Tutorial

9 Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Ada Layanan

Tentu saja masih banyak diantara kita yang sedang mencari cara mengatasi kartu Telkomsel tidak ada layanan, bahkan tidak jarang pengguna merasa ponsel nya rusak karena tidak munculnya layanan pada kartu Telkomsel yang di pakai.

Kartu SIM merupakan salah satu perangkat yang sangat penting yang wajib di miliki oleh pengguna smartphone. Karena pada saat mengoperasikan ponsel, kamu harus menggunakan kartu SIM agar ponsel dapat terhubung dengan baik dan optimal.

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Ada Layanan

Masalah kartu SIM Card tidak ada layanan bisa terjadi setiap waktu, bahkan hal tersebut terjadi ketika mengalami cuaca buruk. Selain cuaca yang buruk, kartu Telkomsel tidak ada layanan juga dapat disebabkan oleh ruangan yang tidak terjangkau oleh sinyal.

Lantas bagaimana cara mengatasi kartu Telkomsel tidak ada layanan? Simak uraian penjelasan di bawah ini dengan seksama.

  • Aktifkan Mode Pesawat

Aktifkan Mode Pesawat
Aktifkan Mode Pesawat

Alternatif yang paling umum dilakukan para pengguna smartphone apabila SIM tidak ada layanan yaitu mengaktifkan mode pesawat. Hal tersebut bertujuan untuk memancing layanan jaringan atau menstabilkan sinyal kembali.

Lakukan pengaktifan mode pesawat selama 3 menit, kemudian nonaktifkan kembali mode pesawat tersebut untuk memastikan apakah sim nya sudah memiliki layanan. Cara ini terbilang sangat efektif dan sangat membantu ketika mengalami kendala seperti hilangnya layanan SIM.

  • Restart HP

Restart HP
Restart HP

Cara mengatasi kartu Telkomsel tidak ada layanan selanjutnya adalah me-restart ponsel. Hal tersebut merupakan salah satu cara dalam menghentikan seluruh kerja sistem, aplikasi hingga komponen yang berjalan dalam sebuah perangkat.

Baca Juga :  7 Penyebab Kenapa inPods 12 Tidak Mau Connect dan Cara Mengatasinya

Selain itu, hal tersebut juga berfungsi untuk mengatasi adanya gagal sistem yang terjadi pada perangkat HP yang mengakibatkan hilangnya layanan pada kartu Telkomsel. Jadi dengan merestartponsel, jaringan akan di refresh dan layanan jaringan akan normal kembali.

  • Periksa Posisi SIM Card

Selanjutnya cara mengatasi kartu Telkomsel tidak ada layanan dengan memastikan kembali apakah peletakan SIM Card sudah sesuai atau tidak. Karena peletakan kartu Telkomsel yang salah juga mempengaruhi layanan pada ponsel.

Untuk memastikan nya kamu bisa membuka kembali slot kartu SIM HP kamu, kemudian lepaskan dan pasang kembali SIM. Jangan lupa pastikan peletakan nya sudah sesuai, setelah itu muat ulang ponsel kamu untuk me refresh komponen.

  • Bersihkan Kartu SIM Card

Bersihkan Kartu SIM Card
Sumber : befreetour.com

Cara mengatasi kartu Telkomsel tidak ada layanan sangat beragam dan salah satu penyebabnya yaitu karena adanya goresan pada kartu sehingga mengakibatkan kartu tersebut tidak bisa dibaca oleh perangkat smartphone kamu.

Jadi sangat perlu memastikan bahwa kartu SIM dalam kondisi baik dan bersih. Untuk cara membersihkan nya, kamu bisa menggunakan bantuan tissue, kain atau minyak kayu putih. Kemudian gosok secara perlahan permukaan kartu SIM Card hingga kembali bersih.

  • Ganti Pengaturan Jaringan

Hal yang paling jarang diperhatikan para pengguna smartphone yang mengakibatkan kartu Telkomsel tidak memiliki layanan yaitu mempertahankan jaringan yang sudah tidak dapat terdeteksi.

Oleh sebab itu, sangat perlu melakukan pengecekan pada konektivitas jaringan, seperti enable atau disable kartu SIM, APN (Access Poin Name) maupun pilihan jaringan. Berikut cara mengatur ulang pilihan jaringan dan mengatur ulang APN, diantaranya :

Baca Juga :  3 Cara Hapus Akun Motionbanking Bank MNC Secara Permanen

Atur Ulang Pilihan Jaringan

  • Buka menu pengaturan atau setelan di ponsel kamu.
  • Pilih opsi kartu SIM & jaringan seluler, lalu pilih kartu SIM Telkomsel.
  • Pilih Jaringan Seluler > Otomatis pilih jaringan.

