Ragam

6 Merk Oli Yang Bagus Untuk Nmax: Harga Murah Kualitas Oke!

Mencari tau tentang merk oli yang bagus untuk Nmax merupakan langkah penting dalam menjaga perawatan dan mengoptimalkan kinerja mesin kendaraan Yamaha Nmax anda.

Dengan begitu banyak pilihan di pasaran, maka menemukan merk oli yang tepat dapat menjadi tantangan yang kerap membuat anda merasa kebingungan. Namun sekarang anda tidak perlu lagi khawatir, karena disini kami akan menampilkan beberapa merk oli yang bagus untuk Nmax anda. Penasaran? Yuk lihat selengkapnya berikut ini!

Sekilas Mengenai Motor Nmax

Yamaha Nmax
Yamaha Nmax

Sebelum lanjut menampilkan beberapa merk oli yang bagus untuk Nmax, terlebih dahulu kami akan membahas sekilas mengenai motor Nmax. Siapa sih yang gak kenal lagi sama motor Nmax ini? Lantaran produk ini pada waktu belakangan telah berhasil menguasai pasar kendaraan roda dua.

Nmax yang dikeluarkan oleh oleh Yamaha Motor Company adalah sebuah skuter yang bertransmisi otomatis yang telah diluncurkan pada tahun 2015 yang silam. Motor ini ditandai dengan ciri khas pada bodinya yang tergolong cukup besar dengan total dimensinya yaitu panjang 1955mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1115mm, dengan berat total mencapai hingga 127kg.

Motor Yamaha Nmax terbagi ke dalam dua varian, yakni Nmax 125 dan Nmax 155. Untuk varian Nmax 125 memiliki kekuatan mesin yaitu 124, 7 cc sedangkan pada varian Nmax 155 diberi kapasitas mesin sebesar 155,1 cc. Desainnya yang bongsor menjadikan Nmax primadona baik untuk kalangan muda maupun orang tua.

Nmax kaya akan fitur, termasuk salah satunya fitur Y-Connect yang memudahkan melakukan pengecekan oli. Terdapat juga fitur Pins yang membantu kamu untuk mengetahui kapan kamu harus servis dan juga ganti oli, hanya dengan bantuan sebuah gadget. Dengan begitu, perawatan motor anda pun tetap terjaga selalu.

merk oli yang bagus untuk nmax

Sekilas tentang Oli

Fungsi oli pada motor
Fungsi oli pada motor

Sebelum lanjut menampilkan beberapa merk oli yang bagus untuk Nmax, terlebih dahulu kami akan menjelaskan sedikit tentang apa itu oli.

Baca Juga :  Password Wifi Mie Gacoan 2024, Catat Sebelum Berkunjung!

Oli adalah suatu minyak atau cairan yang digunakan sebagai pelumas mesin kendaraan, agar bagian-bagian mesin dapat bergerak dengan lancar, mengurangi gesekan, dan mendinginkan komponen-komponen mesin yang panas, sehingga meningkatkan performa kencang saat berkendara. Oli ini juga dapat membantu membersihkan dan mencegah kerusakan pada bagian-bagian mesin.

Tekstur oli yang licin efektif dapat mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam, mencegah goresan atau keausan. Untuk kendaraan motor, oli biasanya terbagi ke dalam 3 jenis, diantaranya adalah oli mineral, oli sintetik, dan oli semi-sintetis. Setiap jenis memiliki karakteristik dan kemampuan pelumasan yang berbeda.

  • Fungsi Oli pada Motor

Tak sedikit pengguna motor yang tidak terlalu memahami apa sebenarnya fungsi oli pada motor. Hal inilah salah satu faktor yang membuat orang-orang jarang ganti oli. Padahal oli merupakan salah satu komponen utama yang berpengaruh terhadap kesehatan kendaraan.

Nah oleh karena itu, biar kesehatan kendaraan anda tetap terjaga maka ketahuilah berikut ini beberapa fungsi oli pada motor:

1. Pelumas

Seperti yang dikatakan sebelumnya, fungsi utama oli pada motor adalah sebagai pelumas untuk komponen-komponen mesin yang bergerak. Oli dapat membentuk lapisan pelindung di antara permukaan logam yang bergerak, seperti piston, silinder, dan bearing, untuk mengurangi gesekan dan keausan.

