhatsApp sendiri dalam ketentuannya menyebutkan bahwa pengguna hanya boleh memiliki satu akun saja dengan nomor yang terdaftar pada ponselnya.

Meskipun begitu, ada saja situasi yang membuat pengguna ingin keluar akun WhatsApp, misalnya seperti ponsel kecopetan, ponsel hilang, ingin menjual ponsel, atau ingin ganti akun WhatsApp, dan masalah lainnya.

Masih banyak pengguna WhatsApp yang tidak tau cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun. Padahal cara ini sangat mudah dan praktis. Lantas bagaimanakah cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun? berikut ini beberapa cara yang bisa kamu ikuti.

Baca Juga :  8 Cara Reset Headset Bluetooth Paling Mudah

1. Cara Keluar Dari WhatsApp Tanpa Menghapus Akun Dengan Menghapus Data WhatsApp

Cara Keluar Dari WhatsApp Tanpa Menghapus Akun Dengan Menghapus Data WhatsApp
Cara Keluar Dari WhatsApp Tanpa Menghapus Akun Dengan Menghapus Data WhatsApp

Cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun yang pertama adalah dengan menghapus data di ponsel. Banyak yang belum mengetahui bahwa menghapus data tak hanya digunakan untuk memperbaiki sistem error pada aplikasi atau mengosongkan memori.

Menghapus data ternyata juga bisa dipakai untuk mengeluarkan WhatsApp tanpa harus kehilangan akun aslinya. Berikut ini cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun dengan menghapus data:

  • Buka menu Setelan pada ponsel kamu
  • Kemudian cari dan buka menu Aplikasi
  • Setelah itu pilih WhatsApp
  • Klik Paksa Berhenti atau Force Stop
  • Klik Penyimpanan
  • Klik Hapus Data
  • Klik tombol Hapus Cache
  • kamu sudah keluar dari akun WhatsApp
  • Selesai

2. Memasang Ulang Aplikasi WhatsApp

Memasang Ulang Aplikasi WhatsApp
Memasang Ulang Aplikasi WhatsApp

Hal yang dimaksud memasang ulang aplikasi WhatsApp di sini adalah menginstall ulang aplikasi WhatsApp. Cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun dengan menggunakan cara ini adalah trik paling jitu untuk keluar akun WhatsApp.

Dengan demikian, secara otomatis aplikasi WhatsApp kamu akan dimuat ulang. Berikut langkah dan cara keluar akun WhatsApp dengan menginstall ulang.

  1. Buka aplikasi Google Play Store
  2. Ketik WhatsApp di kotak pencarian
  3. Pilih WhatsApp
  4. Tekan tombol Uninstall
  5. Tunggu hingga proses uninstall selesai
  6. Setelah selesai, download kembali aplikasi WhatsApp
  7. Install lagi aplikasi WhatsApp
  8. Sekarang kamu sudah log out dari akun WhatsApp
  9. Selesai

Kamu tak perlu khawatir akan kehilangan data, akun, atau chat karena cara ini sangat aman dan tidak berpengaruh pada data maupun history chat pada akun WhatsApp.

3. Cara Keluar Akun Whatsapp Melalui Android

Cara Keluar Akun Whatsapp Melalui Android
Cara Keluar Akun Whatsapp Melalui Android

Jika kamu akan melakukan keluar akun WhatsApp melalui ponsel Android, maka kamu dapat melakukannya di berbagai jenis merk HP, seperti Vivo, Asus, OPPO, Xiaomi, Samsung, dan lainnya. Untuk cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun Whatsapp tanpa perlu menghapusnya, bisa dilakukan melalui cara berikut:

  • Silakan buka menu Pengaturan yang ada di ponsel kamu
  • Jika sudah, silakan buka pengaturan aplikasi
  • Lalu, cari dan pilih aplikasi Whatsapp
  • Di bagian storage atau penyimpanan, kamu bisa pilih  Hapus Data
  • Jika sudah, kamu bisa melanjutkan dengan pilih Hapus Cache
  • Apabila kedua proses itu telah selesai, kamu dapat membuka kembali aplikasi Whatsapp yang dimiliki.

Setelah itu tampilan pertama Whatsapp akan menunjukkan bahwa kamu berhasil keluar dari Whatsapp tanpa perlu menghapusnya. Kini, kamu bisa melakukan pendaftaran ulang untuk nomor Whatsapp baru.

Baca Juga :  2 Cara Aktifkan Paket Grab Telkomsel 25 Ribu Hingga 75 Ribu

4. Cara Keluar Akun WhatsApp di Ponsel yang hilang

Bagi kamu yang mungkin kehilangan ponsel di jalan dan WhatsApp masih dalam kondisi aktif, apalagi ponsel tidak terkunci, kemungkinan besar dapat di salah gunakan oleh orang lain yang menemukan.

Untuk itu, sebagian pengguna ingin mengambil alih akun WhatsApp dan nomor yang terdaftar. Untuk mengambil alih akun WhatsApp di perlukan nomor telepon WhatsApp tersebut.

Untuk itu, kamu perlu mendaftarkan kembali nomor tersebut ke provider bersangkutan bahwa ponsel dan nomor kamu telah hilang. Kamu perlu datang ke lokasi pusat provider yang kamu gunakan yang ada di dekat lokasi kamu, ambil alih nomor kamu dengan membawa KTP.

