Tutorial

5 Cara Cek Tarif Grab Mobil Tanpa Aplikasi Terbaru 2024

Cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi 2024 biasanya digunakan oleh orang yang ingin menggunakan layanannya tanpa perlu mengunduh aplikasinya. Selain itu, cara cek tarif ini juga digunakan untuk mempertimbangkan harga yang sesuai dengan budget transportasinya.

Seperti yang telah kita ketahui, Grab merupakan salah satu aplikasi transportasi yang telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Selain mempermudah seseorang untuk bepergian, aplikasi ini juga bisa menghemat pengeluaran jika terdapat promo diskon dan voucher. Bisa dibilang layanan Grab lebih terjangkau jika dibandingkan dengan layanan ojek atau taksi offline.

Bukan hanya menyediakan moda transportasi, Grab juga menyediakan opsi menu lainnya seperti GrabFood untuk pesan antar makanan dan minuman serta GrabMart untuk pesan antar belanja kebutuhan sehari-hari. Tarif yang dipatok bisa berbeda tergantung dengan jarak dari titik lokasi penjemputan hingga tujuan antar.

Cara Cek Tarif Grab Mobil Tanpa Aplikasi

Cara Cek Tarif Grab Mobil Tanpa Aplikasi
Cara Cek Tarif Grab Mobil Tanpa Aplikasi

Penggunaan layanan transportasi online seperti Grab dan sejenisnya ini sepertinya sudah menjadi salah satu gaya hidup bagi masyarakat Indonesia dan berbagai negara di belahan dunia.

Bukan tanpa alasan, kepopuleran aplikasi transportasi online ini memang memberikan banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa didapatkan oleh penumpangnya.

Namun bagaimana jika penumpang ingin mengecek tarif kendaraan jika tidak memiliki aplikasinya? Lalu bagaimana cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi? Apakah bisa benar-benar dilakukan tanpa harus mengunduh aplikasi Grab terlebih dahulu? Jawabannya adalah bisa.

Ada cara mudah dan praktis yang bisa Anda lakukan untuk mengecek tarif Grab mobil tanpa menggunakan aplikasinya. Anda hanya perlu membuka Google Maps yang sudah terpasang di perangkat Anda. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk cek tarif tanpa aplikasi.

1. Buka Google Maps

Google Maps
Google Maps

Cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi yang pertama pertama adalah dengan membuka aplikasi bawaan pabrik, yakni Google Maps.

Biasanya hampir semua perangkat smartphone sudah terpasang aplikasi ini. Namun jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa langsung masuk ke Play Store atau App Store untuk mengunduhnya terlebih dahulu.

Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Permanen Tanpa Dicadangkan

2. Destinasi Tujuan

Langkah berikutnya untuk melakukan cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi adalah dengan mengetik destinasi tujuan pada kolom pencarian Google Maps. Anda tinggal memasukan alamat tujuan Anda pada kolom yang terdapat pada bagian atas. Pastikan alamat diketik dengan benar agar pengecekan tarif bisa lebih akurat.

3. Titik Keberangkatan

Jika selesai dengan destinasi tujuan Anda, maka selanjutnya adalah menentukan titik lokasi keberangkatan Anda. Sebelum itu, Anda perlu memastikan bahwa GPS di perangkat Anda sudah menyala sehingga titik lokasi bisa terisi dengan otomatis. Namun jika Anda ingin mengubahnya, bisa langsung mengetik titik lokasi keberangkatan secara manual.

4. Pilih Transit

Jika sudah selesai mengatur destinasi tujuan dan titik keberangkatan, maka langkah untuk cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi yang berikutnya adalah mengklik ikon Transit. Anda bisa memilih ikon dengan gambar orang melambai pada bagian paling kanan di jendela Google Maps.

5. Cek Tarif

Nah, langkah selanjutnya barulah Anda bisa mulai melakukan cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi. Pada langkah ini tarif untuk menuju destinasi atau lokasi tersebut akan muncul secara otomatis, baik tarif untuk menaiki mobil dan motor. Selain itu, Anda juga bisa melihat estimasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan.

Nah, jadi itulah tadi beberapa langkah dari cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi. Cukup mudah untuk diikuti, bukan? Jadi Anda akan bisa lebih mudah memeriksa tarif sebelum mempertimbangkan pemesanan moda transportasi yang akan digunakan.