2. Pembersih

Oli juga memiliki fungsi sebagai pembersih dengan cara membawa kotoran-kotoran ke filter oli untuk dihilangkan dari mesin. Ini membantu mencegah penumpukan kotoran dan endapan di dalam mesin yang dapat mengganggu kinerja dan keandalan mesin.

3. Pendingin

Fungsi oli lainnya adalah berperan sebagai pendingin yang membantu dalam mengatur suhu mesin dengan mengambil panas dari komponen-komponen mesin yang panas, seperti piston dan silinder, dan mengalirkannya ke pendingin. Karena panas berlebih ini dapat merusak komponen-komponen mesin.

4. Mengurangi kebisingan dan getaran

Selanjutnya, oli juga dapat membantu meredam suara mesin dengan menyediakan lapisan pelumas yang efektif antara komponen-komponen bergerak, sehingga mengurangi kebisingan maupun getaran.

5. Memberikan perlindungan jangka panjang pada mesin

Fungsi oli yang terakhir adalah memberikan perlindungan jangka panjang pada mesin. Oli mengandung aditif tertentu yang membantu menjaga kebersihan dan kesehatan mesin, serta melindungi komponen-komponen dari korosi dan oksidasi, sehingga membatu memperpanjang umur pakai mesin.

Baca Juga :  0855 Kartu Apa dan Daerah Mana? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Merk Oli yang Bagus untuk Nmax

Pemilihan jenis oli yang tepat sangat penting untuk menjaga kinerja optimal dan umur pakai mesin. Nah, lantas apa sajakah merk oli yang bagus untuk Nmax? Berikut beberapa kami tampilkan!

1. Yamalube

Merk Oli yang Bagus untuk Nmax - Yamalube
Yamalube

Merk oli yang bagus untuk Nmax yang pertama adalah Yamalube. Oli ini dibuat dengan tingkat visikositas yang disesuaikan dengan kebutuhan mesin motor Yamaha, sehingga motor lebih awet, bertenaga dan irit.

Yamalube memiliki dua varian oli khusus matic yaitu Yamalube matic oil dan Yamalube power matic oil. Anda dapat memilih Yamalube matic oil dengan viskositas 20W 40, yang diperuntukkan khusus untuk motor matic Yamaha dengan mesin 4 tak, termasuk salah satunya yaitu Yamaha Nmax.

2. Oli Shell

Merk Oli yang Bagus untuk Nmax - Shell advance AX7
Merk Oli yang Bagus untuk Nmax – Shell advance AX7

Oli shell adalah produk pelumas yang dirancang khusus untuk menjaga performa optimal dan keawetan mesin kendaraan. Oli ini termasuk sebagai salah satu merk paling banyak digunakan untuk varian motor matic.

Oli merk shell memiliki banyak varian. Kami merekomendasikan yang paling tepat digunakan untuk motor Nmax, yaitu Shell advance AX7. Oli ini mampu memberikan perlindungan terbaik terhadap mesin motor Yamaha Nmax anda.

3. Motul

Oli Motul
Merk Oli yang Bagus untuk Nmax – Motul

Oli motul juga bisa menjadi pilihan oli yang sempurna untuk mesin motor Nmax anda. Oli ini merupakan produk tahan lama dan berperforma tinggi untuk semua kendaraan, terutama untuk motor dengan mesin 4 tak.

Motul oli mampu memberikan daya lubrikasi yang sempurna untuk meningkatkan performa mesin motor NMax. Kemasannya memiliki kapasitas 1 liter yang cocok digunakan di semua jenis motor matic yang memiliki cc 135 keatas.

4. Top1 Action Matic

Merk Oli yang Bagus untuk Nmax - Top1 Action Matic
Top1 Action Matic

Merk oli yang bagus untuk Nmax yang selanjutnya adalah Top1 action matic. Oli ini memiliki tingkat kekentalan kode SAE 10W-40. Top1 action matic diformulasikan dengan maximum protection technology dan smooth riding additive.

