Ragam

10 Perbedaan Macbook Dan Laptop, Wajib Pahami Sebelum Membelinya

Banyak pertanyaan, terkhususnya bagi mereka yang ingin mencoba jenis laptop keluaran apple yaitu Perbedaan Macbook Dan Laptop biasa.

Bagi yang masih awam pasti hanya mengetahui bahwasanya letak perbedaan macbook dengan laptop adalah macbook hanya dikeluarkan oleh apple sedangkan laptop tidak.

Namun sebenarnya banyak perbedaan detail diantara keduanya salah satunya adalah sistem operasinya, yang dimana macboock menggunakan sistem operasi macOs sedangkan laptop menggunakan Windows.

Nah selain itu masih banyak perbedaan lainnya yang bisa kamu jadikan acuan sebelum menentukan pilihan laptop yang cocok untuk kamu gunakan, karena baik macbook maupun laptop didesain dengan kegunaan yang berbeda.

Pengertian Macbook dan Laptop

Macbook merupakan merek laptop eksklusif yang diproduksi oleh Apple. Dikenal dengan desainnya yang elegan, material premium, dan sistem operasi macOS yang dikembangkan khusus.

Secara umum, Macbook terdiri dari dua tipe, yakni MacBook Pro dan MacBok Air. Dimana Macbook pro diperuntukkan bagi pengguna yang memiliki aktivitas berat dalam dunia teknologi. Sementara Macbook Air digunakan untuk kegiatan yang lebih ringan.

Sementara laptop merupakan kategori umum yang mencakup berbagai produsen. Laptop adalah komputer portabel yang dapat menjalankan berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, atau Chrome OS.

Perbedaan Macbook Dan Laptop

Perbedaan Macbook Dan Laptop
Perbedaan Macbook Dan Laptop

Dari pengertian macbook dan laptop ini mungkin kamu sudah bisa memahami, bahwa kedua perangkat ini memiliki perbedaan yang cukup jauh. Meski demikian, Macbook dan laptop ini memiliki fungsi yang sama.

Nah, untuk mengetahui apa saja perbedaan Macbook dan laptop secara umum yang bisa kamu ketahui, yakni diantaranya sebagai berikut.

1. Sistem Operasi

Perbedaan Macbook dan laptop yang paling mudah dikenali pada sistem operasinya. MacBook yang diproduksi oleh Apple menjalankan sistem operasi macOS.

Sistem Operasi ini kembangkan khusus untuk perangkat keras Apple dan akan memberikan pengalaman pengguna yang terintegrasi dengan ekosstem Apple. macOS juga dikenal dengan antar muka yang intuitif, keamanan yang kuat, dan efisiensi kinerja.

Di sisi lain, laptop umumnya lebih serbaguna dalam hal sistem operasi, karena mayoritas menggunakan Microsoft Windows. Selain Windows, ada juga laptop yang menjalankan Linux atau Chrome OS tergantung merek dan modelnya.

Baca Juga :  5 Cara Melihat Info WA yang Disembunyikan

2. User Interface

Macbook dan Laptop sama sama dilengkapi dengan Interface. Meskipun antara Linux dan Window terlihat mirip, namun faktanya Mac OS pada Macbook mempunyai interface yang sedikit berbeda dari laptop.

Dimana laptop umumnya memiliki fitur berupa tombol silang di pojok kanan atas yang berfungsi untuk menutup aplikasi. Sementara Macbook memiliki interface berupa tombol silang untuk me-minimize dan menutup suatu aplikasi.

Selain itu, perbedaan Macbook dan laptop yang bisa dilihat pada taskbar yang dimiliki Windows terletak dibagian bawah, sementara taskbar Mac OS berada dibagian atas.

3. Desain dan Material

Perbedaan Macbook dan laptop juga bisa dilihat dari desain dan materialnya. Umumnya, visual Apple seperti Macbook lebih terlihat elegan dan material yang berkualitas tinggi, terutama casingnya yang menggunakan alumanium.

Macbook cenderung lebih ramping, memiliki keyboard yang terintegrasi dengan perangkat, dan memperlihatkan kualitas konstruksi yang lebih tinggi.

Sementara itu, laptop dari berbagai merek memiliki variasi desain dan menggunakan beragam material. Desain laptop berkisar dari yang ringkas hingga kokoh, dan material casing terbuat dari plastik, dan logam.

Bukan hanya itu saja, perbedaan Macbook dan laptop juga dapat dilihat dari ketebalannya. Umumnya, laptop terlihat lebih tebal dibandingkan Macbook.

