Tutorial

5 Cara Menghilangkan Garis Hijau Di Layar Hp

Cara Menghilangkan Garis Hijau Di Layar Hp- Munculnya garis hijau di layar Hp Android dapat disebabkan beberapa faktor. Tak sedikit yang pernah mengalami kendala munculnya garis hijau di layar Hp.  Layar hp bergaris menjadi salah satu masalah yang biasa dihadapi oleh para pengguna hp layar sentuh.

Dengan mengalami cara menghilangkan garis hijau di layar Hp tentu membuat merasa tidak nyaman saat menggunakannya. Dengan indikasi layar hp bergaris muncul karena berbagai faktor yang bisa kamu ketahui terlebih dahulu.

Namun buat kamu yang sudah terlanjur mendapati masalah garis hijau di layar Hp, Sebaiknya kamu segera mengatasinya. Baca artikel ini sampai selesai dan simak beberapa penyebab dan cara menghilangkan garis hijau di layar Hp tanpa perlu ke tempat servis Hp.

Baca juga Daftar Harga Memperbaiki Layar HP Lepas di Service Center Terbaru 2023

Penyebab Garis Hijau Di Layar Hp

Cara Menghilangkan Garis Hijau Di Layar Hp

Sebelum mengetahui cara menghilangkan garis hijau di layar Hp simak beberapa penyebab garis hijau di layar Hp. Ketika kamu mengalami garis hijau dilayar Hp kamu baiknya kamu dapat mengetahui beberapa penyebabnya untuk melakukan perbaikan, sesuai dengan penyebabnya.

Masalah cara menghilangkan garis hijau di layar Hp tak selalu disebabkan pada Hardware saja Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab garis hijau di layar Hp dapat disebabkan beberapa faktor seperti

1. Masalah Driver atau Perangkat Lunak
Biasanya, masalah dengan driver atau perangkat lunak pada Hp dapat mengakibatkan garis-garis pada layar. yang mungkin terjadi setelah pembaruan sistem atau jika ada konflik antara aplikasi yang diinstal.

2. Kabel Fleksibel yang Rusak
Kabel fleksibel yang menghubungkan layar dengan motherboard ponsel dapat menjadi longgar atau rusak karena seiring waktu atau karena getaran. Hal ini bisa menyebabkan masalah pada tampilan layar.

Baca Juga :  3 Cara Menghilangkan Filter Rotoscope TikTok Terbaru 2024

3. Goresan Layar
Goresan atau kerusakan fisik lainnya pada permukaan layar dapat menyebabkan garis-garis muncul. Terutama jika goresan tersebut melibatkan lapisan pelindung atau panel layar yang rusak.

4. Kerusakan Fisik
Salah satu penyebab utama layar HP bergaris adalah kerusakan fisik. Jika ponsel Anda terjatuh atau mengalami tekanan fisik, kabel konektor layar atau komponen lainnya mungkin rusak, menyebabkan garis-garis muncul.

5. Kerusakan Hardware:
LCD atau OLED Rusak: Garis hijau dapat muncul jika ada kerusakan pada lapisan layar seperti LCD atau OLED.

6. Masalah Software
Kadang-kadang, bug atau glitch pada sistem operasi atau aplikasi tertentu bisa menyebabkan tampilan garis hijau pada layar Hp

7. Driver Grafis Tidak Tepat
Driver grafis yang tidak tepat atau perangkat lunak yang tidak kompatibel dengan ponsel kamu bisa menyebabkan masalah visual.

Cara Menghilangkan Garis Hijau Di Layar Hp

Cara Menghilangkan Garis Hijau Di Layar Hp

Tak jarang yang pernah mengalami beberapa hal tentang garis hijau di layar Hp, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa masalah. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah untuk cara menghilangkan garis hijau di layar Hp.

1. Cara menghilangkan garis hijau di layar Hp Dengan beberapa langkah

Melakukan Restart Ponsel Dengan mencoba restart Hp kamu terlebih dahulu kadang-kadang dapat mengatasi masalah sementara dengan melakukan restart.
Cek Pengaturan Layar Pengaturan layar pada Hp kamu. Beberapa Hp memiliki opsi dalam menyesuaikan warna atau kontras layar. Cobalah untuk mengatur ulang pengaturan layar Hp.
Memeriksa Aplikasi atau Perangkat Keras Dengan memeriksa dan memastikan bahwa garis hijau tersebut bukan disebabkan oleh masalah hardware. Namun kamu juga bisa periksa apakah garis tersebut masih ada di layar atau bahkan setelah kamu restart. Jika masih, kemungkinan besar itu adalah masalah hardware yang perlu perhatian dari teknisi.
Cek Konektor dan Kabel Jika kamu memiliki Hp yang dapat dibongkar, periksa apakah ada kabel yang tidak terhubung dengan baik di dalam Hp. Biasanya kabel yang longgar atau rusak dapat menyebabkan masalah pada tampilan.
Memperbaharui Sistem Operasi Sistem operasi ponsel kamu dan semua aplikasi terbaru telah diinstal. Pembaruan perangkat lunak seringkali dapat memperbaiki masalah seperti bug atau glitch yang menjadi penyebab garis hijau.
Periksa Aplikasi Pihak Ketiga Jika masalahnya muncul setelah kamu menginstal aplikasi, coba untuk nonaktifkan atau hapus aplikasi tersebut. Aplikasi pihak ketiga bisa menyebabkan konflik yang mengakibatkan masalah pada layar.
Membawa Ke Teknisi Saat kamu sudah mencoba beberapa cara di atas untuk masalah garis hijau masih muncul, disarankan untuk membawa dukungan teknis Hp resmi untuk diperiksa lebih lanjut.
Baca Juga :  4 Cara Beli Koin Tiktok Murah Pakai Pulsa Telkomsel, DANA, ATM dan Alfamart

2. Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Fitur TalkBack

Dalam hal cara menghilangkan garis hijau di layar Hp adanya garis hijau pada layar bisa menjadi salah satu fitur aksesibilitas yang seringkali menjadi faktor munculnya garis hijau di layar Hp yaitu

TalkBack. Dimana Talkback memiliki fitur ini yang memang dirancang untuk membantu pengguna dengan keterbatasan penglihatan,

Namun kadang malah membuat layar menjadi kurang responsif atau menampilkan elemen visual yang mengganggu, seperti garis hijau kotak. Berikut ini beberapa cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur talkback.

