Tutorial

3 Cara Mengembalikan Pulsa yang Salah Kirim

Ketika mendapati permasalahan salah kirim pulsa ke nomor orang lain, maka penting bagi seseorang untuk mengetahui bagaimana cara mengembalikan pulsa yang salah kirim tersebut agar tidak mengalami kerugian.

Dalam mengembalikan pulsa yang salah kirim, umumnya sangat mudah untuk Anda praktik kan sendiri di rumah, asalkan tahu bagaimana tata cara yang harus dilakukan di dalamnya. Pada pembahasan kali ini, akan kita bahas beberapa tips mudah mengembalikan pulsa yang salah kirim paling mudah dan anti ribet.

Bagaimana Cara Mengembalikan Pulsa yang Salah Kirim?

Bagaimana Cara Mengembalikan Pulsa yang Salah Kirim?
Bagaimana Cara Mengembalikan Pulsa yang Salah Kirim?

Dalam kehidupan sehari-hari, kesalahan dalam mengirim pulsa ke nomor orang lain merupakan suatu permasalahan yang wajar dan umum dialami oleh hampir sebagian besar orang. Masalah salah kirim pulsa inilah, yang kemudian membuat sebagian besar orang pada akhirnya berburu informasi mengenai tata cara mengembalikan pulsa yang salah kirim.

Sehingga, permasalahan salah kirim pulsa tersebut bisa diatasi dengan mudah dan Anda tidak akan mengalami kerugian di dalamnya. Berbicara mengenai masalah salah kirim pulsa sendiri, umumnya disebabkan oleh faktor utama berupa kesalahan dalam penulisan nomor tujuan yang salah.

Dimana seharusnya seseorang menuliskan 12 digit nomor pulsa tujuan, mereka justru sudah memproses pembelian pulsa ketika baru menuliskan 11 digit nomor pulsa tujuan. Sebelum Anda mengetahui apa saja tips cara mengembalikan pulsa yang salah kirim, ada baiknya mengetahui beberapa jenis pulsa berdasarkan fungsi dan bentuk fisik di tabel penjelasan berikut ini.

Jenis-jenis Pulsa Berdasarkan Fungsi / Kegunaan Jenis-jenis Pulsa Berdasarkan Bentuk Fisik
Pulsa Telepon / Handphone

Merupakan jenis pulsa, yang mana berguna untuk memudahkan pengguna melakukan hubungan komunikasi jarak jauh melalui suara. Jenis pulsa satu ini, biasanya hanya dikhususkan untuk penggunaan di perangkat handphone saja. Adapun untuk melakukan komunikasi, bisa dilakukan dengan menggunakan jenis ponsel biasa.

Voucher Fisik

Yakni jenis pulsa yang proses pengisian ulang nya dilakukan menggunakan bentuk voucher fisik, seperti halnya kartu perdana ataupun voucher belanja. Di dalam voucher fisik satu ini, nantinya Anda akan mendapati beberapa digit angka yang berguna untuk melakukan pengisian ulang pulsa nomor telepon tujuan yang diinginkan.

Pulsa SMS

Khusus untuk pulsa SMS, biasanya digunakan untuk mengirim pesan teks berupa SMS. Ketika pengguna sudah mengirimkan setiap pesan ke nomor tujuan, maka nominal pulsa yang dimiliki akan berkurang. Zaman sekarang, jenis pulsa ini semakin ditinggalkan banyak orang dan sudah terganti kan dengan penggunaan aplikasi perpesanan online menggunakan kuota internet, seperti halnya aplikasi WhatsApp (WA).

Pulsa Elektrik

Jenis pulsa yang tidak berbentuk secara fisik / elektrik, yang mana proses pengisian ulang pulsa hanya bisa dilakukan dengan menggunakan chip khusus keluaran provider. Pada saat melakukan pengisian ulang pulsa, maka nominal pulsa yang diinginkan pengguna akan secara otomatis masuk ke nomor tujuan yang diinginkan.

Pulsa Listrik

Sesuai namanya, pulsa listrik ini memiliki fungsi untuk membayar tagihan listrik rumah. Dalam menggunakan layanan listrik dari PLN, pengguna diharuskan untuk melakukan proses top up / pengisian ulang pulsa listrik terlebih dahulu. Pembelian pulsa listrik sendiri, bisa dilakukan di berbagai tempat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Dalam upaya menerapkan tata cara mengembalikan pulsa yang salah kirim, umumnya ada beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi oleh pengguna. Hal ini bertujuan, agar proses penarikan pulsa yang salah kirim nantinya berjalan dengan lancar. Adapun beberapa persyaratan dalam penarikan pulsa yang salah kirim, di antaranya yakni sebagai berikut.

