Tutorial

6 Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center

Untuk Anda para pengguna kartu seluler AXIS, mengetahui cara mengaktifkan kartu AXIS yang sudah mati tanpa ke AXIS Center berikut ini akan sangat berguna untuk Anda. Terlebih lagi jika di daerah Anda tidak terdapat AXIS Center.

Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center dengan Mudah

Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center dengan Mudah
Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center dengan Mudah

AXIS merupakan salah satu penyedia layanan, atau yang biasa kita sebut dengan provider, yang digunakan olek banyak orang dari berbagai kalangan. Tidak hanya karena harganya yang terbilang terjangkau, provider yang satu ini sering kali memberikan berbagai penawaran yang menarik.

Salah satunya adalah yang akan kita bahas nanti, yaitu cara mengaktifkan kartu AXIS yang sudah mati tanpa ke AXIS Center. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh AXIS adalah sinyalnya yang sudah menjangkau berbagai wilayah di Indonesia.

Kelebihan ini yang membuat para penggunanya loyal atau setia pada provider yang satu ini. Tidak heran jika banyak yang mencari cara mengaktifkan kartu AXIS yang sudah mati tanpa ke AXIS Center karena tetap ingin menggunakan kartu atau SIM card miliknya tersebut.

Penyebab Kartu Seluler Mati atau Hangus

Sebelum membahas mengenai cara mengaktifkan kartu AXIS yang sudah mati tanpa ke AXIS Center, kita akan membahas mengenai penyebab dari kenapa kartu tersebut bisa matu atau hangus. Sebagian besar penyebabnya sama, baik untuk provider AXIS maupun untuk provider lainnya.

Pada umumnya, kartu yang mati atau hangus biasanya terjadi karena pengguna sudah lama tidak melakukan isi pulsa sehingga masa berlaku atau masa aktif kartu habis. Apabila Anda tidak mengisi pulsa pada kartu seluler Anda, maka masa aktif tidak akan bertambah.

Tidak melakukan isi pulsa dan melewati masa tenggang kartu bisa membuat kartu Anda hangus dan mati. Penyebab lain kartu seluler mati atau hangus karena kartu tersebut sudah lama tidak digunakan sehingga akhirnya otomatis terblokir.

Jika hal ini terjadi, maka Anda sebagai pengguna pasti akan mendapat masalah, apalagi jika sebagian besar kontak Anda tersimpan di dalam kartu. Oleh karena hal tersebut, usahakan untuk mengisi pulsa pada kartu seluler Anda untuk menghindari nomor hangus atau mati. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah ini karena Anda bisa mengaktifkan kembali SIM card yang mati atau hangus tersebut.

Baca Juga :  11 Cara Isi Saldo Grab Driver Via ATM, OVO dan Alfamart
Penyebab Lainnya Penjelasan
Kedaluwarsa Kartu seluler prabayar memiliki tanggal kedaluwarsa, biasanya setelah sejumlah hari atau bulan tertentu. Jika Anda tidak mengisi ulang atau menggunakan kartu dalam periode tersebut, penyedia layanan dapat mematikan kartu dan Anda perlu mendapatkan kartu baru.
Tidak Diisi Ulang Kartu prabayar memerlukan pengisian ulang untuk mempertahankan ketersediaan layanan. Jika Anda lupa atau tidak mengisi ulang dalam batas waktu yang ditentukan oleh penyedia layanan, kartu tersebut bisa mati dan perlu diisi ulang lagi.
Pemutusan oleh Penyedia Layanan Penyedia layanan seluler memiliki aturan dan ketentuan yang harus diikuti oleh pelanggan. Jika Anda melanggar peraturan atau tidak membayar tagihan, penyedia layanan dapat memutuskan layanan atau menghentikan kartu Anda.
Kehilangan atau Pencurian Jika kartu seluler hilang atau dicuri, segera laporkan kepada penyedia layanan Anda. Mereka akan mematikan kartu tersebut dan memberikan kartu pengganti untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak yang tidak sah.
Kartu Rusak Jika kartu fisik Anda rusak, seperti rusak akibat patah atau terendam air, Anda mungkin perlu mendapatkan kartu pengganti dari penyedia layanan. Kartu yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik.

Ciri-Ciri Kartu Seluler Mati atau Hangus

Ciri-Ciri Kartu Seluler Mati atau Hangus
Ciri-Ciri Kartu Seluler Mati atau Hangus

Lalu, bagaimana Anda bisa mengetahui bahwa kartu seluler mati atau hangus? Tidak sedikit dari kita yang kadang belum mengetahui ciri-ciri dari kartu yang hangus. Adapun beberapa ciri-ciri SMI card yang hangus, termasuk pada provider AXIS, adalah sebagai berikut.

