TipsTutorial

9 Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli: Wajib Kamu Periksa dengan Teliti!

Cara cek laptop bekas sebelum membeli penting untuk kamu ketahui agar dapat memastikan laptop yang akan kamu beli tersebut masih bagus dan berfungsi dengan baik sehingga dapat kamu gunakan untuk jangka panjang.

Kondisi seperti ini membuat orang-orang pada akhirnya lebih memilih membeli laptop bekas agar bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi namun dengan harga yang lebih murah. Oleh karena itu cara cek laptop bekas sebelum membeli penting untuk kamu pahami. Apabila kamu termasuk sebagai salah satu orang yang mengalami kondisi seperti demikian, maka pastikan kamu memahami 9 cara cek laptop bekas sebelum membeli yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli

Nah, untuk kamu yang sedang ingin membeli laptop bekas perhatikanlah beberapa cara cek laptop bekas sebelum membeli dibawah ini. Sedikitnya ada 9 cara cek laptop bekas sebelum membeli yang paling penting dan wajib kamu benar-benar periksa, diantaranya adalah seperti:

✅ Periksa bagian fisik laptop

✅ Perhatikan layar laptop

✅ Periksa baterai

✅ Periksa keyboard dan Toucpad

✅ Hidupkan dan periksa kinerja laptop

✅ Periksa penyimpan dan memori

✅ Periksa konektivitas

✅ Periksa pada bagian pengisi daya dan charger

✅ Periksa segel Laptop

Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli
Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli
  • Periksa bagian fisik laptop

Hal pertama yang perlu untuk kamu perhatikan adalah bagaimana tampilan luar atau visual dari fisik laptop. Periksalah dengan teliti apakah ada kerusakan fisik seperti goresan, retak, atau kerusakan lainnya.

  • Perhatikan layar laptop

Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli

Setelah memastikan bagian fisik laptop aman-aman saja, langkah selanjutnya yang perlu kamu cek adalah bagian pada layar laptop. Silahkan hidupkan laptop untuk melihat apakah layarnya masih bagus dan berfungsi dengan baik. Periksa apakah ada garis-garis yang terlihat pada layar atau mungkin ada dead pixel (titik mati) yang ditandai dengan adanya bagian layar laptop yang terdapat warna hitam yang biasanya berbentuk bulatan atau memanjang.

  • Periksa baterai

Cara cek laptop bekas sebelum membeli yang berikutnya adalah memeriksa bagian baterai. Poin yang satu ini wajib harus benar-benar kamu teliti, karena mengingat baterai adalah komponen yang pada umumnya akan mengalami penurunan kinerja seiring waktu. Periksalah kapasitas baterai dan ketahanan dayanya. Selain itu, periksa juga fisik baterai apakah masih normal atau sudah mengalami pembengkakan. Baterai yang bengkak biasanya tidak dapat tidak bagus lagi serta memiliki daya tahan yang lemah/ cepat habis.

  • Periksa keyboard dan Toucpad

Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli

Setelah itu lanjut lagi periksa bagian keyboard dan toucpad. Coba dan periksalah satu persatu tombol pada keyboard apakah semuanya bisa berfungsi dengan baik atau justru ada bagian tombol yang macet atau bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali. Gunakan juga touchpad untuk memastikan responsitivitasnya.

  • Hidupkan dan periksa kinerja laptop

Nyalakanlah laptop agar dapat memeriksa kinerjanya. Jalankan beberapa program dan aplikasi untuk memastikan semua dapat berjalan dan berfungsi dengan normal. Pastikan sistem operasi dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah seperti lag/ lemot, not responsive atau kegagalan sistem.

  • Periksa penyimpan dan memori

Cara cek laptop bekas sebelum membeli yang selanjutnya adalah memeriksa penyimpanan dan memori. Periksa kapasitas dan kinerja penyimpanan (hard drive) serta memori (RAM) laptop. Pastikan tidak ada masalah seperti bad sector pada hard drive. Bad sector ditandai dengan hard disk yang tidak bisa mengakses data yang disimpan di area tersebut dan selalu mengalami kegagalan pada saat menyimpan file.