  • Usahakan pulsa yang ingin ditarik kembali melebihi dari Rp 5 ribu. Ini penting dilakukan, dikarenakan ketika nominal pulsa kurang dari angka tersebut akan sulit untuk ditarik kembali.
  • Pastikan nomor yang salah kirim pulsa sudah benar.
  • Cek nama operator / provider pulsa yang digunakan.

Apabila Anda sudah memenuhi beberapa persyaratan penting di atas, maka bisa langsung menerapkan tata cara mengembalikan pulsa yang salah kirim dengan mudah dan anti ribet. Dalam hal ini, ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik kembali pulsa yang salah kirim, yang mana bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Beberapa cara mudah dalam mengembalikan pulsa yang salah kirim, di antaranya yakni sebagai berikut :

1. Menghubungi Pihak Customer Service Provider Pulsa

Menghubungi Pihak Customer Service Provider Pulsa
Menghubungi Pihak Customer Service Provider Pulsa

Salah satu cara mengembalikan pulsa yang salah kirim paling mudah dan efektif untuk Anda lakukan, yakni dengan menghubungi pihak customer service (CS) provider pulsa masing-masing. Sebagai contoh jika Anda salah mengirim pulsa Smartfren, maka nantinya Anda bisa menghubungi pihak customer service provider Smartfren tersebut untuk mengembalikan pulsa yang salah kirim.

Begitupun sebaliknya jika Anda mengirim pulsa XL, Telkomsel, Tri, Indosat dan lain-lain, bisa langsung menghubungi pihak customer service provider terkait. Dalam memudahkan menghubungi nomor customer service provider pulsa, Anda diharuskan untuk melihat nomor dari pihak customer service tersebut di laman resmi provider pulsa masing-masing.

Selain cara ini, Anda juga dapat menggunakan platform browser dengan mengetik kan kata kunci pencari nomor call center dari masing-masing provider pulsa. Jika sudah ketemu, maka Anda tinggal hubungi saja nomor customer service dari provider pulsa yang digunakan, sehingga cara mengembalikan pulsa yang salah kirim bisa segera teratasi dengan mudah.

2. Membatalkan Transaksi Pengiriman Pulsa Secara Langsung

Membatalkan Transaksi Pengiriman Pulsa Secara Langsung
Membatalkan Transaksi Pengiriman Pulsa Secara Langsung

Mengenai cara mengembalikan pulsa yang salah kirim lainnya yang bisa Anda lakukan, yakni dengan membatalkan transaksi pengiriman pulsa yang sudah terlanjur Anda lakukan. Meski demikian, transaksi pengiriman pulsa satu ini tidak bisa dibatalkan begitu saja, jika pulsa yang Anda kirimkan sudah masuk dan digunakan oleh si pemilik nomor tujuan pulsa yang salah tersebut.

Akan tetapi pada umumnya, setiap transaksi pembelian pulsa biasanya tidak akan bisa langsung masuk secara otomatis, dikarenakan membutuhkan beberapa waktu untuk memproses transaksi tersebut. Dengan demikian, maka Anda nantinya bisa memanfaatkan jeda waktu yang ada tersebut untuk membatalkan proses kirim pulsa yang mengalami kesalahan transaksi di dalamnya.

Biasanya apabila nomor tujuan pengiriman pulsa mengalami kesalahan, akan ada notifikasi pemberitahuan masuk yang menyatakan bahwa format nomor tujuan pengiriman pulsa Anda salah. Akan tetapi, cara mengembalikan pulsa yang salah kirim satu ini tidak bisa dilakukan jika Anda melakukan proses transaksi melalui dial telepon.

3. Menghubungi Nomor Tujuan Salah Kirim Pulsa

Menghubungi Nomor Tujuan Salah Kirim Pulsa
Menghubungi Nomor Tujuan Salah Kirim Pulsa

Jika kondisi pulsa yang Anda kirim sudah ada di tangan nomor tujuan yang salah, maka untuk tata cara mengembalikan pulsa yang salah kirim yang bisa Anda lakukan, yakni dengan menghubungi nomor tujuan salah kirim pulsa tersebut. Dalam hal ini, Anda nantinya bisa menjelaskan kepada pihak pemilik nomor tujuan tersebut mengenai kesalahan pengiriman pulsa yang Anda lakukan tersebut.

