Aplikasi

5 Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP Serta Cara Membuatnya

Taukah kamu? bahwa sekarang ini sudah tersedia berbagai Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP. Tidak lagi seperti dulu, dimana orang-orang mengandalkan laptop untuk mendapatkan hasil video yang memuaskan. Dengan banyaknya youtuber, gamer, vlogger sekarang ini, berbagai aplikasi editor video juga kian semakin bertambah banyak, karna inilah sebagai salah satu media/alat yang paling dibutuhkan untuk menciptakan hasil video yang menarik.

Apakah teman-teman guru bingung bagaimana cara untuk membuat video pembelajaran agar terlihat menarik untuk ditampilkan di depan murid-murid? Tidak perlu khawatir, berikut beberapa Aplikasi Membuat Video Pembelajaran yang direkomendasikan.

Aplikasi Membuat Video Pembelajaran Terbaik

Menjelaskan materi dengan menggunakan video pembelajaran bisa dilakukan dengan bantuan Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP yang akan menghidupkan suasana proses belajar mengajar dan membuat siswa lebih mudah tanggap dalam memahami materi, karena dalam video pembelajaran biasanya akan dilengkapi dengan gambar yang secara tidak langsung mengajak siswa untuk berpikir dan lebih mudah mengingat materi yang dijelaskan.

Disamping itu, video pembelajaran biasanya juga menggunakan sound/musik yang membuat siswa menikmati berlangsungnya proses belajar mengajar serta menghilangkan rasa ngantuk dan bosan.

Oleh karena itu di postingan ini MOCIPAY akan merekomendasikan beberapa Aplikasi Membuat Video Pembelajaran gratis di android yang bisa kamu pilih dan gunakan dalam membuat video pembelajaran yang menarik dan interaktif.

  •  KineMaster

Aplikasi Video Pembelajaran KineMaster
Source: play.google.com

Rekomendasi Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP yang pertama adalah KineMaster. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi editor video yang sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta orang dan memiliki banyak ulasan positif di google play store.

Banyak fitur-fitur tersedia yang menjadi kelebihan dari aplikasi editing video yang satu ini, seperti:

  1. rasio aspek video dalam berbagai ukuran, sebelum memulai editing video, kamu akan terlebih dahulu diminta untuk memilih rasio aspek yang ingin kamu aplikasikan dalam videomu,
  2. Insert Media, dalam aplikasi kineMaster ini tersedia insert media dari media ponsel kita sendiri, seperti media dari hasil dowload, sreenshot, camera, dll, serta media dari aplikasi kinemaster itu sendiri. jadi terserah kita mau memilih yang mana
  3. Penyimpanan dalam berbagai resolusi, dalam aplikasi kinemaster, tersedia berbagai resolusi penyimpanan, mulai dari 240Mp, 360Mp, 480Mp, 540Mp, 720Mp, hingga 1080Mp (kualitas HD).
  4. Alat Pengeditan, dalam aplikasi kinemaster tersedia alat pengeditan yang lengkap dan ramah digunakan untuk pengguna baru, seperti saturasi warna, menyalin/menempel, potong, filter, dan lain sebagainya.
  5. Efek Suara Tambahan, jika teman-teman termasuk orang yang memiliki suara yang kecil dan halus, sehingga nyaris tidak terdengaran saat membuat sebuah video, tidak perlu khawatir, karna dengan menggunakan aplikasi kinemaster ini, kita dapat dapat menguatkan volume suara kita berkali lipat dari suara aslinya.
Baca Juga :  10 Aplikasi Timbangan Digital Untuk Hp Android Terbaik 2024

Akan tetapi disamping kelebihan yang telah disebutkan diatas, terdapat juga beberapa kekurangan dari kinemaster sebagai Aplikasi Membuat Video Pembelajaran, seperti:

  1. Watermark, yang tidak bisa dihilangkan apabila tidak berlangganan
  2. Ruang penyimpanan yang besar, hal ini mengharuskan pengguna untuk memakai gadget dengan RAM spek tinggi

Link Download Aplikasi KineMaster

Nama Aplikasi KineMaster
Developer KineMaster Corporation
Total Dowload 100jt+
Link Playstore Klik Disini
  • Inshot

Aplikasi Video Pembelajaran InShot
Sumber: play.google.com

Aplikasi Inshot merupakan salah satu aplikasi membuat video animasi pembelajaran gratis yang paling banyak digunakan oleh pengguna baru karena fitur-fitur nya yang sederhana sehingga mudah untuk di mengerti. Karena fitur nya yang ramah digunakan oleh pengguna baru, aplikasi ini sudah di download oleh lebih dari 500 juta orang.

