Promo Top Up Game Termurah­čśŹ
Tutorial

6 Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening dengan Mudah

Apakah kamu masih bingung dengan cara mengetahui bank dari nomor rekening? Sebenarnya bagaimana cara yang tepat mengetahui jenis bank beserta identitas pengguna?

Kesalahan menafisirkan jenis bank melalui nomor rekening merupakan hal yang biasa dilakuan masyarakat, apalagi ketika kamu berkeinginan melakukan transfer yang mengaharuskan kamu mengetahui jenis bank, lantas adakah cara mengetahui bank melalui nomor rekening? mari kita bahas!

Apa itu Nomor Rekening?

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening
Nomor rekening – Sumber: hotelier.id

Nomor rekening merupakan deretan nomor yang digunakan untuk memperlancar transaksi yang berhubungan dengan perbankan, mulai dari menarik, mengirim hingga memasukkan uang ke dalam bank.

Pada buku tabungan nomor rekening biasanya tercatat dibagian atas rekening tabungan, tercantum juga pada akun mobile dan internet banking nasabah. Karena itu setiap transaksi perbankan selalu mencantumkan nomor rekening dan nama akun sebagai identitas.

Serangkaian nomor tersebut tersedia dari 10 sampai 16 digit dimana setiap nasabah akan mendapatkan nomor-nomor yang berbeda dan diberikan saat pembukaan rekening. Dari situlah kamu bisa menggunakan nomor rekening untuk memulai transaksi keuangan.

Berikut fungsi dari nomor rekening:

  1. Sebagai media transaksi perbankan
  2. Sebagai alat pembayaran
  3. Syarat untuk mengajukan kredit
  4. Syarat untuk mengirimkan uang
  5. Syarat untuk menerima uang

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

Pernahkah kamu menghadapi kesulitan yang berhubungan dengan perbankan? beragam kesulitan memang dihadapi nasabah jika dikaitkan uang dan perbankan.

Maraknya penipuan online salah satu kesulitan yang mengharuskan kita melacak nama, akun bank untuk mengetahui identitas pengguna. Saat ini ada cara mengetahui bank dari nomor rekening, dimana kamu hanya perlu meniti beberapa hal dan langsung menyimpulkan jenis bank yang digunakan pengguna lainya.

  • Melihat Jumlah Digit Nomor Rekening

Bank memiliki beberapa digit nomor rekening yang perlu kamu ketahui. Nah, cara mengetahui bank dari nomor rekening bisa kamu lakukan dengan melihat jumlah digit nomor tersebut. Silahkan hitung manual jumlah digit nomor rekening lalu sesuaikan dengan tabel dibawah ini :

Jumlah Digit Nama Bank
15 Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mega (Konvensional)
10 BCA, BNI, Bank Danamon, Maybank, Bank Danamon Syariah, Bank Permata, Muamalat, Sinarmas Syariah, Bank Bukopin
13 Bank Mandiri, CIMB Syariah
14 Bank Sumut
12 SeaBank
16 Bank BTN

Dilihat dari tabel lebih banyak bank menggunakan 10 digit untuk nomor rekening. Hal ini bertujuan agar nasabah tidak kesulitan melafalkan nomor dan mempermudah segala transaksi.

Melalui daftar nomor rekening diatas segera cocokkan dengan nomor rekening ditanganmu, walaupun cara ini belum spesifik kamu bisa jadikan jumlah digit sebagai acuan untuk melihat kode bank dan masuk kedalam tahap selanjutnya.

  • Melalui Kode Bank

kedua, cara mengetahui bank dari nomor rekening bisa dilakukan dengan melihat kode bank yang tertera. Tidak harus transfer bank, cukup cocokkan kode yang digunakan sama dengan daftar tabel berikut, jika serupa kamu telah mendapatkan jawaban nama bank nomor rekening ditanganmu.

Nama Bank Kode Bank
Bank Rakyat Indonesia (BRI) 002
Bank Rakyat Indonesia Syariah 422
Bank Mandiri 008
Bank Mandiri Syariah (BSI) 451
Bank Central Asia (BCA) 014
Bank Negara Indonesia (BNI) 009
Bank Danamon 011
Bank Bukopin 441
Bank Tabungan Negara (BTN) 200
CIMB Niaga & Syariah 022
Bank Permata 013
Bank Sinarmas 153
Bank Mega 426
Citibank 031
Bank Panin 019

Daftar kode bank diatas biasanya digunakan ketika ingin transfer melalui ATM, masing-masing bank memiliki 3 digit kode. Cara mengetahui bank dari nomor rekening dengan mengamati kode bank merupakan cara paling valid yang bisa anda coba sekarang.

