TutorialRagamTips

10 Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung

Mendeteksi mesin cuci telah rusak karena mengeluarkan dengungan? sudah tahu cara mengatasi mesin cuci tidak berputar hanya berdengung belum? Jika belum, Mocipay akan tampilkan dalam pembahasan ini!

Sebagai salah satu barang elektronik yang dibutuhkan dalam rumah tangga, mesin cuci yang rusak memang membuat kita khawatir khususnya para ibu yang memanfaatkan alat ini dalam meringankan pekerjaan rumah tangga.

Ada berbagai kondisi yang diyakini menjadi awal kerusakan bagi mesin cuci, seperti ketika mesin tidak berputar dan hanya mengeluarkan dengungan. Apakah mesin cuci yang mengeluarkan bunyi benar-benar mengalami kerusakan komponen? Adakah opsi perbaikan selain membawa ke pusat service? berikut jawabanya!

Apakah Mesin Cuci yang Berdengung Mengalami Kerusakan?

Mesin cuci adalah produk kebutuhan rumah tangga yang sangat dibutuhkan karena membantu menyederhanakan dan mempercepat proses mencuci pakaian. Ini salah satu alternatif menghemat waktu dan tenaga dibandingkan mencuci secara manual.

Apakah Mesin Cuci yang Berdengung Mengalami Kerusakan
Apakah Mesin Cuci yang Berdengung Mengalami Kerusakan

Di Indonesia, mesin cuci terbagi menjadi dua yakni mesin cuci satu dan dua tabung dimana keduanya membutuhkan listrik sebagai sumber tenaga ataupun penggerak.

Masalah yang terjadi pada mesin cuci cukup banyak, seperti ketika mesin berdengung dan tidak berputar. Lalu apakah mesin cuci yang berdengung mengalami kerusakan komponen? Ini perlu anda pahami sebelum membahas cara mengatasi mesin cuci tidak berputar hanya berdengung.

Ternyata tidak, mesin cuci tidak berputar hanya mengeluarkan dengungan menunjukkan berbagai kondisi sesuai dengan situasi mesin saat itu. Jadi, bunyi dari mesin cuci tidak selalu menjadi penanda komponen sudah usang dan begitupun sebaliknya.

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung

Mesin cuci sebagai salah satu barang elektronik memiliki batas kekuatan dalam mencuci dan mengeringkan pakaian-pakaian terlebih jika digunakan terus menerus.

Baca Juga :  2 Cara Mengubah Kuota Snapchat Menjadi Kuota Utama

Sama halnya ketika mesin berdengung tanpa berputar yang membuat kita menghawatirkan penggunaanya. Nah, sebelum lebih dalam membahas cara mengatasi mesin cuci tidak berputar hanya berdengung mari kenali dulu akibat serta beberapa situasi yang menjadi alasan mesin cuci mengeluarkan bunyi.

  • Beban Mesin Terlalu Banyak

Saat membeli, kapasitas mesin cuci perlu kita ketahui agar mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan. Kapasitas dimaksud dalam satuan kilogram (6, 7 atau 10 kg) yang berarti kemampuan mesin membersihkan pakaian kering untuk sekali cuci.

Saat mencuci sebaiknya perhatikan banyaknya pakaian yang akan dibersihkan, karena memasukkan pakaian melebihi kapasitas menyebabkan mesin berdengung. Hal ini biasanya terjadi pasa mesin cuci 1 tabung.

  • Adanya Kabel yang Rusak

Penyebab mesin cuci tidak berputar hanya berdengung selanjutnya karena kabel yang rusak sehingga mesin tidak mampu mengoptimalkan pencucian dan pengeringan.

Memang ada banyak masalah internal pada mesin telebih ketika sudah usang dan melebihi usia pakai. Namun pada mesin cuci yang masih ideal, masalah ini bersumber dari faktor eksternal seperti gigitan hewan disekitar.

  • Pintu Mesin Cuci Tidak Tertutup Rapat

Pintu Mesin Cuci Tidak Tertutup Rapat
Pintu Mesin Cuci Tidak Tertutup Rapat

Ingin mengeringkan pakaian namun terdengar dengungan dari mesin cuci? Segera periksa pintu dan pastikan sudah tertutup rapat! Ini bisa terjadi karena engsel atau sesuatu yang menghalangi pintu tertutup seutuhnya.

  • Dinamo Pengering Rusak

Dinamo pengering mesin rusak menjadi alasan mesin cuci tidak berputar dan mengeluarkan dengungan. Kerusakan ini bisa terjadi karena berbagai alasan seperti pemakaian berlebihan, usia yang mempengaruhi kinerja mesin, dan penggunaan listrik yang tidak stabil.

Sebagai pertanda telah terjadi kerusakan pada dinamo adalah getaran dan dengungan saat beroperasi. Suara yang tidak normal atau getaran berlebih akan terlihat saat mencuci dan harus ditangani segera.

  • Kapasitor Rusak

Aktivitas mencuci semakin lebih nyaman jika semua komponen didalamnya tertata dengan baik. Meski begitu, ada berbagai kondisi yang tidak bisa dielakkan seperti kapasitor yang bermasalah. Komponen ini memiliki peran penting dalam memberikan daya listrik tambahan agar dinamo dapat berputar.

Baca Juga :  6 Cara Menghilangkan Garis Hijau Di Layar Hp

Untuk mengidentifikasi dengungan akibat kapasitor dapat dilakukan berdasarkan jenis mesin cuci, biasanya terlihat melalui bentuk kapasitor yang mengembang. Kerusakan ini hanya bisa dibenahi ahlinya.