Kelebihan aplikasi Inshot sebagai aplikasi membuat video pembelajaran di HP:

  1. Penggunaannya yang gratis.
  2. Watermark dalam hasil video yang diedit, bisa dihilangkan dengan menonton video yang di tampilkan oleh aplikasi itu sendiri sampai selesai.
  3. Mudah untuk digunakan
  4. memiliki berbagai font, filter, efek, dan stiker yang menarik
  5. Hasil video berkualitas tinggi

Kekurangan aplikasi Inshot:

  1. Ruang penyimpanan yang besar.
  2. Hasil video tidak bisa ditampilkan dalam bentuk full layar

Link Download Aplikasi InShot

Nama Aplikasi InShot – Editor Video Musik
Developer InShot Video Editor
Total Download 500jt+
LinkPlaystore Klik Disini
  • Viva Video

Aplikasi Video Pembelajaran Viva Video
Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP/ apkmody.io

aplikasi untuk membuat video pembelajaran di android yang bernama viva video ini merupakan aplikasi yang telah di download oleh lebih dari 100 juta pengguna. Jenis aplikasi besutan dari QuVideo Inc ini mudah digunakan kan oleh video maker yang masih dalam tahap belajar.

Kelebihan aplikasi Viva Video:

  1. Aplikasi ini menawarkan berbagai gaya font yang menarik untuk teks video.
  2. Termasuk aplikasi editor video yang sederhana sehingga penggunanya tidak kewalahan saat mengedit video
  3. menyediakan berbagai fitur stiker, efek, serta filter yang menarik

Kekurangan aplikasi Viva Video:

  1. Ruang penyimpanan mencapai ratusan MB
  2. Direkomendasikan hanya untuk video dengan durasi pendek, karena aplikasi editor video yang satu ini akan nge lag apabila mengedit video dengan durasi panjang.
  3. adanya keterbatasan durasi video apabila menggunakan aplikasi dalam versi gratis, dimana video editan kita berdurasi harus kurang dari 5 menit.

Link Download Aplikasi Viva Video

Nama Aplikasi VivaVideo – Video Editor&Maker
Developer QuVideo Inc.
Total Download 100 jt+
Link Playstore Klik Disini
  • Canva

Aplikasi Video Pembelajaran Canva
Source: brandlogos.net

Aplikasi Canva merupakan salah satu aplikasi yang bagus untuk membuat video pembelajaran dan edit video yang memiliki platform berbasis web dan cloud. Aplikasi ini sudah memiliki rating 4,8 di google play store dan sudah di  download oleh ratusan juta pengguna.

Baca Juga :  7 Aplikasi Belanja Online Luar Negeri Terbaik 2024

Kelebihan aplikasi Canva:

  1. Interface yang sederhana, tapi lengkap.
  2. Kaya akan fitur yang tidak ada pada aplikasi editor video lain.
  3. Merupakan aplikasi yang memiliki platform berbasis web dan cloud, sehingga kita tidak perlu khawatir akan ruang penyimpanan yang besar.
  4. Adanya fitur Save otomatis, jadi kita tidak perlu khawatir jika tiba-tiba HP mati karena lowbat.

Kekurangan Aplikasi Canva:

  1. Dikarenakan aplikasi membuat video pembelajaran ini merupakan aplikasi yang berbasis web, maka pengerjaan nya hanya bisa diakses secara online, sehingga kita harus menggunakan kuota internet.
  2. Sama hal nya seperti Youtube, dalam aplikasi ini juga terdapat pengguna premium (khusus pengguna yang sudah membayar) yang dihadiahkan dengan fitur-fitur yang lebih lengkap, sehingga untuk pengguna biasa terdapat batasan penggunaan fitur.

Link Download Aplikasi Canva

Nama Aplikasi Canva: Design, Photo & Video
Developer Canva
Ukuran 100jt+
Link Download Klik Disini
  • Power Director

Aplikasi Video Pembelajaran Power Director
Sumber: play.google.com

Power Director adalah salah satu aplikasi untuk membuat video pembelajaran animasi yang dapat digunakan secara gratis dan memiliki banyak fitur. Banyak pengguna dari aplikasi ini, hal itu dapat kita lihat dari banyaknya downloader di google play store disertai ulasan positif dari para pengguna.

Kelebihan aplikasi Power Director:

  1. Fitur yang lengkap, Quick editing, sehingga edit video menjadi lebih gampang.
  2. Tersedianya banyak efek, filter, animasi, transisi, dan pengubah kecepatan video.
  3. Bisa mengubah latar belakang sesuka hati dengan pengeditan kunci kroma atau layar hijau
  4. Tersedia fitur pengubah suara, yang membuat pengguna bebas berkreasi dan membuat video menjadi lebih keren dan menarik.
  5. Pengeditan video penuh presisi dan terdapat efek spesial yang berbeda dari efek video yang biasa kita temui.