  • Cek melalui Cabang Bank Terdekat

Selain menggunakan kode dan menghitung digit nomor rekening, mengunjungi cabang terdekat merupakan cara mengetahui bank dari nomor rekening.

Dengan mendatangi cabang bank terdekat, ambil nomor antrian kemudian sampaikan keluhanmu untuk mengetahui jenis bank melalui nomor rekening. Secara langsung pihak bank akan meminta 10-16 digit rangkaian nomor rekening dan membantu kamu menemukan jenis bank tersebut.

  • Menghubungi Call Center

Cara Mengetahui Bank dari nomor rekening

Menghubungi call center adalah cara mengetahui bank dari nomor rekening dengan syarat jumlah digit nomor rekening yang kamu kantungi. Dengan kata lain anda harus menghitung terlebih dahulu jumlah digit nomor dan sesuaikan dengan tabel diatas.

Seperti yang kamu ketahui, beberapa bank menggunakan jumlah digit yang sama seperti bank BCA, BNI dan Danamon. Nah, kamu bisa mempersempit ruang pencarian dengan mengetahui digit dan segera hubungi call center bank terkait.

Tahap selanjutnya jelaskan keluhanmu ingin mengecek nomor rekening dan sebutkan serial nomor, jika terdaftar call center akan sampaikan informasi tersebut. Selain itu, kamu bisa lakukan pemblokiran jika nomor rekening terlibat transaksi penipuan.

  • Cek Melalui mobile Banking

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening
Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

Cara mengetahui bank dari nomor rekening pengguna ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan mobile banking yang terdaftar dan sesuai dengan nama bank. Hanya saja cara ini membutuhkan ketentuan dimana kamu harus mengetahui jumlah digit nomor rekening.

Bisa dikatakan cara ini hampir sama dengan menghubungi call center, perbedaanya hanya pada rincian bank dimana kamu bisa melihat jelas jenis bank dan nama pengguna rekening, berikut caranya :

  1. Login pada akun mobile banking, anda bebas menggunakan jenis mbanking dimana akun harus didaftarkan terlebih dahulu.
  2. Klik transfer > transfer antarbank
  3. Masukkan transfer ke tujuan baru
  4. Setelah itu cek kembali tabel digit nomor rekening diatas, sesuaikan dengan nomor yang ingin diperika. Contohnya nomor rekening berjumlah 13 digit, masukkan pilihan antara bank Mandiri ataupun CIMB Syariah, masukkan nomor rekening, nominal, dan lanjut ketahap berikutnya.
  5. Jika nomor rekening merupakan bank Mandiri akan muncul nama penerima. Namun jika tidak muncul (nomor rekening tidak ditemukan) ulangi aktivitas dengan masukkan CIMB sebagai jenis bank tersebut.
  6. Tidak perlu melanjutkan, silahkan kembali pada menu utama untuk membatalkan transaksi.
  • Bertanya Langsung Kepada Pemilik Rekening

Anda pasti setuju cara mengetahui bank dari nomor rekening paling mudah dilakukan jika bertanya secara langsung. Jika membutuhkan informasi bank saat melakukan transfer, silahkan bertanya langsung kepada pemilik rekening.

Namun jika anda membutuhkan nama bank untuk beberapa kepentingan lain, ingin menyelidikinya secara rahasia silahkan gunakan tiga cara pertama.

Lihat juga 5 Cara Menggunakan Shopeepay Untuk Pemula

Apakah Bisa Melihat Identitas seseorang Melalui Nomor Rekening?

Diatas anda sudah menemukan jawaban mengenai cara mengetahui bank melalui nomor rekening, lantas bagaimana cara melihat identitas pengguna melalui nomor tersebut?

Kamu bisa lakukan dua cara yaitu dengan mengunjungi situs Cekrekening.id dan bank terkait. Melalui situs cek rekening kamu bisa melihat apakah nomor rekening pernah dilaporkan terkait tindakan penipuan dan semacamnya.

Kesimpulan Mengenai Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening
Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

Cara mengetahui bank dari nomor rekening dikatakan tidak mudah, kamu harus mencoba beberapa cara yang mungkin melibatkan pihak lain. Walaupun demikian, beberapa alternatif untuk mengetahuinya melalui kode transfer bahkan mengunjungi bank terdekat untuk memperoleh jawaban, selamat mencoba!

Back to top button