4. Hardware

Mscbook yang diproduksi oleh Apple, menggunakan perangkat keras yang dirancang secara khusus untuk prosuk-produk Apple saja.

Ini termasuk chip prosesor kustom seperti seri M1 pada Macbook terbaru, desain internal yang optimal, dan integrasi perangkat keras dan perangkat lunak yang erat.

Sedangkan laptop memiliki variasi prosesor, kartu grafis, memori, dan penyimpanan yang lebih luas tergantung pada merek dan modelnya.

Bukan hanya itu, beberapa laptop juga memberikan fleksibilitas dalam hal upgrade komponen tertentu seperti RAM dan penyimpanan. Laptop Windows juga memiliki lebih banyak pilihan spesifikasi hardware yang lebih bervariasi.

5. Ekosistem

Ekosistem juga termasuk salah satu perbedaan Macbook dan laptop yang paling signifikan. Dimana Macbook terintegritas secara erat dengan ekosistem Apple, termasuk iPhone, iPad, dan layanan-layanan seperti iCloud.

Ini memungkinkan sinkronitas data yang lebih optimal, pengalaman pengguna yang terintegrasi, dan transfer informasi yang lebih lancar antar perangkat Apple.

Disisi lain, laptop mencakup berbagai merek dan model yang dapat menjalankan sistem operasi yang berbeda seperti Windows, Linux atau Chrome OS.

Pada laptop, ekosistem semacam ini hanya ditawarkan oleh laptop Microsoft Surface. Melalui layanan OneDrice dan keunggulan Office yang memiliki produktivitas terbaik, membuat laptop Microsoft Surface bisa disejajarkan dengan Macbook.

Baca Juga :  16 Macam-Macam Serum Hanasui Dan Manfaatnya Lengkap Gambarnya!

6. Reparasi

Reparasi MacBook seringkali dilakukan oleh teknisi resmi Apple atau pusat layanan resmi, menggunakan suku cadang dan prosedur yang disetujui oleh Apple.

Meskipun ini dapat memberikan tingkat keandalan dan kualiatas yang lebih tinggi, biaya reparasi macbook bisa lebih tinggi dan opsi perbaikan mungkin lebih terbatas khususnya pada daerah tertentu.

Sementara laptop dapat diprbaiki di berbagai penyedia layanan, baik pusat layanan resmi maupun toko reparasi independen.

Keuntungan disini adalah lebih banyak opsi perbaikan dan biaya yang dikeluarkan mungkin lebih terjangka dan tergantung kerusakan fisik yang terjadi pada laptop itu sendiri.

7. Harga

Perbedaan Macbook dan laptop juga bisa dilihat dari sisi harganya. Mungkin sudah diasing lagi dengan harga dari prosuksi Apple ini. Yap, produk Macbook memiliki harga yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan laptop merek lain.

Ini disebabkan oleh desain premium, kualitas material, dan sistem operasi yang dirancang khusus untuk perangkat keras Apple.

Sementara laptop menawarkan berbagai opsi dengan harga yang lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan anggaran pengguna.

Keunggulan Macbook dan Laptop

Perbedaan Macbook dan laptop juga dapat dilihat dari keunggulan dari masing-masing. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli dan memilih kecua produk ini sebaiknya kenali keunggulannya terlebih dahulu.

Karena dengan hal ini, akan membantu kamu memilih kualitas dan produk mana yang lebih cocok kamu gunakan untuk pekerjaan yang akan dilakukan.

Keunggulan Macbook

Adapun keunggulan dari Macbook yakni diantaranya sebagai berikut :

  • Daya tahan mesin yang kuat membuat macbook dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama.
  • Memiliki sistem keamanan operasi yang baik dibandingkan dengan produk lain, seperti Windows.
  • Sistem operasi windows juga dapat dijalankan di laptop macbook, sistem tersebut bernama bootcamp.
  • Memiliki daya tahan baterai yang lebih awet dan tahan lama yang bisa digunakan sekitar 10 jam yang cocok digunakan dalam keadanaan urgent.
  • Macbook cenderung lebih ringan, sehingga lebih mudah dibawa kemana saja.
  • Macbook memiliki kualitas layar yang tinggi karena adanya fitur retina display yang membuat pengguna bertahan lama-lama menggunakan layar.

Keunggulan Laptop

Sementara keuanggulan laptop yang akan di temukan ketika menggunakannya, yaitu sebagai berikut.