  • Sinyal kartu hilang selama beberapa hari. Ciri-ciri yang satu ini biasanya ditandai dengan berubahnya sinyal menjadi SOS, lalu kemudian sinyal secara otomatis hilang.
  • Nomor tidak bisa digunakan untuk mengirim pesan / SMS atau menelepon.
  • Tidak ada atau hilangnya koneksi internet. Ciri-ciri yang satu ini biasanya ditandai dengan indikasi “No Internet Access”.
  • Data seluler tidak bisa menyala atau dinyalakan.
  • Tidak bisa melakukan panggilan ke nomor UMB.
  • Kartu Anda tidak terdeteksi pada ponsel yang Anda gunakan.

Baca Juga: √ Peramalan Metode Delphi Bermanfaat Dalam Kegiatan Berikut, Kecuali

Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center

Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center
Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center

Kadang-kadang, kita mungkin menghadapi situasi di mana kartu SIM AXIS kita mati atau tidak aktif karena berbagai alasan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena mengaktifkannya kembali tidak selalu memerlukan kunjungan fisik ke AXIS Center.

Adapun beberapa cara mengaktifkan kartu AXIS yang sudah mati tanpa ke AXIS Center yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Pemulihan Melalui Situs Resmi Provider AXIS

Cara mengaktifkan kartu AXIS yang sudah mati tanpa ke AXIS Center yang pertama adalah dengan melalui situs resmi AXIS. Buka situs resmi AXIS melalui komputer PC, laptop, maupun ponsel Anda dan pastikan perangkat memiliki koneksi internet yang aktif dan stabil.

Baca Juga :  Uang Tidak Keluar Dari Mesin ATM BRI Tapi Saldo Berkurang, Begini 8 Solusinya!

Pada halaman utama, Anda akan menemukan opsi untuk mengaktifkan ulang kartu SIM Anda yang sudah tidak aktif tersebut. Isi formulir yang diminta dengan data pribadi yang sesuai dengan kartu dan ikuti petunjuk yang diberikan.

2. Menggunakan Aplikasi MyAxis

Jika Anda memiliki aplikasi resmi milik AXIS, yaitu MyAxis, Anda mungkin bisa mencari Cara mengaktifkan kartu AXIS yang sudah mati tanpa ke AXIS Center melalui aplikasi.

Jika Anda memiliki aplikasinya, coba cek apakah ada opsi untuk mengaktifkan kembali kartu yang telah mati. Aplikasi resmi ini sering memiliki fitur untuk mengelola kartu SIM dan mengatasi masalah serupa.

3. Menghubungi Layanan Pelanggan atau Call Center

Berpikir untuk menghubungi layanan pelanggan AXIS melalui nomor yang disediakan bisa menjadi cara lain yang patut Anda coba. Terkadang, mereka dapat membantu Anda dalam mengaktifkan kembali kartu SIM dengan memberikan instruksi yang diperlukan dan diberikan.

4. Mengirimkan SMS Aktivasi

Beberapa operator memungkinkan Anda mengirim SMS khusus untuk mengaktifkan kembali kartu yang hangus atau mati. Cek situs resmi AXIS atau kontak layanan pelanggan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang langkah-langkah cara mengaktifkan kartu AXIS yang sudah mati tanpa ke AXIS Center yang satu ini.

5. Registrasi Ulang di Toko

Jika Anda tidak ingin mengunjungi AXIS Center, tetapi masih membutuhkan bantuan orang lain, Anda bisa mencoba untuk mengunjungi toko fisik yang bekerja sama dengan AXIS. Beberapa toko memiliki fasilitas untuk membantu mengaktifkan kembali kartu SIM yang mati.

6. Menggunakan Aplikasi AXIS Online

Jika memiliki aplikasi perbankan online atau layanan perbankan terkait, Anda mungkin dapat mengaktifkan kartu SIM melalui aplikasi ini. Beberapa operator mungkin memiliki layanan perbankan terintegrasi yang memungkinkan Anda mengatur berbagai hal terkait akun Anda.

Sebagai catatan tambahan, pastikan Anda memiliki dan telah menyiapkan data pribadi yang diperlukan dam nomor identitas yang diperlukan proses aktivasi. Pastikan juga Anda mengikuti seluruh petunjuk atau panduan yang diberikan dengan benar. Jangan lupa cek tautan dan informasi resmi dari situs AXIS.

Langkah-Langkah dari Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center

Untuk Anda yang masih kebingungan melalui cara mengaktifkan kartu AXIS yang sudah mati tanpa ke AXIS Center, jangan khawatir. Pada kesempatan kali ini, kita juga akan membahas langkah-langkah mengaktifkan kembali kartu Anda yang telah mati atau hangus.

