Tutorial

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Sudah Mati

Cara mengaktifkan kartu smartfren yang sudah mati memang dibutuhkan pengguna disaat kartu sim tidak bisa digunakan karena kartu sudah melewati batas masa tenggang.

Masa tenggang merupakan periode tertentu dimana para pengguna handphone harus segera melakukan pengisian pulsa agar kartu sim mereka tetap dapat digunakan dalam perangkat, jadi jika anda tidak segera mengisi pulsa kartu sim segera di nonaktifkan.

Ini juga berlaku bagi anda pengguna kartu smartfren, kondisi ini bisa saja disebabkan kelalaian yang menimbulkan pertanyaan adakah cara mengaktifkan kartu smartfren yang sudah mati? untuk itu mari kita ulas penyebab dan cara mengaktifkan kartu smartfren yang sudah mati.

Penyebab Kartu Smartfren Mati

Dewasa ini sistem smartphone sudah dilengkapi dengan layanan dual sim, yaitu penggunaan dua kartu dalam satu handphone. Oleh karena itu tidak jarang kita melihat permasalahan kartu yang mati karena pengabaian bahkan kelalain pengguna.

Penyebab kartu smartfren mati
Penyebab kartu smartfren mati

Lantas apa penyebab kartu smartfren mati? penyebabnya adalah kartu yang telah melewati masa tenggang sesuai dengan ketetapan perusahaan seluler terkait.

Sebenarnya beberapa perusahaan melampirkan masa tenggang kartu, disamping itu kita sebagai pelanggan harus lebih peka saat menggunaan kartu, ada juga alternatif yang bisa kamu coba untuk melihat masa tenggang kartu melalui kode USSD sampai dengan aplikasi yang dikeluakan provider.

Cara Mengetahui Kartu Smartfren Sudah Tidak Aktif

Apa saja ciri-ciri kartu smartfren sudah hangus? sejatinya ada beberapa poin yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui kartumu tidak bisa digunakan ataupun melewati masa aktif.

Baca Juga :  Cara Login Gojek Tanpa Aplikasi Dengan Nomor HP

Sebelum kita membahas cara mengaktifkan kartu smartfren yang sudah mati, berikut beberapa ciri-ciri kartu smartfren yang sudah di nonaktikan :

  1. Jaringan kartu smartfren hilang
  2. Kamu tidak bisa mengakses internet
  3. Tidak bisa melakukan panggilan telepon maupun SMS
  4. Kamu tidak bisa mengakses kode dial

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Sudah Mati

Perlu diketahui kartu sim smartfren yang mati masih bisa diaktifkan jika masa kartu tidak lebih dari 15 hari setelah masa aktif habis. Jadi jika sim card yang digunakan belum melampaui waktu yang kami sebutkan, anda memiliki kesempatan untuk mengaktifkan nya kembali.

Cara ini dilakukan dengan mengunjungi operator terkait, bisa dikatakan cara ini hampir sama jika sim card anda tercecer ataupun hilang. Namun sebelum mencoba cara mengaktifkan kartu smartfren yang sudah mati, persiapkan berkas yang akan dibawa pada gerai terdekat.

  1. Tanda pengenal berupa KTP
  2. Bawa juga kartu keluarga
  3. Persiapkan sejumlah uang apabila ada biaya administrasi yang tidak teduga

Setelah itu anda bisa meihat melalui google maps gerai smarfren terdekat, kunjungi dan lakukan cara mengaktifkan kartu smartfren yang sudah mati berikut ini:

Cara mengaktifkan kartu smartfren yang sudah mati
Cara mengaktifkan kartu smartfren yang sudah mati

 

  1. Ambil antrian lalu tunggu sampai nama kamu dipanggil customer service
  2. Jika sudah, ajukan keluhan terkait kartu smartfren yang tidak aktif lalu jelaskan penyebab hal tersebut.
  3. Selanjunya cs akan memeriksa data pengguna kartu berdasarkan tanda pengenal yang anda serahkan. Biasanya cara ini lebih cepat diatasi apabila anda melengkapi persyaratan dan membawa sim card lama yang tidak berfungsi lagi
  4. Jika sudah, cs akan berikan sim card baru dengan nomor yang lama, kamu akan dikenakan biaya administrasi sesuai ketetapan gerai terkait.
Baca Juga :  6 Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati Dan Syaratnya

Cara mengaktifkan kartu smartfren yang sudah mati ternyata sangat mudah, hanya saja kamu lebih repot jika harus mengunjungi gerai setiap kali sim card mengalami masalah.

