Kenapa Sinyal Indosat Jelek Hari Ini? Ini Penjelasannya!

Iusnar Sinaga

Banyak orang yang bertanya kenapa sinyal Indosat jelek hari ini. Akhir-akhir ini memang sinyal Indosat sering mengalami penurunan sehingga meresahkan para pelanggan. Apakah sebenarnya penyebab dari kenapa sinyal Indosat jelek hari ini? Penasaran? Ikuti terus sampai ke bawah dan temukan jawaban beserta cara mengatasinya!

Sekilas Mengenai Sinyal Indosat

Sumber: accesstrade.co.id

Indosat merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jaringan telekomunikasi/ seluler ternama di Indonesia. Jaringan operator ini menyediakan 3 jenis kartu seluler yakni: Im3, Matrix, dan Mentari.

Indosat sendiri sudah memiliki banyak pelanggan didukunng oleh jaringannya yang sudah terjangkau di seluruh kota-kota besar di Indonesia, bahkan di beberapa pelosok juga jaringan Indosat sudah dapat di akses. Disamping itu, harga dari berbagai paket Indosat juga sangat terjangkau/ ramah kantong.

Namun entah kenapa, akhir-akhir ini jaringan Indosat sering down sehingga membuat para pelanggannya merasa tidak nyaman dan bahkan beberapa orang lebih memilih untuk beralih menggunakan jaringan operator lain. Terutama dikalangan para gamers yang performa bermainnya tergantung pada jaringan, tentu jeleknya sinyal Indosat akan membuat mereka mereka kesal dan sangat terganggu.

Kenapa Sinyal Indosat Jelek Hari ini?

Penyebab sinyal Indosat jelek hari ini
Sumber: www.carasianturi.com

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab dari masalah yang sedang anda alami  terkait kenapa sinyal Indosat jelek hari ini. Kamu bisa mempertimbangkan penyebab sinyal Indosat anda jelek hari ini dari beberapa poin yang akan kami paparkan di bawah ini.

  • Anda sedang berada di daerah yang jangkauan sinyalnya lemah

Ketika anda sedang berada di daerah yang jangkauan sinyalnya tergolong lemah, otomatis sinyal dalam HP anda akan buruk atau bahkan hilang. Jika sudah demikian, tidak ada jalan keluar lain kecuali mengganti opsi koneksi internet ke mode tethering/ wifi hotspot (itupun jika tersedia).

  • HP anda tidak mendukung jaringan 4G

Banyak orang yang keliru akan hal ini, ketika sedang membeli paket internet sering sekali tidak memperhatikan detail paket dengan baik. Ketika anda membeli paket internet yang dikhususkan untuk jaringan 4G sedangkan HP anda belum mendukung jaringan 4G tentu saja anda tidak akan bisa mengakses internet. Bukan karena sinyal yang jelek,  tapi karena memang anda yang kurang teliti!

  • Nomor yang digunakan telah melewati masa aktif

Perlu anda ketahui bahwa walaupun masih terdapat banyak sisa kuota internet anda, akan tidak berarti sama sekali jika nomor anda telah di nonaktifkan oleh pihak Indosat karena tidak melakukan isi ulang pulsa. Oleh karena itu, segeralah isi pulsa anda ketika anda melihat masa aktif kartu anda akan habis atau ketika kartu anda telah memasuki masa tenggang.

  • Kuota internet sudah habis

Banyak orang yang mengira dan menyalahkan jaringan atau sinyal yang tidak bagus ketika sedang berselancar di dunia internet, padahal sebenarnya kuota internet mereka lah yang sudah habis. Karna itu, ketika kamu sedang pusing  kenapa sinyal Indosat jelek hari ini, sebaiknya periksalah terlebih dahulu sisa kuota anda.

  • Terdapat masalah pada penangkap jaringan HP anda

Setiap ponsel memiliki komponen penangkap jaringan atau yang sering disebut sebagai antena. Meski bentuk body smartphone sudah semakin canggih termasuk bentuk antena yang tidak lagi kelihatan seperti pada HP zaman dulu, namun tanpa adanya antena maka mustahil anda bisa berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain. Ketika komponen ini rusak maka HP anda akan sulit untuk menangkap jaringan atau bahkan tidak tersedia sama sekali jika kerusakannya sudah fatal.

  • Cuaca

Penyebab kenapa sinyal Indosat jelek hari ini yang selanjutnya yaitu disebabkan oleh cuaca yang buruk. Taukah anda? bahwa ternyata cuaca buruk seperti hujan deras, badai atau angin kencang dapat mempengaruhi sinyal, tidak terkecuali juga pada sinyal Indosat. Oleh karena itu anda tidak seharusnya gelisah melihat sinyal Indosat anda yang jelek saat cuaca sedang buruk.