Teknologi ini dapat membantu memaksimalkan kinerja pelumas dalam menjaga kebersihan mesin dan melindungi berbagai komponen mesin, 30% lebih baik dibandingkan pelumas motor matic lainnya. Hal ini membuat mesin dapat bekerja dengan halus dan menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

5. Oli Revol

Merk Oli yang Bagus untuk Nmax - Oli Revol
Merk Oli yang Bagus untuk Nmax – Oli Revol

Oli Revol juga menjadi salah satu rekomendasi merk oli yang bagus untuk Nmax. Oli ini dapat melindungi mesin dari korosi dan endapan karbon serta memaksimalkan kinerja mesin. Sifatnya yang tahan lama membuat anda tidak perlu harus terus-terus mengganti oli.

Baca Juga :  15+ Penghitam Body Motor Permanen Terbaik, Paling Banyak Digunakan

Untuk motor Nmax, anda bisa menggunakan oli Revol matic semi sintetik dengan kekentalan 10W-40. Oli revol matic ini dikemas dalam botol berukuran 1 liter yang juga dilengkapi dengan oli gardan berkapasitas 140ml. Menggunakan oli ini dapat membuat kinerja motor anda lebih maksimal.

6. Fastron Techno

Merk Oli yang Bagus untuk Nmax - Fastron Techno
Merk Oli yang Bagus untuk Nmax – Fastron Techno

Rekomendasi merk oli yang bagus untuk Nmax yang terakhir adalah Fastron Techno. Oli Fastron Techno ini merupakan pelumas yang memiliki kekentalan 10W-40, dengan menggunakan teknologi terbaik untuk menjaga mesin tetap bersih dan dingin.

Tips Memilih Oli yang Tepat

Usai mengetahui beberapa merk oli yang bagus untuk Nmax, selanjutnya kami akan memberikan anda panduan tentang beberapa tips dalam memilih oli yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar jangan sampai salah dalam memilih oli untuk motor Nmax anda, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih oli dari merk dengan reputasi terbaik

Hal yang pertama, pilihlah oli dari merk yang memiliki reputasi yang baik dalam industri otomotif. Hal ini dapat menjamin dan membuktikan kualitasnya.

Oli berkualitas tinggi cenderung memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap komponen mesin dan mampu menjaga kebersihan mesin sehingga lebih awet digunakan.

2. Perhatikan spesifikasi oli

Selanjutnya, pastikan  anda memilih oli sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan. Untuk melihat spesifikasi motor, anda bisa coba lihat kembali buku panduan yang diberikan pada saat pembelian motor, atau bisa juga dengan mengunjungi situs resmi Yahama Nmax.

3. Pilih jenis oli yang tepat

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa, oli motor umumnya dibagi ke dalam 3 jenis, yakni oli mineral, sintetis dan semi-sintetis. Nah, pertimbangkan varian mana yang akan anda gunakan.

Oli sintetis dengan harga yang cenderung lebih mahal biasanya menawarkan perlindungan yang lebih baik dalam kondisi ekstrem dan umur pakai yang lebih panjang.

4. Viskositas yang sesuai

Yamaha Nmax memiliki persyaratan viskositas oli tertentu sesuai dengan suhu lingkungan dan kondisi penggunaan. Nah, pastikan anda memilih oli dengan viskositas yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk memastikan pelumasan yang optimal dalam berbagai kondisi.

5. Minta rekomendasi dari orang lain atau konsultasi dengan ahli

Tips yang terakhir yaitu meminta rekomendasi dari orang lain atau berkonsultasi dengan ahli otomotif. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik / teknisi khusus Yamaha atau pengguna Nmax lain yang sudah berpengalaman. Mereka bisa memberikan saran berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang mereka punya.

Akhir Kata

Merk Oli Yang Bagus Untuk Nmax
Merk Oli Yang Bagus Untuk Nmax

Dalam hal memastikan kinerja mesin yang optimal dan umur pakai yang panjang, maka pemilihan merk oli yang bagus untuk Nmax menjadi sangat penting untuk diketahui.

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti kompatibilitas dengan mesin, viskositas, dan reputasi merk, anda dapat memastikan bahwa mesin Nmax anda tetap terlindungi dan berjalan dengan lancar.

Back to top button