HargaRagam

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puseksmas, Klinik dan Rumah Sakit

Biaya Membersihkan Karang Gigi – Menggosok Gigi setiap hari tidak menutup kemungkinan datangnya karang gigi. Karena kegiatan tersebut tidak cukup untuk membersihkan gigi kita dari karang gigi. Pasalnya, kotoran dari sisa makanan mengakibatkan adanya penumpukan kotoran di sela-sela gigi.

Oleh sebab, jika tidak segera di atasi/ bersihkan akan menimbulkan bau mulut dan lama kelamaan akan muncul karang gigi. Saat ini membersihkan karang gigi dapat dilakukan hampir di seluruh pusekesmas, rumah sakit hingga klinik.

Tetapi sebelum melakukan scaling ada baiknya kamu menanyakan tarif biaya membersihkan karang gigi atau harga perawatan di tempat yang ingin kamu tuju. Jika kamu terdaftar ke dalam peserta BPJS Kesehatan, kamu berhak mendapatkan pelayanan gratis apabila tempat scaling yang kamu datangi menyediakan layanan BPJS.

Apa Itu Karang Gigi?

Contoh Karang Gigi

Karang Gigi atau dental calculus merupakan plak atau sisa makanan mengandung bakteri yang menempel pada gigi dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga mengalami pengerasan.

Jadi Mikroorganisme tersebut mengelola sisa makanan atau plak yang menempel di permukaan gigi, dengan bantuan air liur. mengubah konsistensi lapisan lembut menjadi keras. Hal ini juga dapat menjadi penyebab penyakit gusi dan jaringan penyangga gigi.

Karang gigi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu karang gigi subgingival dan karang gigi supragingival.

  • Karang gigi subgingival terletak di bawah gusi atau di permukaan akar gigi dan biasanya lebih gelap, padat, keras.
  • Sedangkan karang gigi supragingival terletak di atas gusi yang tampak di rongga mulut, biasanya berwarna lebih terang, putih kekuningan dan konsistensinya seperti kapur.

Penyebab Munculnya Karang Gigi

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, penyebab utama dari munculnya karang gigi yaitu akibat dari penumpukan plak pada gigi yang dibiarkan terlalu lama. Adapun fakto penyebab terbentuknya karang gigi, yakni diantaranya :

  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula.
  • Kebersihan gigi dan mulut kurang terjaga, seperti tidak menggosok gigi setelah melakukan ritual makan.
  • Mulut kering akibat efek samping dari obat-obatan, seperti gangguan teroid atau penyakit automium.
  • Kebiaasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok aktif.

Postingan Menarik Lainnya: Harga Susu Pediasure di Alfamart dan Indomaret

Manfaat Melakukan Scaling

Untuk membersihkan karang gigi yang sudah terlanjur muncul tidak cukup hanya dengan menggosok gigi setiap hari. Hal ini harus dilakukan dengan bantuan scaning ke puskesmas, rumah sakit maupun klinik. Berikut akan di ulas manfaat scaling yang wajib kamu ketahui.

  • Menjaga Kesehatan Gusi

Karang gigi yang telah lama bersarang atau menempel pada permukaan gigi akan mengeras sehingga menyebabkan radang gusi. Apabila tidak segera di atasi, radang gusi tersebut akan semakin menyebar dan semakin parah, juga dapat merusak jaringan lainnya. Dengan membersihkan karang gigi akan mencegah timbulnya masalah pada gusi kamu.

  • Mencegah Bau Mulut

Penumpukan karang gigi akan menjadi tempat bakteri bersarang sehingga mengakibatkan bau mulut yang tidak dapat di atasi. Hal tersebut akan membuat diri sendiri tidak percaya diri ketika ingin berbicara dengan orang lain. Oleh karena itu, Scaling adalah solusi terbaik.

  • Mengatasi Resiko Gigi Copot

Hal ini terjadi di sebabkan oleh rusaknya jaringan pada gigi di karenakan karang yang menumpuk terlalu banyak. Dengan melakukan scaling akan membantu kamu terhindar dari gigi copot akibat karang gigi yang menempel dipermukaan gigi.

  • Warna Gigi Lebih Cerah

Pasalnya karang gigi yang menumpuk akan menyebabkan gigi terlihat lebih kuning dibandingkan gigi yang tidak terdapat karang. Untuk terhindar dari gigi kuning, kamu bisa melakukan scaling agar gigi tampak lebih cerah. Karena gigi kuning juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri kamu ketika ingin berbicara dengan orang lain.

Prosedur Membersihkan Karang Gigi

Sumber : colgate.com

Sebelum melakukan scaling biasanya dokter akan menanyakan beberapa hal seputar riwayat kesehatan, cara merawat gigi serta obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari berbagai resiko yang mungkin dapat terjadi setelah melakukan proses pembersihan karang gigi.

