RagamTipsTutorial

12 Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg Secara Alami

Bete dengan berat badan kamu yang sudah melewati standar berat badan ideal? Yuk, ketahui cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg dalam postingan Mocipay kali ini!

Berusaha untuk menurunkan berat badan dari angka 60 Kg ke 45 Kg adalah suatu perjalanan yang memerlukan tekad , disiplin, dan perubahan gaya hidup yang signifikan. Melalui artikel ini, Mocipay akan membantu sobat untuk menurunkan berat badan dengan cara yang aman dan sehat.

Perjalanan ini tidak semata hanya tentang penampilan fisik, tetapi juga tentang merawat tubuh dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Yuk, ikuti pemaparan kami dalam artikel ini, dan temukan bagaimana cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg!

Penyebab Berat Badan Naik

Penyebab Berat Badan Naik Drastis
Penyebab Berat Badan Naik Drastis

Sebelum lanjut membahas mengenai cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg , tentunya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan berat badan naik.

Nah, ada beberapa penyebab berat badan naik, diantaranya adalah sebagai berikut:

Penyebab berat badan naik Solusi atau Cara Mengatasinya
Faktor makan terlalu berlebihan tanpa melihat waktu Terapkan pola makan yang sehat dan teratur, hindari makan terlalu larut malam. Sebaiknya makanlah selambat-lambatnya pada jam 08.00 WIB.
Mengidap suatu penyakit tertentu, seperti: gangguan ginjal, jantung, dan hati Jika anda merasa pertambahan berat badan anda tidak wajar, maka sebaiknya periksakan lah diri anda ke medis, untuk mengecek apakah ada suatu penyakit serius dalam tubuh anda.
Mengomsumsi obat-obatan Komsumsilah obat-obatan sesuai dengan anjuran Dokter.
Kebutuhan cairan pada tubuh yang tidak terpenuhi Penuhi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh, minimal 2 Liter per hari.
Perubahan hormon dan pertambahan usia Ini merupakan hal yang wajar, terutama pada masa pubertas.
Pola tidur tidak teratur Jaga pola tidur anda, istirahatlah pada jam yang teratur. Hindari kebiasaan begadang karena akan mengganggu kinerja tubuh anda termasuk sistem pencernaan. Bila pencernaan tidak lancar maka akan berakibat pada pertambahan berat badan secara drastis.
Konsumsi gula berlebihan Kurangi komsumsi gula mulai dari nasi, jajanan snack, fast food, gorengan, minuman kemasan, dan yang lainnya.
inaktifitas fisik (tubuh kurang pergerakan) Lakukan pergerakan tubuh dengan berolahraga minimal 30 menit dalam sehari. Terutama untuk anda yang bekerja tanpa melibatkan aktivitas fisik.
Konsumsi alkohol Jika tidak bisa diberhentikan secara langsung, setidaknya kurangi lah untuk mengkonsumsi alkohol. Karena tak hanya akan membuat berat badan naik, namun bisa juga memicu berbagai penyakit.
Diet yang salah (tidak seimbang) Jangan melakukan diet dengan asal-asalan. Sebaiknya terapkan lah pola diet yang sehat sesuai dengan anjuran medis.
Faktor stress Kelola stress anda dengan baik. Lakukan hal-hal positif untuk membuang rasa cemas, khawatir atau pemikiran yang berlebihan.
Kurang mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan Rajin lah mengkonsumsi sayur-sayuran yang dapat melancarkan pencernaan dan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat.
Terlalu sering atau bahkan setiap hari minum air es kurangi mengkonsumsi minuman dengan mencampur es didalamnya karena bisa memicu penumpukan lemak berlebih.
Baca Juga :  Tempat Service HP Terdekat Dari Lokasi Saya Sekarang

Berapakah Berat Badan Ideal?

Sudahkah kamu mengetahui berapa berat badan yang ideal. Jika belum, jangan khawatir, karena selain membagikan tentang cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg, dalam artikel ini kami juga akan menjelaskan berapa berat badan yang dapat dikatakan ideal serta cara menghitungnya.