Apabila tidak memiliki perubahan setelah melakukan cara diatas, kamu bisa mengatur ulang APN. Untuk melakukannya kamu bisa ikuti setiap langkah berikut ini.

Atur Ulang APN

  • Buka menu Pengaturan atau Setelan di Ponsel kamu.
  • Pilih opsi Kartu SIM & jaringan seluler, lalu pilih kartu SIM Telkomsel.
  • Pilih opsi Nama Titik Akses (APN), kemudian Setel ulang.

Tunggu hingga proses setel ulang APN selesai dilakukan, selanjutnya pastikan kartu Telkomsel kamu sudah memilki layanan.

  • Cari Jaringan Secara Manual

Cara mengatasi kartu telkomsel tidak ada layanan selanjutnya yaitu dengan mencoba cari jaringan secara manual, cara ini terbilang mudah karena dapat dilakukan hanya beberapa menit saja.

Metode ini dapat kamu coba langsung melalui pengaturan jaringan dan data seluler pada ponsel kamu, lalu pada tampilan menu roaming jaringan lakukan deteksi jaringan, cukup menunggu beberapa saat hingga sistem pada kartu telkomsel deteksi jaringan yang tersedia untuk dihubungkan.

Apabila layanan pada kartu kamu sudah terdeteksi, namun jaringan kartu Telkomsel lemot. Kamu bisa beli pulsa di Aplikasi Mocipay dengan harga termurah.

  • Nonaktifkan HP Sementara

Restart Ponsel beberapa saat merupakan cara mengatasi kartu telkomsel tidak ada layanan yang paling ampuh, pasalnya dengan mematikan ponsel beberapa saat otomatis sistem pada ponsel juga berhenti bekerja.

Hal ini bertujuan untuk memulihkan sistem operasi pada ponsel yang sedang bermasalah dsb, apabila kamu rasa sudah cukup kamu dapat aktifkan kembali ponsel kamu dan coba lakukan deteksi jaringan seperti cara sebelumnya.

  • Tes SIM Card ke Perangkat Lain

Masih belum berhasil dengan restart ponsel, kemungkinan permasalahannya terletak pada kartu yang terpasang pada ponsel tersebut.

Baca Juga :  12+ Cara Cek Nomor Pesanan Shopee Tanpa Aplikasi, Sangat Mudah dan Cepat

Kamu dapat coba pindahkan kartu yang bermasalah untuk dicoba test di perangkat atau ponsel yang berbeda, apabila kartu tersebut berjalan normal di perangkat tersebut maka bisa dipastikan ponsel yang terpasang sebelum nya mengalami masalah pada slot kartu maupun sistem di dalam ponsel itu sendiri.

Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya kamu membawa ponsel kamu untuk dilakukan service menyeluruh dari komponen hingga sistem operasinya.

  • Service HP

Apabila semua cara mengatasi kartu Telkomsel tidak ada layanan di atas tidak dapat membantu. Besar kemungkinan terdapat kerusakan komponen sehingga mengakibatkan kartu SIM tidak dapat terbaca, ada baiknya kamu membawa ponsel tersebut ke tempat ahli memperbaiki HP.

Pada tahap ini kamu akan dijelaskan tukang service mengenai komponen yang  mengalami kerusakan sehingga perlu diganti, mau tidak mau jika memang ingin memperbaiki ponsel tersebut kamu harus mengganti komponen yang mengalami kerusakan.

Penyebab Kartu Telkomsel Tidak Ada Layanan

Penyebab Keterangan
Masalah Jaringan Mungkin ada gangguan pada jaringan Telkomsel di area Anda, atau Anda berada di area dengan cakupan sinyal yang buruk.
Masalah Pada Kartu SIM Kartu SIM mungkin rusak, kotor, atau tidak ditempatkan dengan benar di slot kartu SIM ponsel Anda.
Kuota Data Habis Jika Anda menggunakan paket data dan kuota nya habis, kadang-kadang bisa menunjukkan tidak ada layanan, meskipun ini lebih jarang terjadi.
Masalah Pada Ponsel Komponen ponsel Anda, seperti antena, mungkin rusak atau ponsel Anda mengalami masalah software.
Masa Aktif Kartu Habis Jika kartu SIM Anda tidak diisi pulsa dalam jangka waktu tertentu, maka masa aktifnya bisa habis dan layanan menjadi tidak aktif.

Postingan Menarik Lainnya: 10 Cara Cek Nomor Telkomsel Terdaftar Atas Nama Siapa

Kesimpulan

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Ada Layanan
Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Ada Layanan

Itulah delapan cara mengatasi kartu Telkomsel Tidak ada layanan yang dapat kami ulas untuk kamu, pastikan semua cara di atas dapat kamu coba sebelum membawa ahli ponsel (Service HP).

Semoga informasi ini bermanfaat, sampai ketemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button