Tutorial

Cara Login WhatsApp Web Dengan Email dari Jarak Jauh

Ternyata banyak orang yang masih belum mengetahui cara login WhatsApp Web dengan email, meskipun sebenarnya hal ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Oleh karena itulah, pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai cara untuk login WhatsApp dengan menggunakan email.

Cara Login WhatsApp Web Dengan Email

Cara Login WhatsApp Web Dengan Email
Cara Login WhatsApp Web Dengan Email

WhatsApp web merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh pihak WhatsApp yang memungkinkan pengguna dapat mengakses akun WhatsApp-nya di perangkat lainnya seperti laptop, komputer, dan lain sebagainya. Secara umum, tampilan dari WhatsApp web ini hampir sama dengan WhatsApp versi mobile.

Fitur pada WhatsApp Web juga tidak ada perbedaan sama sekali dengan WhatsApp versi mobile. Tetapi banyak orang yang mengatakan bahwa penggunaan WhatsApp Web jauh lebih praktis dibandingkan dengan WhatsApp versi mobile karena tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu jika ingin menggunakannya.

Namun perlu Anda ketahui, agar bisa menggunakan WhatsApp Web ada harus login terlebih dahulu. Nah, untuk bisa login, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah dengan login WhatsApp Web dengan email. Cara login WhatsApp Web dengan email sebenarnya tidak sulit, hanya saja ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai cara login WhatsApp Web dengan email bisa menyimak informasinya di bawah ini:

  1. Langkah pertama pada cara login WhatsApp Web dengan email adalah dengan membuka browser melalui laptop atau komputer Anda. Setelah membuka browser ketikan alamat WhatsApp Web pada kolom yang tersedia pada browser.
  2. Jika sudah berhasil masuk ke halaman WA Web nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan kode pin untuk masuk ke akun WhatsApp. Namun karena yang Anda inginkan adalah cara login WhatsApp Web dengan email maka Anda harus memilih opsi lupa kata sandi. Sebab, dengan menekan opsi tersebut pihak WhatsApp akan mengirimkan link yang bisa digunakan untuk masuk ke Akun WhatsApp ke email Anda. Tetapi untuk bisa melakukan ini Anda perlu menautkan email tersebut saat Anda mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah.
  3. Setelah menekan opsi kata sandi, segera buka email Anda pada perangkat. Periksa pada kotak masuk email apakah pihak WhatsApp telah mengirimkan link tersebut atau belum. Apabila pada kotak masuk Anda tidak menerima notifikasi, coba buka pada bagian spam. Namun jika pada menu spam Anda masih juga belum menerima notifikasi silakan kembali ke WhatsApp web dan kemudian klik lagi opsi lupa kata sandi.
  4. Selanjutnya setelah menerima pesan dari pihak WhatsApp yang berisikan link untuk memasuki akun WhatsApp Anda. Dengan menekan link tersebut secara otomatis Anda akan dibawa ke akun WhatsApp Setelah Anda melakukan konfirmasi maka Anda sudah bisa masuk ke Akun WhatsApp Anda.
Baca Juga :  3 Cara Beli Token Listrik Pakai Pulsa Telkomsel, Anti Gagal dan Langsung Sukses

Kelebihan Login WhatsApp Web Dengan Email

Kelebihan Login WhatsApp Web Dengan Email
Kelebihan Login WhatsApp Web Dengan Email

Setelah Anda mengetahui cara  login WhatsApp Web dengan email, tentunya Anda juga harus mengetahui kelebihan login WhatsApp Web menggunakan email.

Sebab dengan mengetahui hal tersebut bisa Anda jadikan pertimbangan untuk melakukan login WhatsApp Web dengan Email. Nah adapun kelebihan dari cara  login WhatsApp Web dengan email adalah sebagai berikut:

  • Mudah

    Mudah
    Mudah

Kelebihan pertama cara  login WhatsApp Web dengan email adalah mudah. Hal ini dikarenakan login WhatsApp Web menggunakan email Anda tidak melalui langkah-langkah sulit yang memakan banyak waktu. Hal ini karena Anda memasuki akun WhatsApp Web hanya dengan menggunakan link yang dikirimkan ke email Anda.

Jadi untuk bisa login ke akun WhatsApp Web Anda tidak perlu memasukkan kode-kode tertentu. Namun jika ingin menggunakan ini yang perlu Anda ingat pastikan Anda masih mempunyai akses ke akun email yang ditautkan ke WhatsApp saat Anda melakukan pengaktifan fitur verifikasi 2 langkah.

