Tutorial

4 Cara Reset Hp Xiaomi Yang Terkunci

Cara Reset Hp Xiaomi yang terkunci banyak dicari oleh Pengguna Xiaomi yang mungkin kerap mengalami gangguan seperti Hp sering error, kinerja yang lambat atau masalah lainnya yang membuat Hp Xiaomi tidak bekerja dengan semestinya.

Dengan memanfaatkan cara reset Hp Xiaomi yang terkunci, pengguna dapat memulihkan keadaan Hp menjadi lebih optimal saat digunakan. Lantas, bagaimana caranya ? Simak dibawah ini.

Seputar Reset Hp Xiaomi

Reset Hp merupakan tindakan mengembalikan pengaturan awal sebuah HP Xiaomi. Hal itu dilakukan pada saat Hp Xiaomi mengalami gangguan seperti eror, kinerja lambat, restart dengan sendirinya, atau bahkan sulit untuk menggunakan fitur tertentu pada Hp.

Jika tidak segera diatasi, akan mempersulit penggunaan Hp dan pastinya pengguna juga akan merasa tidak nyaman saat menggunakannya. Ada berbagai cara reset Hp Xiaomi yang terkunci untuk dicoba. Namun sebelum menjalankan proses reset, mari perhatikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan berikut sebelum reset Hp.

Beberapa Hal Yang Perlu di Persiapkan Sebelum Reset Xiaomi

Tindakan mereset Hp adalah tindakan yang akan mengembalikan kondisi Hp menjadi seperti semula. Dimana, bagian dari reset Hp akan menghapus berbagai file yang membuat ruang penyimpanan Hp penuh.

Tak hanya itu, kalian juga perlu memperhatikan komponen tertentu akan proses reset berjalan lancar sampai selesai. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menerapkan cara reset Hp Xiaomi yang terkunci.

Mencadangkan Chat dari WhatsApp

WhatsApp merupakan Aplikasi chat yang banyak digunakan saat ini. Dimana, banyak orang mengirim pesan melalui aplikasi ini baik itu pesan pribadi ataupun pesan terkait pekerjaan atau pendidikan.

WhatsApp menjadi aplikasi yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia saat ini, sehingga WhatsApp termasuk dalam aplikasi yang harus dijaga karena ada banyak file yang mungkin sudah terunduh didalamnya.

Maka dari itu, jika ingin mereset Hp Xiaomi pastikan untuk mencadangkan data WhatsApp terlebih dahulu agar setelah proses reset tidak terjadi kehilangan data penting dalam WhatsApp.

  • Masuk ke aplikasi WhatsApp, kemudian buka menu opsi Setelan
  • Pilih menu Chatting dan klik pada Cadangkan Chat
  • Kemudian cantumkan akun gmail yang akan digunakan untuk backup
  • Lalu kalian akan melihat beberapa opsi yang muncul, klik pada tulisan Backup dan pastikan gunakan jaringan internet stabil.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses Backup selesai dilakukan.
Baca Juga :  Update Cara Cek Bpjs Kesehatan Online 2024

Mencadangkan Foto, Video, Musik dan File Penting Lainnya

Selain WhatsApp, Kalian juga wajib mencadangkan file lainnya seperti foto, video, musik, dan lainnya. Apalagi jika kalian mempunyai koleksi foto dan video dengan penuh momen, tentunya tidak ingin hilang begitu saja.

Oleh sebab itu, perlu mencadangkan foto, video, musik ataupun file penting lainnya sebelum melakukan cara reset Hp Xiaomi yang terkunci. Untuk mencadangkan file tersebut, kalian dapat memindahkannya pada SD Card. Adapun langkah-langkah yang bisa diterapkan ialah :

  • Hubungkan Hp Xiaomi ke komputer atau laptop dengan kabel USB
  • Lepaskan SD card dari perangkat dan pasang ke card reader serta hubungkan ke komputer
  • Tunggu sampai perangkat komputer mendeteksi file-file yang tersimpan dalam SD card
  • Selanjutnya copy atau salin semua file dan folder yang terdapat di SD card ke dalam komputer atau PC.

Mencadangkan Aplikasi

Selanjutnya, hal yang perlu dicadangkan ialah aplikasi penting, apalagi untuk aplikasi penting yang terkait pekerjaan atau pendidikan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan aplikasi tambahan seperti dari App Backup. Jangan khawatir karena aplikasi App Backup tidak membutuhkan proses rooting sehingga bisa digunakan kapan saja.