  • Indosat sedang perbaikan jaringan

Penyebab kenapa sinyal indosat jelek hari ini yang terakhir sekaligus sebagai penyebab utama yang paling sering terjadi adalah situasi Indosat yang sedang dalam perbaikan jaringan. Indosat terus berusaha dan berinovasi demi kepuasan dan kenyamanan para pelanggan setianya. Namun pada saat melakukan perbaikan tersebut, jaringan tentunya akan down seperti yang sekarang sedang anda alami.

Bagaimana Cara Mengatasi Sinyal Indosat yang Jelek Hari ini

Setelah anda mengetahui beberapa kemungkinan penyebab dari sinyal Indosat yang jelek hari ini, sekarang kami akan memberikan petunjuk terkait bagaimana cara mengatasi sinyal Indosat yang jelek hari ini. Silahkan disimak dengan seksama!

Cara mengatasi kenapa sinyal Indosat jelek hari ini:

  • Restart HP

Cara mudah yang pertama adalah dengan melakukan restart atau mulai ulang pada ponsel. Fungsi restart pada HP adalah untuk merefresh system, menghentikan semua aktivitas HP yang sedang berjalan sehingga HP bisa kembali bekerja secara optimal, termasuk kinerja dari penangkap jaringan.

  • Aktifkan sementara mode pesawat

Mode pesawat merupakan salah satu menu pada HP yang biasanya diaktifkan ketika sedang dalam perjalan menggunakan pesawat terbang. Mode pesawat terbang ini sediri bertujuan untuk mencegah gelombang elektromagnetik yang bisa mengganggu sistem di pesawat.

Ketika mode pesawat ini di aktifkan, maka beberapa fitur dalam HP anda akan di nonaktifkan seperti fitur jaringan seluler, bluetooth, WiFi, serta sinyal pada HP anda juga akan hilang. Namun ada hal yang jarang diketahui banyak orang bahwa menghidupkan mode pesawat pada HP untuk beberapa saat dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan sinyal kembali.

 

  • Atur mode jaringan

Ketika jaringan Indosat anda tidak stabil cobalah untuk memeriksa mode jaringan anda pada menu pengaturan. Caranya yaitu:

  1. Buka menu pengaturan, lalu klik pada “Kartu SIM & jaringan seluler
  2. Disana akan tampil kartu SIM yang anda gunakan. Jika anda memiliki lebih dari 1 kartu SIM, silahkan pilih dan klik pada kartu SIM yang ingin anda atur mode jaringannya
  3. Kemudian pada tekan pada opsi “Tipe jaringan prioritas” dan pilihlah “Prioritas LTE
  4. Selanjutnya pada menu “Jaringan seluler” silahkan aktifkan “pilih jaringan secara otomatis” Supaya jaringan HP anda bisa dengan otomatis tersesuaikan sesuai dengan lokasi anda berada.
  5. Selesai!
  • Membawa HP ke tukang servis HP

Jika beberapa cara yang telah disebutkan diatas ternyata belum bisa menstabilkan jaringan anda kembali, maka sebaiknya anda membawa HP anda ke tukang servis. Karena seperti yang telah dikatakan sebelum nya bahwa HP memiliki penangkap jaringan masing-masing. Nah, jika masalahnya terdapat pada adanya kerusakan dengan komponen antena HP anda, maka solusi satu-satunya adalah dengan membawanya ke tukang servis.

Tips Mengatasi Sinyal Indosat Jelek

Tips Deskripsi Singkat
Cek Kekuatan Sinyal Gunakan fitur pengukuran sinyal di ponsel Anda atau aplikasi khusus untuk memeriksa kekuatan sinyal.
Ganti Lokasi Jika sinyal lemah di lokasi Anda, cobalah pindah ke lokasi lain yang lebih dekat ke jendela atau luar rumah.
Matikan dan Hidupkan Ponsel Kadang-kadang, hanya mematikan dan menghidupkan ponsel Anda atau mengaktifkan mode pesawat selama beberapa detik bisa memperbaiki sinyal.
Cek Pengaturan Jaringan Pastikan ponsel Anda disetel untuk otomatis memilih jaringan atau dipilih jaringan yang sesuai dengan kartu SIM Anda.
Hubungi Layanan Pelanggan Jika semua upaya gagal, hubungi layanan pelanggan Indosat dan laporkan masalah Anda.

 

Akhir kata

kenapa sinyal Indosat jelek hari ini
kenapa sinyal Indosat jelek hari ini

Nah itulah beberapa penyebab dari kenapa sinyal Indosat jelek hari ini. Memiliki sinyal yang buruk memang merupakan pengalaman yang buruk dan meresahkan bagi para pengguna smartphone. Hal yang wajar saja jika mood anda rusak karena sinyal Indosat jelek hari ini, terutama untuk anda yang memiliki aktivitas yang bergantung pada sinyal HP. Oleh karena itu, kami berharap, semoga penjelasan mengenai kenapa sinyal Indosat jelek hari ini yang telah kami jabarkan diatas dapat membantu teman-teman semuanya.

Related Post