Akan tetapi, sebelum melakukan aktivasi kartu seluler Anda kembali, Anda harus menyiapkan beberapa hal. Beberapa hal penting berikut ini menjadi syarat yang harus Anda siapkan untuk bisa mengaktifkan kembali kartu Anda. Adapun beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan dalam mengaktifkan kembali kartu AXIS yang sudah mati adalah sebagai berikut.

  • Data diri, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
  • Kartu seluler AXIS yang hendak Anda aktifkan kembali
  • Nomor telepon yang aktif untuk melakukan panggilan video atau video call dengan Customer Service.

Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center Secara Online

Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center Secara Online
Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center Secara Online

Setelah menyiapkan beberapa persyaratan yang telah disebutkan tersebut, selanjutnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk bisa mengaktifkan kembali kartu AXIS Anda yang telah hangus atau mati secara online. Adapun langkah mengaktifkan kartu AXIS yang mati adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi browser yang Anda miliki pada komputer PC, laptop, atau ponsel Anda.
  2. Kunjungi situs resmi AXIS berikut ini https://prioritasforyou.xl.co.id/apply/simcard-services
  3. Anda akan diarahkan ke halaman Layanan Kartu SIM. Setelah halaman terbuka, pada opsi “Pilihan Layanan”, pilih “Reaktivasi Kartu”.
  4. Selanjutnya, akan muncul kolom Nomor HP. Masukkan nomor AXIS Anda yang ingin Anda aktifkan kembali pada kolom tersebut.
  5. Jika sudah, klik “Lanjut”. Sebelumnya, Anda harus memberi tanda centang untuk mengonfirmasi bahwa Anda bukan robot.
  6. Siapkan dokumen identitas Anda atau persyaratan yang telah disiapkan tadi.
  7. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi e-form atau formulir online. Isi formulir tersebut dengan hati-hati dan teliti sesuai dengan panduan yang diberikan.
  8. Jangan lupa untuk memasukkan nomor aktif yang bisa dihubungi untuk melakukan video call dengan petugas dari call center
  9. Selanjutnya, Anda akan dihubungi oleh petugas call center melalui video call atau panggilan video untuk melakukan validasi. Ikuti proses ini hingga selesai dan jangan ragu untuk bertanya apabila Anda mengalami kesulitan atau kebingungan.
  10. Jika sudah, nantinya Anda akan bisa menggunakan nomor tersebut kembali. Apabila Anda harus mengganti nomor kartu SIM tersebut, Anda akan diminta untuk mengambilnya di AXIS Center terdekat sesuai dengan panduan yang diberikan.
Baca Juga :  Mulai 10 Ribu! Berikut 25+ Kode Rahasia Paket Murah XL 2024

Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati dengan Datang Langsung ke AXIS Center

Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati dengan Datang Langsung ke AXIS Center
Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati dengan Datang Langsung ke AXIS Center

Selain melakukan aktivasi nomor atau kartu yang sudah hangus atau mati secara online, pastinya Anda juga bisa melakukan aktivasi dengan mendatangi gerai atau AXIS Center secara langsung. Cara yang satu ini terbilang lebih efektif, terlebih jika ada AXIS Center di daerah tempat tinggal Anda. Hal ini dikarenakan Anda akan dibantu secara langsung oleh staf dan nomor yang mati tersebut bisa langsung Anda dapatkan setelah proses selesai.

Selain itu, Anda tidak perlu menunggu kartu dikirim atau mengambil kartu yang baru. Adapun cara melakukan aktivasi kartu AXIS yang sudah mati dengan datang langsung ke AXIS Center adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan beberapa hal berikut ini sebelum Anda mendatangi gerai atau AXIS Center.
  2. Kartu identitas, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
  3. Nomor atau kartu AXIS yang telah mati. Walau sudah dalam keadaan rusak, pastikan untuk tetap membawanya.
  4. Setelah itu, datangi AXIS Center terdekat.
  5. Tunggu hingga giliran Anda dan petugas akan membantu Anda mengaktifkan kembali nomor yang telah hangus tersebut.
  6. Ikuti panduan yang hingga selesai dan nomor Anda akan bisa digunakan kembali. Proses ini kurang lebih memakan waktu 2 jam.

 

Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center
Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center

Cara mengaktifkan kartu AXIS yang sudah mati tanpa ke AXIS Center bisa Anda lakukan dengan bantuan layanan online, aplikasi, atau kontak layanan pelanggan. Pastikan Anda mengikuti instruksi dengan berhati-hati dan memastikan data pribadi Anda aman saat melakukan proses tersebut. Jika Anda menghadapi kesulitan atau ragu, selalu lebih baik untuk bertanya atau berkonsultasi dengan layanan pelanggan AXIS agar segera mendapat bantuan.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button