Mengisi Daya Baterai

Cara reset Hp Xiaomi yang terkunci biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, sebelum memulai cara Reset Hp Xiaomi Yang Terkunci pastikan untuk mengisi daya Hp terlebih dahulu. Jika proses reset tidak selesai dikarenakan habis baterai, dapat mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada Hp.

Melepaskan SD Card Sebelum Melakukan Reset

Terakhir, hal yang tidak boleh dilupakan ialah mencabut SD card pada perangkat. Jika tidak dilepaskan maka akan mengakibatkan data-data hilang cukup tinggi.

Namun apabila ingin melakukan flashing atau costum ROM maka harus memasangnya kembali sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Cara Reset Hp Xiaomi Yang Terkunci

Ada beberapa Cara Reset Hp Xiaomi Yang Terkunci yang bisa kalian coba, diantaranya :

Melalui Pengaturan

Cara Reset Hp Xiaomi yang Terkunci
Cara Reset Hp Xiaomi yang Terkunci

Cara reset Hp Xiaomi yang terkunci melalui pengaturan merupakan cara yang paling umun digunakan oleh pengguna Android. Cara ini bisa diterapkan jika Hp Xiaomi milikmu mengalami gangguan seperti ngelag, memori penuh, menghapus aplikasi yang mengandung virus, aplikasi telah berhenti dan masalah ringan lainnya.

Baca Juga :  5 Cara Mencairkan Paylater Akulaku ke Rekening Sendiri

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menerapkan cara reset Hp Xiaomi yang terkunci melalui pengaturan yakni :

  • Buka Pengaturan atau setelan pada Hp Xiaomi
  • Kemudian klik Additional Settings, lalu pilih menu Backup and Reset
  • Klik pada Factory Reset
  • Selanjutnya klik Reset Phone dan konfirmasi dengan mengklik Delete
  • Tunggu hingga proses reset pabrik berhasil
  • Jika proses reset telah berhasil, secara otomatis HP Xiaomi akan melakukan proses Reboot.

Setelah perangkat Xiaomi secara otomatis, kalian akan beralih ke menu Home Screen, lalu lakukan pengaturan kembali seperti sebelumnya.

Melalui Recovery Mode

Cara reset Hp Xiaomi yang terkunci melalui Recovery mode ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah lupa kunci pola dan PIN serta untuk Hp Xiaomi yang mengalami stuck atau berhenti di logo Mi.

Untuk melakukan reset menggunakan recovery Mode, silahkan ikuti panduan dibawah ini :

  • Langkah pertama matikan (Power OFF) Xiaomi
  • Kemudian tekan tombol VOLUME ATAS dan tombol POWER bersama-sama hingga bergetar atau muncul Logo Mi
  • Selanjutnya kalian akan masuk kehalaman Mi Recovery.
  • Pilih Wipe Data dengan menggunakan tombol Volume sebagai navigasi naik turun dan tombol POWER sebagai “Enter“.
  • Pilih menu Wipe All Data, lalu klik Confirm kalau merasa yakin untuk Reset data.
  • Jika sudah muncul Data Wipe Successfully, pilih tombol Back to main menu
  • Terakhir, Reboot dan pilih Reboot System.

Melalui Mi Cloud

Cara Reset Hp Xiaomi Yang Terkunci
Reset Hp Xiaomi Melalui Mi Cloud

Berikutnya, cara reset Hp Xiaomi yang terkunci dengan menggunakan akun Mi kalian. Cara ini juga sangat mudah, namun untuk menjalankannya kalian membutuhkan Laptop atau Pc.

Berikut cara reset Hp Xiaomi yang terkunci melalui Mi Cloud :

  • Silahkan buka website Xiaomi di us.i.mi.com
  • Kemudian klik untuk masuk ke halaman utama
  • Pada halaman utama nantinya, kalian akan diminta memasukkan nomor hp dan email saat membuat akun Mi Cloud kalian.
  • Isi kolom yang diminta, lalu pilih menu Find Device saja.
  • Maka Mi Cloud akan mulai mendeteksi jenis Hp Xiaomi kalian.
  • Selanjutnya pilih menu Wipe Device, dan kalian akan di minta melakukan Hard Reset.
  • Setelah kalian melakukan hard reset, maka akan muncul menu informasi resiko melakukan reset. Informasi ini hanya berisi pemberitahuan file yang akan terhapus saja. Jika sudah yakin, silahkan klik lanjut.
  • Maka Hp akan melakukan Reboot secara Otomatis.