Proses tersebut biasanya selesai dalam sehari. Setelah itu, kamu bisa mulai mengambil alih akun WhatsApp dengan menggunakan ponsel kamu yang baru.

  1. Buka WhatsApp, kemudian lakukan pendaftaran menggunakan nomor telepon yang juga terhubung dengan ponsel yang hilang
  2. Kamu akan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS
  3. Masukkan kode tersebut dan secara otomatis WhatsApp di ponsel yang hilang akan beralih ke ponsel kamu
  4. WhatsApp pada ponsel yang hilang tersebut secara otomatis akan keluar dan tidak bisa digunakan.
  5. Selesai

Cara Memulihkan Riwayat Chat WhatsApp Saat Kembali Login

Salah satu persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan log out akun WhatsApp ialah mencadangkan riwayat chat. Jika suatu saat kamu ingin log in kembali, jangan lupa untuk mencadangkan riwayat percakapan yang sudah kamu back up sebelum melakukan log out. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih dan kliki simbol titik 3 di pojok kanan atas
  • kemudian pilih menu Setelan
  • Setelah masuk ke mene setelan, pilih menu chat
  • Pilih Cadangan Chat lalu klik dan otomatis chat kamu akan segera dicadangkan
  • Tunggu sampai prosesnya selesai

Khusus bagi kamu yang ingin melakukan video call lewat WhatsApp, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur beauty WhatsApp.

Syarat Keluar Akun WhatsApp

Setelah mengatahui cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun, alangkah baiknya kamu harus nengetahui beberapa syarat untuk keluar dari akun WhatsApp. Setidaknya kamu harus mempersiapkan dua hal berikut ini agar proses keluar akun WhatsApp kamu berjalan lancar dan sukses:

• Pastikan Nomor Yang Dipakai Masih Aktif

Pertama, kamu harus memastikan bahwa nomor HP yang dipakai pada akun WhatsApp masih aktif dan berfungsi. Karena nantinya, kode verifikasi akan dikirimkan melalui sms ke nomor tersebut. Pastikan juga ponsel yang digunakan dalam keadaan aktif atau hidup.

Baca Juga :  Techyhit Com: 8 Fitur Menarik Situs Penambah Followers

• Cadangkan Chat atau Data Penting

Hal ini perlu dilakukan agar ketika keluar akun WhatsApp data dan riwayat chat penting di dalamnya tidak hilang. Sehingga ketika login data serta riwayat chat akan kembali.

Sebab, terkadang ketika keluar dari akun WhatsApp dapat menyebabkan chat dan data penting lainnya ikut terhapus. Jadi, pastikan kamu telah benar-benar membackup chat dan data tersebut. Berikut ini langkah-langkah membackup riwayat chat dan data penting sebelum keluar dari akun WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih dan kliki simbol titik 3 di pojok kanan atas
  3. kemudian pilih menu Setelan
  4. Setelah masuk ke mene setelan, pilih menu chat
  5. Pilih Cadangan Chat lalu klik dan otomatis chat kamu akan segera dicadangkan
  6. Pilih Google Drive.
  7. Tunggu sampai prosesnya selesai
  8. Selesai.

Setelah selesai di backup, ketika login kembali ke akun WhatsApp, kamu cukup mencadangkan riwayat chat tersebut agar chat-chat sebelumnya tidak hilang akun WhatsApp kamu kembali seperti normal.

Hal Yang perlu diperhatikan sebelum Log Out Akun Whatsapp

Hal yang Perlu Diperhatikan  Penjelasan
Cadangkan Pesan dan Media Jika Anda ingin menyimpan riwayat percakapan dan media dari akun WhatsApp Anda, pastikan untuk membuat cadangan terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya dengan menuju ke Pengaturan > Chat > Cadangkan Chat.
Konfirmasi Nomor Telepon Pastikan nomor telepon yang akan Anda gunakan kembali di WhatsApp masih aktif dan dapat diakses. Jika Anda ingin menggunakan nomor yang berbeda, Anda harus mengkonfirmasi nomor tersebut terlebih dahulu.
Perhatikan Grup yang Anda Ikuti Jika Anda adalah anggota dalam beberapa grup di WhatsApp, pertimbangkan apakah Anda ingin tetap menjadi anggota setelah log out. Anda mungkin ingin menginformasikan grup-grup tersebut jika Anda akan log out untuk sementara waktu.
Pastikan Akun Anda Aman Pastikan akun WhatsApp Anda aman dengan menggunakan kata sandi atau autentikasi dua faktor (2FA). Ini akan membantu melindungi akun Anda dari akses yang tidak sah. Anda dapat mengatur 2FA melalui Pengaturan > Akun > Verifikasi Dua Langkah.
Pertimbangkan Aplikasi Pihak Ketiga Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda, pastikan untuk mematikan akses dan izin aplikasi tersebut sebelum log out. Ini dapat menghindari masalah keamanan.
Ingat Sandi dan Verifikasi Dua Langkah Jika Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah (2FA), pastikan Anda mengingat kata sandi 2FA. Anda akan memerlukan kata sandi ini jika Anda ingin masuk kembali ke akun WhatsApp Anda.

Penutup

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Menghapus Akun
Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Menghapus Akun

Umumnya cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun sama saja untuk semua perangkat. Namun pasti mayoritas lebih banyak yang menggunakan ponsel. Untuk itu demikianlah pembahasan tentang cara keluar dari WhatsApp tanpa menghapus akun yang bisa kamu ikuti.

Back to top button