Sebab, jika Anda sudah tidak memiliki akses ke email tersebut maka tidak akan bisa login dengan cara ini. Karena itu apabila Anda sudah tidak memiliki akses ke akun email Anda lagi, segera ganti email yang Anda tautkan ke Akun WhatsApp. Dengan begitu Anda akan tetap bisa tetap login WhatsApp Web dengan menggunakan email.

  • Cepat

Kelebihan berikutnya cara login WhatsApp Web dengan email adalah prosesnya tidak lama dan cukup cepat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cara login ini memungkinkan Anda masuk dengan link. Dengan begitu sudah tentu akan mempersingkat waktu karena tidak perlu bolak-balik membuka email dan WhatsApp Web hanya untuk memasukkan kode verifikasi.

jadi untuk Anda yang tidak menyukai proses yang lama, bisa mencoba cara login WhatsApp Web dengan email. Perlu Anda ketahui, karena alasan ini juga banyak yang orang memilih untuk login WhatsApp Web dengan melalui email.

  • Risiko Keamanan Rendah

Kelebihan terakhir cara login WhatsApp Web dengan email adalah memiliki risiko keamanan yang rendah. Sebab, untuk login dengan menggunakan cara ini seseorang perlu mendapatkan link yang dikirimkan oleh pihak WhatsApp. Untuk mendapatkan link ini tentunya jauh lebih sulit bagi pelaku kejahatan cyber dibandingkan dengan mendapatkan kode atau pin.

Baca Juga :  10 Cara Mengetahui Nomor HP Terdaftar Di Aplikasi Apa Saja

Sebab, untuk mendapatkan link, orang tersebut harus lebih dahulu mempunyai akses ke email yang ditautkan pada akun WhatsApp. Tanpa memiliki akses ke akun email tersebut hampir mustahil bagi seseorang untuk bisa mendapatkan link untuk login WhatsApp tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Mengetahui WA Disadap Jarak Jauh

Penyebab Kegagalan Mendapatkan Link Untuk Login WhatsApp Web

Bagi Anda yang tertarik untuk login WhatsApp Web menggunakan email, tentunya harus mengetahui penyebab gagalnya mendapatkan notifikasi login. Sebab ada kalanya login WhatsApp menggunakan email mengalami kegagalan karena tidak menerima notifikasi link.

Karena itulah, tentunya sangat penting bagi Anda mengetahui penyebab gagalnya mendapatkan link untuk login WhatsApp Web agar terakhir cara login WhatsApp Web dengan email bisa berhasil. Nah adapun penyebab gagalnya mendapatkan link untuk login WhatsApp dengan menggunakan email adalah sebagai berikut

  • Kehilangan Akses Email

Penyebab kegagalan mendapatkan link untuk login WhatsApp Web yang pertama adalah kehilangan akses email. Jika Anda sudah tidak memiliki akses ke email yang Anda tautkan dengan akun WhatsApp tentunya tidak akan mungkin bisa mendapatkan link.

Sebab, email tersebut adalah perantara yang digunakan oleh pihak WhatsApp untuk mengirimkannya link untuk login ke akun WhatsApp. Karena itulah, jika masih ingin bisa login WhatsApp Web dengan cara ini pastikan bahwa Anda masih memiliki akses penuh ke email.

Jika memang Anda telah kehilangan akses ke email tersebut, maka yang bisa Anda lakukan adalah mengganti email yang Anda tautkan ke akun WhatsApp. Jika tidak ingin mengganti email yang ditautkan maka Anda bisa login dengan cara lainnya.

  • Sinyal Tidak Stabil

Jika Anda ingin menerapkan cara login WhatsApp Web dengan email, pastikan sinyal atau jaringan internet yang digunakan stabil. Sebab, jaringan internet yang tidak stabil akan membuat proses untuk mendapatkan link untuk login ke akun WhatsApp gagal.

Karena jaringan yang tidak stabil membuat permintaan Anda tidak tersampaikan ke pihak WhatsApp. Akibatnya, karena pihak WhatsApp tidak menerima permintaan dari Anda, maka mereka tidak akan mengirimkan link yang Anda perlukan.