Mode Fastboot

Cara Reset Hp Xiaomi Yang Terkunci
Reset Hp Xiaomi Melalui Mode Fastboot

Terakhir, Cara reset Hp Xiaomi yang terkunci adalah dengan menggunakan mode Fastboot. Mode memiliki peran yang hampir sama dengan recovery, dan umumnya hadir dengan SDK atau Software Development Kit.

Cara reset HP dengan mode ini terbilang cukup rumit dan umumnya hanya dilakukan bagi HP yang mengalami lupa pola, bootloop, atau tidak dapat masuk ke recovery mode. Jika ingin mencobanya, silahkan simak ara reset Hp Xiaomi yang terkunci dibawah ini :

  • Unduh file ADB Fastboot pada browser Hp
  • Setelah terunduh, extract file, lalu Nonaktifkan HP
  • Tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik untuk masuk ke mode Fastboot
  • Buka folder ADB Fastboot di laptop atau PC, double klik pada file cmd
  • Ketik perintah fastboot devices
  • Setelah command prompt terbuka, klik ENTER
  • Ketik kembali perintah fastboot format user data
  • Tekan tombol Power selama beberapa detik untuk proses  
  • Tunggu hingga proses reboot berhasil.
Baca Juga :  7 Aplikasi Top Up Higgs Domino Termurah Via Pulsa, DANA, OVO, Gopay

Manfaat Setelah Mereset Hp Xiaomi

Meskipun cara reset Hp Xiaomi yang terkunci cukup memakan waktu, kalian akan merasa puas apabila proses reset berhasil dilakukan. Kondisi hp yang sebelumnya lambat, sering eror, atau mengalami gangguan lainnya akan menjadi lebih baik setelah direset.

Berikut beberapa manfaat setelah mereset Hp Xiaomi :

Mengoptimalkan Kinerja Hp

Setelah melakukan cara reset Hp Xiaomi yang terkunci, manfaat utama yang paling dirasakan pengguna ialah kinerja Hp akan lebih baik dari sebelumnya.

Hp akan terasa ringan dan lebih cepat bekerja saat digunakan. Hal ini tentu meningkatkan kenyamanan saat kalian menggunakan Hp untuk menyelesaikan berbagai aktivitas Online.

Menghapus Virus dan Malware

Manfaat berikutnya setelah melakukan cara reset Hp Xiaomi yang terkunci, adalah menghapus virus dan malware. Reset hp akan menghapus semua aplikasi, termasuk virus dan malware yang menempel di hp kalian.

Menghapus virus dan malware di hp sangat sulit. Apalagi jika tidak memasang aplikasi antivirus untuk hp. Untuk itu, tindakan mereset hp akan mengembalikan hp ke pengaturan pabrik dan menghapus semua data, termasuk virus dan malware tersebut.

Membuang File Sampah

Setiap aktivitas yang dilakukan pada Hp biasanya meninggalkan sampah. Dimana, jika sampah sudah menumpuk terlalu banyak, tidak menutup kemungkinan berdampak pada kinerja Hp. Dengan reset pabrik, HP akan menjadi lebih lancar dan ringan karena file sampah telah terhapus hingga ke akarnya.

Melindungi Hp dari Hacker

Cara reset Hp Xiaomi yang terkunci dapat menjadi solusi yang ampuh untuk menghindari data pada Hp dari Hacker. Hp yang dihack akan membuat baterai cepat habis, kuota internet boros, dan muncul aktivitas aneh di hp. Factory Reset akan menghapus program yang ditanam hacker di hp kalian.

Akhir Kata

Cara Reset Hp Xiaomi Yang Terkunci
Cara Reset Hp Xiaomi Yang Terkunci

Berbagai cara reset Hp Xiaomi yang terkunci diatas dapat diterapkan sesuai dengan kondisi Hp yang sedang terjadi. Namun sebelum itu, kembali ingatkan lagi untuk melakukan backup data terlebih dahulu agar data dan file penting yang tersimpan di memori internal tidak hilang.

Semoga pembahasan pada artikel ini dapat membantu sobat untuk mengatasi kendala gangguan yang membuat Hp tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Back to top button