Tutorial

4 Cara Pelunasan KUR BRI Sebelum Jatuh Tempo yang Wajib Anda Ketahui

Informasi mengenai tata cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo, umumnya penting untuk diketahui dan dipahami para debitur yang ingin melunasi KUR BRI sebelum tanggal jatuh tempo ditetapkan.

Hal ini dikarenakan, pada prosedur pelunasan KUR BRI sendiri terdapat beberapa aspek penting yang harus diperhatikan oleh para debitur sebelum melunasi cicilan KUR BRI yang tersisa. Lantas bagaimanakah cara mudah dalam melunasi KUR BRI sebelum tanggal jatuh tempo tersebut, simak ulasan selengkapnya di artikel berikut.

Bagaimana Cara Pelunasan KUR BRI Sebelum Jatuh Tempo?

Cara Pelunasan KUR BRI Sebelum Jatuh Tempo
Cara Pelunasan KUR BRI Sebelum Jatuh Tempo

Istilah pinjaman KUR BRI sendiri, umumnya dikatakan sebagai Kredit Usaha Rakyat yang diberikan oleh pihak Bank BRI, dan menjadi salah satu program pemerintah dalam melakukan pembiayaan modal usaha kepada para pelaku UMKM lewat lembaga finansial.

Bahkan bisa dikatakan disini, bahwa program KUR BRI sendiri merupakan program cicilan dengan keunggulan keringanan cicilan, sehingga menjadikan banyak debitur merasa bisa melakukan cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo.

Namun, Anda perlu tahu bahwa proses pelunasan KUR BRI sebelum tanggal jatuh tempo sendiri, biasanya tidak bisa dilakukan secara langsung. Sehingga dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting dan tata cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo di dalamnya.

Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum melunasi KUR BRI, di antaranya yakni mengenai biaya percepatan untuk pelunasan KUR BRI, biaya provisi yang ditanggung pihak bank, biaya tahunan tenor dan biaya tambahan untuk pelunasan.

Adapun sebelum mengulas lebih lanjut mengenai cara pelunasan KUR BRI sebelum tanggal jatuh tempo, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan KUR BRI di bawah ini.

Kelebihan KUR BRI Kekurangan KUR BRI
KUR BRI menawarkan bunga yang terjangkau, yakni hanya 6% atau setara dengan 0,26% per bulan flat. KUR BRI tidak bisa digunakan bagi pengusaha yang sebelumnya sudah memiliki pinjaman.
Bank BRI menawarkan produk KUR dengan plafon pinjaman maksimal, yakni mencapai Rp 500 juta per debitur. Pengusaha yang belum memiliki pengalaman bisnis selama minimal 6 bulan, maka tidak bisa mengajukan KUR BRI.
Terdapat banyak pilihan produk kredit KUR BRI untuk berbagai kalangan masyarakat. Pengajuan KUR BRI tidak dapat digunakan untuk beberapa profesi tertentu seperti PNS pegawai negeri, TNI dan Polri.
KUR BRI menawarkan pinjaman tanpa adanya jaminan ke pihak debitur. Calon debitur tidak bisa mengajukan KUR BRI, jika sedang mengambil kredit subsidi bunga pemerintah di kredit modal kerja/investasi di bank lain.
KUR BRI sangat cocok digunakan oleh para pengusaha pemula, yakni dengan pengalaman bisnis minimal 6 bulan.
KUR BRI tidak melarang calon debitur memiliki pinjaman online, cicilan PayLater atau kredit konsumsi lainnya.
Syarat dokumen untuk cicilan KUR BRI sangat mudah dipenuhi oleh para debitur.
Terdapat inovasi KUR BRI super mikro bagi para debitur, khususnya bagi pekerja yang terkena PHK dan ibu rumah tangga yang menjalankan usaha produktif.
Baca Juga :  2 Cara Ngetag Semua Orang di Grup WhatsApp dengan Cepat

Jika mengacu pada aturan tentang pelunasan kredit dipercepat, cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo pada setiap lembaga keuangan biasanya menerapkan syarat dan perhitungan yang berbeda-beda. Adapun dalam melakukan pelunasan kredit bank KUR BRI sendiri, ada beberapa prosedur penting yang harus dilalui oleh para debitur.