Untuk mengetahui apakah berat badan kamu dapat dikatakan ideal, anda bisa menggunakan rumus BMI (Body Mass Index). BMI dihitung dengan rumus berikut ini.

Rumus untuk menghitung berat badan ideal
Rumus untuk menghitung berat badan ideal

Jika hasilnya:

  • Kurang dari 18.5 ⇒ Kurang berat badan
  • 18.6 – 24.9 ⇒ Normal (berat badan ideal)
  • 25.0 – 29.9 ⇒ Kelebihan berat badan
  • 30.0 atau lebih ⇒ Obesitas

Contoh perhitungannya dapat kamu lihat berikut ini:

Misalnya berat badan kamu 58 Kg, dengan tinggi badan 150 cm (1.5m)

Maka perhitungannya adalah ⇒  58/ 1,52 = 58/ 2,25 = 25,7

Hasilnya adalah 25, 7. Dari ketentuan rumus seperti yang kami tampilkan diatas maka, hasil yang menunjukkan pada angka 25,7 ini tergolong kelebihan berat badan. Nah, untuk mengecek apakah berat badan kamu berada di angka normal (ideal), kamu bisa mengikuti langkah pada contoh diatas.

Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg

Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg
Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg

Jika sudah mengetahui berapa idealnya berat badan dan apa saja faktor pemicu naiknya berat badan, selanjutnya kami akan membagikan beberapa cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg dengan mudah dan aman. Silahkan diperhatikan berikut ini:

  • Cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg secara alami

Cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg pertama akan kami mulai dari cara yang aman dan alami. Banyak orang, terutama kaum hawa yang melakukan diet keras hingga mengesampingkan kesehatannya. Padahal sebenarnya itu sangat tidak dianjurkan sekali. Dengan cara yang instan, mungkin saja berat badan kamu bisa menurun, akan tetapi kamu harus memikirkan juga kemungkinan efeknya yang dapat terjadi dimasa yang akan datang.

Baca Juga :  20+ Cara Menambah 5000 Followers Gratis Dengan Link dan Aplikasi

Lantas bagaimanakah cara menurunkan berat badan yang aman dan alami? Simak berikut ini:

1. Jaga pola makan

Cara yang pertama bisa kamu mulai dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan, namun tidak bisa mengontrol diri sendiri untuk menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuhnya.

Lalu bagaimanakah cara menjaga pola makan yang benar? Perhatikan berikut ini:

  • Makan pada jam teratur, hindari makan terlalu malam (paling lama jam 08.00 Wib).
  • Kurangi porsi makan secara bertahap, namun harus tetap rutin makan 2-3 x sehari.
  • Perbanyak mengomsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Kurangi komsumsi makanan yang berminyak dan mengandung lemak jahat seperti gorengan, kulit hewan dan lain-lain.
  • Hindari ngemil yang tidak sehat
  • Kurangi makanan yang banyak mengandung garam

2. Penuhi kebutuhan akan cairan dalam tubuh

Cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg yang berikutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Sesuai dengan yang disarankan oleh ahli kesehatan, paling sedikit kita harus mengomsumsi air putih sebanyak 2 liter per hari.

Ketika kebutuhan akan cairan terpenuhi, maka tubuh akan secara efektif dapat bekerja untuk membuang zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh (racun). Apabila zat racun ini tidak dikeluarkan, itulah yang kerap menyebabkan penumpukan lemak jahat yang membuat timbangan badan menjadi naik.

3. Rutin Berolahraga

Menerapkan pola hidup dengan rutin berolahraga juga termasuk sebagai salah satu cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg. Meski prosesnya tidak instan, namun cara ini sangat efektif untuk membakar lemak dalam tubuh dan juga menjadikan tubuh anda menjadi lebih sehat.