Cara Cek Tarif Grab Mobil Dengan Aplikasi

Jika sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi, maka berikut ini kita akan membahas cara mudah dengan menggunakan aplikasi. Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi Grab terlebih dahulu.

  • Buka Aplikasi Grab

Buka Aplikasi Grab
Buka Aplikasi Grab

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasinya terlebih dahulu. Berbeda dari cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi dengan menggunakan Google Maps yang sudah terpasang karena bawaan pabrik, Grab harus diunduh di Play Store atau App Store terlebih dahulu. Jika sudah terunduh, maka langkah selanjutnya adalah membuat akun.

  • Destinasi Tujuan

Berikutnya adalah memasukan destinasi tujuan Anda. Pastikan bahwa alamat atau destinasi tujuan yang Anda masukan sudah benar dan akurat.

  • Titik Keberangkatan

Sama seperti cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi menggunakan Google Maps, langkah berikutnya adalah memasukan titik keberangkatan Anda. Jika Anda sudah menyalakan GPS, maka biasanya titik keberangkatan akan terisi dengan otomatis.

  • Konfirmasi Penjemputan

Setelah menyesuaikan alamat tujuan dan titik lokasi penjemputan, maka berikutnya Anda tinggal klik pilihan Konfirmasi Penjemputan atau Confirm Pick-up. Nantinya tarif akan muncul secara otomatis. Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda karena terdapat tiga opsi Grab mobil yang bisa Anda pilih.

  • Pilih Jenis Mobil

Jika Anda sudah memastikan semua sesuai, baik tujuan, lokasi hingga tarif yang akan dibayarkan. Maka berikutnya adalah pemilihan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum memutuskan untuk melakukan pemesanan driver.

Pilihan tersebut terdiri dari GrabCar yang bisa untuk 1-3 penumpang, GrabCar XL untuk 1-5 penumpang, dan yang terakhir ada GrabCar Taxi. Namun perlu diingat, semakin banyak jumlah penumpang maka semakin mahal pula tarif yang dibayarkan.

Baca Juga :  3 Cara Menyembunyikan Like di Reels Instagram

Itulah tadi langkah-langkah untuk melakukan cek tarif Grab Mobil jika menggunakan aplikasi Grab. Selain untuk memesan moda transportasi, cara di atas juga bisa digunakan untuk mengecek tarif GrabBike jika Anda lebih memilih perjalanan dengan motor.

Anda juga bisa melakukan pengecekan tarif pada menu GrabFood dan GrabMart. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan langkah yang dilakukan untuk pemesanan kendaraan.

Jika GrabCar dan GrabBike dihitung berdasarkan ongkos antar dan jarak tempuh, maka GrabFood dan GrabMart akan dihitung berdasarkan total jumlah pembelian dan ongkos kirimnya.

Biasanya tarif GrabFood juga akan dikenakan dengan pajak PPN restoran apabila ada. Tapi jangan sedih, Anda masih bisa menggunakan promosi diskon dan voucher untuk mendapatkan potongan harga yang lebih murah.

Keuntungan Layanan GrabCar

Keuntungan Layanan GrabCar
Keuntungan Layanan GrabCar

Jika Anda sudah memahami cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi dan juga melalui aplikasinya secara langsung, mungkin Anda akan menemukan sedikit perbedaan. Tentu saja akan ada perbedaan pada estimasi tarif yang ditunjukkan oleh kedua cara tersebut meski tidak signifikan.

Meski terdapat sedikit perbedaan, namun tetap saja Anda akan memperoleh keuntungan sebagai penumpang ketika menggunakan layanan moda transportasi ini. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan.

1. Lebih Aman

Dengan menggunakan layanan Grab, perjalanan Anda akan lebih aman. Hal ini dikarenakan driver yang bekerja pada perusahaan ini akan menjalani tes terlebih dahulu. Selain itu perjalanan Anda akan terpantau melalui aplikasi sehingga bisa dijamin keselamatannya.

2. Lebih Nyaman

Berbeda dengan transportasi umum yang terkadang harus berdesakan dengan penumpang lain, Anda bisa merasa lebih nyaman jika menggunakan layanan ini. Selain itu, driver juga pastinya memiliki prosedur pelayanan yang sudah ditentukan sehingga penumpang bisa merasa nyaman selama perjalanan.

3. Lebih Mudah

Dengan menggunakan layanan transportasi online, Anda bisa melakukan pemesanan kendaraan kapan saja dan dimana saja. Jadi, dimana pun Anda berada pasti akan mendapatkan kendaraan tanpa harus repot mencari taksi kesana-kemari. Selain itu proses pemesanan dan pembayaran dilakukan secara digital sehingga lebih mudah.