Beberapa prosedur melakukan pelunasan KUR BRI sebelum tanggal jatuh tempo yang perlu dilakukan, di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Mendatangi Kantor Bank BRI

Mendatangi Kantor Bank BRI
Mendatangi Kantor Bank BRI

Salah satu tips cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo yang perlu dilakukan, yakni dengan mendatangi kantor Bank BRI yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Ketika mendatangi kantor Bank BRI, Anda wajib menyiapkan segala perlengkapan dokumen yang diperlukan seperti halnya Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Surat Izin Mengemudi (SIM), buku tabungan bank, bukti permohonan kredit dan slip/kuitansi pembayaran yang sudah dilakukan.

Jika semua dokumen sudah dirasa lengkap, maka Anda tinggal menyerahkan saja semua dokumen tersebut ke pihak customer service Bank BRI yang bertugas. Yang mana, dokumen yang Anda serahkan ke pihak customer service Bank BRI ini nantinya akan dilakukan proses validasi, agar tata cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo bisa segera diproses.

Pada dasarnya, prosedur satu ini bisa dilakukan secara online di beberapa bank yang memang sudah menyediakan layanan online bagi para debitur. Dengan demikian, maka pihak debitur tidak perlu lagi harus mengantri ke kantor Bank BRI langsung.

Baca Juga: 5 Cara Pembayaran Tiktok Shop Transfer Bank BRI, Mandiri, BCA Dll

  • Melakukan Pengisian Blangko Pengambilan Dokumen

Apabila cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo yang pertama sudah Anda lakukan dan penuhi dengan baik, maka selanjutnya tinggal melakukan pengisian blangko pengambilan dokumen. Biasanya, prosedur ini dilakukan apabila pihak debitur ingin mengajukan pelunasan KUR BRI dipercepat / dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Musik Instagram Tidak Tersedia

Kendati demikian, tetap saja proses pengisian blangko pengambilan dokumen juga memerlukan beberapa prosedur penting yang harus Anda patuhi di dalamnya. Dalam tata cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo mengenai proses pengisian blanko pengambilan dokumen ini, biasanya akan ada beberapa data penting yang harus diisi oleh para debitur sesuai yang diminta oleh pihak bank.

Adapun pada saat proses pengisian data yang diminta, pastikan Anda mengisi dengan data yang benar dan valid agar bisa diproses oleh pihak bank nantinya. Jika ada data yang tidak Anda pahami untuk disini, maka bisa menanyakan ke pihak customer service, sehingga proses pelunasan KUR BRI akan lebih mudah.

  • Melakukan Pengecekan Berbagai Biaya Pelunasan KUR BRI

Selanjutnya mengenai tata cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo, pihak customer service Bank BRI biasanya akan langsung mengecek pelunasan KUR BRI yang harus diselesaikan oleh pihak debitur. Di samping itu, pihak customer service juga nantinya akan memberikan sejumlah data biaya pelunasan yang memang harus dibayarkan oleh pihak peminjam KUR BRI.

Yang mana, informasi ini akan diberikan ketika pihak debitur / peminjam akan melakukan pelunasan kredit dipercepat sebelum tanggal jatuh tempo dilakukan. Dalam proses ini, semua rincian yang nantinya sudah diberikan oleh customer service BRI perlu dibaca dan dipahami secara teliti satu per satu, agar tidak ada kesalahan sedikitpun, termasuk halnya mengenal nominal sisa pelunasan kredit.

Adapun terkait beberapa biaya yang biasanya diberikan dalam pelunasan KUR BRI sendiri, antara lain sebagai biaya denda jika pernah mengalami keterlambatan angsuran / cicilan, biaya penalti pelunasan KUR BRI, rincian total yang harus dilunasi dan lain-lain. Pastikan semua biaya tersebut sudah Anda lunasi dengan baik, sehingga proses pelunasan KUR BRI bisa terselesaikan sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

  • Proses Penerbitan Surat Pelunasan dari Pihak BRI

    Proses Penerbitan Surat Pelunasan dari Pihak BRI
    Proses Penerbitan Surat Pelunasan dari Pihak BRI

Jika semua prosedur cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo sudah Anda ikuti dengan baik dan benar, maka selanjutnya tinggal menunggu proses penerbitan surat pelunasan dari pihak Bank BRI tersebut. Terkait surat pelunasan yang dikeluarkan oleh pihak Bank BRI satu ini, nantinya akan diberikan kepada pihak peminjam untuk sekali lagi memastikan semua pelunasan yang diperlukan dalam proses pelunasan KUR BRI.