Sebab itu perlu melakukan perawatan pada kartu yang sudah lama digunakan, dengan memerhatikan masa tenggang sampai melakukan pengisian pulsa secara berkala.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren

Keadaan kartu smartfren tidak bisa digunakan karena masa tenggang yang sudah melebihi batas yang seharusnya. Hal ini akan memberatkan kita selaku pengguna bahkan memutuskan komunikasi.

Alih-alih mencari cara mengaktifkan kartu smartfren yang sudah mati, akan lebih mudah melakukan pengisian disaat masa tenggang, Namun bagaimana cara melihat masa aktif kartu smartfren? Deretan cara yang bisa kamu coba untuk mengetahui masa aktif dan masa tenggang kartu smartffren melalui uraian berikut :

  • Aplikasi MySmartfren

Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi my smartfren yang disediakan perusahaan untuk mempermudah pelanggan melakukan pembelian produk dari rumah.

Lewat aplikasi ini kamu akan mendapatkan informasi lengkap tentang kartu beserta kuota internet, sms dan telepon yang masih aktif dan bisa digunakan.

  1. Pertama silahkan unduh aplikasi MySmartfren
  2. Jika sudah silahkan login menggunakan serial nomor smartfren yang kamu gunakan saat ini
  3. Untuk melihat masa aktif kartu smartfren silahkan ketuk paket saya, disana anda akan melihat kuota dan masa aktif paket yang digunakan.
  • Gunakan Kode Dial *995#

Jika anda enggan mengunduh aplikasi my smartfren, ada cara lain yang mungkin bisa kamu gunakan sekarang juga. Dengan menginput kode dial *995* kamu akan mengetahui sisa kuota berikut dengan masa aktif kartu, berikut caranya :

  1. Buka menu telepon pada smartphone anda
  2. Silahkan ketik *995# lalu tekan panggil/call
  3. Berikutnya akan muncul notifikasi timbul berupa sisa kuota, nama paket hingga masa aktif kartu yang sedang digunakan.
  • Melalui SMS ke 995

Opsi berikutnya dengan memanfaatkan pesan singkat yang kita kenal dengan SMS, berkirim pesan pada operator ini pun bebas biaya, disamping itu isi pesan harus sesuai dengan ketetapan smartfren.

  1. Buka pesan pada smartphone anda
  2. Ketik CEK lalu masukkan 955 sebagai nomor tujuan
  3. Selanjutnya operator akan memberikan sms balasan berupa paket internet yang sedang kamu gunakan, detail paket hingga masa aktif kartu.
Baca Juga :  3 Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat WA: Mudah Dan Terjamin 100% Akan Berhasil!

Lama Masa Aktif Kartu Smartfren Berdasarkan Jumlah Pengisian Pulsa

Diatas anda sudah mengetahui cara mengaktifkan kartu smartfren yang sudah mati lengkap dengan cara melihat masa aktif kartu mu. Dijelaskan bahwa cara memperpanjang masa aktif kartu smartfren dilakukan dengan mengisi pulsa.

Memperpanjang masa aktif kartu smartfren tidak bersifat akumulatif dimana masa aktif akan mengikuti masa aktif yang terpanjang.

Misalnya hari ini anda melakukan pengisian pulsa 50 ribu yang akan memperpanjang masa aktif 60 hari, kemudian anda kembali mengisi pulsa senilai 10 ribu (masa aktif 15 hari) jadi maka masa aktif kartu akan mengikuti masa aktif terpanjang yaitu isi ulang 50 (masa aktif 60 hari).

Berikut tabel masa aktif kartu smartfren berdasarkan jumlah pengisian pulsa.

Isi Ulang Pulsa Smartfren Penambahan Masa Aktif Smartfren
5.000 7 hari
10.000 15 hari
20.000 30 hari
25.000 30 hari
50.000 60 hari
60.000 75 hari
100.000 120 hari
150.000 150 hari
200.000 150 hari
300.000 180 hari
500.000 240 hari
1.000.000 360 hari

Penutup

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Sudah Mati
Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Sudah Mati

cara mengaktifkan kartu smartfren yang sudah mati ternyata sangat mudah, perlu dipahami bahwa cara iniĀ  berhasil jika masa kartu tidak lebih dari 15 hari setelah kartu dinonaktifkan.

Disamping itu perhatikan masa aktif melalui beberapa opsi yang sudah kami bahas diatas, lakukan isi ulang pulsa berdasarkan tabel nominal penambahan masa aktif agar kamu terhindar dari masalah kartu yang tidak bisa digunakan. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Back to top button