Karena itu, sebelum melanjutkan login WhatsApp dengan menggunakan email Anda harus memeriksa apakah jaringan internet di tempat Anda lancar atau tidak. Jika tidak lancar, Anda bisa mengganti provider yang mampu menyediakan sinyal yang bagus di daerah Anda.

Jika Anda tidak ingin mengganti layanan provider yang biasa Anda gunakan alternatif lainnya lakukan proses login WhatsApp dengan email saat Anda sedang berada di luar daerah. Namun, karena cara ini sedikit ribet dan membutuhkan perjuangan akan jauh lebih baik jika Anda mengganti layanan provider internet yang biasa Anda gunakan.

  • Gangguan Dari Pihak WA

Penyebab terakhir Anda tidak mendapatkan link untuk login ke akun WhatsApp Anda adalah karena adanya gangguan yang terjadi pada pihak WhatsApp itu sendiri. Jika memang penyebab Anda tidak mendapatkan link untuk login adalah adanya gangguan yang terjadi pada kantor utama Google, maka tidak ada sama sekali yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga :  Lengkapi Syaratnya! Berikut 10 Cara Daftar Agen Shopee Express

Satu-satunya hal yang bisa dilakukan jika penyebab Anda tidak mendapatkan link adalah berharap bahwa bersabar dan berharap agar pihak WhatsApp bisa mengatasi semua gangguan yang menyebabkan Anda tidak bisa memperoleh link untuk login ke akun WhatsApp.

Namun yang perlu Anda ingat hal ini cukup jarang terjadi, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir. Meskipun hal ini terjadi, pihak WhatsApp akan bergerak secepat mungkin untuk menyelesaikan gangguan tersebut sehingga Anda akan merasa nyaman kembali saat menggunakan WhatsApp Web.

Fungsi Email Pada WhatsApp

Fungsi Email Pada WhatsApp
Fungsi Email Pada WhatsApp

Saat Anda memutuskan untuk mencoba cara login WhatsApp Web dengan email maka tentu Anda perlu mengetahui fungsi email pada WhatsApp.

Sebab dengan mengetahui betapa pentingnya fungsi email pada WhatsApp akan membuat Anda menjadi menghargai hubungan dan peranan email dengan WhatsApp. Nah, adapun fungsi dari email pada WhatsApp adalah seperti di bawah ini:

  • Pencadangan Pesan

    Pencadangan Pesan
    Pencadangan Pesan

Fungsi email yang pertama yang sudah banyak diketahui orang adalah untuk mencadangkan pesan. Hal ini dikarenakan WhatsApp tidak memiliki sendiri penyimpanan cloud, maka WhatsApp memanfaatkan Google Drive untuk mencadangkan pesan.

Dengan mencadangkan pesan ke Google Drive maka pesan-pesan yang disimpan akan bisa dipulihkan saat pengguna login WhatsApp menggunakan perangkat baru. Nah untuk waktu pencadangannya Anda bisa dengan bebas mengatur sendiri apakah ingin dicadangkan setiap bulan atau setiap tahun.

  • Sinkronisasi Kontak

Fungsi berikutnya dari email pada WhatsApp adalah digunakan untuk sinkronisasi kontak. Jadi semua kontak yang sudah tersimpan di email ketika suatu saat Anda login ke perangkat lainnya nomor-nomor yang Anda simpan tidak hilang dan bisa dipulihkan.

  • Verifikasi

Fungsi terakhir dari email pada WhatsApp adalah digunakan sebagai media verifikasi 2 langkah. Jadi bisa dikatakan email adalah keamanan tambahan agar tidak sembarang orang bisa mengakses akun WhatsApp Anda.

Karena jika mereka ingin masuk ke akun WhatsApp Anda mereka juga harus memiliki akses email yang ditautkan pada akun tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Web

Kelebihan  Kekurangan 
Akses Mudah Keterbatasan Fungsionalitas
Penggunaan yang Serupa Harus Terhubung ke Ponsel
Kemampuan Berkirim Gambar Keterbatasan di Browser Tertentu
Notifikasi di Desktop Kemungkinan Keamanan
Baca Kode QR Tidak Tersedia di Semua Perangkat
Cara Login WhatsApp Web Dengan Email
Cara Login WhatsApp Web Dengan Email

Nah, jadi itulah tadi informasi singkat mengenai cara login WhatsApp Web dengan email yang bisa Anda coba. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai cara login WhatsApp Web dengan email.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button