4. Lebih Hemat

Dengan adanya penawaran promo diskon dan voucher yang bisa digunakan dalam aplikasi, Anda bisa lebih hemat pengeluaran selama melakukan perjalanan. Anda hanya tinggal mengklaim promosi diskon dan voucher yang ditawarkan sehingga tarif akan jadi lebih murah.

Baca Juga :  4 Cara Menambah Salah Satu Foto Slide Di Instagram

5. Lebih Terlindungi

Jika Anda menggunakan jasa GrabCar, pastinya Anda akan lebih terlindungi. Baik dari polusi kendaraan, cuaca ekstrim seperti terik matahari dan hujan.

6. Lebih Banyak Muatan

Jika Anda ingin bepergian bersama teman dan keluarga, Anda juga bisa menggunakan layanan transportasi ini. Seperti yang sudah sempat dijelaskan di atas bahwa terdapat tiga opsi mobil yang bisa dipilih tergantung dengan kebutuhannya.

7. Layanan 24/7

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa aplikasi transportasi online ini sangat memudahkan Anda untuk bepergian atau melakukan perjalanan jarak jauh. Dengan layanan 24/7 ini, Anda akan sangat terbantu dalam keadaan genting atau darurat.

8. Kurangi Kemacetan

Dengan melakukan perjalanan melalui layanan ini, Anda juga bisa membantu mengurangi kemacetan. Jumlah kendaraan yang berkurang di jalan pun juga akan menurunkan polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan.

9. Rekam Jejak

Layanan transportasi online seperti Grab biasanya memiliki fitur keamanan untuk melacak perjalanan secara real-time, informasi driver, fitur berbagi rute dan tujuan perjalanan kepada keluarga atau teman. Rekam jejak perjalanan ini bisa mengurangi risiko terjadinya hal buruk yang tidak diharapkan selama perjalanan.

10. Pembayaran Praktis

Selain perjalanan yang terasa aman, nyaman, dan terlindungi, Anda juga bisa dengan mudah memilih opsi pembayaran. Bisa melakukan pembayaran langsung melalui aplikasi atau secara tunai kepada driver.

Selain itu, nilai tambahnya adalah jika Anda menggunakan jasa ini bersama teman-teman, maka Anda bisa patungan agar pembayaran tidak terasa berat.

Tips Menggunakan Grab Car

TipsĀ  Keterangan
Pilih Lokasi dengan Benar Pastikan memilih lokasi penjemputan yang jelas dan tepat. Gunakan fitur “Set Lokasi” jika perlu.
Periksa Rute dan Tujuan Masukkan alamat tujuan dengan benar untuk memastikan pengemudi tahu rute yang akan diambil.
Konfirmasi Rincian Perjalanan Sebelum memesan, periksa layanan yang dipilih, perkiraan biaya, dan waktu tiba yang ditampilkan di aplikasi.
Gunakan Sabuk Pengaman Selalu kenakan sabuk pengaman selama perjalanan untuk keselamatan Anda.
Berikan Penilaian dan Ulasan Setelah perjalanan selesai, berikan penilaian dan ulasan sesuai pengalaman Anda untuk membantu pengemudi lain.

Kesimpulan

Cara Cek Tarif Grab Mobil Tanpa Aplikasi
Cara Cek Tarif Grab Mobil Tanpa Aplikasi

Setelah memahami beberapa cara serta langkah-langkah yang bisa Anda lakukan di atas, Anda bisa langsung menerapkannya. Baik dengan cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi, keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Namun pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi yang dibutuhkan pada perangkat Anda. Anda bisa melakukan kalkulasi harga dengan cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi untuk mempertimbangkan moda transportasi mana yang lebih cocok untuk kebutuhan perjalanan Anda.

Perlu diingat, Anda harus memastikan alamat yang dimasukan sudah benar. Baik lokasi atau destinasi tujuan maupun titik lokasi keberangkatan Anda agar estimasi tarif yang muncul lebih akurat.

Sekian penjelasan mengenai cara cek tarif Grab mobil tanpa aplikasi dan melalui aplikasi Grab secara langsung. Anda juga bisa mengetahui beberapa keuntungan yang bisa diperoleh melalui penjelasan di atas. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menentukan perjalanan yang aman dan hemat.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button