  • Laptop juga dirancang untuk hemat energi dan dilengkapi dengan baterai yang tahan lama.
  • Memiliki performa yang semakin kuat dengan prosesor canggih, RAM yang besar, dan solid-state drive (SSD) yang lebih cepat.
  • Mendukung berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, dan Chrome OS, yang akan memberikan fleksibilitas kepada pengguna.
  • Ada beragai jenis laptop dengan spesifikasi yang bervariasi, mulai dari laptop entry-level hingga laptop gaming atau profesional.
  • Laptop menyediakan berbagai port dan konektivitas yang akan memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan berbagai perangkat dan aksesoris.
Baca Juga :  Lazada Tidak Bisa COD? 10 Cara Mengatasi Akun Lazada Tidak Bisa COD

Kelemahan Macbook dan Laptop

Meski perbedaan macbook dan laptop cukup banyak pada kelebihannya, namun kedua produk tersebut juga memiliki kelemahan dalam sistem operasional. Untuk mengetahui perbedaan Macbook dan laptop pada kelemahannya, simak penjelasan dibawah ini.

Kelemahan Macbook

Terdapat beberapa kelemahan Macbook secara umum yang bisa kamu perhatikan sebelum membelinya, yaitu sebagai berikut.

  • Dukungan software dan game kurang.
  • Macbook cenderung lebih cepat panas, terlebih jika menjalankan aktivitas berat.
  • Biaya spare part untuk service Macbook lebih mahal dan aksesorisnya.
  • Tempat service atau service center langkah, karena produk keluaran apple ini hanya memiliki tempat service khusus.
  • Webcam macbook memiliki resolusi yang rendah sehingga kualitas kamera sedikit buram.

Kelemahan Laptop

Nah, kelemahan dari laptop yang kerap dialami oleh setiap pengguna dan menjadi permasalahan besar, silahkan perhatikan dibawah ini.

  • Laptop lebih sulit di upgrade, jika ingin meningkarkan performa atau menambahkan fitur baru.
  • Laptop bisa mengalami overheating jika digunakan dalam waktu yang lama atau diletakkan di permukaan yang lembut yang menghalangi ventilasi udara.
  • Umur baterai laptop dapat menurun seiring waktu, terutama jika sering digunakan atau tidak dirawat dengan baik.
  • Beberapa tipe desinnya sangat kaku dan service center tidak merata.

Tips Memilih Macbook dan Laptop Yang Bagus

Tips Memilih Macbook dan Laptop Yang Bagus
Tips Memilih Macbook dan Laptop Yang Bagus

Kesalahan dalam membeli suatu barang akan menjadi permasalahan yang besar, selain rugi dalam segi keuangan, hal ini juga akan menghambat pekerjaan kamu yang berhubungan dengan laptop atau Macbook.

Terlepas dari perbedaan macbook dan laptop diatas, sebaiknya pahami beberapa tips memilih macbook dan laptop yang bagus berikut ini.

  • Pahami kebutuhan kamu, apakah macbook atau laptop digunakan untuk pekerjaan produktivitas, desain grafis, gaming, atau pengguna sehari-hari.
  • Cari laptop atau MacBook yang sesuai dengan anggaran.
  • Jika membutuhkan mobilitas, pertimbangkan faktor berat, ketebalan, dan daya tahan baterai untuk memastikan portabilitas yang optimal.
  • Pilih antara macOS untuk MacBook atau sistem operasi Windows/Linux untuk laptop, sesuai dengan preferensi dan kebutuhan aplikasi.
  • Perhatikan profesor, RAM, penyimpanan, dan kartu grafis.
  • Perhatikan resolusi layar dan kualitas grafis, terutama jika kamu berkecimpung dalam desain atau gaming.
  • Perhatikan kualitas speaker dan teknologi audio pada perangkat yang dipilih
  • Pastikan laptop atau macbook memiliki port dan konektivitas yang mencukupi untuk kebutuhan kamu, seperti USB, HDMI, dan lainnya.

Postingan Menarik Lainnya : Kenapa Laptop Tidak Bisa Dimatikan? Berikut 7 Penyebab & Solusinya

Akhir Kata

Perbedaan Macbook Dan Laptop
Perbedaan Macbook Dan Laptop

Beberapa perbedaan macbook dan laptop diatas wajib kamu perhatikan sebagai bekal referensi ketika ingin membeli macbook atau laptop diwaktu yang akan mendatang. Selain itu, kamu juga harus memahami kelebihan dan kelemahan yang telah diulas diatas karena hal tersebut juga termasuk dalam perbedaan macbook dan laptop.

Back to top button