Adapun seperti yang sudah disinggung sedikit di awal tadi, bahwa surat pelunasan KUR BRI sebelum tanggal jatuh tempo ini meliputi beberapa hal penting di dalamnya. Yang mana, informasi tersebut mencakup seputar rincian biaya, angsuran, denda sampai dengan bunga yang harus dibayarkan oleh pihak peminjam.

Baca Juga :  Cara Melihat Status WA Yang Sudah Lama, Lebih 24 Jam

Pastikan juga, agar surat pelunasan ini sudah dicek secara teliti sehingga tidak ada kesalahan sedikitpun. Apabila semuanya sudah selesai dilakukan, maka surat pelunasan mengenai cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo satu ini, nantinya akan diberikan stempel tanda bukti lunas oleh pihak Bank BRI.

Langkah-langkah Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Langkah-langkah Pengajuan Pinjaman KUR BRI
Langkah-langkah Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Jika tadi kita sudah membahas mengenai tata cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo, maka Anda sendiri tentunya penasaran bukan mengenai prosedur pengajuan pinjaman KUR di Bank BRI? Pada dasarnya, proses pengajuan pinjaman KUR BRI cukup mudah dilakukan secara online melalui situs resmi kur.bri.co.id. Adapun jika dilakukan secara offline, Anda hanya perlu mendatangi kantor cabang BRI terdekat dan membawa semua dokumen persyaratan yang diminta.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendatangi kantor cabang BRI terdekat karena sibuk dengan pekerjaan sehari-hari, maka bisa mengajukan pinjaman KUR BRI secara online cukup dengan memanfaatkan perangkat pendukung yang dimiliki. Adapun tata cara mengajukan pinjaman KUR BRI secara online, bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Tips mengajukan pinjaman KUR BRI secara online yang pertama, silahkan Anda kunjungi situs kur.bri.co.id, lalu klik opsi “Ajukan Pinjaman”.
  • Setelah itu, Anda tinggal klik “Daftar Disini” apabila belum memiliki akun, dan ikuti semua instruksi yang ada sampai nantinya memperoleh email verifikasi.
  • Apabila Anda sudah terdaftar di situs KUR BRI online tersebut, maka silahkan lakukan proses login menggunakan alamat email aktif dan password / kata sandi yang sudah terdaftar.
  • Jika sudah, silahkan klik pada bagian tombol “Ajukan Pinjaman KUR”.
  • Kemudian, Anda tinggal membaca halaman ketentuan dan syarat yang ada di situs KUR BRI online tersebut.
  • Selanjutnya, Anda klik opsi “Saya adalah nasabah BRI” – klik opsi “Setuju dan Ajukan Pinjaman” dan lanjutkan dengan mengklik “I’m not a Robot”.
  • Pada bagian halaman selanjutnya, Anda hanya perlu mengisikan informasi data diri secara lengkap, valid dan benar.
  • Setelah semua data diri sudah terisi, maka Anda tinggal mengunggah dokumen-dokumen pendukung yang diminta oleh pihak Bank BRI.
  • Langkah berikutnya, Anda hanya perlu mengklik bagian opsi “Selanjutnya” untuk masuk ke halaman pengajuan pinjaman.
  • Jangan lupa klik “Hitung Angsuran” untuk melihat ilustrasi angsuran yang akan Anda ajukan nantinya.
  • Jika sudah yakin mengenai nominal KUR BRI yang diinginkan, maka tinggal klik “Ajukan Pinjaman”.
  • Terakhir, Anda hanya perlu menunggu proses tersebut sampai muncul halaman berisikan persetujuan pinjaman.
Cara Pelunasan KUR BRI Sebelum Jatuh Tempo
Cara Pelunasan KUR BRI Sebelum Jatuh Tempo

Demikianlah tadi ulasan penting yang bisa Anda ketahui dan pahami seputar tata cara pelunasan KUR BRI sebelum jatuh tempo. Apabila Anda ingin melakukan pelunasan KUR BRI dengan cepat, maka sebaiknya perlu menghitung terlebih dahulu sistem pelunasan KUR BRI sesuai dengan plafon dan tenor pinjaman yang diajukan.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button