  • Buka Menu Settings atau Pengaturan HP
    Membuka menu Settings atau Pengaturan di HP kamu. Dengan menu ini biasanya bisa diakses langsung dari layar utama atau melalui daftar aplikasi.
    Navigasi ke Setelan Tambahan, Aksesibilitas, dan Penglihatan
    Kamu akan menemukan banyak opsi. Cari dan pilih Setelan Tambahan, lalu ke menu Aksesibilitas. Selanjutnya kamu akan menemukan sub-menu Penglihatan.
  • Selanjutnya Klik untuk membuka.
    Berikutnya kamu pilih Menu TalkBack Di dalam menu Penglihatan, akan ada beberapa opsi terkait aksesibilitas. Salah satunya adalah TalkBack. Pilih opsi ini untuk mengaktifkan.
  • Aktifkan atau Nonaktifkan Fitur TalkBack
    Kamu bisa aktifkan atau non aktifkan fitur talkback untuk menemukan opsi dalam mengaktifkan atau menonaktifkan. Jika kamu merasa fitur talkback  dapat mengetahui cara menghilangkan garis hijau di layar Hp namun jika fitur talkback yang menyebabkan masalah kamu bisa melakukan penonaktifan. Sebaliknya, jika kamu membutuhkan fitur ini, kamu bisa mengaktifkannya kembali.

3. Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Menggunakan Safe Mode

Untuk mengatasi cara menghilangkan garis hijau di layar Hp menggunakan aplikasi tambahan, kamu dapat mencoba cara mengatasi layar hp bergaris menggunakan safe mode pada hp. Safe mode pada hp merupakan sebuah mode operasi khusus yang memungkinkan pengguna untuk memulai perangkat dalam menggunakan pengaturan dasar yang memuat perangkat lunak serta program yang diperlukan.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali Di Oppo A3s Paling Mudah

Ketika Hp sudah dalam safe mode, Maka sistem operasi menutup sementara semua aplikasi pihak ketiga yang tidak diperlukan serta komponen tambahan yang sementara tidak diperlukan. Hanya aplikasi bawaan yang bisa dalam mode ini. Cara menghilangkan garis hijau di layar Hp
Untuk sementara aplikasi yang dipasang hasil unduhan akan dinonaktifkan. Safe mode dapat pengguna lakukan dalam melakukan sejumlah tindakan Seperti.

  • Mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah antar aplikasi.
    Membersihkan semua data atau cache yang mungkin menyebabkan masalah.
    Menjalankan program antivirus di hp untuk mendeteksi dan memproteksi perangkat dari potensi bahaya.
    Mencopot pemasangan atau menonaktifkan aplikasi yang menjadi penyebab masalah.
  • Selain itu kamu bisa mengaktifkan Safe Mode di perangkat hp dengan menekan dan menahan tombol daya secara terus menerus jika perangkat menyala.lepaskan tombol daya dan tahan volume hingga perangkat melakukan booting ke safe mode.
  • Kamu juga dapat langsung menekan atau memilih opsi reboot atau boot ulang untuk mengaktifkan safe mode. penting kamu ketahui Safe mode membuat perangkat atau hp kamu berjalan dalam mode terbatas, akan tetapi ia menawarkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang mungkin tidak dapat diperbaiki oleh mode normal.

4. Hapus Aplikasi Tertentu

Saat adanya garis hijau pada layar Hp muncul setelah kamu melakukan install aplikasi, maka bisa saja aplikasi tersebut yang bisa menyebabkan Hp kamu memiliki garis hijau.

Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat, ada virus berbahaya di dalamnya hingga terdapat beberapa data yang hilang.

Untuk mengatasi masalah ini, Kamu bisa mencoba menghapus aplikasi tersebut. Setelah aplikasi tersebut dihapus, lakukan restart kamu untuk memulai ulang sistem operasi di Hp kamu.

5. Reset Hp

Kamu bisa melakukan reset HP kamu juga ke semula dan memperbaiki garis vertikap pada Hp. Tapi, Hal ini akan membuat kamu akan kehilangan seluruh data yang ada pada HP.

Untuk melakukannya, kamu bisa cek ke Setelan/Setting, lalu ketuk Tentang Perangkat atau About Device, pilih Reset, dan ketuk Factory Reset atau Setelan Pabrik

Penutup

Cara Menghilangkan Garis Hijau Di Layar Hp
Cara Menghilangkan Garis Hijau Di Layar Hp

Dengan beberapa cara menghilangkan garis hijau di layar Hp kamu bisa mengukuti beberapa langkah diatas yang bisa kamu coba sebagai solusi mengembalikan performa Hp kamu selain itu kamu juga bisa mengetahui beberapa penyebab yang mengakibatkan terjadinya masalah garis hijau di layar Hp kamu.sesuaikan dengan kondisi dan penyebab kerusakan pada Hp kamu.Selamat mencoba

Back to top button