  • Lid Switch dan Timer Mesin Rusak

Lid switch atau saklar tutup adalah alat yang berfungsi mendeteksi gerakan pintu mesin. Setelah mendeteksi pintu tertutup sempurna, mesin akan memulai pemutaran untuk mencuci pakaian. Nah, saat lid switch rusak maka mesin tidak mampu mendeteksi pintu dalam keadaan terbuka atau tertutup sehingga tidak berputar saat mencuci.

Kerusakan lid switch mesin cuci bisa disebabkan tekanan atau gesekan yang terlalu kuat dan usia mesin yang sudah lama. Sedangkan rusaknya timer mesin karena kabel usang atau terputus.

Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung

Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung
Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung

Setelah mengetahui situasi yang menyebabkan mesin cuci berdengung, Mocipay akan memaparkan cara mengatasi mesin cuci tidak berputar hanya berdengung yang mungkin bermanfaat untuk sahabat saat ini.

1. Sesuaikan Muatan dengan Kapasitas Mesin

Cara mengatasi mesin cuci tidak berputar hanya berdengung yang pertama adalah memeriksa muatan pakaian yang akan dibersihkan. Beban cucian yang terlalu banyak menyebabkan rotasi pencucian lambat hingga mengeluarkan dengungan.

Pastikan kapasitas mesin cuci sesuai dengan berat pakaian kering sebelum diputar. Ini juga berlaku saat mesin cuci berdengung ketika mengeringkan pakaian.

2. Periksa Kabel

Memeriksa kabel salah satu cara mengatasi mesin cuci tidak berputar hanya berdengung. Jika kendala pada kabel, dikhawatirkan kerusakan pada mesin dinamo. Segera periksa kabel dan lakukan penyambungan jika putus. Bersihkan area kabel untuk mengantisipasi sekaligus mengatasi dinamo yang tersumbat.

3. Mengganti Kapasitor

Membahas lanjut cara mengatasi mesin cuci tidak berputar hanya berdengung, opsi ini mengarah pada penggunaan kapasitor baru setelah mendeteksi kerusakan.

Segera ganti dan gunakan kapasitor yang baru, pastikan komponen kapasitor pengganti sesuai dengan yang diganti. Lakukan penggantian kapasitor apabila anda memiliki keahlian dalam bidang ini, jika tidak percayakan saja pada ahlinya.

Baca Juga :  30+ Nama dan Alamat Toko Kue Terdekat Dari Lokasi Saya

4. Service Mesin Cuci

Service Mesin Cuci
Service Mesin Cuci

Membawa ke tempat service merupakan cara mengatasi mesin cuci tidak berputar hanya berdengung karena kerusakan pada lid switch, timer maupun dinamo mesin. Guna membawa ke tempat service untuk mengganti saklar pintu dengan yang baru maupun memperbaiki timer mesin.

Selain mengandalkan tenaga ahli, klaim garansi dapat dilakukan sesuai ketentuan mesin cuci yang anda gunakan. Biasanya klaim garansi dapat dilakukan apabila membeli produk dari perusahaan resmi atau estimasi klaim masih tersedia.

Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet

Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet
Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet

Sebagai salah satu barang elektronik yang mendominasi dalam kegiatan sehari-hari, sangat disayangkan jika mesin cuci anda mengalami masalah yang sama.

Oleh karena itu, selain cara mengatasi mesin cuci tidak berputar hanya berdengung anda akan memperoleh beberapa tips untuk merawat mesin cuci dan pengering agar lebih tahan lama.

Tips Deskripsi
Gunakan detergen secukupnya Untuk menjaga keawetan mesin cuci anda, hindari penggunaan detergen berlebihan. Sesuaikan beban pencucian dengan detergen untuk mengurangi residu busa pada mesin.
Membersihkan secara berkala Mesin cuci yang jarang dibersihkan tentu menyisakan kotoran yang menumpuk. Untuk membersihkan mesin cuci sebenarnya cukup mudah, cukup isi air dan tekan menu cleansing.
Menjaga kestabilan mesin cuci Letakkan mesin cuci di ruangan yang stabil atau permukaan yang datar untuk meminimalisir goncangan saat mencuci.
Mengeluarkan benda dari saku sebelum mencuci Pastikan anda memeriksa dan mengeluarkan barang dari saku sebelum dicuci, seperti logam dan perintilan-perintilan kecil lainnya karena berpotensi merusak mesin.
Cabut kabel setelah mencuci Cabut kabel setelah penggunaan salah satu cara menjaga ketahan dan keawetan mesin cuci. Ini salah satu tindakan untuk mencegah potensi korsleting dan hal berbahaya lainya.

Itulah tata cara merawat mesin cuci untuk mengoptimalkan kinerja dan umur pakai nya. Oh iya, terkait kebutuhan listrik yang membengkak akibat penggunaan mesin cuci bisa anda penuhi di aplikasi Mocipay lho, download sekarang yuk!

Akhir Kata

Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung
Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung

Berbagai cara mengatasi mesin cuci tidak berputar hanya berdengung berdasarkan situasi mesin saat pengecekan. Apabila ciri-ciri diatas tidak terdeteksi pada mesin cuci anda, segera bawa ke pusat service atau klaim garansi untuk memperbaiki komponen yang mungkin bermasalah.

Bersamaan dengan hal tersebut, Mocipay lampirkan tata cara merawat mesin cuci satu atau dua tabung untuk meminimalisir resiko-resiko selama penggunaan. Semoga dengan adanya artikel cara mengatasi mesin cuci tidak berputar hanya berdengung membantu pembaca, terima kasih.

Back to top button