Tapi saya nggak punya waktu untuk olahraga min, gimana dong? Tidak perlu khawatir, perlu untuk diketahui bahwa, berolahraga tidak harus dilakukan diluar rumah dengan jogging ataupun dengan pergi ke tempat gym. Anda bisa melakukan olahraga mandiri dirumah ketika punya waktu luang. Caranya dengan melakukan peregangan, zumba dan juga gerakan yoga. Gunakan Youtube sebagai media pendukung.

Baca Juga :  Tikmate App: Download Video TikTok dengan Mudah Tanpa Watermark

4. Terapkan pola hidup yang sehat

Bagian terakhir, cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg secara alami yaitu dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Cara pola hidup yang sehat, yakni:

  1. Istirahat yang cukup (6-8 jam)
  2. Hindari kebiasaan begadang agar sistem pencernaan anda lancar
  3. Kelola stress dengan baik
  4. Hindari minuman beralkohol
  5. Batasi komsumsi kafein
  • Cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg dengan minuman penurun berat badan

Tak sedikit orang yang menginginkan proses yang singkat dan mudah, termasuk dalam proses menurunkan berat badan. Jika anda termasuk salah satu diantaranya, maka anda bisa mengikuti cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg dengan mengkonsumsi minuman penurun berat badan. Anda tidak perlu khawatir, disini kami hanya akan memberikan produk minuman penurun berat badan yang penggunaannya telah terjamin aman dan sudah BPOM.

Minuman penurun berat badan yang aman dan terpercaya
Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg

Jadi ada beberapa produk minuman penurun berat badan yang memiliki kandung serat yang tinggi sehingga melancarkan pencernaan kamu. Selain itu, didalamnya juga terdapat bahan aktif yang berfungsi untuk merontokkan lemak-lemak jahat yang menumpuk. Produk-produk seperti ini kerap disebut juga sebagai minuman detoks.

Beberapa minuman penurun berat badan yang aman dan terpercaya adalah sebagai berikut:

  1. Flimty
  2. Dailywell
  3. FibreFirst
  4. Beaudelab natural slimming & detox tea
  5. Matchana
  6. Herbalife
  7. Slim & Fit
  8. Flimfit

Bahaya Kelebihan Berat Badan

Taukah kamu apa saja resiko yang akan timbul dari kelebihan berat badan? Nah, biar kamu lebih semangat untuk menurunkan berat badan kamu, maka pada bagian ini kami juga akan menyebutkan beberapa bahaya yang kemungkinan besar akan terjadi apabila kamu punya berat badan berlebih.

Beberapa bahaya dari kelebihan berat badan adalah sebagai berikut:

  1. Memicu penyakit jantung
  2. Menyebabkan tekanan darah tinggi
  3. Menyebabkan diabetes
  4. Timbulnya masalah pernapasan
  5. Gangguan reproduksi
  6. Penyakit hati
  7. Menimbulkan masalah mental dan emosional
  8. Gangguan metabolisme

Selain itu, kelebihan berat badan juga akan sangat berpengaruh terhadap penampilan kamu. Perlu untuk memiliki kemampuan khusus untuk mencocokkan gaya berpakaian agar postur tubuh yang berlebih dapat tertutupi.

Penutup

Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg
Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg

Dengan mengetahui bagaimana cara menurunkan berat badan 60 Kg menjadi 45 Kg, kamu menjadi lebih terarah untuk menjalani komitmen kamu yang ingin mengurangi berat badan yang berlebih. Dalam menghadapi tantangan menurunkan berat badan dari 60 Kg ke 45 Kg, setiap langkah kecil menuju tujuan menjadi langkah besar yang penuh arti.

Dari semua yang telah kami jelaskan dalam artikel ini, pada intinya adalah jika ingin menurunkan berat badan, penting untuk menjaga pola makan seimbang, olahraga teratur, penuhi cairan yang dibutuhkan tubuh, dan perubahan gaya hidup positif.

Ingatlah bahwa upaya menurunkan berat badan berlebihan bukan hanya tentang mencapai fostur tubuh yang diinginkan, tetapi juga tentang perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan berkelanjutan. Demikian yang dapat kami bagikan, semoga membantu.

Back to top button