Berikut simak beberapa tahap membersihkan karang gigi yang di rangkum dari situs alodokter, yakni :

  • Melakukan pemeriksaan kondisi rongga mulut pasien secara keseluruhan.
  • Memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa nyeri dan tidak nyaman.
  • Melakukan tindakan pembersihan karang gigi dengan menggunakan alat ultrasonic scaler.
  • Apabila dirasa semua bagian yang memiliki karanggigi sudah rontok, dokter akan menganjurkan pasien menggosok gigi dengan sikat gigi khusus. Kemudian akan dilanjutkan dengan pembilasan.

Setelah proses scaling gigi dilakukan, biasanya pasien akan merasakan ngilu. Akan tetapi rasa ngilu tersebut tidak akan berlangsung lama dan merasa sensitif dengan berbagai sentuhan makan dan minuman. Untuk proses scaling biasanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Biaya Membersihkan Karang Gigi Terbaru

Berikut biaya membersihkan karang gigi terbaru di puskesmas, klinik dan rumah sakit yang telah kami rangkum dari situs resmi alodokter, yang akan memudahkan kamu untuk melihat daftar biaya memberrsihkan karang gigi secara lengkap dan detail.

  • Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

Untuk biaya membersihkan karang gigi di puskesmas akan lebih murah dibandingkan melakukan saling di gigi di klinik maupun rumah sakit.

Umumnya, puskesmas menetapkan biaya membersihkan karang gigi mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 150.000. Namun besar tarif tersebut tergantung pada tingkat kebersihan mulut pasien. Apabila kamu memiliki BPJS kesehatan, tidak akan dikenakan biaya apapun atau gratis.

  • Biaya Membersihkan Karang Gigi di Klinik

Biasanya tarif harga membersihkan karang gigi di klinik sangat bervariasi tergantung fasilitas kesehatan yang di sediakan. Berikut beberapa daftar biaya membersihkan karang gigi di klinik.

Nama dan Lokasi Klinik Biaya Scaling 
Klinik Medan Dental Center Rp 150.000 – Rp 200.000
Klinik Medika Viva Cikarang Rp 198.000
Klinik Pratama Aisyah Jakarta Barat Rp 200.000
Klinik Telko Medika Bogor Rp 156.000
Klinik Remedium care Bali Rp 400.000
FDC Dental Bandung Rp 200.000
Klinik Pratama Bunda Batam Rp 250.000
Klinik Ratulangi Medical Center Makassar Rp 85.000
Klinik Imedical Specialist Center Makassar Rp 300.000
Klinik Atlantis Medan Rp 150.000
  • Biaya Scaling Gigi di Rumah Sakit

Sama halnya dengan klinik, meskipun memiliki harga yang bervariasi namun biaya membersihkan karang gigi jauh lebih murah di rumah sakit. Berikut simak daftar biaya membersihkan karang gigi di beberapa rumah sakit.

Nama dan Lokasi Rumah Sakit Biaya Scaling 
Rumah Sakit Edelweiss Bandung Rp 250.000
Rumah Sakit Balimed Karangasem Bali Rp 150.000
RS Pelita Insani Banjar Rp 300.000
RS Karunia Kasih Bekasi Rp 250.000
Rumah Sakit Siloam bangka Belitung Rp 321.000
RSIA Tambak Jakarta Rp 300.000
Rumah Sakit YPK Mandiri Jakarta Rp 315.000
RSU William Booth Surabaya Rp 150.000
RSU Royal Prima Medan Rp 300.000
Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya Medan Rp 365.000

Untuk informasi tambahan terkait biaya membersihkan karang gigi atau scaling tersebut sewaktu-waktu dapat berubah. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, biaya scaling-nya tidak jauh berbeda. Apabila kamu ingin mengetahui update terbaru biaya scaling dari tiap Puskesmas, klinik dan Rumah Sakit, silahkan cek melalui situs resmi alodokter.

Tips Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

Sumber : dictio.id

Agar karang gigi tidak muncul lagi setelah melakukan scaling ada baiknya kamu mengetahui beberapa tips mencegah terbentuknya karang gigi.

  • Rajin menggosok gigi minimal 2 kali sehari, setelah melakukan sarapan dan sebelum tidur.
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang tinggi gula.
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin rutin setidaknya 6 bulan sekali

Penutup

biaya membersihkan karang gigi
biaya membersihkan karang gigi

Itulah biaya membersihkan karang gigi yang dapat kami rangkum melalui situs resmi. Ayo, lakukan Scaling sekali enam bulan untuk menghindari munculnya karang gigi di mulut, dan jangan lupa menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan yang tinggi gula. Jaga kesehatan mulut kamu agar terhindar dari bau mulut yang tidak sedap. Apabila terdapat kesalahan penulisan harga serta nama tempat pada artikel ini, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Back to top button