Daftar Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji Terbaru 2024

Sanra Hutagalung

Informasi Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji Terbaru 2024 – Bagi seseorang yang sudah lanjut usia dan memiliki kondisiyang diharuskan memakai gigi untuk menunjang aktivitas, memilih gigi palsu yang berkualitas memang cukup sulit.

Pasalnya terdapat beberapa jenis gigi palsu, jumlah yang disesuaikan dengan kondisi mulut yang ingin dipasang gigi palsu tersebut. Oleh karena itu, memilih gigi palsu yang bagus dengan harga yang tepat harus jeli agar saat pemasangan memuaskan dan nyaman dipakai.

Berikut diulas secara jelas dan singkat, Harga pasang gigi palsu 1 biji berdasarkan Jenisnya secara lengkap dibawah ini.

Jenis Gigi Palsu

Gigi palsu terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu gigi palsu permanen dan gigi palsu lepasan. Kedua jenis gigi palsu tersebut memilki keunggulan dari masing-masing penggunannya. Salah satunya adalah ketahanan dalam menggigit dan mengunyah.

Berikut jenis gigi palsu permanen dan lepasan yang wajib kamu ketahui sebelum melakukan pemasangan gigi, beserta jangka waktu ketahanan gigi palsu tersebut.

1. Gigi Palsu Permanen

Gigi Palsu Permanen

Gigi palsu permanen merupakan jenis gigi tiruan yang terpasang secara permanen yang terpasang pada rahang dan berfungsi untuk menggantikan fungsi gigi asli yang telah copot. Apabila dibandingkan dengan gigi lepasan, gigi palsu permanen lebih kuat.

Jenis gigi palsu permanen juga dibagi menjadi 3 bagian, masing-masing bagian memiliki pengaplikasian yang berbeda-beda, berikut simak jenisnya dibawah ini.

  • Dental Implant

Gigi palsu permanen yang ditanam dalam gusi dan berdiri sendiri disebut idental implan. Implan terrbagi menjadi dua bagian, Part 1 implant berfungsi sebagai akar buatan yang ditanam di dalam gusi, sedangkan part 2 implant berfungsi untuk membentuk struktur mahkota gigi.

Apabila dibandingkan dengan dengan gigi palsu lainnya, harga pasang gigi palsu 1 biji jenis implan cenderung lebih mahal. Meskipun demikian, tingkat kenyamanan menggunakan gigi palsu impan lebih tinggi.

  • Crown

Crown merupakan mahkota palsu yang dipasang untuk menggantikan struktur mahkota gigi yang mengalami kerusakan seperti gigi berlobang, patah maupun kropos. Crow hanya bertugas untuk menggantikan mahkota gigi yang rusak saja, tidak untuk menggantikan akar gigi.

Oleh sebab itu, bagi yang mengalami kasus serupa sebaiknya konsultasikan ke dokter ggi terlebih dahulu sebelum melakukan pencabutan gigi. Agar dapat diberi tindakan, apakah gigi masih dapat di crown.

  • Bridge

Jika mengalami gigi putus 1 biji, salah satu alternatif gigi tiruan pengganti yang sifatnya permanen adalah bridge. Bride berkerja untuk menyanggah gigi disebelahnya, untuk itu sebelum melakukan tindakan biasanya dokter akan memperkecil gigi dahulu.

2. Gigi Palsu Lepasan

Gigi Lepasan

Selain gigi palsu permanen, gigi palsu lepasan juga sangat banyak digunakan agar gigi terlihat lebih rapih dan berfungsi lagi. Gigi palsu lepasan terdiri dari 4 bagian, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Kerangka Logam (Frame)

Salah satu gigi tiruan yang memiliki tingkat kenyamanan tinggi yaitu kerangka logam. Gigi tiruan ini menggunakan kerangka logam di bagian dalamnya, sehingga plat gigi bisa dibuat sangat tipis. Gigi ini juga dilengkapin dengan cengkraman kawat sehingga lebih melekat kuat ke setiap sisi gigi.

  • Akrilik

Jika dibandingkan dengan jenis gigi palsu lainnya, akrikil merupakan jenis gigi tiruan yang paling ekonomis. Biasanya plat akrikil relatif lebih tebal dengan cengkaraman kawat yang berfungsi sebagai tambahan pegangan ke gigi yang tersisa.

  • Valplast

Valplast jenis gigi palsu terbuat dari bahan yang lentur. Jenis gigi tiruan ini sangat baik untuk penampilan, karena gigi tersebut menyatu dengan gusi dan gigi asli. Untuk harga pasang gigi palsu 1 biji jenis valplast juga sangat terjangkau.

Selain itu jenis gigi tiruan valplast, biasanya hanya dapat bertahan sekitar 2 hingga 4 tahun saja. Tergantung perawatan yang digunakan oleh pemakainya.

