Promo Top Up Game Termurah😍
Tips

5 Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP 2022

Aplikasi Editor Video mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar sekarang ini namun apakah kamu pernah mendengar Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP?. hal itu dipacu oleh banyaknya youtuber, gamer, vlogger, yang menggunakan aplikasi Editor video sebagai salah satu alat yang paling dibutuhkan.

Namun, kali ini yang akan kita bahas adalah 5 Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP. Kegiatan belajar mengajar di sekolah akan sangat membosankan dan membuat jenuh siswa siswi jika guru hanya menerangkan dan meminta siswa menuliskan kembali apa yang sudah diterangkan di papan tulis. Hal ini terdengar sepele namun banyak guru yang tidak menyadari bahwa penyebab siswa-siswinya minim kemauan untuk belajar adalah metode pengajaran mereka yang monoton.

Aplikasi Membuat Video Pembelajaran
Aplikasi Membuat Video Pembelajaran

Ada banyak cara untuk menciptakan proses belajar mengajar yang menarik dan tidak membosankan, dan yang pasti membuat siswa siswi lebih antusias dan aktif dalam belajar, salah satunya yaitu dengan menggunakan video pembelajaran dari Aplikasi Membuat Video Pembelajaran. Apakah teman-teman guru bingung bagaimana cara untuk membuat video pembelajaran agar terlihat menarik untuk ditampilkan di depan murid-murid?. Tidak perlu khawatir, berikut beberapa Aplikasi Membuat Video Pembelajaran yang direkomendasikan.

Rekomendasi Aplikasi Membuat Video Pembelajaran

Menjelaskan materi dengan menggunakan video pembelajaran bisa dilakukan dengan bantuan Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP yang akan menghidupkan suasana proses belajar mengajar dan membuat siswa lebih mudah tanggap dalam memahami materi, karena dalam video pembelajaran biasanya akan dilengkapi dengan gambar yang secara tidak langsung mengajak siswa untuk berpikir dan lebih mudah mengingat materi yang dijelaskan.

Disamping itu, video pembelajaran biasanya juga menggunakan sound/musik yang membuat siswa menikmati berlangsungnya proses belajar mengajar serta menghilangkan rasa ngantuk dan bosan.

Oleh karena itu di postingan ini MOCIPAY akan merekomendasikan beberapa Aplikasi Membuat Video Pembelajaran gratis di android yang bisa kamu pilih dan gunakan dalam membuat video pembelajaran yang menarik dan interaktif.

  •  KineMaster

Aplikasi Video Pembelajaran KineMaster
Source: play.google.com

Rekomendasi Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP yang pertama adalah KineMaster. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi editor video yang sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta orang dan memiliki banyak ulasan positif di google play store.

Banyak fitur-fitur tersedia yang menjadi kelebihan dari aplikasi editing video yang satu ini, seperti:

  1. rasio aspek video dalam berbagai ukuran, sebelum memulai editing video, kamu akan terlebih dahulu diminta untuk memilih rasio aspek yang ingin kamu aplikasikan dalam videomu,
  2. Insert Media, dalam aplikasi kineMaster ini tersedia insert media dari media ponsel kita sendiri, seperti media dari hasil dowload, sreenshot, camera, dll, serta media dari aplikasi kinemaster itu sendiri. jadi terserah kita mau memilih yang mana
  3. Penyimpanan dalam berbagai resolusi, dalam aplikasi kinemaster, tersedia berbagai resolusi penyimpanan, mulai dari 240Mp, 360Mp, 480Mp, 540Mp, 720Mp, hingga 1080Mp (kualitas HD).
  4. Alat Pengeditan, dalam aplikasi kinemaster tersedia alat pengeditan yang lengkap dan ramah digunakan untuk pengguna baru, seperti saturasi warna, menyalin/menempel, potong, filter, dan lain sebagainya.
  5. Efek Suara Tambahan, jika teman-teman termasuk orang yang memiliki suara yang kecil dan halus, sehingga nyaris tidak terdengaran saat membuat sebuah video, tidak perlu khawatir, karna dengan menggunakan aplikasi kinemaster ini, kita dapat dapat menguatkan volume suara kita berkali lipat dari suara aslinya.

Akan tetapi disamping kelebihan yang telah disebutkan diatas, terdapat juga beberapa kekurangan dari kinemaster sebagai Aplikasi Membuat Video Pembelajaran, seperti:

  1. Watermark, yang tidak bisa dihilangkan apabila tidak berlangganan
  2. Ruang penyimpanan yang besar, hal ini mengharuskan pengguna untuk memakai gadget dengan RAM spek tinggi

Link Download Aplikasi KineMaster

Nama Aplikasi KineMaster-Editor Video
Developer KineMaster Corporation
Total Dowload 100jt+
Link Playstore Klik Disini
  • Inshot

Aplikasi Video Pembelajaran InShot
Sumber: play.google.com

Aplikasi Inshot merupakan salah satu aplikasi membuat video animasi pembelajaran gratis yang paling banyak digunakan oleh pengguna baru karena fitur-fiturnya yang sederhana sehingga mudah untuk di mengerti. Karena fiturnya yang ramah digunakan oleh pengguna baru, aplikasi ini sudah di download oleh lebih dari 500juta orang.

