Tutorial

Jaringan Telkomsel Gangguan Hari Ini 2024? Cek Infonya Disini!

Banyak pelanggan yang mengeluh karena jaringan Telkomsel gangguan hari ini. Masalah demikian dianggap sebagai permasalahan yang cukup rumit dan meresahkan, mengingat sebagian besar pengguna Handphone menjadikan Telkomsel sebagai kartu default atau utama di HP nya.

Apakah kamu termasuk sebagai salah satu pengguna Telkomsel yang terkena imbas dari jaringan Telkomsel gangguan hari ini? Jika iya, maka anda tidak perlu cemas, karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab dan cara mengatasi jaringan Telkomsel gangguan hari ini. Silahkan diperhatikan dan disimak dengan seksama!

Penyebab Jaringan Telkomsel Gangguan Hari ini

Ada beberapa penyebab umum gangguan jaringan Telkomsel yang sering terjadi, diantaranya adalah sebagai berikut:

Jaringan Telkomsel gangguan hari ini

  • Pemeliharaan Jaringan

Demi meningkatkan kualitas jaringan dan kepuasan konsumen, Telkomsel akan melakukan perawatan rutin atau pemeliharaan jaringan pada waktu tertentu. Namun saat itu terjadi, pengguna Telkomsel mungkin akan mengalami penurunan sinyal atau jaringan yang tidak stabil. Namun anda tidak perlu khawatir, karena lekas pemeliharaan selesai dilakukan, jaringan Telkomsel anda akan kembali stabil dan bahkan akan lebih lancar.

  • Cuaca Buruk

Jaringan Telkomsel gangguan hari ini juga dapat disebabkan karena kondisi cuaca yang buruk seperti hujan lebat, badai atau angin kencang, petir, dan berbagai cuaca ekstrem lainnya. Terutama pada kondisi cuaca hujan lebat ditambah petir kuat adalah faktor paling sering terjadi sebagai pemicu gangguan pada jaringan Telkomsel.

Jadi, tidak ada yang perlu untuk dikhawatirkan jika jaringan Telkomsel anda terganggu pada posisi cuaca buruk. Silahkan tunggu sampai cuaca membaik, dan sebaiknya juga anda tidak perlu bermain gadget saat cuaca sedang buruk terutama untuk petir yang kuat. Karena sudah banyak kasus yang terjadi akibat nekat tetap menggunakan ponsel saat cuaca sedang hujan petir.

  • Kerusakan Infrastruktur

Jaringan Telkomsel gangguan hari ini
Sumber: antaranews.com

Kerusakan infrastruktur (perangkat keras jaringan Telkomsel) seperti kerusakan pada kabel jaringan, pemadaman listrik, dll juga dapat menjadi salah satu penyebab jaringan Telkomsel gangguan hari ini.

Baca Juga :  7 Cara Beli Pulsa Bayar Nanti di OVO Tanpa Biaya Tambahan

Dari beberapa hal yang telah disebutkan, kerusakan pada kabel jaringan seperti terputus adalah penyebab yang paling umum terjadi. Namun kondisi seperti ini tidak semestinya anda cemaskan, karena biasanya teknisi Telkomsel akan segera turun kelapangan dan memperbaiki kerusakan yang ada.

  • Kepadatan Pengguna Jaringan

Seperti yang anda ketahui sendiri, Telkomsel sebagai salah satu kartu provider yang paling banyak diminati. Dapat dikatakan bahwa Telkomsel merupakan penguasa bisnis komunikasi di Indonesia. Hal itu dipicu oleh pemerataan jaringan yang bahkan telah menjangkau sampai ke pelosok perkampungan.

Namun sangat disayangkan bahwa ternyata jika ada banyak pengguna yang menggunakan jaringan Telkomsel dalam suatu area secara bersamaan justru akan menyebabkan gangguan jaringan menjadi tidak stabil.

  • Pemadaman Listrik

Penyebab jaringan Telkomsel gangguan hari ini yang selanjutnya adalah karena adanya pemadaman listrik. Sinyal bisa sampai ke ponsel anda karena adanya stasiun pemancar atau yang kerap disebut dengan BTS (Base Transceiver Station).

BTS memerlukan sumber daya listrik agar dapat berjalan dengan optimal. Sehingga jika terjadi pemadaman listrik, kemungkinan besar akan terjadi gangguan jaringan pada Telkomsel. Keadaan seperti ini bahkan kerap membuat sinyal HP hilang total.

  • Lokasi Pengguna

Jaringan Telkomsel gangguan hari ini
Sumber: kompas.com

Ketika jaringan anda mengalami gangguan bisa jadi juga disebabkan karena posisi anda sedang berada di lokasi  yang lemah sinyal atau bahkan tidak ada sama sekali. Meski seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Telkomsel telah menjangkau area pedalaman, namun kekuatan sinyal yang diterima oleh konsumen pada masing-masing tempat tidaklah sama. Oleh karena itu, saat mengalami gangguan jaringan Telkomsel, pertimbangkan lokasi anda saat ini berada.