Baca Juga :  Login Snack Video Lewat Google, Bisa Langsung Dapat Koin

cara melihat penyimpanan di laptop:

  1. Buka pengaturan windows dengan menekan secara bersamaan tombol “start/ windows + I”
  2. Lalu pilih pada menu “system”
  3. Pada beberapa opsi yang muncul, silahkan klik pada opsi “Storage”
  4. Maka penyimpanan perangkat dengan lengkap akan ditampilkan
  • Periksa konektivitas

Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli

Yang berikutnya adalah memeriksa pada bagian konektivitas. Pastikan semua port dan konektivitas pada laptop seperti port USB, HDMI, dan port lainnya berfungsi dengan baik. Untuk memeriksa port USB, kamu bisa lakukan dengan menggunakan kabel charger HP kamu. Hubungkanlah perangkat laptop dan ponsel anda dengan menggunakan kabel USB, dan lihat apakah bisa terkoneksi dengan baik.

  • Periksa pada bagian pengisi daya dan charger

Tak cukup dengan memeriksa baterai dan ketahanan daya saja, namun kamu juga perlu melakukan pengecekan pada bagian pengisi daya dan chargernya. Pastikan laptop memiliki adaptor daya yang asli dan dapat bekerja dengan baik. Periksa apakah laptop dapat mengisi daya dengan normal dan tidak ada masalah dengan kabel pengisi daya/ chargernya.

  • Periksa segel Laptop

Sumber: www.jagatreview.com

Cara cek laptop bekas sebelum membeli yang terakhir kami tampilkan adalah memeriksa segel laptop. Biasanya pada bagian bawah segel laptop terdapat sebuah bauk. Jika ingin membongkar laptop, maka bauk ini wajib harus dilepas.

Oleh karena itu, silahkan periksa apakah segel masih ada atau justru sudah terlepas atau mungkin masih ada tapi sudah rusak dan tidak melekat sempurna. Hati-hati dengan laptop yang sudah pernah dibongkar karena bisa jadi komponen hardware atau perangkat kerasnya seperti hardisk, main board atau komponen lainnya sudah tidak original lagi.

Keuntungan dan kerugian Membeli Laptop Bekas

Selain menampilkan cara cek laptop bekas sebelum membeli kami juga akan menampilkan apa saja keuntungan dan kerugian dari membeli laptop bekas yang dapat kamu gunakan sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan untuk membeli laptop yang baru atau yang bekas.

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Langsung saja perhatikan berikut ini beberapa keuntungan dan kerugian dari pembelian laptop bekas:

Keuntungan Kerugian
Harga lebih terjangkau: Laptop bekas sudah tentu dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang baru. Oleh karena itu, membeli laptop bekas dapat menjadi solusi terbaik terutama untuk sobat dengan budget yang terbatas. Risiko kerusakan yang tinggi: Laptop bekas pada umumnya sudah memiliki usia penggunaan yang lama. Usia laptop yang sudah tua rentan mengalami kerusakan atau masalah yang mempengaruhi kinerja dan daya tahannya.
Mendapatkan laptop dengan spesifikasi atau fitur yang lebih tinggi: Dengan membeli laptop bekas, anda bisa saja mendapatkan laptop yang bahkan spesifikasinya jauh lebih tinggi dari pada laptop baru dengan harga yang sama. Terbatasnya pilihan dan versi terbaru: Jika anda membeli laptop baru semua model dan spesifikasi yang anda inginkan mungkin akan tersedia. Namun, akan berbeda ketika anda membeli laptop bekas, yang mana pilihan model dan spesifikasi sangat terbatas.
Lebih bebas dalam bernegosiasi: Laptop bekas cenderung akan kehilangan nilainya apalagi jika usianya sudah lumayan lama. Hal ini dapat kamu jadikan sebagai kesempatan untuk tawar menawar supaya mendapatkan harga yang lebih murah lagi. Garansi tidak terjamin: Seperti yang anda ketahui bahwa pembelian barang baru pada umumnya akan diberikan garansi. Sedangkan jika anda membeli laptop bekas anda tidak akan mendapatkan garansi atau jika pun ada biasanya paling lama hanya dalam waktu sebulan. Sehingga jika terjadi kerusakan anda tetap akan mengeluarkan biaya untuk perbaikan.