Disini, Anda perlu menjelaskan secara detail mengenai kesalahan pengiriman pulsa tersebut, agar orang tersebut nantinya mau mengembalikan pulsa yang sudah terlanjur Anda kirimkan. Kendati demikian, untuk tips mengembalikan pulsa yang salah kirim ini biasanya akan memerlukan yang namanya biaya tambahan, tergantung dari provider pulsa yang Anda gunakan.

Itu artinya, Anda nantinya tidak dapat mengembalikan jumlah pulsa awal dengan utuh. Akan tetapi, cara ini bisa diambil setidaknya Anda tidak akan mengalami kerugian yang besar di dalamnya.

Baca Juga: 3 Cara Cek Hutang Pulsa Tri Di Bima+ Tercepat 

Apa Saja Faktor-faktor yang Menyebabkan Pulsa Tidak Dapat Dikembalikan?

Terlepas dari banyaknya tata cara mengembalikan pulsa yang salah kirim yang sudah kita jelaskan satu per satu di atas, umumnya ada beberapa faktor yang menyebabkan pulsa tidak bisa ditarik kembali / dikembalikan.

Sehingga dalam hal ini, mau tidak mau Anda harus mengikhlaskan pulsa tersebut digunakan oleh pemilik nomor tujuan pulsa yang salah tadi. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan pulsa tidak bisa dikembalikan, di antaranya sebagai berikut.

1. Kondisi Server yang Masih Sibuk

Alasan kenapa cara mengembalikan pulsa yang salah kirim tidak bisa dilakukan, biasanya terjadi karena memang kondisi server yang masih sibuk / memang tidak memberi respon kepada pengguna. Berbeda halnya jika kondisi server sedang free, maka Anda bisa memproses penarikan transaksi pulsa yang salah kirim, yakni dengan cara menghubungi pihak server pulsa tersebut. Dengan demikian, maka pulsa yang Anda kirim ke nomor tujuan yang salah bisa kembali dan tanpa mengalami kerugian sedikitpun.

2. Terdapat Aturan Khusus dari Pihak Provider Pulsa

Perlu Anda ketahui, bahwa kode etik dan prinsip yang diterapkan oleh setiap provider pulsa tertentu memang ada yang tidak memperbolehkan tata cara penarikan kembali pulsa yang salah kirim. Yang mana, hal tersebut memang sudah menjadi aturan tersendiri bagi setiap provider pulsa yang ada di Indonesia, dan memang harus dipatuhi oleh semua pengguna provider pulsa tersebut. Adapun jika memang diperbolehkan, bisa saja ini termasuk sebagai suatu tindakan kejahatan yang bisa dilakukan oleh berbagai outlet untuk mencari keuntungan besar di dalamnya.

3. Sudah Melebihi dari 24 Jam Transaksi

Alasan lain yang mengakibatkan Anda sulit untuk menarik kembali pulsa yang salah kirim ke nomor tujuan orang lain, yakni karena prosesnya sudah melebihi dari 24 jam. Padahal untuk melakukan proses penarikan pulsa kembali satu ini, hanya bisa dilakukan dalam waktu 24 jam sesuai dengan ketentuan dari provider pulsa masing-masing. Jika Anda memproses penarikan pulsa kembali dalam waktu kurang dari 24 jam tersebut, maka nominal pulsa yang terkirim ke nomor yang salah nantinya akan dapat ditindak lanjuti oleh pihak outlet tertentu.

4. Takut Disalahgunakan oleh Pihak Lain

Adapun mengenai faktor lain yang menjadikan Anda tidak bisa melakukan proses penarikan pulsa kembali, yakni karena takut disalahgunakan oleh pihak lain. Dimana ketika cara penarikan pulsa yang salah kirim ini diperbolehkan, dikhawatirkan akan ada outlet tertentu yang memanfaatkan cara ini untuk mendapatkan keuntungan besar di dalamnya, yakni dengan menarik pulsa yang sudah dibeli oleh pelanggan. Tentu saja, hal ini akan sangat memberikan dampak kerugian yang besar bagi para pelanggan ke depannya nanti.

Cara Mengembalikan Pulsa yang Salah Kirim
Cara Mengembalikan Pulsa yang Salah Kirim

Jadi, itulah tadi beberapa tips cara mengembalikan pulsa yang salah kirim paling mudah dan anti ribet, yang mana bisa Anda coba sendiri di rumah. Anda nantinya bisa memilih salah satu cara penarikan pulsa yang salah kirim, yang sekiranya mudah untuk dilakukan.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button