Kekurangan aplikasi Power Director:

  1. Adanya update fitur setiap bulan, akan tetapi hanya bisa diakses oleh pengguna premium (pengguna berbayar)
  2. Watermark pada video tidak bisa dihilangkan apabila bukan pengguna premium

Link Download Aplikasi Power Director

Nama Aplikasi PowerDirector – Video Editor
Developer Cyberlink Corp
Total Download 100 jt+
Link Playstore Klik Disini

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat video pembelajaran di HP

  1. Persiapan: Tentukan materi yang ingin kamu sampaikan dalam video. Buatlah skrip atau catatan poin-poin penting yang akan kamu sampaikan.
  2. Peralatan: Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti smartphone dengan kualitas kamera yang baik, tripod jika perlu, dan mikrofon eksternal untuk kualitas suara yang lebih baik.
  3. Pencahayaan: Pastikan pencahayaan cukup saat merekam video. Jika perlu, gunakan lampu tambahan untuk menerangi wajahmu atau objek yang akan kamu tunjukkan dalam video.
  4. Perekaman: Gunakan aplikasi kamera bawaan atau aplikasi perekam video lainnya untuk merekam video. Ikuti skrip atau catatan yang telah kamu buat dan pastikan suara terdengar jelas.
  5. Editing: Setelah selesai merekam, gunakan aplikasi editing video seperti Kinemaster, Adobe Premiere Rush, atau aplikasi lainnya untuk mengedit video. Kamu bisa menambahkan teks, gambar, atau slide, dan juga mengatur transisi antar klip video.
  6. Penambahan Suara atau Musik: Jika perlu, tambahkan suara narasi atau musik latar. Pastikan untuk menggunakan suara atau musik yang tidak melanggar hak cipta.
  7. Review: Setelah selesai editing, tonton ulang video untuk memastikan tidak ada bagian yang terlewat atau kesalahan lainnya.
  8. Eksport: Jika sudah yakin dengan hasilnya, eksport video dalam format dan kualitas yang sesuai. Biasanya, format MP4 adalah pilihan yang baik untuk video pembelajaran.
  9. Upload: Terakhir, upload video ke platform yang kamu inginkan, seperti YouTube, Google Classroom, atau platform lainnya.
Baca Juga :  11 Aplikasi Tambahan Maxim Biar Gacor Dapat Orderan

Ingatlah, proses ini memerlukan latihan dan kesabaran. Jangan khawatir jika hasil pertama kali tidak sempurna. Semakin sering kamu mencoba, semakin baik hasilnya.

Manfaat Membuat Video Pembelajaran

Manfaat Penjelasan
Penggabungan Visual dan Audio Video pembelajaran memungkinkan penggabungan elemen visual seperti gambar, grafik, dan animasi dengan elemen audio seperti narasi atau suara, yang mempermudah pemahaman konsep.
eterlibatan Lebih Tinggi Video dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, meningkatkan tingkat keterlibatan siswa dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan.
Akses Fleksibel Siswa dapat mengakses video pembelajaran kapan saja dan di mana saja, sehingga memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran.
eragam Gaya Pembelajaran Video pembelajaran dapat disesuaikan dengan berbagai gaya pembelajaran siswa, termasuk visual, auditori, dan kinestetik.
Repetisi dan Pengulangan Siswa dapat dengan mudah mengulang video pembelajaran untuk memahami materi secara mendalam atau mengatasi kesulitan pemahaman.

Pertanyaan Seputar Membuat Video Pembelajaran di HP

Apa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran di HP?

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan, beberapa di antaranya adalah iMovie (untuk iOS), Kinemaster, Adobe Premiere Rush, PowerDirector, dan FilmoraGo.

Apa yang perlu disiapkan sebelum membuat video pembelajaran di HP?

Kamu harus menyiapkan konten atau materi pembelajaran, skrip jika perlu, dan perangkat pendukung seperti tripod dan mikrofon eksternal (jika ada).

Bagaimana cara merekam suara yang jernih saat membuat video pembelajaran?

Pastikan lingkungan sekitar tenang saat merekam. Jika mungkin, gunakan mikrofon eksternal untuk kualitas suara yang lebih baik.

Bagaimana cara menambahkan teks atau slide pada video pembelajaran?

Kebanyakan aplikasi editing video memiliki fitur untuk menambahkan teks atau gambar. Kamu bisa memilih fitur tersebut dan menambahkan teks atau slide sesuai kebutuhan.

Bagaimana cara membagikan video pembelajaran yang telah dibuat?

A: Kamu bisa membagikan video tersebut melalui berbagai platform, seperti YouTube, Google Classroom, atau media sosial lainnya. Pastikan untuk mengatur kualitas video yang sesuai agar mudah di unduh dan ditonton oleh pengguna lain.

Penutup

Aplikasi Membuat Video Pembelajaran
Aplikasi Membuat Video Pembelajaran

Nah, itulah rekomendasi 5 Aplikasi Membuat Video Pembelajaran terbaik di HP. Untuk teman-teman guru yang merasa siswa nya terlihat jenuh dan bosan saat proses belajar mengajar berlangsung, disarankan untuk mengaplikasikan metode pembelajaran dengan menampilkan materi dalam bentuk video.

Tidak perlu bingung lagi untuk memakai aplikasi editor video seperti apa yang cocok untuk digunakan, deskripsi mengenai beberapa aplikasi editor video terbaik, seperti yang telah dipaparkan diatas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih salah satu aplikasi yang akan digunakan.

Demikianlah artikel ini dibuat, terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk semua para readers, khususnya untuk teman-teman guru.

Back to top button