  • Thermosens

Meskipun keluaran terbaru, namun thermosens salah satu jenis gigi lepas yang sangat di incar. Jenis gigi tiruan ini hampir mirip dengan valplast, relatif kuat dan dapat sangat efektif digunakan bagi yang kehilangan banyak gigi. Untuk harga pasang gigi palsu 1 biji jenis thermosens juga sangat terjangkau.

Harga Pasang Gigi Palsu 1 Biji Permanen dan Lepasan

Harga gigi palsu 1 biji sangat beragam, hal tersebut dapat dilihat dari pemilihan jenis gigi dan tempat pemasangannya. Berikut update harga pasang gigi palsu 1 biji untuk gigi permanen, yakni diantaranya :

Jenis Gigi Palsu Permanen  Harga Pasang Gigi Palsu Per Biji (Rp)
Dental Implant Rp 12.000.000 – Rp 16.000.000
Crown Rp 750.000 – Rp 2.000.000
Bridge Rp 1.500.000 – 2.500.000

Jika dibandingkan dengan gigi palsu permanen, gigi tiruan lepasan memiliki harga yang lebih terjangkau. Berikut update harga pasang gigi palsu 1 biji berdasarkan jenisnya,dirangkum dari situs resmi sehatq.com ,yakni diantaranya :

Jenis Gigi Palsu Lepasan        Harga Pasang Gigi Palsu Per Biji (Rp)
Kerangka Logam (Frame) Rp 250.000 – Rp 500.000
Akrilik Rp 950.000 – Rp 1.200.000
Valplast Rp 150.000 – Rp 400.000
Thermosens Rp 200.000 – Rp 400.000

Untuk informasi tambahan terkait daftar harga pasang gigi palsu 1 biji di atas, seaktu-waktu dapat berubah. Apabila dibandingkan dengan tahun 2020, harga pasang gigi palsu 1 biji untuk yang permanen relatif stabil. Namun, pada tahun 2022 biaya pasang gigi palsu lepasan, mengalami penuruan yang cukup rendah.

Oleh sebab itu, untuk mengetahui tarif harganya, sebaiknya tanyakan langsung ke dokter khusus gigi atau menanyakan dokter gigi lewat online. Agar informasi harga pasang gigi 1 biji lebih akurat diketahui.

Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tetap Awet

Cara Merawat Gigi Palsu
Cara Merawat Gigi Palsu

Agar gigi palsu yang digunakan tetap awet dan tidak murah rusak, berikut simak penjelasan singkat terkait tips dan trik cara merawat gigi palsu permanen dan lepasan, yakni diantaranya :

  • Bersihkan Gigi Palsu Sehabis Makan

Sehabis makan tentu saja kotoran dan sisa makanan lebih mudah menempel di permukaan gigi. Untuk itu agar gigi terhindar dari kotoran dan sisa makanan, bersihkan gigi palsu tersebut dengan cara menyiram air. Apabila kotoran yang menempel sudah hilang, keringkan perlahan dengan tisu.

  • Rendam Gigi Palsu

Setelah selesai beraktivitas seharian, pada saat malam hari sebaiknya gigi palsu di rendam ke dalam segelas air atau cairan khusus. Hal tersebut dilakukan agar gigi palsu menjaga bentuknya dan tidak berubah. Selain itu, hal ini juga dilakukan agar tidak membahayakan kesehatan pada mulut. Seperti pngembangan bakteri, virus dan jamur yang menempel.

  • Rajin Menyikat Gigi

Faktanya menyikat gigit secara rutin merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap manusia. Untuk menghindari masalah gigi dan mulut terutama pada pengguna gigi palsu, pastikan setiap hari menyikat gigi.

Gunakan jenis sikat gigi yang berbahan lembut dan non abrasif agar tekstur gigi palsu tetap terjaga. Biasanya dokter gigi akan merekomendasikan pembersih khusus gigi palsu.

  • Jaga Kebersihan Mulut

Tidak hanya kebersihan gigi palsu saja, kondisi mulut juga tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Pasalnya, gigi dan mulut yang kotor akan menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk tumbuh dan berkembang dengan cepat.  Oleh karena itu, ketika gigi palsu tidak digunakan, pastikan rongga mulut tetap bersih dan terjaga.

Informasi Daftar Harga Terbaru Lainnya : Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puseksmas, Klinik dan Rumah Sakit

Penutup

Harga Pasang Gigi Palsu 1 Bij
Harga Pasang Gigi Palsu 1 Bij

Itulah harga pasang gigi palsu 1 biji yang dapat di rangkum untuk kamu, sebelum melakukan pembelihan gigi palsu. Pastikan jenis dan harga pasang gigi palsu 1 biji sudah sesuai dengan kriteria yang di harakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu dan sampai ketemu di pembahasan selanjutnya.

Related Post