Kelebihan aplikasi Inshot sebagai aplikasi membuat video pembelajaran di HD:

  1. Penggunaannya yang gratis.
  2. Watermark dalam hasil video yang diedit, bisa dihilangkan dengan menonton video yang di tampilkan oleh aplikasi itu sendiri sampai selesai.
  3. Mudah untuk digunakan
  4. memiliki berbagai font, filter, efek, dan stiker yang menarik
  5. Hasil video berkualitas tinggi

Kekurangan aplikasi Inshot:

  1. Ruang penyimpanan yang besar.
  2. Hasil video tidak bisa ditampilkan dalam bentuk full layar

Link Download Aplikasi InShot

Nama Aplikasi InShot – Editor Video Musik
Developer InShot Video Editor
Total Download 500jt+
LinkPlaystore Klik Disini
  • Viva Video

Aplikasi Video Pembelajaran Viva Video
Sumber: apkmody.io

aplikasi untuk membuat video pembelajaran di android yang bernama viva video ini merupakan aplikasi yang telah di download oleh lebih dari 100 juta pengguna. Jenis aplikasi besutan dari QuVideo Inc ini mudah digunakan kan oleh video maker yang masih dalam tahap belajar.

Kelebihan aplikasi Viva Video:

  1. Aplikasi ini menawarkan berbagai gaya font yang menarik untuk teks video.
  2. Termasuk aplikasi editor video yang sederhana sehingga penggunanya tidak kewalahan saat mengedit video
  3. menyediakan berbagai fitur stiker, efek, serta filter yang menarik

Kekurangan aplikasi Viva Video:

  1. Ruang penyimpanan mencapai ratusan MB
  2. Direkomendasikan hanya untuk video dengan durasi pendek, karna aplikasi editor video yang satu ini akan nge lag apabila mengedit video dengan durasi panjang.
  3. adanya keterbasan durasi video apabila menggunakan aplikasi dalam versi gratis, dimana video editan kita berdurasi harus kurang dari 5 menit.

Link Download Aplikasi Viva Video

Nama Aplikasi VivaVideo – Video Editor&Maker
Developer QuVideo Inc.
Total Download 100 jt+
Link Playstore Klik Disini
  • Canva

Aplikasi Video Pembelajaran Canva
Source: brandlogos.net

Aplikasi Canva merupakan salah satu aplikasi yang bagus untuk membuat video pembelajaran dan edit video yang memiliki platform berbasis web dan cloud. Aplikasi ini sudah memiliki rating 4,8 di google play store dan sudah di  download oleh ratusan juta pengguna.

Kelebihan aplikasi Canva:

  1. Interface yang sedehana, tapi lengkap.
  2. Kaya akan fitur yang tidak ada pada aplikasi editor video lain.
  3. Merupakan aplikasi yang memiliki platform berbasis web dan cloud, sehingga kita tidak perlu khawatir akan ruang penyimpanan yang besar.
  4. Adanya fitur Save otomatis, jadi kita tidak perlu khawatir jika tiba-tiba HP mati karna lowbat.

Kekurangan Aplikasi Canva:

  1. Dikarenakan aplikasi membuat video pembelajaran ini merupakan aplikasi yang berbasis web, maka pengerjaannya hanya bisa diakses secara online, sehingga kita harus menggunakan kuota internet.
  2. Sama hal nya seperti Youtube, dalam aplikasi ini juga terdapat pengguna premium (khusus pengguna yang sudah membayar) yang dihadiahkan dengan fitur-fitur yang lebih lengkap, sehingga untuk pengguna biasa terdapat batasan penggunaan fitur.

Link Download Aplikasi Canva

Nama Aplikasi Canva: Design, Photo & Video
Developer Canva
Ukuran 100jt+
Link Download Klik Disini
  • Power Director

Aplikasi Video Pembelajaran Power Director
Sumber: play.google.com

Power Director adalah salah satu aplikasi untuk membuat video pembelajaran animasi yang dapat digunakan secara gratis dan memiliki banyak fitur. Banyak pengguna dari aplikasi ini, hal itu dapat kita lihat dari banyaknya download an di google play store disertai ulasan positif dari pengguna.

Kelebihan aplikasi Power Director:

  1. Fitur yang lengkap, Quick editing, sehingga edit video menjadi lebih gampang.
  2. Tersedianya banyak efek, filter, animasi, transisi, dan pengubah kecepatan video.
  3. Bisa mengubah latar belakang sesuka hati dengan pengeditan kunci kroma atau layar hijau
  4. Tersedia fitur pengubah suara, yang membuat pengguna bebas berkreasi dan membuat video menjadi lebih keren dan menarik.
  5. Pengeditan video penuh presisi dan terdapat efek spesial yang berbeda dari efek video yang biasa kita temui.

Kekurangan aplikasi Power Director:

  1. Adanya update fitur setiap bulan, akan tetapi hanya bisa diakses oleh pengguna premium (pengguna berbayar)
  2. Watermark pada video tidak bisa dihilangkan apabila bukan pengguna premium

Link Download Aplikasi Power Director

Nama Aplikasi PowerDirector – Video Editor
Developer Cyberlink Corp
Total Download 100 jt+
Link Playstore Klik Disini

Penutup

Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP
Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP

Nah, itulah rekomendasi 5 Aplikasi Membuat Video Pembelajaran terbaik di HP. Untuk teman-teman guru yang merasa siswanya terlihat jenuh dan bosan saat proses belajar mengajar berlangsung, disarankan untuk mengaplikasikan metode pembelajaran dengan menampilkan materi dalam bentuk video.

Tidak perlu bingung lagi untuk memakai aplikasi editor video seperti apa yang cocok untuk digunakan, deskripsi mengenai beberapa aplikasi editor video terbaik, seperti yang telah dipaparkan diatas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih salah satu aplikasi yang akan digunakan.

Demikian tulisan dibuat, terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk semua para readers, khususnya untuk teman-teman guru.

Back to top button