Lebih Baik Membeli Laptop Bekas dari Pemakaian Pribadi atau dari Pusat Jual Laptop Bekas?

Banyak orang yang mempertanyakan perihal lebih baik membeli laptop bekas dari pemakaian pribadi atau dari pusat jual laptop bekas? Sebenarnya keduanya memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Untuk lebih jelaskan silahkan simak tabel dibawah ini:

Baca Juga :  7 Penyebab dan Cara Mengatasi Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan
Metode Pembelian Keuntungan Kerugian
Dari pemakaian Pribadi
  • Performa dan kualitas laptop yang mungkin masih lebih bagus
  • Harga lebih murah dan lebih mudah dalam bernegosiasi
  • Keterbatasan pilihan. Jika membeli laptop bekas dari pemakaian pribadi mungkin tidak akan memberikan anda kesempatan untuk memilih
  • Tidak ada jaminan atau garansi. Jadi anda harus siap dengan resiko kerusakan apapun yang akan terjadi kedepannya.
Dari pusat jual laptop
  • Adanya jaminan dan garansi. Meskipun dengan waktu garansi yang cukup singkat (paling lama biasanya sebulan)
  • Tersedia lebih banyak pilihan. Walau tetap terbatas, namun jika anda membeli laptop langsung dari pusat penjual laptop bekas tentu saja akan memberikan lebih banyak pilihan model.
  • Riwayat penggunaan yang tidak jelas. Dengan membeli laptop bekas dari pusat jual laptop, anda tidak dapat mengetahui siapa pemilik sebelumnya
  • Kualitas laptop diragukan. Dengan riwayat penggunaan yang tidak jelas, anda tidak bisa mengetahui sudah berapa orang pemilik laptop sebelumnya.
  • Risiko hardware laptop di utak-atik/ dipretelin. Di pusat penjualan laptop tentu memiliki teknisi laptop yang bisa mengutak-atik komponen laptop. Bisa saja laptop yang akan kamu beli tersebut merupakan bekas laptop yang sebelumnya sudah rusak parah namun diperbaiki lagi oleh teknisi.
  • Harga yang lebih tinggi dan kesempatan untuk negosiasi lebih terbatas.

Kesimpulan:

Jadi berdasarkan penjelasan dalam tabel diatas, manakah lebih baik membeli laptop bekas dari pemakaian pribadi atau dari pusat jual laptop bekas? Mocipay sarankan adalah alangkah lebih baik jika anda membeli laptop bekas dari pemakaian pribadi. Walaupun tidak memberikan jaminan dan garansi namun setidaknya dengan membeli laptop bekas dari pemakaian pribadi anda bisa mengetahui dengan jelas siapa pemilik sebelumnya. Kualitas laptop bekas dari pemakaian pribadi juga lebih meyakinkan dari pada membeli dari pusat jual laptop bekas yang mungkin saja sudah di utak-atik atau dipretelin.

Penutup

Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli
Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli

Mempertimbangkan kemungkinan dari berbagai risiko yang akan terjadi apabila membeli laptop bekas, maka sangatlah penting bagi anda untuk memahami cara cek laptop bekas sebelum membeli.

Itulah beberapa cara cek laptop bekas sebelum membeli yang dapat kami tampilkan. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat.

Back to top button