  • Masalah pada Setting APN

APN (Access Point Name) merupakan sistem pengaturan yang diperlukan pada perangkat seluler untuk menghubungkan perangkat anda ke jaringan data Telkomsel. Pengaturan APN yang salah dapat menyebabkan gangguan jaringan internet pada ponsel anda. Sebaliknya pengaturan APN yang tepat dapat memastikan perangkat anda terhubung secara efisien ke jaringan data, sehingga memungkinkan anda mengakses layanan internet secara stabil.

  • Faktor Internal Kartu

Faktor internal pada kartu yang dimaksud disini adalah seperti masa aktif kartu yang sudah kadaluarsa (melewati masa tenggang kartu), kuota internet yang tidak tersedia, kerusakan pada fisik kartu dan lain-lain.

Baca Juga :  7 Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris dan Berkedip

Kamu mungkin pernah mengalami sinyal pada ponsel kamu bagus, tapi tidak dapat mengakses internet. Tak jarang orang berpikiran hal tersebut disebabkan karena memang sedang ada gangguan jaringan. Padahal penyebab sebenarnya adalah karena kuota internet yang tidak tersedia atau kondisi kartu yang sudah tidak aktif lagi (mati).

Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Gangguan Hari ini

Nah, melalui penjelasan diatas anda telah mengetahui beberapa penyebab dari jaringan Telkomsel gangguan hari ini. Selanjutnya, dibawah ini kami akan menampilkan solusi untuk jaringan Telkomsel gangguan hari ini.

Jaringan Telkomsel gangguan hari ini
Sumber: balitteknologikaret.co.id

Berikut ini beberapa cara mengatasi jaringan Telkomsel gangguan hari ini:

  • Refresh jaringan anda dengan cara menghidupkan mode pesawat untuk beberapa saat, Lalu matikan kembali.
  • Pindah ke lokasi yang ada sinyal bagus
  • Perbaiki settingan APN anda.untuk melakukan pengaturan APN Telkomsel dapat dilakukan melalui beberapa langkah-langkah berikut ini:
    > Buka menu “setelan/ pengaturan” ponsel anda
    > Cari dan klik pada opsi “koneksi” atau “koneksi & berbagi”
    > Kemudian pilih jaringan seluler 
    > Pilih pada opsi APN 
    > Ketuk “Add” untuk menambahkan APN atau pilih salah satu APN untuk mengubah/ edit
    > Tambahkan APN kamu sendiri. Untuk menghindari kesalahan saat melakukan pengisian kolom dalam pengaturan APN, silahkan kunjungi www.telkomsel.com
  • Menunggu sampai perbaikan selesai dilakukan oleh tim teknisi Telkomsel. Jika gangguan jaringan disebabkan oleh adanya pemeliharaan jaringan, cuaca buruk, pemadaman listrik, atau kerusakan pada infrastruktur (kabel jaringan terputus), maka tidak ada yang dapat anda lakukan selain menunggu sampai perbaikan selesai dilakukan oleh tim terkait atau hingga cuaca membaik.Berapa lama waktu pemulihan akan dilakukan?
    Waktu pemulihan dapat bervariasi, tergantung pada penyebab dan seberapa besar permasalahannya. Namun Telkomsel biasanya akan berusaha memperbaiki gangguan secepat mungkin
  • Perhatikan masa aktif kartu anda. Jika gangguan jaringan yang anda alami ditandai oleh koneksi internet yang tidak stabil padahal sinyal penuh, cobalah periksa apakah kuota internet anda masih tersedia.
  • Restart atau mulai ulang HP anda. Gangguan jaringan pada ponsel anda bisa juga disebabkan karena masalah pada perangkat lunak ponsel anda. Me-restart perangkat dapat memperbarui kinerja RAM dan membebaskan ruang yang terpakai oleh aplikasi yang tidak digunakan.
  • Membawa HP ke tukang servis. Meski kemungkinannya kecil, namun gangguan jaringan pada HP bisa juga disebabkan karena faktor adanya kerusakan pada perangkat keras yaitu komponen penangkap sinyal pada ponsel. Oleh karena itu, jika masalah gangguan jaringan pada ponsel anda terus berlanjut sampai berhari-hari, maka sebaiknya anda serahkan langsung ke tukang servis atau orang yang ahli dibidangnya.
Baca Juga :  5 Cheat Plants VS Zombie Android Dijamin Berhasil=

Simpulan

Jaringan Telkomsel Gangguan Hari Ini
Jaringan Telkomsel Gangguan Hari Ini

Mendapati jaringan yang tidak stabil pada perangkat merupakan salah satu pengalaman buruk dan dapat menghambat aktivitas pengguna yang memerlukan koneksi jaringan. Bahkan tidak hanya pada jaringan Telkomsel saja, namun mencakup juga pada jaringan dari kartu provider secara keseluruhan.

Itulah beberapa penyebab beserta cara mengatasi jaringan Telkomsel gangguan hari ini. Kami harap lewat dari cara-cara tersebut, anda dapat memulihkan kembali jaringan Telkomsel dalam perangkat anda.

Back to top button